Teknik Teranyar Menurunkan Berat Badan dengan Kopi

Teknik Teranyar Menurunkan Berat Badan dengan Kopi

Seperti kebanyakan orang yang berkelebihan berat badan, Anda mungkin ingin menurunkan beberapa kilo secepat mungkin yang Anda bisa. Mungkin ada yang menyarankan minum kopi sebagai minuman diet, tetapi peran kopi dan kafein dalam rencana penurunan berat badan ini masih sangat diperdebatkan. 

Kafein dapat membantu Anda menurunkan sedikit berat badan atau bahkan mencegah kenaikan berat badan, tetapi tidak dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara signifikan atau mempertahankannya secara permanen. Namun, dengan minum kopi secara bijaksana dan menggabungkan dengan diet sehat dan berolahraga, Anda dapat menurunkan berat badan secara perlahan dan pasti. 

1. Minumlah Kopi dengan Bijaksana

1.1 Minumlah kopi dalam jumlah yang proporsional.

Sedikit minum kopi dapat memberikan efek yang cukup bisa bertahan lama. Antara lain dapat sementara menekan nafsu makan dan dapat merangsang pembakaran kalori minimum. Tetapi konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tingkat stres dan insomnia, yang keduanya dapat menyebabkan makan secara  berlebihan. 

Hanya 1 atau 2 cangkir kopi berkafein penuh per hari mungkin cukup untuk membantu menurunkan berat badan. Secara total, tidak boleh mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari. Ini adalah setara dengan empat cangkir kopi diseduh, 10 kaleng cola, atau dua botol minuman energi. 

Perlu diingat bahwa kopi biasa adalah cara terbaik dalam hal menurunkan berat badan. Satu cangkir kopi hitam hanya memiliki 2 kalori dan tanpa lemak. Minuman lainnya seperti minuman bersoda dan minuman berenergi tinggi kalori atau mengandung gula tersembunyi malah dapat menghambat penurunan berat badan.

1.2 Kurangilah waktu minum kopi. 

Jika ingin mendapatkan manfaat penurunan berat badan secara signifikan dari minum kopi, pertimbangkan untuk mengurangi asupan kopi sepanjang hari. Tidak hanya ini dapat memberi dorongan semangat di tempat kerja atau selama berolahraga, tetapi juga dapat menekan keinginan makan.

Tetap berpegang pada batas harian maksimum. Misalnya, jika dapat dengan aman minum 4 cangkir kopi per hari, Anda bisa minum secangkir di pagi hari, satu saat makan siang, satu sore hari dan secangkir saat makan malam. Sesuaikan jadwalnya yang paling cocok untuk Anda.

1.3 Cobalah half-caff. 

Jika Anda ingin minum kopi lagi sepanjang hari, cobalah beralih ke campuran penuh dan decaffeinated beans, sering disebut half-caff. Ini akan memungkinkan Anda untuk minum kopi dengan aman hingga delapan kali sehari dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara lebih efektif.

Pastikan untuk membaca label produk untuk memastikan Anda mendapatkan half-caff kafein. Label juga dapat menunjukkan berapa banyak kafein dalam cangkir. Selama mengkonsumsi dalam batas aman setiap hari, Anda dapat minum banyak cangkir half-caff sesuka Anda.

Cobalah membuat sendiri half caff dengan mencampur satu-setengah cangkir kopi biasa dengan satu-setengah cangkir kopi tanpa kafein. Trik lain adalah minum setengah cangkir kopi biasa dengan setengah cangkir air panas.

2. Mendapatkan Manfaat Fisik dari Kopi

2.1 Kurangi ngidam makanan dengan secangkir kopi. 

Salah satu manfaat positif kopi adalah kemampuannya menekan nafsu makan. Cobalah minum kopi jika sedang mendambakan makanan berat. Ini dapat mengurangi keinginan makan sampai tibanya waktu makan atau untuk membuat Anda menunda makan lebih lama.

Ada baiknya minum decaf atau half-caff jika tidak ingin minum secangkir penuh kopi ketika dekat waktu tidur. Anda harus menghindari kafein dalam waktu empat hingga enam jam sebelum waktu tidur, jika memungkinkan. Minum kopi terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur dan meningkatkan berat badan. 

2.2 Tambahkan kopi dengan air. 

Meskipun kopi dapat bertindak sebagai diuretik, kopi tidak akan menyebabkan dehidrasi. Minum kopi dan air bersama-sama sepanjang hari dapat membantu perut tetap kenyang lebih lama dan menghindari godaan makan. Selain itu, ini dapat mencegah minum terlalu banyak kopi yang akan mengganggu tidur Anda. 

Usahakan untuk mengkonsumsi 3 liter air perhari jika Anda seorang pria dan 2,2 liter jika Anda seorang wanita. 

2.3 Minumlah kopi sebelum latihan. 

Kopi dapat merangsang termogenesis, yang merupakan cara tubuh membuat panas dan energi dari proses mencerna makanan. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya beberapa kalori ekstra. 

Dengan menyeruput kopi ketika akan berolahraga, maka dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan lemak. Minumlah sekitar 200 mg kafein kopi untuk hasil yang optimal ketika berolahraga. 

3. Menghindari Jebakan Kopi Berkalori

3.1 Baca label produk. 

Produk kopi khusus biasanya memberikan rasa yang nikmat, tetapi dapat memberikan tambahan kalori atau tambahan lemak dan gula, yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu, apa pun yang dimasukkan ke dalam kopi seperti krim atau gula akan meningkatkan kandungan kalori. Membaca label dari setiap produk kopi yang dibeli dapat membantu menghindari kopi yang dapat mengganggu program penurunan berat badan Anda.

Ingatlah bahwa dengan penurunan berat badan, setiap kalori diperhitungkan, meskipun itu dalam bentuk cair.

3.2 Menjauhi krim dan gula. 

Kopi hanya memiliki dua kalori per cangkir. Menambahkan krim dan gula untuk kopi dapat secara signifikan meningkatkan kandungan kalori. Jika tidak bisa minum kopi hitam, gunakan susu skim dan pemanis bebas gula sebagai gantinya. 

Supaya diketahui bahwasanya whipping cream memiliki banyak lemak. Gula meja memiliki 49 kalori per sendok makan. Jika Anda biasanya mengkonsumsi banyak gula, maka hal itu dengan mudah menambah kalori dan dapat meningkatkan berat badan.

Jangan gunakan mentega jika Anda ingin menambahkan mentega karena satu sendok makan mentega mengandung 102 kalori dan memiliki hampir 12 gram lemak. Keduanya dapat mencegah Anda menurunkan berat badan. Cobalah beralih ke susu skim atau susu kacang tanpa gula untuk rasa yang lebih kaya. 

Pastikan untuk mendapatkan krim dan susu tanpa pemanis. Susu beraroma sering menggunakan gula atau zat tambahan lain yang menambah kalori kosong. Membaca informasi nutrisi pada produk dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak kalori setiap porsi produk tertentu. 

Cobalah minum kopi es jika rasa kopi hitam polos terlalu kuat. Seringkali kopi es memiliki rasa yang lebih ringan. Dan pastikan itu tidak dimaniskan dengan gula.

Tambahkan beberapa kayu manis, kakao polos, atau madu yang dapat mempermanis kopi dan membantu Anda menikmati kopi dengan rasa yang lebih nikmat. 

3.3 Hindari minuman kopi spesial. 

Banyak kafe dan toko-toko kopi menawarkan kopi khusus lezat yang memiliki rasa yang memikat seperti rempah-rempah labu atau mocha mint. Tapi harus diingat, minuman ini yang sering digunakan sebagai makanan penutup memiliki kandungan ratusan kalori dan lemak. Jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan, minumlah kopi spesial ini sesekali saja.

Bacalah informasi nutrisi sebelum mengkonsumsi kopi spesial. Jika tidak tertulis, mintalah kepada penjualnya mengenai informasi gizi produk mereka.

3.4 Carilah cara untuk mengurangi kalori. 

Ingatlah bahwa sesekali Anda dapat meminum kopi spesial dengan rasa yang nikmat namun mengandung banyak kalori. Lebih baik lagi, jika Anda tetap benar-benar ingin minum kopi spesial dan juga tetap ingin menghindari kalori berlebihan, maka pertimbangkanlah penambahan produk alternatif untuk mengurangi kalori. 

Ketika di cafe, pesanlah ukuran terkecil yang memungkinkan dan mintalah sirup bebas gula, susu skim, dan pemanis buatan. Katakan kepada baristanya, untuk jangan memasukkan krim di atas kopi Anda. 

4. Makanlah dengan Diet Seimbang

4.1 Makanlah dengan teratur, makanan kaya nutrisi. 

Diet memainkan peran penting dalam hubungannya dengan berapa banyak berat badan yang diturunkan. Mengkonsumsi tiga makanan seimbang dan sehat setiap hari dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan membakar lemak berlebih. 

Seluruh makanan yang tinggi vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks, dan lemak sedang dapat meningkatkan kesehatan dan membantu menurunkan berat badan.

Mengurangi 500 - 1.000 kalori per hari dari asupan saat ini adalah aturan yang baik untuk diikuti. Ingatlah bahwa tidak boleh mengonsumsi di bawah 1.200 kalori sehari atau Anda tidak akan mendapatkan hasil apa pun (karena tubuh berpikir bahwasanya Anda kelaparan dalam upaya menghemat energi dan lemak) dan Anda juga tidak akan nyaman karena tidak mendapatkan cukup asupan makanan. 

Gabungkanlah makanan yang berbeda dari lima kelompok makanan menjadi makanan sehari-hari dan juga sebagai makanan ringan. Lima kelompok makanan tersebut adalah: buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan susu. 

Pastikan untuk menganeka ragamkan pilihan sehingga akan mendapatkan berbagai nutrisi untuk meningkatkan kesehatan dan proses penurunan berat badan. Makanan sehat biasanya memiliki banyak serat, yang dapat membantu perut tetap penuh sepanjang hari. 

Makanlah buah dan sayuran utuh seperti raspberry, blueberry, brokoli, dan wortel. Dapatkan biji-bijian utuh Anda dari makanan seperti pasta atau roti gandum, oatmeal, beras merah atau sereal. Untuk protein, makanlah potongan daging ramping seperti unggas, telur, atau selai kacang. Produk susu berasal dari sumber-sumber seperti keju, yogurt, susu sapi dan kacang, dan bahkan es krim.

4.2 Katakan tidak untuk junk food. 

Mungkin rasanya heboh, tapi junk food adalah musuh terburuk bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Makanan tidak sehat seringkali sarat dengan lemak dan kalori yang dapat mencegah proses penurunan berat badan. 

Hindari makanan bertepung yang terbuat dari karbohidrat olahan seperti roti putih, pasta, nasi, dan yang dipanggang. Pastikan tidak mengonsumsi makanan ini atau menggantinya dengan versi gandum yang dapat membantu perut tetap kenyang dan juga dapat menurunkan berat badan.

Baca label untuk mengetahui kandungan gula dalam makanan Anda. Carilah kata-kata seperti sirup jagung, sukrosa, dekstrosa, atau maltosa, yang merupakan jenis gula. Setiap kata yang berakhir di "ose" adalah gula. Bacalah dengan teliti..!

4.3 Mengubah program diet secara perlahan-lahan. 

Mengkonsumsi makanan sehat bukanlah sesuatu yang dilakukan hanya selama beberapa minggu, tapi untuk seumur hidup. Hal ini dapat membantu menurunkan dan tetap menjaga berat badan. Anda mungkin bersemangat untuk mengubah program diet, tetapi lakukanlah secara bertahap sehingga dapat mencegah Anda kembali kepada kebiasaan buruk yang lama.

Mulailah mengganti makanan olahan atau junk food. Sebagai contoh, cobalah beras merah sebagai makanan utama, bukan beras putih. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak sayuran ke piring daripada nasi. Dan juga bisa membuat popcorn atau keripik panggang tanpa kripik kentang.

4.4 Menulis perencanaan makan. 

Memiliki rencana makan membuat Anda tidak mudah kembali kepada kebiasaan makan yang buruk. Hal ini dapat merpemudah Anda dalam memastikan mendapatkan kalori dan nutrisi yang cukup tanpa melebihi kalori untuk hari itu.

Rencanakanlah tiga kali makan dan dua camilan setiap hari. Variasikan jenis makanan pada setiap kali makan. Misalnya, minum secangkir yogurt dengan buah segar, roti gandum, dan kopi dengan susu skim untuk sarapan. 

Buat salad dengan berbagai sayuran, ayam bakar, dan beberapa hummus untuk makan siang. Sedangkan untuk makan malam dengan ikan dan salad kecil serta kembang kol yang dikukus. Jika ingin hidangan penutup, makanlah buah segar atau es loli bebas gula.

Jika akan makan di luar, sertakan ini juga dalam rencana Anda. Entah melihat menu online restoran atau menelepon terlebih dahulu untuk memastikan pilihan sehat apa yang ditawarkan. Pilih beberapa opsi sehat yang berbeda dari menu dan letakkan di paket Anda. Pastikan untuk menjauh dari prasmanan, tempat roti, hidangan dalam saus berat, dan makanan yang digoreng. Nikmatilah espresso daripada hidangan penutup kecuali sudah terlalu dekat dengan waktu tidur.

5. Mendapatkan Aktivitas Fisik Reguler

5.1 Berolahraga secara teratur. 

Menggabungkan aktivitas fisik dengan kopi dan diet sehat dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara masuk akal, sekitar 1 - 2 pound per minggu. Melakukan beberapa jenis aktivitas lima hingga enam hari seminggu dapat membantu untuk mencapai tujuan penurunan berat badan dengan lebih cepat. 

Lakukanlah setidaknya 150 menit beraktivitas sedang atau 75 menit beraktivitas  tinggi setiap minggu. Sebagai pedoman praktis, lakukan setidaknya 30 menit setiap hari untuk menurunkan berat badan. Jika tidak dapat melakukan aktivitas selama 30 menit pada satu waktu, bagilah menjadi beberapa bagian yang dapat anda atur. Misalnya, Anda bisa melakukan dua latihan masing-masing 15 menit.

Pilih aktivitas yang Anda sukai seperti berjalan, jogging, berenang, atau bersepeda. Ingatlah bahwa olahraga tim atau kegiatan lain seperti melompat di atas trampolin atau lompat tali juga dapat diperhitungkan dalam latihan mingguan Anda.

5.2 Lakukan latihan kekuatan. 

Otot membakar lebih banyak kalori daripada sel-sel lemak, bahkan saat istirahat, sehingga otot akan membantu Anda membakar kalori bahkan saat Anda tidur. Mencoba beberapa latihan kekuatan sederhana dalam aktivitas harian dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. 

Tidak ada pedoman khusus untuk berapa lama Anda harus melatih kekuatan, tetapi Anda harus berusaha melakukannya setidaknya dua hari setiap minggu. 

Tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pelatih bersertifikat sebelum Anda memulai program olahraga. Pelatih dapat membantu mengetahui gerakan latihan kekuatan terbaik untuk kebutuhan dan kemampuan Anda.

Lakukan latihan yang melibatkan seluruh tubuh Anda. Misalnya, latihan penguatan seperti squat dan lunges bekerja pada kaki, inti, dan juga tubuh bagian atas Anda. Coba band resistensi jika bobot tampak terlalu berat.

Berlatihlah yoga atau Pilates secara teratur. Hal ini adalah cara lain untuk melibatkan kekuatan tubuh. Anda dapat melakukan kelas yoga atau Pilates dengan DVD, online, atau pergi ke studio.

5.3 Biarkan tubuh Anda beristirahat. 

Sama seperti diet dan olahraga, istirahat juga penting untuk kesehatan. Tidak mendapatkan cukup istirahat secara cukup dapat menyebabkan kenaikan berat badan juga, dikarenakan tubuh Anda lebih stres. Tidur kurang dari tujuh jam per malam dapat mengurangi manfaat dari kebiasaan sehat yang lain. 

Beri diri Anda setidaknya satu hari penuh istirahat dari olahraga per minggu. Ini membantu tubuh Anda membangun otot dan pulih dari olahraga atau stres. Tidur setidaknya 7 – 8 jam setiap malam dan tidurlah siang selama 30 menit jika merasa lelah.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager