Tips Cara Mudah Riset Kata Kunci (Keyword) untuk SEO

Tips Cara Mudah Riset Kata Kunci (Keyword) untuk SEO

Jujur, sebenarnya ini Rahasia Perusahaan, maunya sih disampaikan secara personal ke para penulis melalui pesan-pesan singkat saja, namun berhubung ada banyak sekali yang harus dijangkau, maka dibuka saja rahasianya disini. Siap??

Benar, ini mudah, dan paling gampang, semudah mengetik di keyboard hp Anda. Sebelumnya mungkin ada yang sudah tau mengapa tema ini penting untuk Anda? Untuk Kita bersama tentunya.

Bila Anda mengirim artikel dengan tanpa memperhatikan aspek kata kunci, maka kemungkinan sangat kecil untuk mendapat views, sebab rata-rata penulis disini tidak bermain di click bait. Okelah, Kita ingin menuangkan isi kepala Kita sesuai dengan hati nurani masing-masing, namun artikel ini khusus bagi Anda yang ingin berpenghasilan bersama RackTicle, bila Anda memang menulis secara ikhlas, artinya ada pembaca sukur, tidak ada pun tidak masalah, ya silahkan stop membaca artikel ini sampai disini. 

Kita menginginkan blog yang sehat, betul? Blog yang berkepanjangan, blog yang memberikan manfaat, wawasan serta terus menerus mendapatkan tempat khusus di hati para pembaca yang budiman. 

Nah,  Kita harus sadar dengan hal ini, semua bertujuan memberikan dampak positif bagi Kita semua, Penulis, Pembaca dan Pengelola, agar kita dapat bersama-sama menikmati hasil jerih payah yang Kita lakukan. 

Bila Kita tidak melakukan dengan benar, maka siap-siap gulung kertas, lupakan rakcticle dan lupakan menulis dibayar dollar hehe.

Logikanya sederhana, Anda dibayar melalui sharing profit dari program periklanan di blog ini, jika blog ini tidak menghasilkan apa-apa, bagaimana bisa membayar Anda. Untuk itu diperlukan kerja sama yang baik antara Kita.

Salah satunya adalah dengan membuat artikel yang mengandung kata kunci. Maksudnya adalah, kata atau kalimat yang sering dicari oleh pengguna internet di mesin pencari, dengan demikian, artikel Anda banyak pengunjung, views dapat, bayaran dapat,  dan kesehatan Admin juga tetap terjaga :) 

Bila Anda tidak melakukan hal ini dengan baik dan benar, maka biar ribuan kata pun yang dikirim, tapi tidak ada pengunjung ya percuma saja, iya kan, masak udah capek nulis malah tidak ada pengunjung, ya dampaknya ke Penulis juga kan, mungkin akan beranggapan, ah sudah capek menulis, tapi tidak pernah dapat bayaran, akhirnya jadi hilang semangat untuk terus berkarya, padahal hanya hal kecil saja yang belum sempat dilakukan sebelum mengirim tulisan. 

Perlu diketahui, bahwa semua kata apa saja bisa menjadi kata kunci, asalkan memiliki padanan yang pas!

Nah, mencari padanan katanya ini lah yang perlu dipelajari, hanya sedikit waktu saja yang dibutuhkan, ya, cukup beberapa detik jika Anda sudah mengetahui caranya, tidak perlu repot-repot dan terlalu berpikir keras. 

Caranya Sangat Sederhana:

Misalnya Anda ingin menulis tentang "IBU". Biasanya kebanyakan para pemain SEO menggunakan Google Keywords Planner, silahkan cari sendiri, login dengan akun google Anda, kemudian di dalam sana Anda tinggal masukkan kata "Ibu" tadi, lalu klik bagian pencarian kata kunci, maka akan muncul beberapa kata kunci yang bisa digunakan untuk membuat artikel Anda muncul di halaman hasil pencarian.

Dari daftar yang banyak tersebut, pilihlah yang sesuai dengan tema Anda. Lalu gunakan kata kunci itu di dalam judul Artikel Anda, dan sisipkan juga di dalam isi artikel sebanyak 3-4 kali.

Cara lain yang paling mudah. Sesuaikan dengan bahasa artikel yang Anda gunakan, misalnya Anda ingin membuat artikel berbahasa Indonesia, maka bukalah google.co.id.

Ketik kata kunci yang Anda inginkan, maka,  clingggg muncul beberapa suggestion words yang bisa digunakan. Lihat seperti pada Thumbnail artikel ini. Gampang Kan?

Bagi yang masih penasaran, boleh tanyakan ke kolom komentar. Namun komen harus tetap dalam panduan, tidak ada komentar spam yang satu dua patah kata, biasakan menulis, karena ini adalah blog penulis,  dan buktikan kalau memang Anda adalah seorang Penulis Sejati. 

Oh iya, hampir ketinggalan, di dashboard user Anda juga telah disediakan kata kunci Instan yang merupakan trending topic, nah, dari situ sebenarnya bisa dikembangkan, namun harus dipilah juga kata yang tidak bertentangan dengan ketentuan. 

Untuk penggunaan judul artikel disarankan dengan long tail keywords, yaitu beberapa kata kunci yang di gabung menjadi satu kalimat relevan. 

Contoh artikel yang sedang naik daun minggu ini bisa Anda lihat sendiri di Popular This Week. Silahkan pelajari mengapa artikel-artikel tersebut bisa masuk ke daftar populer. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Prisma Vista Sari - Feb 22, 2020, 5:37 PM - Add Reply

Terimakasih, artikel ini sangat membantu, jujur selama ini saya belum pernah melakukan percobaan kecil untuk key word, jadi judul yg saya beri untuk artikel kurang mampu menaikkan peringkat di halaman hasil penelusuran. Tapi setelah membaca ini, tentu tidak akan saya sia-siakan lagi artikel dengan memberikan judul yang tidak ramah SEO, .

You must be logged in to post a comment.
RackTicle Manager - Feb 22, 2020, 6:33 PM - Add Reply

Iya betul sekali, jangan sia-siakan hasil karya kita yang bagus dan bermanfaat namun tidak tersentuh oleh pembaca sama sekali. Lakukan ini secara rutin, nanti juga akan dengan sendirinya kita bisa menentukan judul yang tepat, bahkan tanpa perlu riset.

You must be logged in to post a comment.
Singgih Tri Widodo - Feb 24, 2020, 11:22 PM - Add Reply

Trims saran2nya. Sy coba lagi...

You must be logged in to post a comment.
Winda Jubaidah - Feb 26, 2020, 11:27 AM - Add Reply

Benar, saya memakai pembaca SEO keyword yang gratis seperti yang ada di rackticle atau ubersugest. Bisa dicoba

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

The Administrator!

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 1, 2020, 10:51 PM - Darmoko Yuti Witanto
Jan 26, 2020, 3:11 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin