Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar Paling Ampuh dan Efektif

Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar Paling Ampuh dan Efektif

Di era internet seperti saat ini, menekuni hobi menulis bisa jadi hal yang sangat menguntungkan. Dengan memiliki blog yang dikelola dengan baik, Anda dapat menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Dari jumlah pengunjung atau traffic blog Anda dapat memonetisasinya untuk menghasilkan uang

Menulis untuk mendapatkan bayaran memang sudah semakin mudah sekarang. Anda juga tidak harus menjadi seorang wartawan untuk dapat mewujudkannya. Selain dengan memiliki blog yang terkelola dengan baik Anda juga dapat menjadi kontributor untuk portal berita online tertentu seperti halnya rackticle.com.   

Caranya mudah, Anda cukup mendaftar, membuat artikel yang menarik, dan kalau artikel Anda diterbitkan maka Anda akan mendapatkan bayaran. Jumlah bayaran yang didapat ditentukan dari jumlah tayangan artikel yang Anda buat.

Asyik bukan? Tapi memang membuat artikel yang baik dan bagus tidaklah mudah. Apalagi artikel menarik yang mampu menyedot pembaca yang banyak. Ada banyak hal yang harus diperhatikan. Untuk itu, berikut akan saya bagikan tips menulis artikel menarik dan dibayar.

Bagaimana caranya agar Anda dapat menulis artikel menarik dan dibayar?

Berdasar pengalaman pribadi, mengikuti lomba menulis seperti yang diselenggarakan oleh rackticle.com cara paling efektif untuk melatih Anda membuat tulisan yang menarik.

Mengapa Lomba?

Pertama karena lomba ada hadiahnya. Dengan begitu, agar keluar sebagai pemenang tentu Anda akan terpacu untuk menghasilkan karya yang terbaik. Anda dipastikan akan mengeluarkan kemampuan terbaik dari diri Anda.

Selanjutnya, masih karena adanya faktor hadiah. Dengan mengikuti lomba Anda tidak akan merasa bosan saat secara tidak langsung sebenarnya Anda tengah terus mengasah kemampuan menulis Anda.

Jika hanya sekadar berlatih menulis, tanpa tujuan yang pasti, tentunya akan membosankan. Bisa-bisa baru selesai satu atau dua judul tulisan Anda sudah berhenti menulis. Ya, karena tidak adanya motivasi dalam menulis

Lalu dengan terus mengikuti lomba, dapat dipastikan Anda akan terus meningkatkan skill menulis Anda.

Soalnya, kalau pun kalah, Anda akan sangat banyak belajar. Utamanya dari artikel pemenang. Anda akan mempelajari, kenapa artikel tersebut keluar sebagai pemenang. Apa saja yang menjadi kelebihannya, di mana sisi menariknya. Lalu Anda akan mempelajari letak kelemahan dari artikel Anda yang harus diperbaiki.

Bila ada orang bilang practice make better,  maka mengikuti lomba menulis untuk saya adalah cara paling ampuh untuk terus mengasah skill  menulis saya.

Ray Bradbury, seorang sastrawan terkenal asal Amerika Serikat pernah berujar “kuantitas akan melahirkan kualitas. Jika Anda hanya menulis sedikit saja, maka percuma.” Nah buat saya, mengikuti lomba menulis menjadi cara yang paing efektif untuk mengasah terus kemampuan menulis saya.

Coba saja bayangkan. Lomba menulis diadakan oleh berbagai lembaga, dengan tema yang sangat beragam, Kadang temanya terkait travel, bisnis, politik, kesehatan, ekonomi atau juga soal tekhnologi. Sangat beragam.

Dengan mengikuti berbagai lomba menulis tersebut, maka sebenarnya Anda sedang berlatih menulis untuk berbagai genre tulisan. Yang pasti memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Gaya menulis artikel bisnis, sudah dapat bisa dipastikan berbeda dengan gaya untuk menulis artikel travel atau untuk artikel kecantikan.

Selain itu dengan mengikuti berbagai lomba menulis, dapat dipastikan Anda akan terus berusaha untuk menambah pengetahuan Anda. Pastinya Anda akan melakukan riset dan membaca berbagai literatur sebelum menulis sebuah artikel.

Kalau Anda tidak melakukan hal tersebut, saya sarankan lebih baik Anda tidak menulis. Karena seperti yang dikatakan para pakar, banyak membaca adalah syarat mutlak untuk membuat artikel yang bagus dan menarik.

IF YOU DON’T HAVE TIME TO READ, YOU DON’T HAVE THE TIME — OR THE TOOLS — TO WRITE. SIMPLE AS THAT,” STEPHEN KING

Kutipan dari Stephen King tersebut, penulis kontemporer asal Amerika Serikat, menegaskan betapa pentingnya membaca untuk menghasilkan tulisan yang bagus dan menarik. Tanpa membaca, kita layaknya tidak punya peralatan sama sekali untuk menulis.

Dalam berlatih menulis, memang ada begitu banyak tips yang dapat Anda terapkan. Bila buat saya caranya dengan mengikuti lomba, bisa jadi untuk Anda berbeda. Yang pasti carilah cara yang paling nyaman dan paling efektif untuk Anda.

Sebab seperti yang dikatakan sastrawan asal Inggris, Micahel Moorcock, abaikanlah semua peraturan dan carilah atau ciptakanlah cara yang paling cocok untuk Anda. Bisa jadi itu cara yang paling efektif untuk Anda.

Selamat menulis.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 1, 2020, 4:48 PM - Rianda Prayoga
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Recent Articles
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
May 20, 2020, 12:58 PM - Rahmat Gunawan