Virus Corona Menyerang, Ini 7 Tips Pencegahannya. No. 3 Gampang Banget!

Virus Corona Menyerang, Ini 7 Tips Pencegahannya. No. 3 Gampang Banget!

Virus Corona saat ini menjadi salah satu trending topik di berbagai media. Sejak menyebar dari salah satu daerah di Cina, Wuhan, serangan virus ini menjadi perhatian dunia. Penyebarannya yang cepat dan ganas menyebabkan cukup banyak korban. Saat ini tercatat hampir 2000 kasus yang terjangkit di berbagai negara dan puluhan orang meninggal karena serangan virus ini.

Saat ini virus Corona telah menyebar ke paling tidak delapan negara termasuk Singapura, Thailand, Amerika Serikat sampai Arab Saudi. Bahkan Indonesia sudah termasuk dalam negara yang sudah mulai terjangkit. Menurut BBC News, saat ini ada satu orang yang tengah diobservasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI), Jakarta. Tidak menutup kemungkinan jumlah itu akan bertambah dalam beberapa waktu ke depan

Pemerintah Indonesia pun turut andil dalam mencegah masuknya virus ini ke Indonesia dengan menyediakan alat pemindai (thermo scanner) di 135 pintu masuk ke Indonesia mulai dari darat, laut maupun udara. Penanganan pencegahan virus ini telah masuk siaga satu. Selain itu, Kementerian Kesehatan pun telah mengaktifkan rumah sakit rujukan sejumlah 100 RS bagi masyarakat yang terduga terinfeksi virus Corona jenis baru ini.

Virus yang juga dikenal dengan nama 2019-nCoV ini adalah jenis virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Virus yang terduga berasal dari hewan liar ini memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam hal menyebabkan penyakit yang fatal pada manusia. Hingga saat ini para peneliti dan ilmuwan kesehatan masih berusaha untuk menciptakan obat dan vaksin untuk melawan virus yang gejalanya hampir sama dengan virus Sars dan H5N1 yang juga pernah mewabah beberapa tahun silam.

Saat berhasil masuk ke tubuh manusia, virus tersebut akan menyerang dan merusak fungsi paru-paru, itulah mengapa pasien yang terjangkit akan mengalami gangguan pernapasan dan menderita radang serta infeksi pada bagian paru-parunya (pneumonia). Meski gejala yang ditimbulkan hampir sama dengan penyakit pernapasan lainnya, serangan virus Corona bisa menyebabkan kematian.

Penyebaran virus ini banyak terjadi melalui udara dan interaksi dengan penderita. Untuk itulah bagi Anda yang belum terjangkit sebaiknya melakukan pencegahan dini terhadap serangan virus ini. Berikut tips-tips untuk mencegah diri agar tidak mudah terserang virus Corona jenis 2019-nCoV ini.

1.    Menjalani pola hidup sehat. 

Pola hidup sehat bisa dimulai dengan memperhatikan apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Selain sayur dan buah, minum air putih yang banyak akan membantu Anda tetap sehat. Makanan merupakan faktor yang penting dalam membangun sistem imun atau pertahanan tubuh Anda. Sistem imun yang kuat inilah kelak yang mampu melawan virus, bakteri atau organisme asing yang masuk ke dalam tubuh.

2.    Olahraga dan istirahat cukup.

Berolahraga dan istirahat yang cukup akan membuat badan terasa segar dan berenergi. Sehingga Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Pilihlah olahraga yang ringan dan tidak memakan banyak waktu seperti lari di pagi hari, berjalan-jalan santai atau olahraga lainnya. Olahraga akan membuat daya kerja organ dan otot menjadi maksimal dan terjaga. 

3.    Selalu Mencuci Tangan. 

Kita tidak tahu atau tidak akan ingat apa saja yang sudah kita sentuh saat beraktivitas di luar rumah. Pastikan untuk mencuci tangan paling tidak selama 20 detik terutama usai ke tempat umum atau menyentuh alat-alat publik seperti alat transportasi umum karena bisa saja berpotensi mengandung virus yang disentuh oleh pengidap virus corona sebelumnya. Cuci juga tangan Anda saat akan makan dan minum, setelah masuk dari kamar mandi atau ketika ingin membersihkan luka atau memasak.

4.    Menggunakan Masker. 

Gunakanlah masker saat berada di ruang publik untuk melindungi mulut dan hidung. Penyebaran virus Corona ini lebih cepat melalui udara, maka penting untuk melindungi diri saat berinteraksi dengan orang lain terutama mereka yang dalam keadaan sakit. Menggunakan masker dapat menghindari serangan virus dari udara. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di apotek, swalayan atau minimarket terdekat.

5.    Etika Batuk dan Bersin.

Penting untuk diingat bahwa batuk dan bersin ada etikanya, loh! Usahakan ketika Anda batuk, mulut dan hidung ditutup dengan tisu jangan dengan tangan. Selain itu, ingat untuk meludah atau buang dahak di sebarang tempat saat Anda sedang batuk atau bersin.

6.    Mengkonsumsi Imun Booster dan Vitamin. 

Tidak salahnya untuk memberi asupan tubuh Anda dengan imun booster atau vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Penyakit yang disebabkan virus pada umumnya akan hilang ketika daya tahan tubuh seseorang kuat dan fisiknya bugar. Anda bisa mengkonsumsi vitamin C, madu atau imun booster lainnya untuk menjaga sistem imun atau anti bodi di dalam tubuh terjaga dan kuat.

7.    Menghindari Perokok.

Jika berada di dekat perokok, usahakan menghindari asapnya dan mencoba untuk mengimbau perokok untuk berhenti. Selain mengganggu kesehatan mereka juga sangat merugikan para perokok pasif karena polusi asap rokok cukup berpotensi merusak sistem pernapasan dan paru-paru manusia.

Tips-tips tadi merupakan sebagian kecil dari berbagai usaha pencegahan yang bisa Anda lakukan. Meski saat ini masih belum ada obat untuk virus Corona, bukan tidak mungkin untuk bisa menyembuhkan penyakit ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kasus terjangkit hingga ribuan, namun korban meninggal sangat sedikit. Maka dapat disimpulkan penyakit yang disebabkan oleh virus Corona ini bisa sembuh.

Menurut pengamatan dokter di Indonesia, ditemukan bahwa dari beberapa korban meninggal, pada umumnya bukan hanya semata disebabkan oleh serangan 2019-nCoV, tetapi juga dipengaruhi oleh faktor kerentanan seperti usia tua sehingga daya tahan tubuh lemah dan juga karena faktor penyakit lain yang sudah ada sebelumnya dalam tubuh korban.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
RackTicle Manager - Jan 26, 2020, 8:59 AM - Add Reply

Mungkin ada yang belum tau, Virus RackTicle penyebarannya semakin cepat, mengalahkan nCov. Bagi yang udah mengidap virus ini dia ingin menularkan kepada rekan-rekannya, namun bagi yang baru terjangkit biasanya akan menyesuaikan dulu dengan imunitas tubuh.

#BercandaGaes :)

You must be logged in to post a comment.
Winda Jubaidah - Jan 26, 2020, 9:32 AM - Add Reply

Haha bener banget, saya baru terjangkit dan mulai menularkan pada teman-teman lain ;D

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Generasi millenial yang suka gaya dan hal-hal klasik. Selera humornya receh dan selalu canggung di setiap keadaan. Dua hal yang membuat ia bahagia menatap kehidupan adalah menggeluti pekerjaannya sebagai pengajar dan penulis.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma