Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar, Hindari 9 Hal ini Agar Berhasil

Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar, Hindari 9 Hal ini Agar Berhasil

Ada banyak sekali artikel yang beredar di internet, namun tahukah anda bahwa hanya sedikit artikel yang mampu masuk ke peringkat atas dari halaman hasil penelusuran?

Hal ini menunjukkan ada persaingan yang ketat dalam  menulis artikel, agar artikel dapat terus dibaca dan dapat menghasilkan passive income bagi penulisnya.

Saya akan membahas 9 kesalahan pada tulisan saya yang berjudul “5 Tips Jitu Push Up Artikel Anda dan Dapatkan Dolar”. Tulisan yang saya tulis di awal bulan Januari ini namun tidak pernah dapat menduduki posisi atas di halaman hasil penelusuran, bahkan ketika saya masukkan kata kunci artikel saya tidak muncul.

1. Judul yang Tidak pas dan Tidak Sesuai Kata Kunci

Dalam artikel tersebut saya memberi judul “5 Tips Jitu Push Up Artikel Anda dan Dapatkan Dolar”. Maksud dari saya memilih kata push up sebagai pengganti kata mendorong ternyata tidak pas bahkan salah. Sebab ketika saya memasukkan kata kunci push up artikel dan dapatkan dolar hasil penelusuran akan memunculkan olah raga jenis push up, bukan penulisan artikel, dan ketika saya mengetikkan kata “tips jitu menulis artikel dan dapatkan dolar” artikel saya tidak akan muncul. Maka pemilihan kata untuk judul menjadi langkah awal yang cukup signifikan terhadap berhasilnya sebuah artikel

2. Kurangnya Data

Dalam artikel tersebut saya menuliskan bahwa untuk meningkatkan peringkat dalam halaman hasil pencarian perlu menerapkan teknik SEO yang sebenarnya teknik SEO ini memiliki penjabaran yang lumayan luas, namun saya hanya memberikan penjabaran yang sedikit sehingga bagi pembaca yang belum mengetahui apa itu SEO, akan mengalami kebingungan dan akan menimbulkan kesan, tulisan saya itu kurang berbobot karena sedikit sekali memaparkan data. Hal ini tentu saja dapat diantisipasi dengan cara mengumpulkan sebanyak-banyaknya data, agar tulisan kita lebih berkualitas dan berbobot.

3. Pembukaan yang Terlalu Lebar

Jika anda membuka tulisan saya yang berjudul “5 Tips Jitu Push Up Artikel Anda dan Dapatkan Dolar” dan memulai membaca awal paragraf, mungkin anda akan segera scroll ke bawah atau malah menutup artikel tersebut dan mencari artikel lain. Kenapa? Karena niat orang membaca artikel saya adalah karena pembaca ingin tahu bagaimana caranya menulis artikel dan mendapatkan dolar, maka pembaca tidak memerlukan bagaimana analogi sebuah perusahaan kue yang harus mencari bahan, resep dan pemasaran untuk terus mendapatkan pelanggan, pembaca tentu sudah tahu akan hal itu, sehingga pembaca merasa karena kalimat pembuka yang tidak menarik dan terlalu lebar yang tidak memiliki daya untuk menggiring pembaca untuk terus membaca, akhirnya halaman ditutup dengan segera dan dicarilah artikel lain.

Untuk mengantisipasi hal ini, buatlah kalimat awal yang menarik dan menggigit. Kalimat awal tidak perlu yang panjang lebar, malah terkesan membosankan. Kalimat awal adalah pemantik minat untuk terus membaca tulisan kita hingga selesai. Anda dapat mengawali dengan sebuah kalimat pertanyaan yang jawabannya akan penulis jabarkan di paragraf selanjutnya.

4. Kurang dari 1000 Kata

Jumlah kata yang terdapat dalam artikel saya itu hanya sekitar 500 kata, ini juga menjadi salah satu faktor kenapa artikel saya tidak muncul di halaman hasil penelusuran, meskipun memang terkadang ada beberapa tulisan yang bisa tembus di peringkat atas namun memiliki kata yang kurang dari 1000, namun berdasarkan riset pakar SEO dengan hasil analisa, tulisan terbaik adalah tulisan dengan lebih dari 1.500 kata dan kurang dari 2000 kata 

Secara logisnya jumlah kata yang lebih banyak akan memiliki durasi yang lebih lama untuk pembukaan halaman, sehingga hal ini akan dibaca oleh Google sebagai sesuatu yang dianggap diminati oleh pembaca. Karakter yang lebih panjang pun biasanya akan memiliki bahasan yang lebih lengkap dan detail hal ini tentu dapat memberikan kepuasan pembaca dan dapat menjadi pemantik untuk pembaca membagikan tulisan kita di media yang lain. Meskipun begitu, jangan memaksa memperbanyak jumlah kata jika memang bahasannya sedikit, atau materi yang anda siapkan tidak memadai sehingga malah dapat memunculkan kalimat yang berulang-ulang dan ini malah justru akan terkesan membosankan dan mbulet.

5. Kurang Menambahkan Gambar yang Menarik

Ada yang mengatakan bahwa gambar thumbnail ini tidak penting, namun ibarat sebuah kue ulang tahun, kue yang polos dan kue yang diberi hiasan, tentu kue yang memiliki hiasan akan lebih menarik. Sama juga dengan sebuah artikel penambahan gambar thumbnail akan membantu pembaca untuk lebih paham akan penjelasan kita atau akan membatu pembaca untuk mendapatkan ilustrasi dari apa yang penulis sampaikan.

6. Tidak menggunakan kalimat ajakan share this article sebagai penutup

Pada artikel tersebut juga penulis lupa untuk menuliskan kalimat ajakan kepada pembaca untuk dapat membagikan artikel tersebut ke media yang lain, seperti “Jika  Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan artikel ini” . Kalimat penutup yang seperti ini memang jarang digunakan, namun apa salahnya mengajak pembaca untuk membagikan artikel ke media yang lain, untuk meningkatkan peringkat dan menambah penghasilan tentu saja.

7. Segmentasi yang Kurang Tepat

Seperti halnya barang dagangan yang memiliki segmentasi masing-masing, demikian juga dengan sebuah artikel. Artikel tentang tema cara memutus pacar dengan bahasa yang gaul tentu tidak pas untuk para Ibu rumah tangga, demikian juga dengan tulisan tentang cara meningkatkan kualitas hubungan suami dan istri tentu bukan segmentasi untuk para mahasiswa. Dan segmentasi dari artikel saya tersebut sangat tidak menarik bagi yang tidak menyukai menulis, maka seharusnya saya lebih banyak membagikan artikel saya tersebut ke pada para penulis, meskipun tidak ada salahnya membagikan kepada yang lain.

8. Terburu-buru

Segala sesuatu yang bersifat terburu-buru itu tidak akan bagus, karena hasilnya jadi tidak akan maksimal, banyak kekurangan dan kesalahan. Maka dari itu sebelum menerbitkan sebuah tulisan persiapkan segala sesuatunya dengan matang, baca kembali artikel anda hingga berulang-ulang, perbaiki jika Anda menemukan kata atau kalimat yang salah baik itu dalam hal penulisan huruf, istilah yang salah atau hal tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dapat Anda perbaiki sebelum Anda publikasikan.

9. Berorientasi Pada Uang

Berorientasi pada uang tentu bukan hal yang salah, karena memang tidak dipungkiri jika salah satu tujuan kita menulis adalah untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Namun jika orientasi kita menghasilkan uang mengalahkan orientasi kita menulis tulisan yang berkualitas tentu akan berpengaruh pada hasil. Kenapa? Karena jika fokus kita pada uang lebih besar dibanding kualitas tulisan, gaya menulis kita cenderung akan asal-asalan tanpa mempertimbangkan bagaimana cara agar tulisan ini nyaman dibaca, menyenangkan dibaca dan memuaskan untuk dibaca. Berorientasilah pada menciptakan kualitas tulisan, karna dengan itu kita akan dapat menghasilkan tulisan yang baik dan pembaca tentu akan mengetahui mana tulisan yang baik dan tidak, jika pembaca senang maka akan dengan mudah untuk membagikan tulisan kita ke media lain, akan dengan mudah membuka kembali tulisan kita dan Google akan mengikuti perilaku manusia, yang kemudian dibaca oleh Google sebagai data untuk meningkatkan peringkat.

Demikian beberapa hal yang dapat saya kupas untuk Anda, jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silakan batu saya untuk bagikan tulisan saya ini ke media yang lain. Terima kasih.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
_ - Feb 18, 2020, 6:33 PM - Add Reply

Halo kak.. mau tanya nih, ketentuan artikel dengan minim 1000 kata akan diberi 0,25USD sesuai dengan tulisan di dashboard member, tapi saya kok nggak dapet ya penambahan dollar ya? Padahal tulisan saya lebih dari 1000 kata. Saya baca dari beberapa artikel disini mengenai ketentuan itu tapi belum paham sistemnya. Mohon pencerahannya

You must be logged in to post a comment.
RackTicle Manager - Feb 18, 2020, 9:16 PM - Add Reply

Halo, akun Kak Nabila sudah ditambahkan bonusnya setiap artikel yang baru terbit, silahkan cek saja perubahan angka sebelum terbit dan sesudahnya, kami menambahkan secara manual, jadi memang tidak ada histori.

You must be logged in to post a comment.
M. Arif Yulianto - May 8, 2020, 2:44 PM - Add Reply

saya baru nulis tapi agaknya kurang dari 500kata apakah nantinya bisa direvisi kemudian tanpa gambar, ada gambar dari website lain...tapi gak aku cantumin, itu gimana yah..

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Dec 14, 2019, 8:49 AM - Febry Winarto
May 15, 2020, 11:58 PM - Putra Mangaratua Siahaan
Recent Articles
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo