Lowongan Kerja di UNTAN Pontianak Dalam Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Lowongan Kerja di UNTAN Pontianak Dalam Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Cyber University adalah merupakan sebuah kalimat yang sederhana tapi berat untuk dijalani, tidak semudah membalik telapak kaki,  akan tetapi sangat diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh jajaran dan aktivis terkait,  dan hal ini merupakan faktor yang sangat krusial serta paling dibutuhkan dalam setiap program studi maupun pengembangannya kedepan.

Lalu, mampu kah sebuah Universitas sekelas UNTAN merealisasikannya di kehidupan kampus yang Nyata? Kita lihat sejauh ini UNTAN memang telah banyak memunculkan Prestasi di bidang ilmu pengetahuan yang beragam, khusus untuk urusan teknologi informasi memang belum ada terdengar.

Namun sejak Tahun 1959 berdirinya pusat pendidikan tinggi terbesar di Kalimantan Barat ini, para citivas akademia UNTAN telah banyak sekali menorehkan prestasi yang memukau baik itu untuk tingkat daerah, nasional maupun internasional. Kali ini UNTAN mulai fokus dalam membangun sebuah ekosistem digital, yaitu lingkungan dengan segala macam kecanggihan serta ilmu pengetahuan modern dalam dunia digitalisasi. 

Salah satu bentuk penerapan Cyber University ini, UNTAN telah berupaya Untuk Membangun Ekosistem Digital dengan memberikan ruang bagi publik untuk mengakses informasi terkini tentang Universitas Tanjungpura melalui laman website untan.ac.id. Disini banyak sekali informasi yang dikemas dalam teknologi digital, Anda bisa mengakses beragam kegiatan UNTAN secara Digital dan mulai merencanakan kuliah Anda bersama UNTAN.

UNTAN E-Learning Center

Selain itu, ada hal yang menarik dari website ini, ya tentu saja kaitannya dengan dunia pendidikan,  apalagi kalau bukan fitur e-learning. Dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi, pihak UNTAN telah menyediakan fasilitas bagi dosen maupun mahasiswa/i untuk tetap terkoneksi dalam proses belajar-mengajar melalui media online. 

Sudah pasti, bagi Mahasiswa/i wajib login terlebih dahulu setelah melalui berbagai tahap proses pendaftaran yang diverifikasi oleh pihak kampus. Kemudian nanti ada dosen yang menentukan bidang studi mana yang akan dimasukkan ke dalam e-learning, serta segala hal yang berkaitan dengan mata kuliah,  jadwal dan materi yang akan dibahas, semuanya ditentukan oleh pihak pengajar untuk dapat diakses oleh Mahasiswa/i Resmi Universitas Tanjungpura Pontianak ini. 

Gerakan Menuju Cyber University 

Tujuan digaungkannya istilah Cyber University ini tentunya untuk kemajuan teknologi di lingkungan Universitas Tanjungpura yang merupakan Kampus kebanggaan masyarakat Kalimantan Barat ini. Dengan adanya program tersebut diharapkan dapat mendongkrak animo rakyat kampus untuk melakukan pengembangan di bidang teknologi informasi dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, terutama untuk kepentingan serta kemajuan bangsa dan negara.

Membangun Ekosistem Digital Secara Global

Kita harus berpacu dengan negara-negara lain yang perkembangan teknologinya sangat pesat, entah itu memang kreativitas anak negerinya yang luar biasa atau adanya dukungan dari pemerintah juga yang sangat memadai, sehingga dengan mengurangi tingkat kesulitan dalam hal mempelajari sesuatu yang baru.

Maka dalam hal ini, UNTAN melakukan kerjasama baik itu di bidang Pendidikan yaitu antar kampus di dalam dan luar negeri, ataupun kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten di sekitar Kalimantan Barat untuk mengembangkan minat putra-putri daerah dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan di Perguruan Tinggi. 

Salah satu bentuk kerjasama di bidang pendidikan yang sudah ada MoU-nya dengan perguruan luar negeri yaitu University of Leicester, United Kingdom. Keren kan? Kamu mungkin punya kesempatan untuk bertemu langsung dengan para pemain Manchester United atau Manchester City di Inggris kalau kamu berprestasi dan mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi disana.

So, bukan hanya itu saja untuk kerjasama di wilayah kerajaan terbesar dunia itu, ada yang namanya British Council, yang mana UNTAN juga telah menjalin kerjasama dalam bidang pengembangan bahasa inggris, agar nantinya kalau benar-benar bisa pergi kesana sudah tidak perlu gelagapan lagi ya ketemu sama mahasiswa/i bule.

Masih banyak lagi jenis kerjasama antara UNTAN dan pihak lain yang tentunya berkaitan secara langsung seperti beberapa perusahaan Multi-nasional, BUMN, Swasta dan lain sebagainya untuk membantu semua pihak dalam meraih prestasi yang gemilang di masa yang akan datang.

Tidak dibutuhkan keahlian khusus untuk belajar berkembang, hanya perlu yang serius dan rasa ingin tahu yang kuat, itu sudah cukup, sebab kalau bicara tentang Cyber University,  maka kita bisa hanya dengan tingkat kemudahan yang sedang untuk mempelajarinya secara daring, banyak ilmu yang bertebaran di internet, tinggal pihak Universitas Tanjungpura saja yang perlu memberikan dukungan penuh kepada para citivas akademia untuk terus menembus batas impian mereka.

Bidang Penelitian Ilmiah

Untuk urusan Riset, UNTAN juga sudah bersaing secara Internasional dalam membuat Penelitian Ilmiah, hal ini tentunya akan membuka ruang bagi Mahasiswa yang memiliki ketekunan dalam penerapan Ilmu Pengetahuan yang telah dipelajari selama bertahun-tahun. Tidak menutup kemungkinan bahwa setiap insan yang memiliki kualitas pendidikan sekelas dunia mampu membuka lowongan kerja bagi masyarakat luas, tidak hanya di Pontianak saja,  akan tetapi seluruh kabupaten yang ada di Kalimantan Barat,  atau bahkan mampu menembus ke kancah nasional.

Terakreditasi "A" 

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi telah mengeluarkan sertifikat untuk Universitas Tanjungpura Pontianak dengan predikat "Terakreditasi A" dan ini berlaku hingga tahun 2024 mendatang, jadi untuk kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebagaimana diketahui bahwa untuk mencapai suatu predikat yang baik dalam proses akreditasi tidaklah mudah, butuh perjuangan yang panjang dan sangat penuh dengan tantangan.

Kontribusi Untuk Negeri

Banyak lulusan UNTAN yang telah memberikan kontribusi secara nasional, dan banyak juga yang telah mengabdi, bekerja dan berkarya untuk negeri kita tercinta di seluruh wilayah Indonesia serta bergelut meraih prestasi di berbagai negara luar. Jenis pekerjaan yang dilakonipun bervariasi sesuai dengan jurusan masing-masing alumni. Namun tidak menutup kemungkinan ada juga yang mendapatkan lowongan kerja diluar bidang keahliannya. Akan tetapi disitulah hebatnya para Alumni, karena mental survivenya sudah terbiasa belajar dan ditempa, sehingga bekerja dalam bidang apapun masih dapat dilalui, meskipun harus membuka kembali lembaran-lembaran mata kuliah yang menjadi acuan ataupun mencari relasi antara ilmu yang telah di dapat semasa kuliah dengan cara mengaplikasikannya ke dunia nyata.

Bukan berarti UNTAN hanya memberikan janji manis atau harapan palsu, namun memang diakui banyak juga lulusan yang masih belum mendapatkan lowongan kerja baik di Pontianak maupun di wilayah lain yang berada di sekitar KALBAR. Sedangkan yang berhasil juga sangat banyak, tidak terhitung dengan jari, semuanya tergantung bagaimana alumni mahasiswa UNTAN mengelola keilmuan mereka dalam menerapkannya di kehidupan pribadi mereka. 

Lowongan Kerja di UNTAN Pontianak

Kuliah di UNTAN memang asyik, bisa belajar, berkreasi, berprestasi dan mendapatkan lowongan kerja di area Pontianak. Bagaimana tidak mungkin, selepas kuliah biasanya anak muda bekerja ditempat-tempat strategis, seperti warung kopi, rumah makan, toko pakaian, konter hp dan  lain sebagainya, bahkan baru-baru ini bisa sambil menjalankan ojek online dengan beragam aplikasi menarik, hanya bermodalkan kendaraan, bahan bakar, ponsel pintar dan aplikasi ojek online, maka tidak perlu lagi kuliah dibiayai oleh orang tua.

Kota Pontianak memang saat ini telah menjadi idola dan merupakan lokasi bisnis yang strategis bagi kaula muda, banyak Mahasiswa/i yang berasal dari luar Kalimantan juga menjadikan potensi usaha untuk semakin berkembang. Di setiap sudut Kota, kini mulai banyak dijumpai aktivitas positif dari berbagai kalangan, baik berdasarkan usia maupun jenis profesi dari seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan seperti olahraga, musik, bisnis, organisasi dan gaya hidup sudah menjadi bagian dari masyarakat Kota Pontianak, maka dari sekian banyak  inilah kesempatan sangat terbuka lebar bagi yang mampu menganalisa pasar dengan tajam. 

Siapapun boleh berkerja sambil kuliah di Universitas Tanjungpura, namanya juga sudah zaman digitalisasi,  ya kan? :)  asalkan ingat saja, ini yang paling penting,  bahwa tugas utama kamu adalah belajar bersama UNTAN, dan tetap fokus pada pengembangan dan Membangun Ekosistem Digital untuk Menuju Cyber University yang lebih baik lagi.

Dunia dimana tempat kita hidup ini selalu terus berkembang, terutama dibidang teknologi dan informasi. Kita terbiasa menuntut lebih banyak pengetahuan daripada masa-masa sebelumnya dan untuk memenuhi tuntutan dunia itu, tentunya Kita membutuhkan pendidikan yang kuat untuk mendasari keterampilan dan pengetahuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Ada beberapa alternatif yang tersedia untuk menerima pendidikan sebagai sumber utama ilmu pengetahuan, yang merupakan kabar baik bagi mereka yang belum berhasil memperoleh gelar sarjana. Mungkin Anda berpikir bahwa menjadi seorang sarjana hanyalah sebuah gelar semata, namun dari sisi lian yang paling utama adalah mendapatkan dan menerapkan pengetahuan yang tentunya jauh jika dibandingkan sebelum Anda menjadi Sarjana.

Alasan pertama bahwa Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan gelar sarjana adalah bahwa ada sebuah kenyataan yang secara substansial dapat meningkatkan potensi penghasilan Anda saat ini. Mungkin, apabila hal ini tidak menarik, yaitu karena alasan uang (meningkatkan penghasilan ataupun gaji), ini biasanya merupakan satu alasan mengapa kebanyakan orang kembali ke Universitas setelah bertahun-tahun mengabdi di tempat kerja.

Ini mungkin tampak seperti istilah yang aneh untuk digunakan ketika membahas mengapa Anda harus mendapatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di universitas Tanjungpura Pontianak. Dalam banyak kasus, Anda akan menemukan bahwa pendidikan mulai melampaui pengalaman karena perusahaan biasanya mencari pekerja dengan keterampilan lebih banyak daripada mereka dengan keterampilan yang sangat spesifik. Universitas modern biasanya memerlukan paparan singkat untuk semua jenis informasi dan kursus yang tidak harus terkait dengan jurusan Anda. Ini memberikan lulusan dengan pemahaman yang lebih luas tentang dunia pendidika.

Percaya atau tidak, mereka yang bergelar jauh lebih bisa dipekerjakan daripada mereka yang tidak memilikinya. Ada suatu masa ketika tren ini terjadi, yaitu tren untuk mempekerjakan mereka yang memiliki pengalaman lebih dari mereka yang memiliki pendidikan tinggi. Tren itu dengan cepat menguap karena perusahaan menginginkan karyawan yang dapat mengisi banyak peran lebih sering. Paparan terbatas pada ide-ide atau cita-cita dan prinsip-prinsip tertentu yang diterima kebanyakan orang sebagai bagian dari pendidikan di sebuah Universitas membuat Anda menjadi kandidat yang lebih dapat dipekerjakan karena Anda harus dapat beradaptasi dan menyesuaikan, karena ini diperlukan selama proses pendidikan Anda.

Bila Anda tidak memiliki cukup biaya untuk Kuliah di UNTAN, tidak perlu gusar atau kuatir, Anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan beasiswa dari berbagai sumber yang telah bekerjasama dengan UNTAN, seperti yang telah disebutkan di atas, Pemerintah Daerah misalnya. Untuk itu Anda juga perlu berpacu dalam membangun ekosistem digital guna menuju Cyber University yang merupakan bagian dari Anda juga nantinya. Maka dari itu sebaiknya persiapkan diri Anda dengan berbagai macam prestasi untuk menembus beasiswa yang dapat membantu Anda meraih masa depan yang gemilang dan cemerlang.

Anda akan lebih tampil percaya diri dengan memperoleh pendidikan di Universitas Tanjungpura Pontianak. Hal ini Adalah salah satu cara untuk membangun kepercayaan tidak hanya pada level pribadi tetapi juga pada level profesional. Apakah Anda menyadarinya, ini sering merupakan alasan terbaik untuk mengejar gelar sarjana. Alasan ini, sebenarnya, akan mempengaruhi semua hal lain yang disebutkan di atas. Jika Anda lebih percaya pada kemampuan Anda, Anda akan lebih bersedia untuk menyelesaikan suatu pekerjaan level atas yang ditawarkan oleh siapapun. Sebagai hasilnya, Anda akan mendapatkan lebih banyak uang dan Anda akan memastikan bahwa Anda adalah aset bagi perusahaan Anda dengan membuktikan bahwa diri Anda mampu mengatasi berbagai macam hal terkait dengan pekerjaan Anda.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

The Administrator!

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Mar 9, 2020, 7:42 PM - Shinta Kusuma
Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz