Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar dari Internet (Bagian 1)

Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar dari Internet (Bagian 1)

Di Zaman modern ini Ada begitu banyak sumber bisnis yang dapat kita peroleh dari Internet, karena di internet sebagian kebutuhan masing-masing orang ada, jadi dengan internet pula seseorang dapat menghasilkan penghasilan tambahan ataupun penghasilan primer.

Karena banyak kok sekarang Orang yang full time menjadi kerja di bidang online, ya istilahnya itu bisnis online gitu, jadi ada yang jadi penjual produk, buka jasa, jual beli barang, ada juga yang transaksi jual beli jasa, membuka toko online, menjadi penulis blog, jadi penulis artikel dan masih banyak lagi pekerjaan di dunia online yang sebenarnya dapat memberikan income atau pemasukan kepada kita setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari hari diri sendiri dan keluarga yang kita cintai.

Mereka yang sudah lebih dahulu menekuni dunia online pun tidak Langung bisa meraih kesuksesan dengan mendapatkan penghasilan begitu mudah, melainkan harus melewati banyak tantangan yang harus mereka hadapi. Karena bisnis online juga mempunyai banyak saingannya, jadi pilihlah bisnis atau usaha yang menurut Anda mampu melakukan nya dengan baik. Contohnya Anda hobi nulis, maka bisa jadi penulis artikel untuk blog atapupun untuk online. Sekarang banyak yang mulai menyediakan jasa menulis artikel blog, mereka merasa mampu karena mereka memilik tips untuk mendapatkan penghasilan dari menulis sesuai kriteria mereka sendiri. Namun dikarenakan mereka kebanyakan yang membuka jasa penulisan artikel hanya ingin mendapatkan keuntungan secara materiil dalam waktu singkat, mereka pun kadang asal-asalan dalam menulis, Jadi apabila kamu berkeinginan untuk menjadi penulis artikel bayaran untuk blog orang lain atau web online, maka yang pertama harus kalian lakukan adalah harus bisa menjaga kualitas artikel yang kalian buat, karena kalian akan menjadi penulis yang nantinya bertanggung jawab atas materi konten yang Anda buat sendiri. Jadi misal ada yang komplain, maka harus bisa kalian pertanggung jawabkan atas setiap artikel yang kalian buat.

Jangan sampai asal-asalan yang penting uang sudah masuk yah… Nah kali ini, saya ingin mencoba memberikan sedikit info kepada teman teman yang baru akan mecoba menekuni dunia tulis menulis mengenai tips mendapatkan penghasilan dari menulis. Hal ini untuk memotivasi kalian semua yang hobi menulis apalagi anak sekolah remaja seperti SMP atau SMA yang memang hobi dari lahir tentang dunia tulis-menulis, maka ini bisa kamu lakukan, apalagi bisa menjadi tambahan uang saku sendiri, ya buat beli pulsa atau traktir pacar makan malam, jadi kan tidak memberatkan orang tua dalam kondisi ekonomi.

Tips mendapatkan penghasilan dari menulis artikel menarik dan di bayar Setidaknya ini bisa menjadi panduan sederhana bagi kalian, namun bagi yang sudah pandai atau mahir dan telah lama terjun ke dalam dunia tulis-menulis, maka ini bisa diabaikan, karena kalian tentunya sudah punya tips tersendiri yang dapat kalian coba. Langsung saja, berikut ada sepuluh tips untuk mendapatkan penghasilan dari menulis. Pahami betul betul setiap poin poinnya yah…

1. Harus Tahu Basic dari Menulis

Basic atau dasar merupakan bagian terpenting dari sebuah tulisan. Karena apabila kalian mau menjadi penulis artikel yang profesional, tapi tidak mengerti apa itu EYD atau Ejaan Yang Disesuaikan dan bagaimana kaidah penulisan yang baik dan benar, maka tulisan yang kalian buat tidak akan ada artinya, hanya berbelit belit, tidak efektif, dan bisa jadi tulisannya alay karena kalian biasa nulis alay di Facebook, SMS dan BBM.

Jadi kalian harus tahu basic dari penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar itu seperti apa. Kalian yang sudah mengenyam dunia pendidikan di SD, SMP, SMA tentu di ajarkan bagaimana agar kita bisa menulis dengan baik tanpa melanggar kaidah EYD Bukan?. Tapi walaupun begitu kalian gak wajib nulis dengan gaya yang baku, kalau bukan nulis berita maka itu hanya akan terkesan kaku saja. Jadi yang penting kalian harus tahu tentang huruf besar yang digunakan dibagian mana saja, titik koma dipergunakan dilokasi mana, dan juga bisa membuat judul yang menarik.

Gaya bahasa yang kalian gunakan juga bisa tergantung dari kategori artikel apa yang ingin kalian buat, kalian juga harus bisa menyesuaikan dengan pesanan nantinya. Misal kategori artikel berita kalian harus tulis dengan gaya bahasa yang baku, singkat, padat dan jelas. Kalau kategori artikel tentang narasi gaya bahasa yang digunakan bisa santai tapi serius. Kalau kategori artikel hiburan atau semacam cerpen, novel, karangan kalian bisa menuliskannya dengan gaya bebas, dan ungkapan ekspresi hati harus ada didalam artikel tersebut.

Jadi tips ini harus kalian pahami, karena bagaimanapun juga nantinya orang yang akan menggunakan jasa Anda harus tahu seperti apa tulisan Anda, apakah baik atau tidak. Kalau tidak, mungkin mereka tidak akan mau memesan kembali artikel di blog Anda. Oh ya… berbagai penulisan seperti kata sapaan Anda, kamu, kalian, loe, juga harus diperhatikan. Bisa kalian tanyakan dahulu kepada mereka, karena bisa jadi mereka itu menggunakan kata sapaan yang sesuai dengan biasa mereka gunakan. Jadi perhatikan penulisan kata Anda atau kamu. Jadi hal hal sekecil itu juga bisa kalian lakukan dan perhatikan dengan baik, karena bisa jadi itu bisa membuat mereka yang pesan merasa kurang “sreg” dengan artikel buatan kalian.

2. Harus Punya Banyak Ide

Tips yang kedua yaitu kalian harus mempunyai banyak ide yang bagus dan menarik. Karena ide-ide kreatif pasti sangat dibutuhkan dalam menulis sebuah artikel, tapi jikalau kalian memang terpaksa mendapatkan pesanan artikel yang sudah diberi keyword dan tema tertentu yang harus kalian tuliskan, maka kalian harus membuat artikel tersebut dari ide ide yang bisa kalian kembangkan dan eksplorasi semaksimal mungkin.

Karena tanpa ide dan pengetahuan tentang kategori artikel yang akan kalian buat, kalian hanya akan menghasilkan artikel asal asalan saja, atau ujung ujungnya copy paste dari artikel lain. Ini tidak hanya akan memperburuk reputasi kalian tetapi popularitas kalian juga bisa menurun sehingga tidak aka nada orderan penulisan artikel. Ini merupakan poin yang memang semua orang menyetujuinya. Karena penulis hebat pasti akan membutuhkan ide ide yang tidak kalah hebat serta pengetahuan tentang apa saja yang bersangkutan dengan kategori artikel yang akan di buat.

Jadi kalau kalian kehabisan ide ide untuk menulis, salah satu cara yang wajib kalian lakukan adalah dengan mencari referensi sebanyak banyaknya tentang artikel terkait. Ide, gagasan, dan pikiran adalah salah satu hal yang berkaitan dengan masalah pengetahuan, jadi mereka yang tidak punya banyak pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman, ataupun dari membaca, maka mereka akan kesulitan untuk mendapatkan artikel yang bagus sehingga nantinya mereka tidak akan bisa menghasilkan karya yang maksimal kepada konsumen Anda. Jadi kalau kamu mau jadi penulis yang baik dan produktif, maka langkah awal yang sangat penting untuk kalian lakukan adalah mencari pengalaman sesuai dengan bidang kalian masing-masing.

Misalkan kalian ahli dalam bidang pertanian, maka kalian bisa focus menjadi penulis artikel dengan kategori bertema pertanian. Kalo kalian suka teknologi seperti perkembangan teknologi terbaru Handphone, Android, laptop ataupun barang berteknologi lain sebagainya, maka kalian bisa mengangkat artikel berkategori tentang hal itu. Atau jikalau kalian suka menulis yang berkaitan dengan tema tutorial, maka banyak yang nantinya akan yang membutuhkan artikel review dari Anda. Tuangkan semua ide ide hebat kalian dalam artikel, karena ide kalian akan terkenang sepanjang masa, akan abadi di dunia ini. Karena karya karya kalian akan terkenal, dan ini akan membuktikan kepada dunia bahwa kalian itu layak sebagai penulis yang hebat.

Dengan memiliki banyak ide maka penghasilan kalian akan semakin meningkat dari waktu ke waktu. Oh ya… tulisan yang sedang kalian baca ini juga saat membuatnya saya hanya terpaku pada ide yang terus memenuhi pikiran saya sehingga jari jari tangan saya bergerak mengikuti ide ide dari pikiran saya. Jadi tulisan ini benar benar berasal dari ide ide liar yang keluar dari alam pikiran saya sehingga terbentuk menjadi sebuah rangkaian kata hingga menjadi rangkaian paragraf yang menjadi satu dalam sebuah artikel.

3. Konsistensi adalah Hal yang Diutamakan

Ini adalah soal kepercayaan user atau para pengguna jasa yang kita berikan nantinya, karena sebuah konsistensi, kedisiplinan dan pola yang dinamis akan menjadikan kita dipandang lebih oleh mereka yang menggunakan hasil kerja keras kita. Ini juga merupakan salah satu poin yang nggak boleh kalian abaikan juga. Karena dari sinilah kalian akan menjadi lebih dikenal dan dipercayai untuk dijadikan sebagai jasa yang selalu disarankan. Ya benar, karena konsistensi juga bagian dari keprofesionalan diri kalian terhadap jasa yang sedang di bangun.

Untuk mengetahui apakah strategi ini bisa berjalan dengan baik, maka kalian harus menentukan target harian, mingguan bahkan yang mampu dan harus Anda lakukan. Jangan sampai kalian semua yang ingin lebih dengan menerapkan target berlebihan pula. Ini akan membebani diri kalian sendiri, dan akan berujung kepada keputus asaan belaka. Jadi misalkan kalau kalian memasang target sehari harus bisa menulis artikel sebanyak 5 artikel dengan masing masing per artikel adalah 1.000 kata, maka kalian harus berusaha untuk bisa mencapai target tersebut.

Tetapi di dalam perjalanan nya kalian belum bisa mencapai target tersebut setiap hari, maka kalian belum bisa konsisten terhadap target yang sudah di buat. Jika ,malas masih menjadi bos kalian, maka kalian juga yang diperbudak oleh kemalasan itu sendiri. Jadi mulai sekarang tetapkan target yang ingin Anda kejar dan segera capai lah. Berusaha untuk menjadi seorang yang lebih profesional, karena orang yang profesional itu dituntut untuk bisa melakukan sesuatu walau banyak halangan, dan apabila mereka bisa menentukan mana yang harus diambil dan mana yang harus diabaikan, maka itu akan lebih terkesan profesional, asalkan keputusan yang dibuat olehnya itu baik bagi sekarang dan nantinya.

Konsistensi juga merupakan sebuah hal yang sulit memang, jika saya tanya kepada para penulis tentang hal hal apa yang selalu menghambat mereka untuk menulis maka sebagian besar dari mereka menjawab dengan jawaban “nggak bisa konsisten bang, malas”. “Sulit untuk konsisten, kerjaan offline numpuk”. Hal ini menandakan bahwa sebuah konsistensi itu masih sangat sulit untuk di lakukan. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan sumber penghasilan dari menulis sebuah artikel, maka tunjukkanlah keprofesionalan diri kalian sendiri. Salah satunya adalah dengan konsisten memulai menulis artikel Anda. Apakah kalian dapat melakukan konsisten ini? Mari kita coba mulai dari sekarang juga.

4. Melatih Kemampuan Menulis Sebaik Mungkin

Apabila kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis, tetapi tulisan yang kamu buat alakadarnya atau bisa dibilang hanya seadanya, tanpa ada nya sesuatu yang unik dan menarik, maka kamu gak bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan. Memang sih segala sesuatu membutuhkan proses belajar, jadi kalau kalian mau belajar, maka tulis dulu untuk diri sendiri di artikel kalian masing-masing secara offline, jangan baru latihan nulis pas sudah membuka jasa penulisan artikel, pasti nantinya user kecewa, apalagi ketika artikel yang dibuat tidak sesuai dengan harapan dan kemauan si pengguna jasa, maka ini akan jadi Boomerang bagi diri kalian sendiri nantinya. Ini bisa menimbulkan risiko buruk kedepannya.

Jadi apabila kalian memutuskan serius untuk bisa mendapatkan penghasilan dari menulis, maka langkah yang harus kalian lakukan terlebih dahulu adalah melatih kemampuan menulis artikel kalian, usahakan bisa semakin berkembang dari satu kategori hingga kategori yang bervariasi dari satu waktu ke waktu lainnya. Karena pada dasarnya, penulis artikel juga butuh yang namanya waktu untuk bisa menjadi penulis yang baik dan produktif.

Lalu apabila kalian merasa artikel buatan kalian sudah merasa baikan, mudah dibaca dan juga mudah dipahami oleh diri sendiri dan orang lain, maka kalian akan bisa mendapatkan penghasilan dari menulis saat itu juga. Perlu kita ketahui bersama sama, bahwa semakin baik kualitas artikel juga semakin mahal harganya. Jika kita lihat situs luar negeri, mereka bisa menghargai satu artikel seharga US$ 100 atau setara dengan IDR 140.000. Dan dalam sehari mereka bisa membeli setidaknya 25 artikel. Jadi total $2500 perharinya mereka membakar uang demi mendapatkan sebuah artikel yang berkualitas dari para pengunjung blognya sendiri.

Mungkin kalau ada yang berani melakukan hal tersebut di Indonesia, maka akan sangat menjanjikan dan bisa dipastikan akan langsung diserbu oleh ribuan para penulis di Indonesia ini. Jadi kalian jangan anggap diri kalian hebat dahulu, selalu latihlah diri kalian untuk bisa menulis artikel yang lebih baik, lebih mudah dipahami, lebih unik, lebih keren dan tentunya lebih berkualitas lagi dari sebelumnya. Hal inilah yang akan meningkatkan penghasilan Anda juga dari waktu ke waktu.

Selain itu kepercayaan para pengguna jasa juga tinggi, sehingga kalian akan direkomendasikan oleh banyak orang. Marilah kita menjadi penulis artikel yang baik, dan jangan pernah sekalipun menggunakan artikel yang membohongi publik, judul yang dibuat sih menarik tapi saat di klik isinya cuma bikin hati keras, sangat mengecewakan dan tidak nyambung. Jadi menulislah dengan mengedepankan kualitas.

5. Selalu Memprioritaskan Ketepatan Waktu (Profesional)

Tips selanjutnya adalah soal ketepatan waktu. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keterlibatan dan hubungan baik antara penulis artikel dengan para pemakai jasa artikel Anda. Sehingga hal ini akan membuat kalian memiliki level kepercayaan yang tinggal menunggu waktu saja untuk bertemu dengan pengguna asa di masa yang akan datang. Misalkan user meminta agar segera dibuatkan 10 artikel dengan berbagai dan dalam waktu 3 hari harus sudah selesai, maka segeralah untuk melakukan apa yang mereka butuhkan.

Jika sampai telat dan mereka kasih pandangan buruk serta testimoni yang buruk terhadap kalian, maka hal ini bisa membuat kalian reputasinya buruk. Memang untuk mendapatkan sebuah penghasilan dari menulis itu gak semudah membalikkan telapak tangan “tidak semudah itu Ferguso”, karena perlakuannya sama juga dengan saat kalian melayani pelanggan yang menggunakan jasa Anda di dunia nyata alias dunia offline, mereka juga butuh hal hal yang baik dari Anda, seperti ketepatan waktu. Dan apabila kamu terlambat memenuhi keinginan mereka, maka kalian akan rugi sendiri nantinya.

Dengan selalu memprioritaskan segala sesuatu untuk bisa selesai tepat waktu sesuai dengan pesanan yang diminta oleh mereka para pengguna jasa Anda, maka kalian akan lebih terkesan profesional, sehingga layak untuk dijadikan jasa tetap. Jika hal ini terjadi, maka kamu sudah bisa menjadi lebih tenang. Karena kalian tak perlu lagi mencari cari calon pengguna jasa dan juga melakukan promosi ini dan itu. Dan semuanya ini berawal dari diri kalian sendiri untuk bisa melakukan segala sesuatu sesuai dengan waktu yang telah kalian sepakati. Memang hal ini tidak mudah jika kamu bukan bekerja full time online. Misalkan kamu bekerja di perusahaan yang mana sudah berangkat pukul 06.30 pagi dan pulang kembali pukul 16.30 sore.

Tentunya saat Malam hari ingin menulis pun pasti merasa capek, ngantuk, malas dan Esok harinya kalian buru-buru menyiapkan segala sesuatu untuk persiapan kerja. Kalau misalkan ada orderan pastinya tidak akan bisa kalian selesaikan sesuai dengan keinginan pengguna jasa. Bisa Jadi hal yang dianggap tidak profesional dalam bertindak. Jadi jika kalian ingin mendapatkan penghasilan dari menulis untuk blog sendiri, untuk dijual ke website penyedia, untuk memenuhi pesanan, atau bahkan jadi jurnalis lepas, maka kalian akan membutuhkan ketepatan waktu.

Memang sih seringnya gak ada kesepakatan apalagi di web sendiri, tapi yakinlah hasilnya yang didapat nanti akan berbeda antara orang yang selalu tepat waktu dengan orang yang selalu meremehkan waktu.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin