Terapi Pijat: Alternatif Terapi Legendaris yang Ampuh dalam Menghilangkan Stres dan Memberikan Kenikmatan Relaksasi

Terapi Pijat: Alternatif Terapi Legendaris yang Ampuh dalam Menghilangkan Stres dan Memberikan Kenikmatan Relaksasi

Menghilangkan Stres Melalui Terapi Pijat

Mungkin ada banyak solusi untuk menghilangkan stres dan ketegangan urat saraf dan otot tubuh Anda, dimana permasalahan tersebut memang  sulit dihindari dalam kompleksitas kehidupan modern untuk kelompok usia mana pun, tetapi di antara berbagai terapi penyembuhan dan relaksasi yang paling menyenangkan dan menyegarkan adalah terapi pijat. Penelitian medis telah menunjukkan bahwa sebagian besar masalah kesehatan saat ini disebabkan oleh stres.

Bisa juga disebabkan dari pola makan yang tidak tepat, mengikuti gaya hidup yang tidak sehat, bekerja lembur atau kebiasaan hidup yang tidak teratur dll. Faktor umum di antara semua kemungkinan penyebab stres ini adalah ketidakpedulian terhadap sumber stresnya, padahal sumber stres tersebut memang memiliki efek merusak pada sistem metabolisme tubuh, yang mana sistem metabolisme tubuh yang sehat sangat dibutuhkan untuk harus dijaga dengan baik agar mendapatkan hasil yang berkelanjutan dan kondisi tubuh yang selalu sehat.

Inilah mengapa penting untuk menghilangkan stres dan menghilangkan faktor-faktor yang menyebabkannya; jika ini tidak mungkin dilakukan segera dan harus dilakukan secara perlahan-lahan, maka jalan keluar terbaik adalah dengan mengambil terapi perawatan yang terbukti dapat menghilangkan stres, seperti terapi pijat yang dapat meminimalisir berbagai masalah kesehatan yang dapat muncul karena stres yang tidak terkontrol. 

Berbagai gangguan kesehatan ini  termasuk gangguan gastrointestinal, penyakit jantung, hilang ingatan dan juga penurunan fungsi imun.

Tentu saja, selalu ada obat untuk menghilangkan stres dan berbagai obat tersebut biasanya populer dan bahkan diiklankan dengan durasi tinggi di TV, namun sangat tidak disarankan sebagai pengobatan jangka panjang. Inilah sebabnya mengapa terapi pijat menjadi sangat popular dewasa ini.

Terapi pijat memberikan manfaat yang luar biasa bagi sistem metabolisme tubuh. Terapi pijat yang dilakukan dengan benar akan membuat jaringan otot tubuh menjadi rileks, dapat menenangkan pikiran, tubuh, otot, urat  saraf, dan banyak manfaat lainnya.  Tidak hanya melepaskan ketegangan otot dan sisa metabolisme, tetapi juga mendorong pengiriman nutrisi untuk mempercepat penyembuhan jaringan. Bagi yang telah mencobanya, terapi pijat memberikan berkah bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik maupun mental.

Dari ranah pengobatan alternatif dan sistem perawatan kesehatan yang berusia berabad-abad, seperti yang dipraktikkan di India, Jepang, Swedia, dan Cina dimana terapi pijat merupakan terapi terbaik yang ditujukan untuk mencegah, mengendalikan dan bahkan menyembuhkan penyakit kronis sehingga individu dapat melakukan aktivitas kesehariannya dengan baik. Terapi pijat memberikan kenikmatan dari penyembuhan holistik yang lebih baik.

Apa yang membuat terapi pijat menjadi berkah bagi kehidupan modern yang penuh stres adalah fakta bahwa terapi pijat bekerja pada berbagai aspek yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, membantu pelepasan bahan kimia berbahaya dari tubuh dan memiliki efek menenangkan, memberikan kepuasan, dan kenikmatan relaksasi yang mendamaikan yang diberikan oleh tangan para terapis terlatih yang bertindak langsung pada otot, saraf, peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh.

Terapi pijat pada dasarnya mendorong pelepasan endokrin (hormon bahagia) dan menggabungkannya secara  komprehensif  dengan pengetahuan tentang anatomi manusia, teknik penyembuhan bagian tubuh tertentu, patologi dan psikologi manusia sehingga akan  bermanfaat bila dilakukan oleh terapis terlatih yang telah menerima pendidikan yang layak dalam semua aspek yang berkaitan dengan teknik terapi pijat.

Sejarah Terapi Pijat

Praktik pemijatan dengan menggunakan sentuhan sebagai metode penyembuhan berasal dari kebiasaan dan teknik yang berakar pada sejarah kuno. Peradaban di Timur dan Barat menemukan bahwa penyembuhan dan pijat alami dapat menyembuhkan luka, menghilangkan rasa sakit, dan mencegah serta menyembuhkan penyakit. Terlebih lagi, ini membantu mengurangi stres dan menghasilkan relaksasi yang dalam.

Terapi pijat dimulai sebagai sistem penyembuhan alami yang sakral. Saat ini, terapi pijat terkenal sebagai metode penyembuhan holistik yang sangat dihormati yang dipraktikkan di seluruh dunia. 

Berikut bagaimana terapi pijat telah berkembang menjadi praktik relaksasi dan terapi seperti sekarang ini:

Munculnya Terapi Pijat di India

Kemunculan terapi pijat diperkirakan sekitar 3.000 SM, mungkin juga lebih awal. Diyakini berasal dari ketuhanan dan diturunkan secara lisan dari generasi ke generasi, Ayurveda adalah sistem medis holistik tradisional di India. Peramal kuno dan ilmuwan alam mengembangkan sistem ini berdasarkan studi, eksperimen, dan meditasi selama berabad-abad.

Teks yang merinci prinsip dan praktik Ayurveda ditulis antara tahun 1500 dan 500 SM. Berdasarkan teks-teks ini, Ayurveda diadopsi secara luas di seluruh India dan Asia Tenggara.

Ayurveda memandang bahwa individu dapat terserang penyakit jika mereka hidup tidak harmonis dengan lingkungannya. Untuk mengatasi kondisi mereka, individu harus memulihkan keseimbangan mental dan fisik alami dengan membangun kembali harmoni antara dirinya dan dunia di sekitar mereka. Pada saat itu, mereka bisa mulai sembuh secara alami.

Berdasarkan ketidakseimbangan kesehatan pasien, Ayurveda merekomendasikan bagaimana menggunakan panca indera untuk berinteraksi dengan lingkungan dalam menciptakan keseimbangan. Perawatan dalam Ayurveda meliputi diet dan jamu, aromaterapi, terapi warna, terapi suara, dan terapi sentuh.

Budaya Pijat Muncul di Mesir dan Tiongkok

Diperkirakan antara 3000 dan 2500 SM. Catatan tertulis paling awal tentang terapi pijat ditemukan di Mesir dan Tiongkok. Lukisan makam di Mesir menggambarkan individu sedang dipijat oleh orang lain. Lebih jauh, orang Mesir dikreditkan dengan menciptakan pijat refleksi di sekitar 2500 SM. Dalam sistem ini, praktisi menerapkan tekanan ke titik tertentu atau zona refleks di kaki dan tangan. Pada gilirannya, penerima mengalami efek relaksasi pada area tubuh yang terhubung ke zona tersebut.

Di Tiongkok, teks yang mendokumentasikan manfaat medis dari terapi pijat berasal dari sekitar 2700 SM. Tradisi terapi pijat Tiongkok dikembangkan dari gabungan keahlian dan metode para dokter dalam pengobatan tradisional Tiongkok, praktisi seni bela diri, penganut Buddha dan Tao yang memandang sentuhan sebagai hal yang penting untuk pelatihan yoga spiritual mereka, dan orang awam yang menawarkan pijat untuk relaksasi.

Metode pijat Tiongkok berasal dari prinsip bahwa penyakit muncul karena kekurangan atau ketidakseimbangan energi di meridian tertentu yang mewakili sistem fisiologis. Melalui pijat dan teknik gerak tubuh spesifik lainnya, energi akan mengalir lebih harmonis melalui jalur ini, memungkinkan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri secara alami.

Teknik pijat di Tiongkok ini termasuk Tui Na, amno, akupunktur, dan akupresur. Praktisi dapat melengkapi perawatan pijat dengan pengobatan herbal, terapi diet, dan rekomendasi olahraga.

Biksu Membawa Terapi Pijat ke Jepang

Mulai sekitar 1000 SM, biksu Jepang yang mempelajari agama Buddha di Tiongkok mengamati metode penyembuhan pengobatan tradisional Tiongkok, termasuk terapi pijat. Jepang segera mulai mengimpor dan menyesuaikan teknik pijat Tiongkok, memunculkan pijat tradisional Jepang atau anma, yang kemudian berkembang menjadi Shiatsu.

Tujuan utama Shiatsu adalah meningkatkan tingkat energi pada pasien. Pada gilirannya, peningkatan tingkat energi ini mengatur dan memperkuat fungsi organ-organ serta menstimulasi ketahanan alami terhadap penyakit.

Praktisi pijat merangsang titik-titik tekanan dalam tubuh sebagai upaya untuk menyeimbangkan kembali energi pasien. Mereka menggunakan ibu jari, jari tangan, dan telapak tangan, bekerja tanpa jarum atau alat lainnya. Melalui pengobatan, pasien dapat mencapai keseimbangan dalam tubuh fisik dan keseimbangan emosionalnya.

Terapi Pijat Hari Ini

Dunia modern saat ini membutuhkan metode relaksasi modern. Secara klinis saat ini rumah sakit dan mitra spa memperkenalkan inovasi baru yaitu terapi pijat terapeutik.

Terapi pijat terapeutik didefinisikan sebagai mobilisasi jaringan lunak (seperti otot, fasia dan cairan tubuh) untuk mengembalikan penggunaan sistemik dan biomekanik / fungsional normal. Ini dapat digunakan untuk membantu dalam pengobatan sebagian besar masalah muskulo-skeletal dan masalah lain yang terkait.  Terapi Pijat Terapeutik secara teratur menghasilkan peningkatan fungsi peredaran darah, limfatik, dan neurologis.

Terapi pijat terapeutik adalah cara terbaik untuk meningkatkan kualitas hidup Anda. Ini mengurangi stres, bisa merangsang atau menenangkan, dan membantu menciptakan keseimbangan dan harmoni batin.

Jika menilik sejarahnya, maka terapi pijat dipelopori oleh para terapis dari negeri Tiongkok, disamping adanya bukti sejarah lain yang menyatakan berasal dari Mesir dan India. Mereka juga yang memperkenalkannya di zaman modern ini. Fungsi utamanya adalah membantu meringankan rasa sakit dan merupakan bentuk relaksasi bagi tubuh. Kadang-kadang digunakan oleh ahli medis sebagai proses penyembuhan yang diterapkan untuk beberapa jenis penyakit.

Terapi Pijat adalah teknik modern untuk membantu memperbaiki berbagai masalah kesehatan dan digunakan untuk menenangkan saraf. Dan juga dikenal sebagai  “kekuatan penyembuhan”. Di Tiongkok, 3.000 tahun berlalu, pijat menjadi budaya asli bagi mereka. Dan secara nyata dipraktekkan sebagai bagian dari teknik medis dalam menyembuhkan aspek fisik dan kesejahteraan mereka.

Karena pentingnya pijat terapeutik, pijat menjadi solusi dan ritual bagi orang-orang yang ingin tetap sehat dan rileks. Seringkali, evaluasi medis saat ini bahkan mengatakan bahwa terapi pijat merupakan solusi bagi beberapa pasien, misalnya korban stroke dan korban penyakit penipisan otot lainnya.

Terapi pijat dilakukan sebagai rutinitas harian untuk memastikan orang mendapatkan manfaat penuh bagi tubuh.  Terapi pijat tidak lagi disebut "metode pengobatan lama." Seiring berjalannya waktu, terapi pijat menjadi populer dan sekarang disukai oleh masyarakat.

Teknik ini secara umum menggosok dan memanipulasi pada area tubuh tertentu atau secara keseluruhan. Hal ini dapat diterapkan ke bagian tubuh mana pun sesuai kebutuhan untuk mengurangi intensitas nyeri dan menyembuhkan kekakuan otot akibat stres dan ketegangan pekerjaan sehari-hari.

Teknik dasar terapi pijat:

  • Menyentuh otot keras, ligamen, jaringan lunak dan bahkan persendian.
  • Melatih otot keras untuk mengontrol pengencangan.
  • Digunakan sebagai terapi sentuhan untuk bayi dan digunakan untuk melembutkan otot
  • Sentuhan lembut
  • Menguleni otot
  • Menggunakan tegangan listrik
  • Relaksasi kejang
  • Mesin suara ultra dengan gel untuk penetrasi yang dalam

Terapi pijat digunakan dengan berbagai cara, terdiri dari lebih dari 250 jenis terapi pijat.  Para terapis professional memberikan istilah  dalam gaya yang berbeda, seperti Pijat Swedia, Pijat Refleksi, Terapi Sentuh, Akupresur Somatik, Pijat Olahraga, dan Pijat Neuromuskuler. 

Di beberapa rumah sakit terapi pijat bervariasi dalam modalitas tergantung di area tubuh yang rusak. Terapis fisik menjadwalkan pasien pada seberapa sering aplikasi pijat harus dilakukan. Dan ini biasanya  adalah kasus per kasus sampai saat pasien sepenuhnya pulih.

Produk yang digunakan oleh terapis pijat bervariasi dari berbagai jenis klien. Pada lokasi terapi pijat, seharusnya mempunyai kelengkapan seperti tempat tidur, meja, bedak, lotion atau minyak. Dan kebanyakan dari para terapis menggunakan terapi aroma sebagai stimulasi minyak pijat.

Terapi pijat berkontribusi besar terhadap kesehatan seseorang. Namun itu juga tergantung pada seberapa baik terapis melakukan pemijatan terhadap klien. Pasien yang yang sporty biasanya mengalami cedera kaki yang diakibatkan permainan olahraga yang mereka lakukan. Beberapa kasus lain disebabkan oleh berbagai penyakit dan yang lainnya karena stres fisik.

Beberapa ahli medis lebih memilih untuk merekomendasikan terapi pijat sebagai pengganti pengobatan oral. Hal ini memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat. 

Di zaman modern ini, terapi pijat disimpulkan hanya untuk relaksasi. Namun hal itu juga bagus membantu mereka yang sakit dan cedera karena akan mengurangi asupan pil oral. Dalam beberapa kasus, terapi pijat juga direkomendasikan sebagai program manajemen berat badan.

Terapi pijat terkadang disebut sebagai metode penggantian obat oral. Dan merupakan salah satu cara penyembuhan dan menghilangkan stres, secara mental dan fisik. Saat ini, orang banyak mendapat informasi tentang efek baik dari pemijatan tubuh dalam tujuannya untuk mendapatkan kesehatan yang prima. 

Menemukan Kembali Keajaiban Terapi Pijat

Karena jadwal yang padat dan gaya hidup yang sibuk, orang cenderung mengalami kelelahan secara fisik, mental dan emosional. Stres terkadang menyebabkan jantung lemah, dan gula yang tidak terkontrol sehingga membuat Anda menjadi penderita diabetes dan menjadi korban stroke.

Sentuhan lembut tangan manusia dalam bentuk terapi pijat dapat menghilangkan stres dalam hidup kita. Dengan fakta yang mendasari ini, orang menjadi tertarik dan berencana untuk mencoba peruntungan  di bisnis spa yang menjanjikan dapat memberikan hasil ajaib dari pijat tubuh dan kaki.

Relaksasi total meningkatkan kesehatan dan gaya hidup sosial seseorang. Wisatawan asing biasanya menikmati pijat tubuh, wajah atau kaki yang ditawarkan di hotel dan tempat wisata dengan harga yang wajar.

Menghabiskan uang ekstra tidak akan merugikan anggaran Anda. Ini sangat berguna dan siapa pun berhak memanjakan diri dan menikmati hari libur yang indah dengan pijat di salon spa mana pun.

Pergi ke pusat spa sekali atau dua kali seminggu tidak akan merusak jadwal Anda. Bahkan akan membuat Anda merasa rileks dengan membiarkan tubuh Anda menikmati setiap menit sesi pijat.

Tip Terapi Pijat untuk Kesehatan Tubuh

Tubuh yang lelah dapat menjadi segar kembali apabila diberikan terapi pijat yang benar. Berikut beberapa tip yang dapat diimplementasikan oleh seorang terapis dalam proses terapi pijat :

  • Bersihkan ruangan yang Anda akan gunakan sebagai tempat pemijatan. 
  • Pastikan ruangan harus hangat dan nyaman bagi Anda dan pasien.
  • Hindari kontak dengan dunia luar agar memberikan keheningan dan kenyamanan yang cukup. Tirai dapat digunakan untuk menambah privasi dan pastikan udara ruangan ber-AC sehingga akan memberi pasien  perasaan yang jauh lebih baik. 
  • Disarankan bagi pasien untuk mandi air panas sebelum memulai terapi pijat tubuh. 
  • Terapi pijat harus dimulai dari kepala untuk memberikan rasa rileks pada pasien. 
  • Lilin beraroma Cina atau beraroma apa pun akan banyak membantu dalam menstimulasi saraf penciuman. 
  • Dianjurkan untuk membiarkan pasien memilih apakah akan menggunakan minyak, lotion atau campuran keduanya sehingga dapat menciptakan sensasi lembut pada tubuh.
  • Kawasan resor di tepi laut adalah tempat terbaik untuk mendapatkan waktu bersantai sambil melakukan terapi pijat. Tirai sederhana dari satin putih dan seprai bersih akan menambah perasaan batin menjadi damai menentramkan. Pasien dapat mencoba berbaring telentang di tempat tidur, mencium angin laut, dan merasakan pijatan tangan Anda. Pemijatan ini bisa melepaskan semua nyeri otot dan stres. 
  • Sangat disarankan bagi pasien untuk mengambil liburan di resort dan mengambil sesi bersantai sambil menghirup udara segar dan berbaring telentang di atas pasir.
  • Bersihkan diri terlebih dahulu sebelum proses terapi pijat dilakukan. 
  • Kebersihan sanitasi sangat penting dengan memeriksa semua fasilitas yang ada. 
  • Jangan sampai kuku jari panjang yang akan menyebabkan kulit pasien menjadi luka. 
  • Kondisi sprei harus bersih dan harum. Pastikan pasien berbaring dengan nyaman diatas permukaan yang keras. 
  • Ujung saraf harus disentuh untuk memberi kenyamanan dan relaksasi selama sesi pijat. Sentuhan tangan yang baik ketika pemijatan akan memberikan efek rileks bagi tubuh pasien.


It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma