Sumber Penghasilan App Developer (Pengembang Aplikasi) Online

Sumber Penghasilan App Developer (Pengembang Aplikasi) Online

Di era sekarang ini yang namanya smartphone itu udah pasti jadi tangan ketiga, kemana-mana kita harus bawa smartphone, di manapun kita kerjaannya melihat smartphone sampai ke rutinitas di kamar mandi saat di pagi hari..wahhhh...

Bicara Smartphone itu artinya kita bicara soal aplikasinya, dan itu artinya aplikasi udah jadi salah satu hal yang sangat dominan dalam hidup kita. Aplikasi jadi sumber income yang sangat besar. Flappy Bird contohnya mendapatkan 50.000 US Dollar setiap hari, pertanyaan jadi muncul sebetulnya jadi App Developer dari mana mendapatkan penghasilannya???

Kali ini ini kita akan bicara App Developer dari mana uang seorang App Developer. Aplikasi Mobile atau yang panggilan sayangnya “App” adalah sebuah industri besar yang saat ini dikuasai dan didominasi terutama oleh 3 pemain utama Google, Apple, dan Microsoft. App developer tiba-tiba muncul dan membanjiri industri ini karena ada janji surga, salah satu contohnya adalah WhatsApp, dalam waktu 5 tahun sejak diluncurkan dia dibeli oleh Facebook dengan harga 16 miliar dolar atau sekitar 192 Triliun Rupiah hanya dalam kurun waktu 5 tahun.

Raksasa industri ini memiliki akses pada pengguna hardware atau software mereka. Mendunia, global, serta denganjumlah yang luar biasa masiv. Dengan keberadaan massa mereka, mereka memberi kesempatan kepada para App Developer memasarkan aplikasi lewat Play Store atau AppStore atau yang sejenisnya. Sistemnya adalah mengambil sedikit dari jutaan orang dan bagusnya adalah bisnis ini ini tidak memiliki batasan geografi atau sosial. App Developer Indonesia bahkan cukup banyak yang sudah mengembangkan App untuk pasar global.

Bagaimana sistem kerjanya, bagaimana bisnis modelnya?? B2B dan B2C atau Bisnis to Bisnis dan Bisnis to Consumer. Untuk B2C sendiri mendapatkan income dari transaksi membeli aplikasi itu sendiri, mendownload aplikasi sendiri dan iklan, sementara untuk B2B mendapatkan income dari pemesanan aplikasi custom atau aplikasi khusus yang dipesan oleh individu atau corporate. Ada beberapa model dalam model bisnis aplikasi B2C, yang pertama Paid App atau aplikasi berbayar. Para App Developer pasang aplikasinya di Play Store atau AppStore kemudian orang yang membeli akan mendownload dengan membayar, biasanya harga jualnya sekitar 0,99 Dollar atau 99 sen untuk aplikasi umum dan standar, serta sekitar 1,99 sampai 4,99 dollar yang fungsinya sudah lebih kompleks atau manfaat lebih. Jadi untuk sebuah aplikasi yang harganya 99 sen atau 0,99 dollar bila didownload 10.000 downloader itu berarti App Developer akan mendapatkan sekitar 118.800.000 Rupiah dari setiap aplikasi itu dikali 70% yang menjadi hak siarnya dia, dan yang 30% akan diambil oleh pemilik Market Place seperti Apple atau Google. Berarti bersih dia akan mendapatkan 83.160.000 Rupiah untuk satu aplikasi itu.

Ada bisnis model yang lain, bisnis modern disebut Freemium artinya App ini diberikan gratis sebagai tester untuk kita pakai tapi dibatasi dalam beberapa fitur utamanya atau dibatasi secara waktu supaya kita bisa upgrade atau terpaksa bayar secara premium.

Skema kedua yang ada adalah In App Purchase artinya memakai gratis, main gratis, menjalankan gratis tapi kalau mau mengakses fitur yang bisa memudahkan bayar, mau beli sesuatu dalam aplikasi itu bayar lagi. Model ini paling sering dipakai dalam game dan terbukti meningkatkan income Aplikasi game sampai 79% dan membuat orang tua marah, karena anak anaknya pada beli sesuatu dalam aplikasi dan menghabiskan limit kartu kredit orang tuanya...hehehehe.....

Skema ketiga yang ada dan ini adalah salah satu favorit App Developer yaitu sistem gratis dengan iklan. Kenapa ini jadi favorit?? sistem aplikasi dengan iklan memungkinkan seorang App Developer mendapatkan income rutin dari Aplikasi karena iklan akan memberikan komisi atau angka setiap kali ada yang memakai aplikasi itu dan setiap kali iklan yang muncul di aplikasi itu. Nnah sekarang bagaimana menghitung keuntungannya?? mirip seperti menghitung iklan di video YouTube atau sistem income Youtuber. Dengan sistem CPM (Cost per Mile) dan CPC (Cost per Click), konversi harga rata-rata untuk CPM adalah 1 Dollar per 1000 view atau 1000 impression istilahnya, dan 0,25 Dollar atau 25 sen untuk setiap klik tentu tergantung iklannya. Apabila sebuah aplikasi rata-rata tiap satu aktif user yang melihat iklan di dalam aplikasi itu 5 kali sehari berarti jika aplikasi itu terdapat 100 active user yang melihat iklan dengan frekuensi yang sama dia akan mendapatkan sekitar 0,5 dollar per hari. Jika dia punya sekitar 1000 active user dia kan dapatkan sekitar 5 dolar sehari. Bila aplikasi itu memiliki sekitar 10.000 aktif user dia bisa mendapatkan sekitar 50 dollar per hari atau sekitar Rp. 600.000,-  di kali 30 hari maka aplikasi ini bisa menghasilkan sekitar 18 juta Rupiah per bulan

Di Indonesia sendiri kebanyakan App Developer baik itu tim, perorangan atau perusahaan masih lebih suka mengembangkan aplikasi untuk bisnis model B2B. Membuatkan Aplikasi pesanan, membuatkan Aplikasi Khusus atau custom untuk perusahaan, kenapa?? karena pembayarannya lebih cepat, to the point, jelas, lebih sederhana dan lebih cepat menghasilkan uang. Mereka seringkali berhubungan erat dengan Agency Marketing atau Agency Branding, karena biasanya disitulah berputar banyak uang yang bisa membiayai mereka atau membutuhkan jasa mereka untuk mengembangkan aplikasi. 

Jadi App developer dari mananya uangnya?? Satu dari Aplikasi Publik dengan bisnis model yang beragam, yang kedua dari Aplikasi untuk pesanan atau B2B yang di mana mereka membuatkan aplikasi atau software aplikasi mobile game untuk perusahaan dan sumber ketiga yang umum digunakan adalah menjadi online freelancer, Tim Designer, SEO Consultan, Web Designer, Web Developer dan masih banyak lagi tergantung dari kreativitas mereka mengembangkannya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

OR

About Author
Popular This Week
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Donovan
Feb 17, 2020, 12:19 AM - Nabila Afira quraina
Feb 17, 2020, 9:08 PM - Bram Asta
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo