11 Tips Sukses Memenangkan Persaingan Bisnis di Media Sosial

11 Tips Sukses Memenangkan Persaingan Bisnis di Media Sosial

Ingin mengembangkan bisnis Anda dengan media sosial? Ikuti sebelas tips penting ini.

Pengunjung dari media sosial juga sangat penting bagi sebuah artikel untuk meningkatkan daya ungkit di mesin pencari, meskipun kenyataannya hasil yang diharapkan dari media sosial tidaklah begitu signifikan, karena rata-rata pengunjung yang datang bukan karena "mencari" tapi karena "melihat". 

Maksudnya bagaimana? Jika di mesin pencari, pengunjung datang karena mereka menginginkan suatu informasi, dan ketika Kita menyuguhkan konten yang sangat bermanfaat, maka mereka akan lebih mudah untuk terkesan. 

Berbeda sekali dengan kunjungan dari media sosial,  mereka membuka suatu link atau artikel karena tanpa sengaja melihat secara visual, mereka tertarik dengan judul atau gambar yang kemudian membuka link tersebut, apabila isi artikel kurang menarik maka akan segera ditinggalkan, namun apabila isinya menarik, ya belum tentu juga mereka mau menjadi pelanggan,  sebab memang bukan itu yang mereka cari. 

Lalu bagaimana memenangkan media sosial? Berikut silahkan disimak sedikit tips yang mungkin bisa membantu Anda meningkatkan pengunjung dan dapat terkonversi menjadi pelanggan. 

1. BUAT KONTEN BERKUALITAS

Yak, Konten adalah Rajanya,  Anda harus mempersiapkan konten dengan semaksimal mungkin,  meskipun butuh waktu yang lama, namun hasilnya akan mengejutkan Anda. 

Keuntungan lain yang membuat Konten Berkualitas dapat merajai media sosial adalah, ia bahkan mampu merajai mesin pencari. Maka dari itu, buatlah konten yang tidak asal jadi, namun tetap memperhatikan kualitas penulisan Anda. 

2. Tentukan Tujuan Anda Bermedia Sosial

Apakah Anda mencoba menumbuhkan pengikut? Terhubung dengan pelanggan? Atau sekedar menjual beberapa produk?

Riset pasar dan perencanaan yang cermat sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda, seperti halnya untuk bisnis apa pun. Rencana bisnis adalah suatu keharusan. Ini harus mencakup perincian tentang produk dan layanan yang akan ditawarkan perusahaan, jenis peralatan bisnis dan biaya yang akan dibutuhkan dalam lima tahun mendatang. Ini juga harus mencakup informasi tentang persaingan di area pasar yang ditentukan. Informasi ini harus mencakup cara-cara agar bisnis baru akan berhasil dalam bersaing - bagaimana membuatnya menjadi unik dan bagaimana bisnis tersebut merupakan peningkatan dari apa yang ada di industri yang sama.

Menentukan tujuan Anda adalah langkah pertama menuju kesuksesan bisnis di media sosial. Lagi pula, jika Anda tidak tahu ke mana arah Anda pergi, bagaimana Anda akan tahu ketika Anda sampai di sana?

3. Kenali Audiens Anda

Kenali Audiens target Anda dengan baik. Apa minat mereka? Merek apa yang mereka ikuti? Seperti apa kehidupan mereka sehari-hari?

Apabila Anda mengenali mereka dengan baik,  maka dengan mudah pula Anda berkomunikasi dan menawarkan bisnis Anda. Gunakan cara yang tepat dan selalu terhubung dengan gaya pribadi merka agar Anda lebih mudah untuk masuk. 

Kemampuan Anda untuk menempatkan diri pada posisi audiens Anda akan menentukan kemampuan Anda untuk membuat mereka terlibat dengan konten Anda.

4. Jadilah Manusia

Maksudnya disini adalah, menjadi manusia yang utuh,  bukan robot yang selalu posting produk,  tapi tidak berinteraksi secara normal, apabila ada yang komentar, segeralah merespon, bila ada yang pertanyaan yang tidak bisa dijawab secara publik,  tetap katakan di dalam kolom komentar bahwa Anda akan menjawabnya melalui pesan pribadi. 

Orang ingin mengikuti orang, bukan merek dagang, kecuali memang orang tersebut tertarik dengan suatu produk, mereka akan mengikuti halaman produk tersebut, misalnya Anda yang senang sekali memfollow halaman media sosial RACKTICLE :).

Apa yang membuat beberapa orang begitu energik dan dikagumi sehingga mereka menjadi magnet dalam menarik orang lain kepada mereka. Anda tahu, tipe orang yang Anda sukai berada di perusahaan mereka. Ini tidak ada hubungannya dengan ketampanan, menjadi kaya raya, memiliki mobil mahal, atau menggunakan pakaian dengan mode terbaru. Tentu saja, ini tidak ada salahnya jika Anda cukup beruntung memilikinya.

Ini semua berhubungan dengan bagaimana Anda berpikir, bereaksi, berinteraksi, dan mengatur waktu Anda secara efektif. Menjadi sukses dalam kehidupan, cinta, bisnis, dan semua kegiatan pribadi membutuhkan kerja dan “kesadaran” sadar akan kualitas dan sifat yang dapat membuat Anda menjadi orang yang percaya diri, bertanggung jawab yang menarik baik pria maupun wanita.

5. Memiliki Selera Humor!

Memiliki rasa humur adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada orang lain, sebab ada beberapa orang dengan tipe yang senang sekali dengan hal-hal yang lucu. Anda boleh saja untuk serius menekuni bisnis,  akan tetapi gunakanlah waktu lain untuk memiliki selera humor yang membahagiakan Anda serta orang di sekeliling media sosial Anda.

6. Tersenyumlah!

Meskipun topik Kita kita kali ini adalah tentang mengembangkan bisnis di media sosial, namun bukankah teman di medsos Anda adalah orang-orang yang berada di sekeliling Anda secara nyata juga? Maka dari itu cobalah Saat Anda melewati 3 orang di tempat kerja, perlihatkan wajah Anda yang muram atau tidak peduli (Ini mungkin normal untuk Anda). Selanjutnya, lewati 3 orang dengan senyum lebar dan tulus di wajah Anda dan salam singkat. Reaksi macam apa yang Anda dapatkan? Bagaimana perasaan Anda? Bagaimana perasaan mereka? Orang suka merasa dihargai dan dianggap penting. Anda dapat membuat seseorang memiliki hari itu hanya dengan memberikan senyum sederhana.

7. Perlakukan Orang Seperti Anda Ingin Diperlakukan!

Apa yang terjadi maka terjadilah. Setiap orang pantas diperlakukan dengan hormat dan bermartabat. Ini berlaku di depan mereka dan di belakang mereka. Jangan terjebak dalam gosip kental.

Hal ini penting karena lambat laun orang yang Anda bicarakan di belakangnya akan tau bagaimana Anda memperlakukannya bersama teman-teman Anda yang lain. 

Malah sebaiknya menjadi pribadi yang anti-gosip akan lebih mudah memiliki banyak teman dan justru mendapatkan informasi yang lebih banyak,  lengkap dan akurat. 

8. Ingatlah Nama Lengkap Orang Dan Detail Kecil Tentang Mereka!

Lebih penting lagi gunakan keduanya dalam percakapan. Orang-orang suka mendengar nama mereka dan mengajukan pertanyaan tentang kehidupan mereka, hal ini menunjukkan Anda memiliki minat pada mereka secara pribadi.

9. Jujurlah!

Bermedia sosial juga diperlukan kejujuran,  bila Anda terbiasa memberikan informasi yang benar, jujur dan tidak mudah percaya dengan berita HOAX maka Anda akan dianggap sebagai orang bisa dipercaya, hal ini akan menumbuhkan bisnis Anda secara otomatis. 

Jika Anda berbohong, bahkan kebohongan kecil saja, pada akhirnya Anda akan terjebak di dalamnya. Semua orang menghargai kejujuran langsung, meskipun itu tidak populer atau apa yang ingin mereka dengar.

10. Biarkan Orang Lain Bicara!

Percakapan harus dilakukan dua sisi. Biarkan orang lain yang paling banyak bicara. Tetap penuh perhatian dan tertarik dengan apa yang dikatakan orang tersebut.

11. Dengarkan! Atau Bacalah Komentar Mereka dengan Bijak. 

Benar-benar membaca apa yang ditulis orang lain kepada Anda. Ketika dia berkomentar, berikan balasan langsung dan jangan pikirkan bagaimana Anda akan merespons. Proses apa yang mereka katakan dan kemudian rumuskan jawaban Anda. Terlalu banyak orang yang tidak membaca ketika orang menulis tetapi malah memikirkan apa yang akan mereka katakan selanjutnya dan kehilangan sebagian besar dari apa yang dikatakan orang itu.

Demikianlah 11 Tips agar Anda dapat memenangkan persaingan bisnis di media sosial. Masih banyak lagi tips lain, untuk ith silahkan follow jika Anda berkenan untuk mendapatkan informasi lain di dashboard Anda. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

The Administrator!

Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Recent Articles