Tips Menjaga Kesehatan, Agar Terhindar Penyakit Jantung Koroner

Tips Menjaga Kesehatan, Agar Terhindar Penyakit Jantung Koroner

Penyakit kardiovaskuler adalah Merupakan Penyakit yang hampir ada di belahan Di Dunia penyakit ini bukan  merupakan Penyakit yang menular. Dan dianggap merupakan penyebab Kematian Terbesar juga Di Dunia, pola Hidup yang salah dan Mengkonsumsi Makanan yang buruk, akan Memicu jenis Penyakit ini. Oleh karena itu ubah lah Gaya Hidup Sehat untuk mencegah terkena Serangan Jantung.

Berdasarkan Data WHO, penyakit kardiovaskuler ini, sudah merenggut 17,7 juta kematian setiap Tahun dan dari total keseluruhan itu setengahnya akibat dari jantung Koroner Fan Stroke.

Dan menurut WHO ancaman potensinya akan  bertambah Besar mencapai 23,3 juta jiwa pada tahun 2030. kalau Pemerintah tidak bisa mengantisipasinya. Bukan suatu hal yang mustahil akan ada ledakan penyakit seperti ini.

Untuk menjaga kesehatan itu mudah dan murah, Kalau kita selalu menjalani Gaya Hidup dan Pola Makanan  yang Sehat.

Seperti yang kita tahu penyakit jantung di indonesia,  termasuk Penyakit yang cukup Tinggi dan mematikan. Jantung yang merupakan pusat kehidupan manusia harus dijaga dan dirawat agar cara kerja organ organ lain juga terjaga.

kalau kita lihat dari istilah latin Jantung sendiri tugasnya dalam memompa Darah Lewat pembuluh darah secara terus-menerus

‌Jantung akan menyuplai Darah, yang akan bekerja secara terus menerus oksigen dan Nutrisi pada Tubuh yang akan membantu menghilangkan sisa-sisa Metabolisme, Jantung juga berperan dalam sistem Peredaran Darah di seluruh Tubuh kita.

Oleh karena itu, begitu  Vital nya Jantung Maka  sudah sepantasnya kita harus menjaganya  agar jantung sehat dan selalu terpelihara dari berbagai penyakit yang merusak.

Penyakit jantung biasa terjadi karena kurangnya suplai oksigen masuk kedalam otot  tubuh, Oleh karena pemompaan dari jantung begitu lemah.

Penyakit jantung juga  dipicu karena adanya  endapan lemak yang membentuk plak dan berkembang di dinding arteri koroner. Dan Arteri koroner adalah pembuluh yang memasok darah beroksigen ke jantung. 

Selain itu menghindari gaya hidup yang buruk akun berpengaruh terhadap kesehatan jantung. Seperti kebiasaan merokok, Obesitas ataupun Makanan yang tidak Sehat dan Kadar Kolesterol yang tinggi juga akan berpengaruh dalam tubuh kita.

Bagaimana Cara Kita  Agar Jantung kita Terjaga Dengan Baik.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung :

 

1. Kurangi kebiasaan untuk merokok

Kebiasaan merokok yang buruk akan menyebabkan terserang penyakit jantung koroner.

tidak hanya anda tetapi juga lingkungan yang akan terkenal penyakit akibat dari rokok.

 

2. Berolahraga Secara Rutin

Aktif secara fisik atau rutin olahraga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Sempatkan waktu untuk berolahraga sekitar 20 – 30 menit setiap hari, karena manfaatnya sangat baik untuk kesehatan jantung. Pilihan olahraga ini bisa berupa jalan kaki, jogging, berenang, atau sekadar naik-turun tangga.

Olah raga secara rutin aktif secara fisik dapat mengurangi resiko penyakit  jantung sempatkan waktu 29 sampai 30 menit per hari.

 

3. Banyak Mengkonsumsi Ikan

Ikan banyak nutrisi kandungannya, kandungan didalam ikan ada asam lemak omega-3 yang bisa mencegah penyakit jantung.

Anda banyak memilih bermacam ikan Tuna, Salmon Atau Ikan Sarden  konsumsilah 2 x seminggu secara teratur untuk mencukupi kebutuhan hidup anda.

 

4. Mengkonsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Serat

Mengkonsumsi serat yang kaya akan menurunkan kadar kolesterol jahat, Resiko Penyakit Jantung yangtinggi, karena anda kurang mengontrol jumlah kandungan serat makanan. Makanan yang banyak mengandung serat bisanya berasal dari buah-buahan sayuran -sayuran, kacang- kacangan. Dan Paling tidak paling tidak anda harus memenuhi kebutuhan 30 Gram Per Hari.

 

5. Mengurangi Konsumsi Lemak Jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh, dan lemak buruk bagi kesehatan. resikonya  dapat meningkatkan kolesterol di dalam darah. Dan pada akhirnya Kolesterol yang menumpuk berpotensi menyumbat pembuluh darah sehingga kinerja  jantung jadi terhambat.

Hindari lah untuk konsumsi lemak jenuh, kalau anda terlalu banyak mengkonsumsi lemak  jenuh.Maka akan meningkatkan kolesterol dan adanya  penyumbatan pada pembuluh darah dan resiko  resiko jantung akan semakin tinggi.

Jenis makanan lemak jenuh biasanya terkandung pada makanan seperti berikut : daging merah, kulit ayam, makanan olahan, makanan yang digoreng, margarin, serta produk susu kaya lemak. Ya intinya makanan tersebut akan berubah menjadi lemak dan berpengaruh terhadap Kesehatan Tubuh serta jantung anda. Kalau makanan itu anda Konsumsi secara  berlebihan.

 

6. Rajin Berolah raga Secara Teratur

Olahraga adalah suatu rutinitas,yang selalu kita Lakukan Setiap Waktu Senggang gunanya untuk menyeimbangkan Tubuh dan Menjaga Kesehatan Tubuh serta Kondisi menjadi lebih Fit dan maksimal untuk Beraktivitas Sehari-Hari .

Kalau kondisi badan fit dan teratur. Maka  Tekanan Darah Stabil, maka organ-organ penting seperti jantung, Otak akan bekerja dengan  seimbang, dan sebaliknya kalau Darah anda tinggi dan bisa berpotensi menyebabkan pecahnya pembuluh Darah maka akan berpengaruh juga terhadap Organ-organ yang lain.

Rajin  Berolahraga gaya hidup sehat juga Dengan selalu   Mengurangi Asupan Garam, Dan selalu menghindari  minuman  minuman yang mengandung Beralkohol untuk mencegah Tekanan Darah Tinggi.

 

7. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Selalu menjaga kestabilan ada Gula Darah, kalau gula darah anda tinggi.  Tidak hanya membuat anda terkena ancaman Diabetes, tetapi, juga akan berpengaruh pada Kesehatan Jantung Anda.

Darah tinggi akan Memecah dan Merusak Pembuluh Darah dan Saraf yang di kendalikan oleh jantung serta pembuluh darah.

Beberapa hal untuk mengurangi diabetes adalah dengan cara mengganti nasi putih dengan nasi merah, dan mengurang asupan gula. Selain itu, selalu memeriksa kadar gula darah secara rutin, apalagi kalau umur anda sudah  di atas 45 tahun.

 

8. Rilex dan Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup tidur selama 7 sampai 8 jam cukup,   kurang istirahat juga bisa meningkatkan resiko terkena tekanan tinggi, diabetes dan  jantung.

 

9. Coba Hindai Stres

Kalau kita selalu menjaga sehat pikiran juga Sehat,maka Stress pun akan berkurang banyak orang yang cepat terkena pasangan jantung awal mulanya dari kaya hidup yang tidak stabil psikologi yang buruk cepat stress mudah sakit mainnya resiko terkena serangan jantung pun besar maka oleh karena itu selalu menjaga kesehatan selalu menjaga stress rileks agar hidup anda lebih bermakna.

Kalau kita stress secara terus-meneru, Kita tidak bisa menikmati hidup kehidupan. Maka  kenikmatan hidup anda akan hilang. Walaupun beberapa hal sangat penting ada hal yang lebih utama adalah selalu bersyukur dengan tetap sabar dan ikhlas untuk mendapatkan sesuatu.

Karena orang itu cepat sakit karena selalu Berfikir Kondisi Negatif terhadap dirinya sendiri itu poin pertama. 

Kalau anda sudah bisa mengendalikan emosi dan yakin selalu berpikir positif. Apapun yang menimpa anda, maka anda sudah mempunyai modal yang baik mempunyai modal secara psikologi itu sehat.

Kalau secara psikologis untuk sehat dan kuat maka Otomatis Organ-organ Jantung pun akan bekerja secara seimbang, Karena fisik itu berpengaruh juga dengan psikologi seseorang.

Maka ada istilah yang mengatakan bahwa "semoga selalu sehat baik jasmani dan rohani". Apalagi sekarang adanya muncul penyakit yang sangat mengkhawatirkan bagi dunia penyebaran virus yang cukup mematikan.

Selalu menjaga kesehatan jantung anda menjadi rutinitas anda dan anak cucu anda terhindar dari penyakit jantung.

Semoga, Kita selalu menjaga Kesehatan dan Optimis terhadap hidup Ini. Terima Kasih Telah Membaca Artikel Semoga Bermanfaat.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma