Ternyata 10 Makanan Khas Indonesia ini Mengandung Kalori Tinggi ! Apakah Diantaranya Favorit Kamu?

Ternyata 10 Makanan Khas Indonesia ini Mengandung Kalori Tinggi ! Apakah Diantaranya Favorit Kamu?

Kali ini aku bakal share ke kamu 10 makanan Indonesia yang ternyata punya kalori cukup tinggi. Nah aku jadi mikir nih, ada nggak ya makanan favorit kamu di situ Yuk kita sekarang.

Nah kamu tahu tidak sih kebutuhan rata-rata kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Untuk perempuan ternyata butuh 2000 kalori setiap hari. Kalau buat laki-laki atau lebih besar ya butuhnya 2500 kalori yang pastinya harus diimbangi dengan yang namanya olahraga. Nah gimana cara ngitungnya? 

Sekarang balik lagi ke topik 10 makanan Indonesia yang ternyata punya kalori tinggi. 

1. Sate Kambing

Yang pertama adalah sate kambing. Nah kalau misalkan udah sate kambing biasanya dalam satu porsi itu ada 10 tusuk sate kambing, itu kalau dijumlah ini totalnya adalah 353 kalori, tapi itu belum termasuk sama bumbu kacangnya loh. 

Saus bumbu kacangnya itu kalau misalnya kita tuangkan ya satu sendok saja ternyata mengandung 130 kalori, Wah kebayang dong ada berapa sendok yang kita tuang? udah gitu belum lagi ditambah sama lontong dan juga nasi. Bayangin ada berapa banyak kalori Ketika kamu makan satu porsi sate kambing dan juga teman-temannya?

2. Siomay

Menu berkalori tinggi yang lainnya adalah siomay, Siapa yang suka siomay? ini enak banget buat cemilan ya. Walaupun itu dimasaknya adalah dikukus tapi bukan berarti kalau nggak tinggi. Ternyata 1 potong siomay doang itu mengandung 51 kalori. 1 potong ya belum ditambah sama temen-temennya yang suka ikut-ikutan. Ada kentang, kentang karbo, udah gitu ada tahu, ada kol, ada pare ditambah jadi makin banyak ya. Dan juga sama kaya makanan sebelumnya nih kalau misalnya ditambah-tambah saus bumbu kacang di total total ada 550 kalori wah. 

3. Martabak Manis

Di urutan yang ketiga ternyata ada makanan yang lagi hits beberapa tahun ke belakang yaitu martabak manis. Bayangin deh Biasanya kan kalau misal kita makan satu potong doang nih martabak itu ternyata mengandung 240 kalori dan itu beratnya sebesar 98,3 gram. Rata-rata kalau martabak manis itu adalah kita potong tuh let say ada 8 Potong, dan kalau itu dihitung aja totalnya adalah 1320 kalori dan itu ternyata cukup ya untuk memenuhi kalori seorang wanita dewasa dalam satu hari. 

Bayangin kalau kamu nggak tahan selera nih Kamu makannya nggak cuma 1 potong 2 potong 3 potong wah semuanya bisa kamu makan nih kayaknya ya. Dan kalori dari martabak manis ini berasal dari bahan-bahan pembuatannya, misalnya ada tepung, ada gula, kemudian juga ada telur, belum juga ditambah sama temen-temennya. Kamu suka yang mana martabak manisnya coklat, kemudian keju, kacang, atau bahkan green tea? Wah kebayang dong kalori yang kamu konsumsi berapa? 

4. Pempek

Selanjutnya adalah salah satu makanan favorit aku yaitu pempek. Dan kalau misal Indonesia pempek itu kan bukan jadi makanan pokok, tapi sebenarnya cemilan kaya pempek itu punya banyak banget kalori. Kita Itung-itung ya, ternyata dari tempe yang besarnya 200 gram itu mengandung 390 kalori. Hmm lumayan banyak ya?

Bahan dasar pempek sendiri adalah sagu, kemudian juga ikan, dan juga telur. Dan dalam 100 gram tepung sagu ternyata mengandung 355 kalori dan 1 butir telur mengandung 95 kalori. Coba kamu bayangin, misalnya habis sebagai appetizer, kemudian lanjut nih makanan utama sebagai nasi. wah berapa banyak kalori yang harus kamu konsumsi kan? 

5. Gorengan

Urutan yang kelima ini adalah favorit aku juga dan biasanya favorit kamu juga kalau misalnya lagi buka puasa. Wah bayangin dong kalau misalnya buka puasa makan gorengan? Uhh pas nikmat banget ya?. Tapi kamu rasain deh, kalau misalnya kamu makan gorengan ternyata gorengan itu punya kalori yang cukup tinggi. Gorengan itu apa aja sih? ada pisang goreng, ada tempe goreng, tahu goreng, ubi goreng, bakwan sampai ini dia favorit aku banget adalah cireng. 

Gorengan adalah cemilan andalan sebagai senjata kalau misalnya kamu lagi laper banget. Bisa lah ya buat bikin kenyang sekejap.Tapi itu dia, bahaya loh ternyata mengkonsumsi gorengan apalagi tiap hari. Jadi kurang-kurangin ya, karena ternyata gorengan itu makanan yang kalorinya cukup tinggi yang pastinya. Karena prosesnya digoreng dia mempunyai lemak yang cukup jahat. 

Padahal dia bahan-bahan yang digunakan untuk sehat seperti kentang, tempe, tahu, juga ubi. Cuman karena prosesnya itu digoreng dengan minyak yang berulang-ulang jadilah gorengan ini termasuk makanan yang berkalori tinggi. Contoh simplenya gini deh kalau misalnya kita doyan banget sama pisang goreng, pisang goreng Itu kan pakai minyak yang digoreng berulang-ulang, kemudian dikasih tepung juga, itu ternyata mengandung sampai 95 kalori.

6. Nasi Goreng

Ada lagi nih makanan Indonesia yang kalorinya cukup tinggi itu juga favorit aku. oke yang selanjutnya adalah nasi goreng. Nasi goreng ini adalah salah satu makanan yang sangat terkenal di dunia dan juga nih favorit bule-bule kalau datang ke Indonesia nih. Tapi kamu tahu nggak sih kalau nasi goreng itu kalorinya cukup tinggi. Udah nasi juga kalorinya tinggi digoreng pula kan. 

Ternyata dalam satu porsi nasi goreng itu bisa mengandung 740 kalori. Tapi ternyata itu baru nasi goreng aja. Kalau kamu kasih toping-toping lainnya seperti telur, sosis, daging, ayam itu pasti tambah lagi, tambah lagi, dan nambah lagi kalorinya.

7. Mie Instan

Makanan Indonesia lainnya yang ternyata mengandung kalori cukup tinggi adalah mie instan. Tapi nggak cuman ini doang, kalau misalnya kamu tambah sama telur terus kamu juga tambah sama nasi nah itu makin tinggi lagi kalorinya. Ini sebenarnya adalah makanan favorit orang-orang kalau sudah tanggal tua atau favorit anak-anak Koster Indonesia. 

Aku pernah ngalamin tuh makannya mie instan kemudian sama nasi tambah telur kenyang sih, tapi itu dia kalorinya tinggi banget. Jadi kalau kita hitung pakai matematika nih ya, kita jumlahkan totalnya dari mie instan nasi dan juga telur semuanya berjumlah 769 kalori. Bayangkan sekali makan doang ternyata banyak banget kalorinya.

8. Nasi Uduk

Urutan yang ke delapan ini biasanya jadi sahabat kamu kalau sarapan. Siapa yang suka nasi uduk? enak banget sih memang nasi uduk. Ternyata nasi uduk itu punya kandungan kalori yang cukup tinggi loh sebesar 414 kalori. Itu cuman nasi uduk aja belum ditambah gorengan, kemudian juga mungkin telur dadar, atau bahkan saus kacang. 

9. Kerupuk Palembang

Makanan Indonesia yang ke-9 yang kadang kita nggak sadar ya kalau kita konsumsi makin banyak, karena memang nyandu sih ini ternyata punya kalori yang cukup tinggi. Dan dia adalah kerupuk palembang. Emang ga akan kenyang sih makan kerupuk palembang kan?. Ini adalah teman dari segala makanan. 

Nah kamu tahu nggak sih ternyata teman dari segala makanan alias kerupuk palembang ini, dalam setiap 50 gramnya mengandung 377 kalori. Kamu bisa bayangin dong tiap kali makan nasi trus mau ditemenin sama kerupuk berapa kalori yang dimakan setiap hari? Banyak banget pastinya. 

10. Rendang

Makanan terakhir yang menjadi makanan Indonesia dengan kalori cukup tinggi adalah makanan yang paling enak di dunia menurut CNN, kamu tau kan? Rendang. Rendangnya rendang daging ya, jadi ini adalah salah satu makanan yang kalorinya cukup tinggi. 

Kamu bayangin rendangnya doang nggak pakai temen-temennya kalau misalnya kamu konsumsi dalam porsi kecil  itu ternyata mengandung 376 kalori. Bayangin kalo ditambah nasi, ditambah gulai ayam, ditambah kerupuk kulit. Berapa banyak coba ?.

Sudah selesai semuanya ya 10 makanan Indonesia yang ternyata punya kalori cukup tinggi. Ada nggak sih makanan favorit kamu? kalau banyak tidak apa-apa kok untuk dikonsumsi. Tapi dengan catatan nih, banyakin olahraga, Banyakin gerak, terus seimbangkan juga dengan menu yang rendah kalori seperti buah buahan gitu deh. Oke? semoga bermanfaat.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
Popular This Week
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 17, 2020, 9:08 PM - Bram Asta
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Feb 17, 2020, 12:19 AM - Nabila Afira quraina