Megah dan Menawan, Sunset Pantai Pariaman ini Serasa Menabur Pesona Rindu

Megah dan Menawan, Sunset Pantai Pariaman ini Serasa Menabur Pesona Rindu

Berlibur di pantai Pariaman Sumatera Barat. Sore itu ketika senja datang sebagai tanda penutup siang. Warna nya yang jingga memberikan bentuk yang sangat indah. Menawan, sungguh membuat hati mengucapkan rasa syukur pada sang penguasa jagat raya. Mata melihat hati merasakan. Begitu cantiknya sore ini, melukis kenangan saat ini ketika berdiri tegak seorang diri. Begitulah perasaan senang yang dirasakan saat mendatangi tempat ini. 

Berbagai macam yang bisa dinikmati oleh kita saat mendatangi kawasan wisata kota Pariaman. Pembangunan yang dibuat oleh wali kota Genius Umar mendatangkan sejuta manfaat bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai Gandoriah Pariaman. Lokasinya yang sangat ramah lingkungan sehingga banyak diantara wisatawan tidak merasakan bosan ketika datang ke gandoriah beach.

Kota kecil yang disebut Pariaman, mewakili keindahan yang ada terhadap letak geografis objek yang ada pada kota itu. Sekarang kita merasa rindu ketika jauh, merasa berat untuk melepaskan. Saking hebatnya pesona tempat ini. Mengikat rasa untuk tidak ingin meninggalkannya. Bagaimana untuk mencari yang lain sedangkan di kota ini sudah disediakan seluruh kebutuhan. Bagiku lengkap sudah yang di inginkan. Mulai dari perlengkapan sampai dengan tatanan wahana pantai memberikan kebetahan yang sangat istimewa.

Kota Pariaman adalah salah satu kota yang sedang berkembang. Kota yang difokuskan untuk menjadi icon Visit Wonderfull Indonesia menjadi semangat baru bagi masyarakat untuk mengembangkan kota ini dengan seksama. Seluruh lapisan masyarakat merasakan perkembangan yang ada di kota Pariaman. Banyak orang bilang kota ini sungguh mengalami perubahan yang sangat pesat. Semua itu kerjasama pemerintahan beserta stackholder yang terkait dan dengan masyarakat.

Banyak ragam yang dapat kita nikmati di pantai Pariaman. Makanan, serta tempat bermain dan tempat menunjukan gaya hidup juga bisa kita perlihatkan disini. Sebut saja generasi milleneal, untuk komunitas milleneal di sediakan fasilitas tempat berkarya. Rumah untuk pecinta seni, wadah ini khusus untuk pemuda/pemudi yang mencintai seni. Banyak yang terberdayakan, tarian khas Minangkabau, musik tradisional dan modern, serta alat-alat musik tradisional. 

Wadah itu difasilitasi untuk pemberdayaan kreatifitas pemuda/pemudi. Sehingga mampu menampung nilai-nilai ekonomis yang dapat memajukan kota pariaman. Selain itu serupa dengan wadah rumah untuk pecinta seni, fasilitas yang lain ada juga diberikan oleh pemerintahan kota Pariaman. Permaianan skateboard dan pentas seni yang berlokasi di tengah kawasan wisata pantai pariaman.

Pemerintahan kota Pariaman fokus untuk mengembangkan sektor pariwisata. Melihat dari perkembangannya sampai sekarang. Kita dapat menyaksikan keberhasilan kerja keras wali kota Genius Umar dan Mardison Mahyudin untuk menciptakan pariaman sebagai kota maju. Tampak dari pembangunan yang dilakukan secara keseluruhan. Memperlebar kawasan objek wisata dan menambah kawasan-kawasan yang strategis untuk dapat dinikmati oleh wisatawan.

Kawasan yang di ambil sampai ke perbatasan Kabupaten Padang Pariaman yang bertepatan dengan Kampung Sunua. Penambahan lokasi ini dilakukan untuk menambah lokasi wisata pantai Kota Pariaman. Cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai dan berswafoto dengan para kerabat dan teman-teman.

Dengan banyaknya perkembangan yang dilakukan oleh pihak pemerintah kota Pariaman. Tentu itu menjadi PR kita bersama. Mempertahankan serta menciptakan ide-ide baru sering dilakukan. Supaya Pariaman terus mengukir kinerja demi kemajuan daerah yang sangat dicintai.

Fokus pemerintahan bukan hanya di sektor pariwisata saja. Masih banyak lagi yang dapat kita saksikan. Contohnya nilai kearifan lokal. Pemerintahan kota Pariaman membentuk sebuah pendidikan kota Pariaman yang berkarakter. Mengajarkan kepada siswa nilai-nilai budaya yang kaya akan tata sopan santun. 

Mengaktifkan sanggar-sanggar seni serta sasaran silek minang. Sebuah permainan anak nagari yang dapat menjadi tiang utama membangun karakter jiwa kesatria, bertanggung jawab, tekun dengan agama, serta patuh terhadap perintah orang tua. Memberikan pembelajaran nilai budaya ini akan membentuk karakter siswa ke arah yang lebih baik.

Pembangunan secara keseluruhan dapat kita lihat juga pada bidang ke rohanian/Agama. Memantapkan paham agama pada masyarakat sehingga akan memperkuat karakteristik masyarakat secara lahir dan batin. Langkah ini dilakukan untuk pemerataan pembangunan pada lingkungan masyarakat. 

Mencoba untuk terjun langsung atas apa yang diharapkan oleh masyarakat. Masyarakat kota Pariaman bersyukur atas apa yang telah terbentuk pada lingkungan kehidupannya. Nilai-nilai ini sebagai landasan utama bahwa pariaman sebagai kota yang bersih dan memiliki nilai norma yang samgat kuat.

Patut diberikan apresiasi atas keindahan yang tersaji di pantai kota pariaman. Semua masyarakat yang memiliki sikap ramah membuat kesan yang sangat baik oleh pengunjung yang datang ke kawasan objek wisata pantai kota ini. Orang yang berdatangan berasal dari dalam Provinsi Sumatera Barat, jika datang biasannya mereka mencari "Sala Lauak" yang banyak dijual pedagang setempat. Sala Lauak yang terbuat dari adonan yang di bulat-bulat, berbahan tepung dan di isi dengan ikan. 

Sala lauak asli buatan masyarakat Piaman, baik Kabupaten Padang Pariaman dan kota Pariaman. Dulu semasih Kabupaten Padang Pariaman belum dipisah. Dan masih memiliki kawasan administratif satu sistem pemerintahan. Orang mengenal dengan sebutan "Sala Lauak Piaman". Makanan ini sangat enak, di masak dengan cara di goreng. Orang-orang piaman biasa memakan Sala Lauak dengan ketupat sayur dll.

Perpaduan makanan juga di ciptakan oleh pengusaha makanan yang terdapat di kawasan wisata kota Pariaman. Sala Lauak, Nasi Sek, dan Nasi Sala. Semua masakan itu memiliki cita rasa yang sangat enak. Inilah kunci dari semua rasa rindu orang pada kawasan wisata Kota Pariaman. Selain pergi berekreasi orang juga di manjakan oleh rasa makanan yang enak-enak. Menjadi tidak sabar lagi untuk berkunjung. 

Mengunjungi Pariaman tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika dari Kota Padang, kita bisa menaiki kereta api yang selalu beroperasi setiap harinya. Jadwal keberangkatan sudah diatur oleh perusahaan kereta api ini untuk menuju ke Pariaman. Kita dapat menanyakan langsung ke agen resmi PT kereta Api Indonesia yang regional padang. 

Jika seandainya dari luar Provinsi Sumatera Barat. Dari Bandar Internasional Minangkabau hanya membutuhkan waktu akses sekitar 1 jam perjalanan naik mobil, jika naik motor hanya menempuh waktu 1/2 jam perjalanan. Letak kota Pariaman berada dirusuk perbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman. Letaknya yang sangat strategis. Mudah diakses melalui jalan lintas Sumatera dari arah manapun. Baik itu dari Bukittinggi, Pasaman, Lubuk Basung dan Kota Padang. 

Begitulah rasanya pergi ke kota Pariaman yang memiliki kawasan wisata pantai yang sangat menawan. Memberikan pengalaman wisata yang sangat berharga. Mungkin dengan pesona alam yang terbentang di lautan samudera ini akan menyimpan rindu. Ketika nanti kesempatan untuk berkunjung ada. Mengajak keluargalah yang paling terpenting. Karena bahagia bersama keluarga adalah bahagia yang tidak dapat dibayar dengan materi apapun, bahkan dengan berlian sekalipun. Untuk itu, mencoba membangun kebahagiaan adalah merasakannya dengan keluarga. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Wiraswasta

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 19, 2020, 10:00 PM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma