Tiga Syarat agar Judul Memikat

Tiga Syarat agar Judul Memikat

Menulis itu mudah, semudah Anda membayangkan kesulitannya. Ketika Anda diminta untuk menulis maka dengan cepat pikiran Anda tercantol pada satu kata; sulit! Begitulah, sesungguhnya ‘kemudahan’ menulis itu. Bagi Anda yang telah menemukan kemudahan tersebut, maka menulis akan menjadi aktivitas yang sangat cepat.

Baiklah, pada tulisan singkat kali ini, saya akan memberi tips bagaimana membuat judul tulisan. Pada artikel saya sebelumnya –makanya follow agar tidak terlewat, hehe...- saya sampaikan bahwa 50% keberhasilan sebuah tulisan terdapat pada judul. Indikator keberhasilannya cukup sederhana; calon pembaca mau melirik, membaca judul, lantas...meng-klik, dan lanjut membaca paragraf berikutnya. Jika itu terjadi, maka –di era digital ini—artikel Anda disebut menarik dan siap menerima bayaran.

Saya ulang sekali lagi, 50% keberhasilan tulisan tergantung dari judul, selanjutnya 50% yang lain terpapar pada isi tulisan. Kenapa demikian? Secara logis, calon pembaca tidak akan melihat isi lalu mencari judul, hmm... Calon pembaca pasti melihat judul terlebih dahulu. Jika memikat, pasti akan terus membaca hingga paragraf berikutnya. Nah! Apabila Anda mampu –wajib mampu—menebar ‘daya pikat’ di setiap paragraf, maka pembaca akan membaca hingga titik akhir.

Bagaimana membuat judul yang memikat? Saya pastikan setiap penulis memiliki cara yang berbeda karena makna ‘memikat’ sangat multitafsir. Kabar buruknya, tidak ada rumus yang pasti secara matematis untuk menghasilkan judul yang memikat. Nah! Bagaimana masih ingin belajar menulis? (Cucuk Espe ngawur jika memberikan tips...pasti Anda berpikir begitu) Okay! Slow saja. Saya akan menyampaikan sebuah kelaziman. Lazimnya apa? Lazimnya sebuah judul tulisan (artikel, esai populer, atau apapun nama sejenisnya).

Ada tiga syarat penting agar judul tulisan memikat pembaca. Ingat, calon pembaca di era digital ini bukanlah calon pembaca di era Balai Pustaka atau Pujangga Baru. Anak-anak milenial lebih suka short time (termasuk dalam mencari artikel dan membaca).

Menemukan tulisan singkat, judul memikat, dan tak butuh waktu lama untuk melumat, hehe...

Tiga syarat tersebut; pertama, ini soal imajinasi. Selalu imajinasikan bagaimana jika pembaca membaca ‘calon’ judul tulisan Anda nanti. Merengut, meringis, terkejut, atau tersenyum. Respon ekspresi pembaca –meski hanya dalam bayangan pikiran kita—akan menentukan syarat selanjutnya. Secara logis, Anda menulis pada dasarnya sedang berkomunikasi dengan pembaca. Jika Anda tidak tahu atau tidak mau tahu respon orang yang Anda ajak bicara, artinya Anda sedang ngomong sendiri. Amit-amit...! Jangan sampai Anda ngomong sendiri, hmm...

Kedua, pilih diksi yang menggelitik. Dalam membuat judul, diksi atau pilihan kata itu penting. Mengapa pembaca bisa tertarik, karena menemukan diksi atau rangkaian diksi yang menggelitik dalam judul tulisan kita.

Oleh karena itu, penulis yang baik selalu rajin googling kamus. Atau rajin membaca dalam rangka mencari perbandingan antar tulisan untuk menemukan sisi menariknya.

Ketiga, kalau menurut saya, sebaiknya judul tidak lebih –atau boleh lebih jika terpaksa sekali—terdiri dari lima kata. Kita tidak sedang membaca artikel ilmiah, atau laporan hasil penelitian yang seluruh variabelnya harus nangkring di judul.

Kita sedang membaca artikel populer yang isinya bisa jadi, hiburan, info sekilas, atau bahkan entertaintment. Seperti bahasa puisi, sebaiknya judul itu singkat, padat, mencerminkan isi, dan selalu mengundang tanya. Jika judul saja sudah tidak mengundang tanya, mengapa harus capek membaca paragraf berikutnya. Maaf, judul Anda sudah jelas. Terlalu jelas!

Sekian dulu, selamat menulis!



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Akhmad Fauzi - Jan 25, 2020, 8:34 PM - Add Reply

Kurang contoh judul yang memikat.

You must be logged in to post a comment.
cucuk espe - Feb 9, 2020, 1:53 PM - Add Reply

Oke, trims mas Fauzi. Banyak contoh judul tulisan saya. Klik google, keyword; Cucuk Espe. Salam...

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Penulis dan Columnis

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma