Wajib Tahu! Fakta Sangat Menakjubkan tentang Otak Manusia

Wajib Tahu! Fakta Sangat Menakjubkan tentang Otak Manusia

Pada bulan Maret 2009 saya mengikuti Seminar Psiko Edukasi dan Training Otak Kanan Dahsyat dari Kayyisu Excellent (salah satu Lembaga Pengembangan Sumber Daya Indonesia). Selama mengukuti seminar tersebut saya ‘tercengang takjub’ saat ditunjukkan fakta-fakta sangat menakjubkan tentang otak manusia.

Otak, merupakan anugerah Tuhan di dalam diri manusia yang sangat menakjubkan. Otak kita bertempat di kepala, mengambil kira-kira setengah ruangan di dalam kepala. Otak terlihat seperti gumpalan berwarna abu-abu kemerah-merahan. Berat otak kita antara 1,3 – 1,5 Kg.

Keberadaan otak dalam diri manusia telah menarik minat banyak ahli untuk meneliti dan menyingkap misteri yang tersebunyi. Semakin diteliti, para ahli semakin berdecak kagum.

Dr. Bill Lucas, seorang ahli pendidikan modern dan spesialis bidang pembelajaran, berkomentar tentang berikut ini, “… Otak Anda sungguh menakjubkan. Ia mengandung 1 trilyun sel otak, termasuk 100 milyar sel saraf aktif dan 900 milyar sel lain yang merekatkan, memelihara, dan menyelubungti sel saraf aktif. Setiap 1 dari 100 milyar tersebut dapat tumbuh bercabang hingga sebanyak 20.000 cabang. Cabang yang seperti sebuah pohon ini menyimpan informasi. Kehebatan lain, sel otak aktif mampu membentuk koneksi dengan kecepatan yang luar biasa: 3 milyar per detik. Anda telah dilahirkan menjadi orang yang hebat, orang yang luar biasa. Anda sebenarnya adalah orang yang cerdas, pintar, dan berpotensi. Dengan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat menjadi orang yang jauh lebih baik daripada Anda saat ini.”

Otak manusia adalah massa protoplasma yang paling kompleks yang pernah dikenal di alam semesta ini. Otak adalah satu-satunya organ yang sangat berkembang, sehingga ia dapat mempelajari dirinya sendiri.

Pada saat lahir, seorang bayi sudah memiliki satu triliun sel otak (neuron). Bayangkan, satu triliun berarti angka 1 dengan 12 angka 0 (nol) di belakangnya. Jika ditulis lambang bilangannya adalah= 1.000.000.000.000.

Setiap sel otak anak memiliki ribuan cabang atau tentakel, mirip seperti gurita raksasa. Cabang-cabang itulah yang menghubungkan sel otak yang satu dengan sel otak yang lain. Setiap satu sel otak berhubungan dengan 100.000 neuron lain. Otak yang berfungsi dengan baik dapat tetap aktif dan reaktif selama lebih dari 100 tahun.

Kemampuan seluruh jaringan telepon di seluruh muka bumi ini jika disatukan, kemampuannya hanya menandingi otak manusia seukuran butir kacang tanah. (Padahal ukuran otakmu kira-kira sebesar genggaman kedua tanganmu). Kapasitas kemampuan penyimpanan informasi dalam otak kita mencapai 3,6 x 10 pangkat 19 bit.

Jika diukur dengan flashdisk (alat penyimpan informasi atau data) berkapasitas 4 Giga Bite atau 4 x 10 pangkat 9 Bite, berarti kemampuan otak seorang anak manusia, termasuk otak kamu, adalah 10 miliar kali lebih besar daripada kemampuan menyimpan memori dari flashdisk.

 

Jika 10 miliar flashdisk itu kita kumpulkan, maka bumi ini akan penuh dengan flashdisk. Dan jika 10 miliar flashdisk ini kita jajarkan, maka kita akan mendapatkan jarak sejauh 500.000 kilometer. Jarak sejauh itu berarti lebih jauh daripada perjalanan dari bumi ke bulan.

 

Satu lagi informasi sangat penting tentang otak manusia, ya otak kita, “… untuk bisa mengisi penuh kapasitas penyimpanan informasi dalam otak kita, kita harus belajar satu hal baru setiap detik selama 30 juta tahun.” (Kayyisu Excellent, dari sumber: Majalah Scientific American, edisi bulan November 2005).

WOW, super sekali. Sangat luar biasa kemampuan otak manusia dalam menyimpan informasi. Jadi, jangan ragu dan jangan khawatir akan terjadi sesuatu pada otak kita walaupun setiap waktu kita tekun mempelajari berbagai macam ilmu. Otak kita tidak akan penuh meskipun seumur hidup kita mengisinya dengan berbagai macam ilmu.

Mengenal Bagian Otak dan Fungsinya Masing-masing

Menurut Dr. Paul Maclean menyatakan bahwa otak manusia terdiri dari tiga bagian dan tiap-tiap bagian menjalankan fungsinya masing-masing. Simak uraian berikut ini.

1.      Otak Reptilia, tempatnya di kepala bagian belakang, berfungsi:

a.       membuat panca indra kita peka terhadap rangsang;

b.      mengatur agar kita mampu mempertahankan hidup dan mengembangkan keturunan;

c.       memutuskan seseorang untuk bersiaga menghadapi bahaya atau lari menghindari bahaya.

 

Jika fungsi Otak Reptilia lebih dominan, kita tidak dapat berpikir pada tingkat yang sangat tinggi. Perhatian kita hanya terpusat pada bagaimana memenuhi kebutuhan makanan, tempat tinggal, melahirkan keturunan, dan mempertahankan wilayah kekuasaan.

 

Dan jika bagian Otak Reptilia ini sangat dominan, maka dapat mempengaruhi seseorang bersikap bakhil (Jawa= medhit, tidak mau berbagi dengan orang lain); pencuriga dan pendendam; berjiwa premanisme (suka merampas hak orang lain), agressor (suka menindas orang lain, suka memperluas wilayah kekuasaan), dan teroris (suka mengancam dan tega menghancurkan pihak lain).

 

Agar fungsi Otak Reptilia tidak terlalu dominan, energi (oksigen hasil pernafasan) harus dialirkan merata ke seluruh bagian otak sehingga perkembangan fungsi semua bagian otak berjalan secara seimbang. Salah satu caranya yaitu dengan mendirikan shalat secara khusyu’ .

 

Berdasarkan hasil penelitian para ahli barat, gerakan shalat sangat bermanfaat memperlancar sirkulasi darah sampai ke seluruh bagian otak. Shalat secara khusyu’ dapat meningkatkan kecerdasan otak dan dapat meningkatkan kesehatan jasmani rohani.

 

2.       Otak Mamalia, tempatnya di kepala bagian tengah,  berfungsi :

a.       menyimpan perasaan;

b.      menyimpan pengalaman yang menyenangkan;

c.       menyimpan memori/ ingatan;

d.      menyimpan kemampuan untuk mempelajari sesuatu;

e.       mengendalikan bioritme tubuh seperti: pola tidur, rasa lapar, haus, tekanan darah, detak jantung, suhu badan, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh.

 

Otak Mamalia menjalankan fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita. Kesehatan tubuh dan jiwa kita sangat bergantung pada fungsi Otak Mamalia ini. Emosi jiwa yang buruk dapat berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh. Oleh karena itu usahakan jangan suka memendam perasaan, apalagi memendam dendam dan kemarahan.

 

3.       Otak Neokorteks, tempatnya di kepala bagian depan (ubun-ubun).

Otak Neokoteks disebut juga “rumah kecerdasan” karena di bagian inilah tempat bersemayamnya kecerdasan manusia. Otak Neokorteks berfungsi:

a.       menerima pesan-pesan dari indra penglihatan, pendengaran, dan rangsangan (sensasi) tubuh kita;

b.      mengatur pesan-pesan yang diterima dan kemudian memprosesnya menjadi: penalaran, berpikir secara intelektual, membuat keputusan, perilaku waras, bahasa, kendali motorik sadar, mencipta ideasi (gagasan), dan mencipta kecerdasan tertinggi yang dimiliki oleh manusia yaitu kecerdasan intuisi.

 

Syarat yang Harus Dipenuhi supaya Otak Mencapai Kecerdasan Tertinggi

Kecerdasan intuisi adalah daya atau kemampuan seseorang untuk mengetahui dan memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Ini semacam ilham, sinyal Ilahiah yang ditangkap oleh hati. Saya dalam menjelaskan kepada para murid saya, menyebut kecerdasan intuisi dengan istilah ilmu laduni.

Saya berpendapat bahwa, setiap orang, pada dasarnya mempunyai potensi kecerdasan intuisi. Kecerdasan intuisi akan muncul jika fungsi semua bagian otak berkembang secara seimbang. Supaya fungsi semua bagian otak berkembang secara seimbang, dibutuhkan syarat berupa kesehatan yang meliputi empat unsur berikut, yaitu : (1) kesehatan badan; (2) kesehatan pendengaran; (3) kesehatan penglihatan; dan (4) kesehatan hati (qalbu).

Banyak cara untuk menjaga kesehatan ke empat unsur tersebut di atas. Para pembaca, silakan mengupayakan kesehatan ke empat unsur tersebut dengan menggunakan naluri niewsgierig yang ada di dalam diri masing-masing.

Niewsgierig adalah naluri setiap individu untuk mengetahui segala sesuatu. Naluri niewsgierig ini adalah karunia dari Tuhan bagi manusia, sebagai pelengkap atas karunia luar biasa berupa otak. Supaya manusia giat belajar sepanjang hayat untuk mengisi otaknya dengan berbagai ilmu. Supaya setiap individu dapat menjalani kehidupannya secara mandiri dan bertanggung jawab. Supaya setiap individu dapat bermanfaat bagi dirinya, bagi sesamanya, dan bagi lingkungannya. Sehingga karenanya, setiap individu itu layak disebut sebagai “pemimpin” di muka bumi ini. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Referensi:

1.       Anita Ganeri, Ilmu Pengetahuan Tubuh Manusia, 1996.

2.       Rusli, Misteri Otak Kanan Manusia, 2009.

3.       Ryan Martian dan Arif Rh, Funtastic Learning, Kayyisu Media, 2009.

4.       Dr. Bill Lucas, penulis buku Boost Your Brain Power, 2008. Terjemahan Popi Hasna Amalia dengan judul Senam Otak Kanan Melatih Otot Otak Membuka Potensi Otak yang Terpendam. Penerbit Jabal, Bandung,  2008).



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 19, 2020, 10:00 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma