Tips Me Time untuk Ibu Rumah Tangga? No. 3 Paling Greget!

Tips Me Time untuk Ibu Rumah Tangga? No. 3 Paling Greget!

Menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang direncanakan atau dicita-citakan oleh seorang wanita. Meskipun ada sebagian ada yang memang mengidamkan status ini. Tidak ada pekerjaan yang begitu komplit layaknya tugas sebagai ibu rumah tangga.

Tidak ada jam kerja, tidak memiliki upah, tidak mengenal bidang, semua harus dikerjakan. Ibu rumah tangga, mau tidak mau harus bisa multitasking, terutama mereka yang sudah memiliki anak. Mulai dari memasak, tugas laundry, membersihkan rumah, berbelanja, mengatur keuangan, jadi perawat dan guru bagi anak-anak, serta pelayan yang tangguh bagi suami. Bukan main, tugas seorang ibu. Tentu saja menjalani semua itu sangat tidak mudah. Akan datang suatu hari sang ibu merasa lelah, jenuh dan stres menjalani hari tanpa memberi jeda untuk sekadar bernapas.

Lantas apa yang menjadikan mereka begitu kuat? Tentu saja rasa cinta dan perhatian dari suami maupun anak adalah suplai nutrisi dan mood booster terbaik. Peran serta keluarga, tidak akan menjadikan sang ibu merasa sendiri memikul beban yang berat. Lingkungan yang nyaman, jauh dari hal-hal negatif juga akan menambah keseimbangan dalam pola kehidupan ibu sehari-hari. Jika ibu terlalu memaksa diri untuk membahagiakan sekitarnya tanpa memperhatikan diri sendiri, bukan tidak mungkin jika ibu akan merasa depresi. Nah, itulah mengapa me time atau memanjakan diri sesekali juga penting.

Berikut tips-tips me time sederhana yang bisa diterapkan kapan saja. Untuk para suami, bantu istri untuk menikmati waktu bahagianya, ya!

1. Baca Buku

Hal klasik ini tidak semua orang tertarik, tetapi tahukah Ibu, jika membaca buku itu bisa menstimulasi otak, loh. Penting bagi kita untuk memperkaya diri dengan beragam ilmu pengetahuan dari bahan bacaan kita. Buku-buku yang dibaca bisa sangat beragam, mulai dari fiksi maupun non fiksi. Selain bisa menghibur, tips satu ini bisa bikin tambah pinter, loh! Anda bisa meminta tolong pada suami untuk mencarikan buku-buku yang menarik untuk dibaca saat merasa butuh asupan hiburan. Pekerjaan rumah akan ada berulang-ulang meski sudah diselesaikan dengan baik. Namun, momen kehidupan Anda tak akan bisa diulang kembali. Jadi, manfaatkanlah sebaik mungkin.

2. Main Game

Siapa bilang main game hanya buang-buang waktu saja. Benar jika main game sampai seharian bahkan rela buang-buang uang untuk membeli item dari game yang tidak bermanfaat. Apalagi sampai memakai uang belanja hanya untuk top up akun game dan membeli item permainan dari sana. Oleh karena itu, Anda cukup memilih game sederhana dan bisa dimainkan saat pekerjaan sudah selesai atau sambil menunggu anak pulang sekolah. Sekadar menghilangkan jenuh dan me-refresh kembali pikiran yang sedang kusut. Ada berbagai jenis game yang bisa Anda mainkan tanpa harus menambah beban keuangan. Seperti game menata kebun, menata busana, atau game olahraga, teka-teki silang, dan game strategi. Ssemua itu bisa Anda dapatkan dengan mengunduhnya dari smartphone.

3. Menulis

Tahukah Anda, bahwa wanita itu memiliki stok kata hingga 20.000 bahkan lebih dalam sehari? Itulah mengapa kaum wanita paling cerewet dan sangat tahan mengomel dalam tenggang waktu yang cukup lama. Bukankah akan bermanfaat jika kata-kata itu disalurkan melalui tulisan? Anda bisa menulis di mana saja. Lewat smartphone, memakai kertas dan pena, menggunakan PC dan lain sebagainya. Apalagi sekarang kita bisa menghasilkan pendapatan dari menulis saja.

Saat ini banyak sekali platform atau website yang mau menampung tulisan kita, termasuk rackticle. Asalkan itu adalah tulisan artikel yang menarik dan layak jual. Pasti hal tersebut akan mendatangkan sensasi luar biasa saat Anda bisa menulis artikel menarik dan dibayar mahal. Yakin, tidak mau?

4. Menikmati Waktu dengan Beragam Kegiatan

Nah, jika Anda adalah seorang suami, maka ajaklah sesekali istri dan anak-anak untuk makan di luar. Bebaskanlah bidadari hati Anda untuk libur memasak dan mengurus dapur. Tidak perlu tempat mewah dengan makanan yang mahal. Cukup tempat sederhana, dengan suasana hangat dan tenteram akan membuat istri merasa bahagia dan merasa diperhatikan. Meski istri Anda menolak karena merasa tidak enak, rayu dan ajaklah dengan penuh kasih sayang. Wanita itu terkadang malu mengungkapkan keinginannya karena tidak ingin membebani orang yang mereka sayangi. Atau bebaskan ia sehari berjalan bersama teman-temannya untuk makan di luar, jalan-jalan dan piknik, pergi facial atau spa di salon. Sementara anak-anak di rumah tugas sang ayah yang akan menjaganya. Momen seperti ini tentu akan sangat menguatkan hati sang ibu karena sehari-hari ia sudah tenggelam dalam tugas rumah tangga tanpa kenal lelah.

Mungkin Anda bisa mengemasnya dalam kado yang cantik, lalu isi dengan uang jajan atau tiket acara yang ia suka. Anggap saja sebagai hasil jerih payahnya selama ini, meski kita tahu mereka melakukan tugas itu tanpa pamrih. So, sudah siap membuat istri di rumah bahagia?

5. Tidur

Banyak masalah kesehatan yang dialami manusia disebabkan karena kurangnya istirahat termasuk tidur. Apalagi saat anak-anak sedang sakit, mereka cenderung rewel dan suka menangis jika tidak diperhatikan. Selain itu, bagi ibu yang baru saja melahirkan dan harus mengurus bayi, juga biasanya mengalami kelelahan karena kurang tidur. Lagi-lagi, hal ini juga membutuhkan peran suami/ayah di rumah.

Jadi, jika Anda merasa lelah dan mengantuk, tidurlah sejenak. Jika anak-anak sedang bermain, maka atur suasana rumah sedemikian rupa agar aman dan menyenangkan. Siapkan susu atau camilan untuk mereka. Beri pengertian bahwa Anda butuh istirahat sebentar, lalu pergilah tidur. Tidur lelap selama 15 menit pun akan mampu mengembalikan energi menjadi penuh dan menyegarkan.

Nah itulah 5 buah tips me time sederhana yang bisa Anda terapkan kapan saja. Tentu saja semuanya butuh kerja sama dengan pasangan atau suami. Jangan malu dan ragu untuk berbagi pikiran dengan suaminya ya, Bu.

Sudah sering kita saksikan kasus baby blues atau post partum syndrome yang dialami ibu seorang karena faktor kelelahan, suami yang tidak kooperatif, lingkungan yang tidak nyaman, bayi terlampau rewel, pekerjaan rumah yang tidak ada habisnya, ditambah komentar negatif para tetangga, body shaming, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, Ibu harus pintar-pintar membawa diri serta mengatur waktu. Biarkan badan dan hati beristirahat sebentar.

Tarik nafas perlahan dan buatlah diri tenang. Pekerjaan rumah bisa diselesaikan sambil waktu. Jika bayi sedang tidur, Anda bisa beristirahat sejenak. Jangan lupa untuk menyelesaikan masalah dengan berbicara pada keluarga dekat salah satunya suami. Memendam masalah dan beban dalam hati sangat tidak baik untuk kesehatan. Tentunya penuhi selalu hati dengan rasa syukur dan ikhlas.

Dengan begitu tugas sebagai ibu rumah tangga tak lagi menjadi beban, tetapi merupakan ibadah seorang wanita yang bernilai pahala berlipat ganda.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Generasi millenial yang suka gaya dan hal-hal klasik. Selera humornya receh dan selalu canggung di setiap keadaan. Dua hal yang membuat ia bahagia menatap kehidupan adalah menggeluti pekerjaannya sebagai pengajar dan penulis.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma