Tehnik Jitu Tetap Terjaga di Kantor Meskipun Semalaman Asyik Begadang

Tehnik Jitu Tetap Terjaga di Kantor Meskipun Semalaman Asyik Begadang

Banyak hal yang dapat menjadi alasan bagi seseorang yang kurang tidur, baik itu masalah tenggang waktu proyek yang sudah mendesak alias jatuh tempo atau anak yang rewel menangis sepanjang malam atau bahkan sedang bepergian ke luar kota, sehingga harus begadang semalaman dibelakang kemudi mobil. Dan juga banyak alasan konyol lainnya yang mungkin menjadi alasan kurang tidur.

Terlepas dari segala alasan yang ada, satu hal yang sudah pasti, anda tetap harus bekerja keesokan harinya. Pusing deh..serasa dunia berputar tujuh keliling, benar bukan? Ya ..iyalah , tidak tidur semalaman atau hanya bisa tidur 1 atau 2 jam, gawat ..oh bukan, ini namanya super gawat!

Nah, jika dalam kondisi ini, apakah anda harus menelepon atasan anda dan mengatakan bahwasanya anda sedang sakit, hmm..sepertinya kurang profesional deh, meskipun hal itu sah-sah saja jika anda ingin melakukannya.  Namun mungkin ada masalah lain yang perlu anda pertimbangkan, seperti bagaimana jika pekerjaan sedang menumpuk di kantor atau sedang janji bertemu dengan klien, mau tidak mau anda harus tetap datang ke kantor.  Ayo, bagaimana ini..jadi satu-satunya cara, gerakkan badan anda sekarang !

Ada beberapa teknik yang dapat anda lakukan untuk bertahan bekerja tanpa cukup tidur dimana anda bisa mengatur waktu anda secara efektif dan menjaga diri anda tetap fit sepanjang hari…

 

TEKNIK 1. MEMULAI HARI KERJA ANDA

1.  Jangan pernah menekan tombol “snooze” pada alarm anda.

Jika hanya sedikit tidur, tombol snooze akan lebih merugikan daripada memberikan kenikmatan tidur. Bahkan jika terbiasa menekan tombol snooze beberapa kali sebelum akhirnya terbangun, tetap saja tidak nyaman. Karena waktu tidur yang singkat, terbangun karena snooze alarm hanya akan membuat tubuh merasa lebih lelah, dan juga berisiko untuk tidur kembali  karena alarm snooze tersebut. Dan gawatnya, anda terlambat bangun untuk pergi bekerja.

Jadi daripada menekan tombol snooze, alangkah baiknya mengatur alarm untuk saat-saat terakhir yang mungkin anda pasti bisa bangun. Dengan begitu anda akan mendapatkan sebanyak mungkin tidur tanpa gangguan, meskipun hanya beberapa jam.

2. Makan sarapan ringan yang kaya kandungan protein.

Sarapan yang berat hanya akan membuat anda lebih mengantuk. Makanan manis dan kaya kalori dapat membuat terjadinya lonjakan gula dan hal itu akan berpengaruh pada masalah penyakit darah manis di kemudian harinya, berbahayanya tidak sekarang tapi nanti dan itu fatal. Sebagai gantinya, nikmati sarapan ringan dari gandum utuh dan protein, dengan sedikit buah segar, lebih nikmat dan membuat badan lebih segar secara alami

Misalnya, anda mungkin menyantap sepotong roti gandum dengan alpukat dan apel atau jeruk. Yogurt juga merupakan pilihan sarapan yang enak dan menyegarkan.

Jika anda hampir tidak tidur, kemungkinan besar anda akan sangat menginginkan makanan manis dan karbohidrat sederhana, dan itu sudah pasti terjadi. Jadi dalam kasus ini diperlukan sedikit disiplin diri untuk memaksakan diri makan secara benar.

Tip termudah dan teraman: Secangkir kopi atau teh kecil ketika sarapan pagi masih bisa dikategorikan tidak bermasalah untuk dikonsumsi alias baik-baik saja, tetapi cobalah untuk menghindari konsumsi kelebihan kafein setelah malam tanpa tidur seharian. Jika anda tetap melakukannya maka hanya akan membuat anda gelisah dan akan berakhir dengan kondisi lebih lelah dari hari sebelumnya.

3. Pergi berjalan-jalan di luar rumah jika memungkinkan.

Sinar matahari dapat membantu memulihkan energi anda dan memberikan tubuh suplai tambahan vitamin D. Jika anda punya waktu dan cuacanya juga mendukung untuk berjalan-jalan, cobalah jalan cepat di sekitar komplek perumahan selama 10 atau 15 menit setelah sarapan pagi. Atau berjalan biasa juga boleh tapi harus dilakukan tanpa berhenti yang terlalu lama.

Jika udara paginya agak dingin, biasanya tubuh akan lebih bersemangat dan anda akan berjalan dengan penuh sukacita. Di sisi lain, jika di luar panas dan lembab, mungkin suasana hati akan tidak mendukung untuk berjalan-jalan pagi. Hmm.. tidak masalah juga, silahkan anda duduk di luar di bawah siraman sinar matahari sembari mengakses media sosial anda, dan juga sambil meminum seteguk air dan rasakan nikmatnya suasana pagi hari.

4. Mandi air dingin di pagi hari.

Mandi air dingin meningkatkan sirkulasi darah anda dan meningkatkan energi. Ini bisa sangat membantu tubuh jika anda mencoba bersiap-siap untuk bekerja setelah malam sedikit tidur atau lebih parah… tidak tidur!

Jika anda tidak bisa dengan kondisi mandi yang benar-benar dingin, putar air menjadi dingin selama sekitar 30 detik sebelum anda keluar kamar mandi untuk waktu mandi yang lebih singkat.

5. Pilih pakaian yang standar, dan pastikan nyaman untuk bekerja.

Jika anda sudah kelelahan, hal terakhir yang ingin anda lakukan biasanya adalah mengenakan sesuatu yang tidak nyaman untuk bekerja. Dan dipastikan gangguan ketidaknyamanan akan menjadi tak tertahankan setelah beberapa jam kemudian.

Jika dalam kondisi harus mengenakan seragam, pastikan pakaian yang dikenakan sudah pas, bersih dan rapi. Setidaknya anda bisa memastikan pakaian dalam dan sepatu yang dipakai senyaman mungkin.

 

TEKNIK 2. MENGATUR WAKTU KETIKA BEKERJA

1. Peringatkan rekan kerja bahwa anda tidak cukup tidur.

Biasanya merupakan ide yang baik untuk memberi tahu orang-orang di sekitar kita bahwasanya anda dalam kondisi yang tidak fit 100% alias kurang tidur pada malam hari. Hal ini perlu dilakukan terutama pada orang-orang yang bekerja sama dengan anda atau bergantung pada pekerjaan atau posisi anda.

Anda tidak harus masuk ke detail pribadi mengenai permasalahan kurang tidur yang sedang dialami jika anda merasa kurang nyaman akan hal itu, tetapi setidaknya biarkan mereka tahu bahwa anda tidak dalam kondisi terbaik seperti hari-hari sebelumnya.

Jika ada sesuatu yang anda ingin mereka lakukan untuk membantu anda, konfirmasikan kepada mereka. Misalnya, jika anda memiliki sekretaris atau asisten, anda dapat meminta mereka untuk menahan semua panggilan anda, dengan alasan sedang sibuk rapat atau alasan lain yang masuk akal dan sopan.

Jika anda memiliki tenggang waktu yang mendesak, maka anda dapat meminta perpanjangan waktu kepada supervisor anda sampai anda dapat beristirahat dan kembali dalam kondisi prima seperti sedia kala.

2. Selesaikan pekerjaan yang paling sulit terlebih dahulu.

Jika anda tidak cukup tidur pada malam harinya, maka biasanya energi paling besar akan didapatkan di pagi harinya. Dan energi tersebut mungkin akan berkurang secara substansial sepanjang hari. Dengan kondisi seperti itu, maka manfaatkan energi itu untuk menyelesaikan hal-hal yang penting terlebih dahulu.

Jika anda sudah menyelesaikan hal-hal penting yang menjadi target utama pekerjaan anda, mungkin atasan anda akan berbelas kasih kepada anda dan membiarkan anda pulang lebih awal. Namun jika anda harus tetap bekerja seharian penuh, setidaknya tidak perlu khawatir lagi terhadap tugas-tugas berat lainnya setelah jadwal makan siang anda.

3. Jadwalkan ulang segala rapat atau batalkan.

Kurang tidur merusak gaya komunikasi anda dan mungkin juga kurang tidur menjadikan anda sulit untuk menerima isyarat nonverbal. Dalam situasi ini, biasanya keputusan yang anda ambil akan menjadi bumerang bagi anda atau lebih parahnya lagi, akan menjadi keputusan yang mungkin akan disesali di masa akan datang.

Tidak cukup tidur juga memberikan mood yang jelek dalam keseharian anda di tempat kerja, atau dalam istilah kelistrikan di kenal dengan “tegangan koslet”. Sehingga anda mungkin akan menjadi jengkel pada hal-hal yang biasanya anda biarkan terjadi tanpa beban, namun kareda bad mood, jadi masalah deh..

Tip amannya adalah berterus terang sajalah. Ya benar, jujur saja, bahwasanya ide yang baik untuk memberi tahu semua orang bahwa anda tidak bisa tidur tadi malam dengan nyenyak.  Hal ini anda lakukan jika anda tidak dapat menjadwal ulang atau melewatkan rapat.  Meskipun mungkin bukan alasan terbaik untuk membenarkan tindakan anda yang kurang tidur alias kurang profesional dengan pekerjaan, setidaknya teman kerja anda sadar bahwasanya anda tidak dalam kondisi prima pada saat ini.

4. Hindari proyek atau keputusan berisiko tinggi jika memungkinkan.

Kadang-kadang ada keputusan yang sangat penting, yang sangat mendesak dan tidak dapat dihindari. Namun, umumnya yang terbaik adalah tidak membuat keputusan semacam itu atau mengambil alih proyek-proyek itu ketika anda kurang tidur.

Di beberapa bidang pekerjaan, hal ini mungkin tidak dapat diterapkan. Misalnya, jika anda bekerja di bidang medis, anda mungkin harus membuat keputusan hidup atau mati dari waktu ke waktu. Jika anda memiliki pekerjaan seperti itu, mungkin lebih baik pulang saja jika mungkin, daripada mempertaruhkan nyawa atau kesehatan seseorang dengan membuat keputusan yang buruk akibat kelelahan karena kurang tidur.

Jika anda dihadapkan dengan masalah pekerjaan yang relatif berisiko tinggi, lakukan apa yang dapat anda lakukan untuk meluangkan waktu dan bekerja melalui opsi secara objektif dan logis. Dan lihat apakah anda bisa membuat rekan kerja lain ikut serta dan membantu anda yang sedang dalam kondisi kurang prima.

5. Tinggalkan pekerjaan yang rutin sampai kerja berakhir.

Anda mungkin memiliki energi yang tinggal sedikit pada akhir hari kerja. Jika anda hanya melakukan pekerjaan rutin yang tidak membutuhkan banyak kekuatan otak, maka anda dapat sedikit rileks.

Jika ini tidak memungkinkan, luangkan waktu untuk memastikan pekerjaan telah dilakukan dengan benar. Jika memungkinkan, mintalah rekan kerja untuk memeriksa apa yang telah dilakukan dan hal ini penting untuk dilakukan sebelum mengirimkan pekerjaan tersebut. Misalnya, jika bekerja di bidang akuntansi atau pembukuan, mungkin memiliki rekan kerja yang bisa memeriksa ulang segala tetek bengek pekerjaan sebelum pekerjaan itu diserahkan kepada atasan.

 

TEKNIK 3 : MENJALANI HARI DALAM KONDISI KURANG TIDUR

1. Minum kafein dalam dosis kecil sepanjang hari.

Cobalah minum kafein dalam jumlah sedikit agar pikiran tidak terlalu gelisah. Teknik terbaik adalah minum secangkir kopi atau teh kecil setiap 3 jam sekali atau lebih agar tubuh tetap tersulpai dengan kafein.

Minuman energi bergula dapat menyebabkan tubuh mendapatkan efek yang kurang bagus di kemudian hari, jadi sebaiknya dihindari dalam kasus dimana berusaha mencoba menjalani hari dengan sukses setelah tidak cukup tidur pada malam harinya.

Coba cara ini: Ambil air dingin dan cipratkan air dingin itu ke wajah jika anda membutuhkan sentakan energi secara cepat. Anda juga dapat berjalan-jalan dengan cepat, meskipun hanya di sekitar kantor atau tempat kerja.

2. Sediakan camilan makanan tinggi protein untuk menjaga tingkat energi tetap tinggi.

Keju dan kacang-kacangan, seperti almond, merupakan makanan yang kaya akan protein dan tentu saja dapat memberikan energi yang dibutuhkan oleh  tubuh sepanjang hari. Banyak perusahaan membuat campuran camilan protein, jadi hal ini bisa menjadi pertimbangan beberapa di antaranya untuk membantu tubuh menjalani hari yang kurang tidur.

Makan camilan dalam jumlah kecil secara konstan juga membuat tubuh dalam kondisi tetap melakukan sesuatu, jadi tetaplah berusaha dalam kondisi sedikit aktif, meskipun ketika hanya duduk di depan meja kantor.

Jika tidak mendapatkan makanan ringan di tempat kerja, cobalah cari  ketika saat istirahat. Pastikan tubuh mendapat asupan makanan ringan tersebut karena tubuh memang dalam kondisi membutuhkannya.

3. Makan siang yang ringan dengan banyak sayuran dan protein tanpa lemak.

Makan siang yang berat kemungkinan akan menyebabkan rasa kantuk dan malas pada sore harinya, terutama jika anda sudah bekerja dengan kondisi kurang tidur. Bagaimana jika menikmati makan siang yang ringan dan penuh warna dengan protein tanpa lemak seperti ayam atau ikan.

Salad dengan alpukat dan almond juga merupakan cara yang baik untuk mendapatkan protein dalam makan siang tanpa harus makan daging.

Hindari pasta, saus kental, dan daging merah, karena jenis makanan ini hanya akan membuat anda menjadi lebih mengantuk.

4. Dapatkan sinar matahari jika memungkinkan.

Jika hari cerah di luar, cobalah berjalan-jalan sebentar saat makan siang untuk meningkatkan energi. Lebih baik lagi jika anda makan siang di luar kantor saja, daripada makan di ruang istirahat atau di meja kerja.

Jika cuaca tidak cocok untuk berjalan-jalan di luar, lakukan apa yang bisa untuk keluar dari tempat kerja, bahkan jika itu hanya beberapa menit. Perubahan pemandangan akan membantu anda menyegarkan pikiran dan membangkitkan mood kerja kembali.

5. Tidur nyenyak jika anda bisa.

Tidur siang singkat selama 20 hingga 30 menit di siang hari pada saat istirahat dapat memberi pikiran dan tubuh sedikit energi yang dibutuhkan untuk menjalani sisa hari itu. Pastikan tidak tidur lebih lama dari itu, atau anda akan dinilai kurang profesional dalam bekerja.

Jika bisa tidur siang, jangan lupa untuk meminta rekan kerja membangunkan anda sehingga dapat dipastikan tidak tidur lebih lama dari yang seharusnya.

Harap diingat! Kafein diperlukan untuk memberikan efek 20 hingga 30 menit dalam kondisi terjaga, jadi jika minum secangkir kopi kecil, lalu tidur siang selama 20 menit, maka dapat menimbulkan manfaat yang berlipat ganda bagi tubuh anda.

6. Perbanyak minum air putih.

Tetap terhidrasi dengan baik adalah sesuatu yang selalu penting dalam kondisi apapun, tetapi itu bahkan lebih penting jika dalam kondisi tidak cukup tidur. Jika tubuh mengalami dehidrasi, maka  tubuh akan merasa lebih lelah dan rasa tidak nyaman di seluruh badan.

Cobalah untuk minum setidaknya satu gelas air setiap jam saat anda sedang bekerja. Hindari minuman olahraga bergula, yang hanya bisa membuat kantuk datang menerjang mata anda.

Meskipun kondisi kurang tidur, namun sebagai seseorang yang menjunjung profesionalisme dalam pekerjaan, maka kurang tidur bukan halangan untuk tetap bekerja dengan penuh semangat.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma