Usai Liburan Tahun Baru, Kapal Klotok Teluk Batang - Rasau Jaya Membludak

Usai Liburan Tahun Baru,  Kapal Klotok Teluk Batang - Rasau Jaya Membludak

Libur tahun baru sudah usai, kapal penyeberangan Teluk Batang tujuan Rasau Jaya membludak. Kapal yang terbuat dari bahan kayu tersebut didominasi Mahasiswa yang menempa ilmu di  Pontianak.

Terlihat Lambung kapal dipenuhi sesak pemudik dari depan hingga belakang  kapal.

Salah satu Mahasiswa yang beralmamater Muhammadiyah Pontianak Umik mengatakan, pemandangan seperti ini sudah menjadi hal yang biasa ketika musim liburan  telah usai maupun sebaliknya saat musim  liburan yang telah tiba. Namun menurutnya, dilihat dari muatan penumpang masih bisa ditoleri karena masih dalam muatan yang wajar.

"Sudah biasa seperti ini, mau diapakan juga, yang penting bisa sampai dengan selamat," harapnya.

Walaupun begitu dirinya berharap agar manajemen penjualan tiket bisa diperbaiki lagi, dikarenakan menurutnya, antrian di loket tiket masih belum tertib.

"kalau bisa, loket tiket tersebut bisa diatur lebih tertib lagi, kemudian pintu masuk dan keluar setelah pembelian tiket harus ada, kalau sekarang,  susah mau keluar saat sudah membeli tiket," jelasnya.

Terkait harga tiket yang cukup murah dikantong mahasiswa menjadi alasan tersendiri kenapa kapal yang melintasi sungai kapuas ini menjadi pilihan utama pemudik seperti diakui salah satu penumpang Romi panggilannya saat ditemui sedang menikmati perjalanan yang diperkirakan sampai pas adzan subuh nanti di pelabuhan Kubu Raya.

"Kalau harganya cukup murahlah, kan cuman 75 ribu saja, tentu pas dikantong  pemudik seperti saya," katanya sambil tertawa.

Namun dirinya berharap agar keamanan dan kenyamanan lebih ditingkatkan lagi terlebih laginya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat musim liburan.

"kedepannya diharapkan kenyaman dan keaman bisa ditingkatkan lagi, walaupun harga tiket sedikit dinaikkan yang penting penumpang merasa puas," harapnya.

Selain membawa penumpang, kapal tersebut juga membawa kendaraan roda dua yang disusun rapi di kabin atas dan dirasa cukup aman didalam perjalanan dikarenakan setiap kendaraan motor tersebut diikat dengan tali dibagian bannya, sehingga penumpang tidak perlu khawatir terhadap kendaraannya.

Kapal  yang enak dilidah orang setempat menyebutnya dengan sebutan  kelotok ini ada lebih dari dua buah dalam satu hari berangkat mulai dari pagi hingga malam. Jadwal dan tujuannya pun ada yang berbeda. Mulai keberangkatan jam 10.00 pagi jurusan Teluk Batang Rasau, jam. 15.00 wib Jurusan Teluk Batang- Pontianak jam 17.00  Jurusan Teluk Batang - Rasau Jaya dan jam 20.00 wib jurusan Teluk Batang Rasau jaya.

Normalnya, jarak yang ditempuh berkisar antara 11 hingga 12 jam perjalanan. Didalam kapal tersebut difasilitasi satu buah telivisi untuk menghibur penumpang selama diperjalanan. 

Dengan menggunakan mesin yang cukup besar , kapal tersebut bisa menggerakan puluhan ton diatas permukaan air dengan mudah selama berjam - jam.

Saat ini menggunakan jalur air bukan pilihan utama saat hendak ke Pontianak. Setelah jalan trans Kalimantan sudah selesai, masyarakat punya pilihan untuk menggunakan kendaraan air atau kendaraan darat baik menggunakan motor atau pun mobil. Namun ternyata, kelotok menjadi pilihan utama kebanyakan dari masyarakat. Hal ini dikarenakan ditinjau dari segi keselamatan dan kenyamanan yang didapat.

Saat menggunakan kelotok, penumpang bisa istirahat semalaman mulai dari sejak kapal berangkat hingga sampai. Namun hal tersebut tidak didapat ketika menggunakan jalur darat. Karena harus berkendaraan hingga berjam - jam. Walaupun sebenarnya bisa saja,  istirahat sejak, namun akan memakan waktu yang cukup lama hingga sampai ke tempat tujuan. 

Ditinjau dari ongkos, tidak jauh beda saat dhitung - hitung antara menggunakan jalur air atau menggunakan jalur darat.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 12:28 AM - Adre Zaif Rachman