Strategi Pemasaran yang Mudah untuk Diterapkan

Strategi Pemasaran yang Mudah untuk Diterapkan

Daftar Isi:

Mencapai profit semua orang pasti mau, namun untuk mencapai pada titik keuntungan tersebut dibidang apapun pasti melalui proses. Tidak ada yang instan. Kita harus menciptakan langkah-langkah strategis agar mendapatkan pencapaian atas misi yang telah dirancang.

Bidang usaha misalnya. Setiap kita yang terjun pada dunia entrepreneur harus memiliki jadwal yang memadai, sehingga kita gampang untuk mendapatkan keuntungan dari perusahaan yang kita miliki. Untuk pencapaian secara simultan tentunya kita harus memiliki strategi yang matang sehingga mudah bagi kita untuk mencapai hasil yang maksimal.

Pengusaha yang handal mampu memproyeksi perusahaan ke arah yang lebih maju, serta mampu mempertahankan pasar untuk mendapatkan keuntungan dari produk yang sedang diciptkan. Selain itu perusahaan juga harus memiliki sistem yang sangat baik untuk mendongkrak penghasilan kepada untung tetap dan berjalan secara merata.

Menggali sebuah keuntungan, baru kita sadari bahwa kita harus menciptakan strategi pemasaran. Bahwa hal itu akan menciptakan ruang gerak pada aktivitas perusahaan yang teratur. Sistem itu yang nantinya akan berjalan dengan konsep yang telah dibuat. 

Setelah mencoba menciptakan sebuah sistem lantas bagaimana cara untuk menerapkan strategi yang ideal pada perusahaan yang kita miliki. Ini poin pokok yang harus kita simak. Lihat satu persatu dari poin tulisan ini.

1. Strategi Produk

Strategi produk bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan persaingan pasar. Didunia bisnis banyak sekali lawan bisnis yang akan bersaing. Itu adalah aktifitas yang sah tidak ada yang ilegal, sebab semua aktifitas pada bidang penjualan dipasar terbuka. Tidak menghambat pedagang dari dan lainnya. Semua bebas menawarkan produk yang ia miliki. Tergantung dari perusahaan kita. Barang apakah yang kita miliki. Apakah memiliki spesifikasi kualitas sehingga mampu menampung pelanggan dengan jumlah yang banyak. 

Poin dari strategi pertama ini adalah mempertahankan pelanggan dengan kualitas produk. Pelanggan akan setia dengan perusahaan anda jika anda mampu memberikan kenyamanan atas produk yang anda jual. Serta pelanggan akan betah jika oroduk anda menghasilkan komitmen pada ciri khasnya.

Produk yang dijadikan bagian strategi adalah tentunya produk-produk unggulan yang anda miliki. Berikan kepada pelanggan anda bahwa produk punya anda dikenal dan sangat familiar terhadap pelanggan yang telah mencoba produk anda.

Sebagai contoh sebuah produk roti bakar. Jenis produk ini adalah cita rasa. Zaman sekarang banyak sekali pedagang yang menjual roti bakar. Seluruh pedagang itu bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Bagi yang menciptakan roti bakar yang sangat lezat akan mendapatkan pelanggan dengan jumlah besar. Ciri khasnya adalah kelezatan. Seorang pembeli tidak memikirkan harga yang ditawarkan. Asalkan seleranya dan fanatik pada roti bakar terpenuhi. Semuanya saling bekesinambungan. Rasa enak, serta harga mahal, dan pelanggan tidak akan neko-neko dengan harga yang anda miliki.

Ciri khas roti yang banyak pelanggan itu terletak pada rasa yang diberikan. Rasa yang terdapat tidak ada dimiliki oleh pedagang roti bakar lainnya. Rasanya begitu lezat akan memberikan marketing suara dari pelanggan. Pelanggan satu akan berubah menjadi 2, artinya adalah pelanggan pertama yang telah setia pada anda akan membawa temannya untuk diajak membeli roti bakar produk usaha anda. Itu salah satu nilai plus bagi anda, sebab anda telah berhasil memikat pembeli untuk setia dan mengembangkan perusahaan anda. Secara spontan pelanggan tersebut menjadi kontributor perusahaan anda dengan tidak mengharapkan imbalan apa-apa

2. Tempat Pemasaran dan Penjualan

Pastikan anda memiliki tempat yang sangat baik. Pasalnya ketika aktifitas pemasaran anda harus menentukan tempat pemasaran produk yang anda miliki. Terlebih dahulu kenali lingkungan dan selera calon pelanggan anda. Jangan memasarkan produk ditempat yang tidak memungkinkan bagi produk anda untuk berkembang. 

Sebagai contoh pada roti bakar yang telah kita ulas. Untuk menjual roti bakar kita harus mmemiliki tempat autentik. Tempat yang harus benar-benar penjualannya yang sangat baik. Jangan menjual roti bakar pada tempat yang banyak menjual makanan-makanan ringan. Pada dasarnya roti bakar adalah makanan praktis, jenis makanan yang paling disukai juga oleh orang-orang sangat sibuk. Seperti perkantoran atau tempat bisnis. Tidak ditempat pasar tradisional. Yang menjual alat-alat sayur mayur dan lain-lain.

Aktifitas perkantoran sebagai aktifitas para profesional. Mereka memiliki waktu yang sangat sibuk. Belum lagi ada pada aktifitas pasar modern. Yang menjual berbagai macam barang dagangan. Hal ini adalah langkah yang sangat strategis bagi perusahaan anda. Roti bakar yang anda miliki bisa anda pasarkan disana. Kriteria tempat yang sangat mendukung dan mudah mendapatkan pelanggan.

3. Pelayanan dan Kemasan Produk

Untuk mencapai dari semua strategi anda didalam pemasaran produk yang anda miliki adalah sebuah pelayanan dan kemasan produk. Pastikan pelayanan yang anda berikan kepada konsumen dapat dirasakan senyaman mungkin. Hal ini bertujuan mempertahankan pelanggan anda. Tidak mungkin rasanya jika pelanggan merasa dikecawakan masih bertahan untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Pelanggan akan berpindah ke perusahaan lain yang memiliki jenis yang sama dengan produk perusahaan yang anda jual. Keputusan itu diambil karena pelanggan merasakan kecewa dengan perusahaan anda. 

Salah satu contoh yang bisa kita kutip yaitu seperti roti bakar yang kita ulas tadi. Berikan kemungkinan yang sangat memadai untuk kepuasan pelanggan anda. Dengan langkah itu pelanggan akan betah dan tetap setia dengan produk perusahaan anda.

Berikan kepada pelanggan pelayaan yang sangat memuaskan. Seperti diskon harga serta bonus. Strategi itu akan memberikan dampak kepada produk yang sering mereka beli. Buka penawaran khusus untuk pelanggan anda. Misalkan free order dan bebas bayar untuk pelanggan yang telah membeli lebih dari 5 kali. Sesekali lakukan langkah ini. Tujuan nya tetap sama, yaitu memperjuangkan kebetahan pelanggan anda pada produk yang anda berikan.

Jangan memperhitungkan kerugian. Buat sebuah angka dasar untuk omset anda. Jika seandainya anda memberikan gratis itu tiap hari. Hal itu pasti akan menimbulkan kebangkrutan. Namun ini hanya satu kali untuk lebih dari 5 kali pembelian. Sesuaikan keuangan atau modal yang anda miliki. Hal itu pasti tidak akan menimbulkan efek yang negatif pada perusahaan anda. 

Pelayanan yang baik akan mendatangkan banyak keuntungan. Keuntungan itulah mulai berjalannya sebuah strategi perusahaan anda. Setelah itu terpenuhi silahkan mempertahankannya agar tidak terjadi kemerosotan pada perusahaan anda.

Selain pelayanan, kemasan produk juga berpengaruh besar. Perlihatkan serta sajikan kemasan produk pada pelanggan anda dengan semenarik mungkin. Hal itu akan mendapatkan nilai plus. Karena kemasan produk membuat pelanggan anda nyaman dengan produk yang telah mereka beli.

Sebagai contoh seperti roti bakar tadi. Ketika anda mengemas roti bakar dengan bidang yang tidak higienis, secara otomatis pelanggan akan merasa ragu atas kebersihan yang dimiliki oleh produk roti bakar yang anda jual. Mereka akan berfikir 2 kali untuk membeli roti bakar anda. Berikan produk yang sangat menarik sehingga pelanggan memiliki keyakinan penuh atas roti bakar yang anda jual.

Berbicara kemasan, banyak pada saat ini orang lebih mengutamakan tampilan. Penyebabnya dikolaborasi dengan gaya hidup atau budaya modern yang ada pada kehidupan konsumen pada kehidupan sehari-hari. Kemasan tampak dari luar yang sangat menarik bahkan terkesan mewah. Hal itu suatu bentuk gaya hidup yang ada pada konsumen.

Kita bisa lihat tampilan sebuah usaha kedai kopi. Tongkrongan yang diubah dalam bentuk modern sehingga berpenampilan mewah. Langkah ini diciptakan untuk mencapai konsumen dari anak-anak muda yang masih duduk dibangku sekolah menengah sampai mahasiswa.

Design interior dan dipenuhi dengan live music menjadi bentuk ciri khas kedai kopi yang dimiliki oleh pemilik usaha kedai kopi tersebut. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena pola hidup masyarakat semangkin jauh hari semangkin mengalami perubahan. Modernisasi yang terlibat didalamnya diterapkan ke dalam bentuk design kedai kopi tersebut. 

Setiap pengusaha akan membentuk strategi yang bermacama-macam, banyak yang berfikir bahwa strategi itu disukseskan oleh berbagai jumlah anggota pada team kerja. Hal itu juga benar tetapi tidak menutup kemungkinan juga bagi pemilik usaha yang hanya dia saja yang mengelola perusahaannya sendiri tidak mendapatkan kesuskesan didalam mengelola strategi. Itu ucapan yang salah. Pengusaha yang tidak terdapat anggota team / karyawan di perusahaannya masih bisa membentuk suatu langkah strategis untuk mendapatkan konsumen yang melimpah.

Salah satunya dari uraian-uraian tersebut. Tinggal bagaiamana kita untuk menerapkannya. Hal itu tergantung dari pemilik perusahaan. Jika berkeinginan untuk lebih maju, silahkan dicoba menyusun dari sekarang. Mungkin dari anda ada langkah strategis yang lebih mudah untuk diterapkan. Jika itu adalah pilhan terbaik apa salahnya melakukan gebrakan baru. 

Aktifitas usaha andalah yang menjadi mesin, sistem serta pelopor didalamnya. Maju / mundurnya perusahaan tergantung dari sebuah gebrakan yang anda buat. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Wiraswasta

Popular This Week
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma