Tips Menulis Blog Tanpa Punya Blog Tapi Tetap Dibayar

Tips Menulis Blog Tanpa Punya Blog Tapi Tetap Dibayar

Banyak orang-orang yang mengatakan atau informasi beredar di internet tentang berbagai cara mendapatkan uang di internet. Kebanyakan mengharuskan download ini, instal itu, survey ini, like itu, share ini dan ini itu sebagainya. Bikin ribet! Uda gitu bayarannya gak seberapa.

Memang sih kita tahu. Menghasilkan uang merupakan perjuangan. Asalkan masih sesuai aturan, apapun akan kita lakukan untuk mengais rejeki. Tapi gak lantas begitu juga. Rela melakukan apapun. Tapi imbalannya gak sebanding sama usaha yang kita lakukan.

Maka dari itu. Kita ubah mindsetnya menjadi cara pintar cari uang di internet. Karena di internet ini kalau kita gak berusaha pintar, maka jatuhnya kita yang dibodoh-bodohi orang lain. Menulislah!!

Yaps! Salah satu cara pintar buat dapatkan uang di internet yakni dengan menulis artikel. Jutaan bahkan milyaran orang di dunia ini setiap harinya mengakses internet salah satu tujuan utamanya untuk cari informasi. Dan salah satu medianya lewat tulisan, dalam hal ini media online. Maka itu kebutuhan artikel yang memuat informasi menarik dan bermanfaat gak ada matinya.

Tapi tenang dulu. Menulis disini bukan berarti menjadi jurnalis profesional. Bukan juga harus menulis karya tulis yang sangat serius sekelas skripsi kuliah. Akan tetapi menulis yang dimaksud menulis asyik tapi gak asal-asalan. Simpelnya, kita punya ide & gagasan, mencari referensi dan kemudian menyusun sebuah tulisan yang orisinil.

Bagi teman-teman blogger tentunya sudah sangat akrab sama dunia menulis. Tapi menjadi blogger yang ingin menghasilkan uang dari jerih payah menulisnya tidaklah segampang membalik telapak tangan. Banyak rintangan menghadang.

  • Seperti harus buat weblog sendiri. 
  • Sewa hosting & domain. 
  • Mengatur template sendiri dan harus ramah pengunjung dan mesin pencari. 
  • Mencari sponsor sendiri. 
  • Pusing mikirin Adsense yang belum diterima. 

Dan segudang persoalan lainnya. Hingga seorang blogger juga dijuluki sebagai "single fighter". Pejuang yang menyelesaikan banyak  persoalan sendirian. Membuat banyak blogger yang berguguran ditengah jalan.

Tapi itu cerita lama. Kini ngeblog  bisa dilakukan tanpa harus punya blog. Akan tetapi juga perlu diingat, bukan berarti blog itu sesuatu yang amat sulit. Hanya saja beberapa orang tertarik pada blogging karena suka menulis. Tanpa ingin dipusingkan oleh hal-hal semacam pengembangan dan promosi website seorang diri.

Jika persoalan demikian benar kamu alami. Maka kamu sudah berada pada artikel yang benar.  Mari sama-sama kita belajar tips menulis artikel menarik dan dibayar.

Kini bermunculan sejumlah website yang berbasis blogging dan menerima penulis/blogger dari luar. Salah satunya RackTicle yang membuka peluang untuk kamu yang hobi menulis artikel. Dimana kamu bisa mengirim karya kamu berupa tulisan, tanpa harus punya blog sendiri. Tapi tetap dibayar atau mendapat penghasilan.

1. Caranya kamu bisa langsung daftar ke RackTicle Gratis! Selengkapnya kamu bisa lihat aturan mainnya disini.

Untuk tips menulis artikel menarik dan dibayar, ada yang perlu kamu perhatikan sebelum hendak mengirim tulisan ke website lain. Penting untuk mengikuti aturan yang dibuat pemilik website. Ini supaya kamu tidak asal menulis dan tidak dibayar. Sia-sia sajakan..

  • Tulisan menarik dan dibayar harus mengikuti syarat dan ketentuan. Agar dapat lolos review dan layak mendapat penghasilan.
  • Jangan samakan seperti menulis di blog sendiri
  • Ikuti aturan main website tempat kamu mengirim tulisan
  • Jangan coba-coba melanggar aturan, karena pemilik website berhak memberi sanksi. 

Setelah kamu pahami syarat dan ketentuannya. Mekanisme pembayaran dan lainnya. Maka kamu bisa mulai mengirim tulisan dan menyesuaikan dengan peraturan. Jangan sepelekan tahap ini, karena sangat penting untuk kedepannya. Orang yang suka menulis tentunya juga suka membaca dong ya, termasuk membaca aturan.

2. Perbanyak membaca untuk mencari ide tulisan yang menarik

Satu artikel berisi 300-500 kata idealnya dibuat berkat hasil membaca lebih banyak artikel referensi. Lebih dari satu artikel bahkan lebih banyak lagi.

Jadi tips menulis artikel menarik dan dibayar, sebelum mulai menulis harus banyakin baca. Gak usah buru-buru dalam menulis. Santai saja, banyakin baca dulu.

3. Teliti sebelum menentukan calon website yang akan dikirimi artikel

Platform atau website yang menerima penulis lepas biasanya berbeda-beda dalam menerapkan syarat dan aturannya sendiri. Kamu jangan silau terhadap nama besar website. Lantas asal mengirim tulisan. Pilihlah website yang sesuai dengan tema tulisanmu. Kan gak lucu ya, kalau sampai salah kamar.

Berhubung kamu sedang akses RackTicle maka kamu bisa pertimbangkan. Karena disini memiliki tema atau kategori tulisan yang beragam.

4. Jangan coba-coba melakukan copy paste

Kalau diblog pribadi tentunya suka-suka kita ya mau nulis apa. Sekalipun copas juga gak masalah, asalkan blog update.

Tapi kalau kita benar-benar ingin menulis artikel menarik dan dibayar. Kita mesti benar-benar patuh. Copas merupakan sesuatu yang haram dilakukan. Percuma saja mengirim tulisan copas ke website lain. Mereka tentunya akan melakukan seleksi yang ketat. Syarat artikel menarik yakni tulisan yang orisinil dan bukan copas.

5. Mulai nulis saja dulu

Tips menulis artikel yang menarik dan dibayar selanjutnya ialah mulai beranikan diri untuk menulis. Jangan dulu fokus pada kata "dibayar" atau berapa uang yang bakal didapat? Enak banget ya cuma nulis artikel gitu aja dapat bayaran. Jangan ngayal dulu woi!

Tapi pikirin tuh, mana karyamu! Segera menulis. Nih ya, kita sudah rutin nulis saja belum tentu banyak yang baca. Apalagi bila belum mulai nulis.

Judulnya saja ngeblog tanpa blog. Jadi kita mesti fokus pada blogging atau menulisnya. Menulis saja dulu! Jangan pikirkan yang lain-lain. Maka bayaran akan menyusul.

6. Membiasakan diri mematuhi aturan

Ngeblog tanpa blog, tapi tetap dibayar. Kedengarannya mudah. Tapi gak semudah yang dibayangkan itu Ferguso!!

Ini semacam kalau kita sebagai karyawan. Atau lebih tepatnya sistem Ojek Online; Part Time.

Kita bisa suka hati mau kerjanya kapan. Tapi bukan berarti kerjanya asal-asalan semau kita gitu saja.

Ada aturan main yang perlu dipatuhi. Menulis di website lain itu salah satu kuncinya mengikuti syarat dan ketentuan. Gak cukup sekedar tulisan yang entah berapa paragraf itu. Tapi perlu diperhatikan jumlah karakter dan kata. Tidak boleh jualan colongan. Gak boleh SARA. Intinya gak boleh menyulut perselisihan. Gak boleh Bar-Bar.

Namanya juga kita menulis di website lain. Ibaratnya seperti kita bertamu ke rumah orang lain. Mesti ada tata krama bertamunya.

Maka itu sangat penting membiasakan diri dengan berbagai aturan yang ada. Sebenarnya gak susah. Selama niat kita baik, secara keseluruhan baik ngeblog di blog pribadi atau website lain sama saja.

7. Terpacu untuk selalu menjadi yang terbaik.

Menulis di website lain merupakan tantangan lebih dibanding sekedar menulis di blog pribadi. Dari segi pembaca cenderung akan lebih banyak. Termasuk dibaca sesama penulis di website yang sama. Seperti kalau kita menulis kolom di surat kabar.

Dalam artian wawasan dan koneksi jadi terbuka lebih luas. Penyebaran konten kita semakin luas. Menjadi tantangan tersendiri untuk mengeluarkan kemampuan terbaik.

8. Rajin Promosi

Sebenarnya secara keseluruhan ngeblog di blog pribadi maupun website lain tidak seluruhnya berbeda. Setelah berhasil menerbitkan artikel. Mesti rajin bagikan link postingan ke sosial media agar lebih banyak yang baca.

Begitupun kalau menulis di website lain. Gak ada ceritanya instan, setelah menulis langsung dibanjiri banyak pembaca. Kecuali kalau kamu memang orang besar yang berpengaruh. Jadi mesti rajin bagikan link postingan maupun konten seluas mungkin.

9. Rutin Menulis bila ingin dapat banyak bayaran

Bukannya ngajarin untuk mengejar materi. Namun berhubung judulnya ngeblog tanpa blog tapi tetap dibayar. Maka fokus utamanya ialah mengejar penghasilan dengan ngeblog.

Sederhana saja, bila ingin dapat bayaran atau penghasilan yang banyak. Maka banyak dan rutinlah membuat artikel menarik dan bermanfaat. Jangan pikir ketika sudah buat beberapa puluh artikel maka uang sudah mengalir sendirinya.

Tidak begitu. Menulis itu sesuatu yang berkesinambungan. Selalu diperbarui. Karena pembaca selalu mencari informasi yang paling nyambung dengan kondisi terbaru. Rutinlah menulis dan tetap konsiten.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

LUV LUV LUV

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma