Siapa Bilang Males Belajar Gabisa Lolos SBMPTN?

Siapa Bilang Males Belajar Gabisa Lolos SBMPTN?

Bentar lagi UN Kan ya? Pasti banyak banget yang bingung mau lanjutin kuliah kemana, ambil jurusan apa, dan bagaimana caranya lolos SBMPTN. Tenang, disini aku mau berbagi sedikit tentang bagaimana mengatur strategi supaya lolos SBMPTN.

1. MAU

Kita harus mau dulu. Kalau kita tidak benar-benar mau, perjalanan ke depan akan semakin berat. karena aku orangnya keras kepala banget, pokoknya aku mau setelah LULUS SMA langsung kuliah di PTN gimana pun caranya. (Tetap mengikuti rules yang ada dan dilarang curang)

2. NIAT

Kalau udah mau, kita harus bener-bener meniatkan diri buat belajar. Jangan semata-mata karena gengsi, liat temen kuliah lolos SNMPTN jadi insecure.

3. RESTU (ORANG TUA, GURU, KELUARGA, TEMAN)

Karena emang aku orangnya males buat belajar wkwk, aku selalu menyempatkan diri buat minta doa restu ke ibu, bapak, keluarga, guru, temen-temen, ibu kantin, dan semua pegawai yang ada di sekolah, sekalipun itu tukang sapu. Disini aku selalu minta doa biar bisa diterima di PTN. Selain itu, aku selalu minta buat kebaikanku. 

4. DOA

Asli doa itu penting banget, pokoknya apa aja yang kita mau termasuk lolos SNMPTN minta aja sama yang Di Atas. Merengek-rengek kalau perlu, ini sifatnya harus terus menerus dan seimbang. Artinya harus disertai usaha, karena doa tanpa usaha sama aja bohong, usaha tanpa disertai doa sama aja sombong.

5.USAHA

Usaha itu wajib banget. Nah wujud dari usaha itu sendiri apa biar lolos SNMPTN? Kalau aku sih belajar. Eh jangan hopeless gitu dong. Aku tau kita males, tapi belajar disini ya mengikuti mood kita. Cari cara belajar yang menarik, gak harus dengan kita mengerjakan soal seabrek yang membikin kita mual dan tambah males. Kita bisa mulai dari melihat video-video motivasi lolos SBMPTN dulu. Kalau udah mulai muncul motivasi, buruan paksain diri buat ikut latihan soal online. Ikut aaja, gak udah peduliin nilai.

5. BERKORBAN

wkwk maaf alay. Tapi ini benar-benar harus dilakukan. Kita harus berkorban, mau tidak mau kita harus mengumpulkan uang untuk membeli buku SBMPTN hehe. Lumayan mahal soalnya. 

6. LUANGKAN WAKTU

Jadi teman-teman, kita memang harus meluangkan waktu. Kalau aku mencoba memaksakan diri buat menerapkan apa yang sudah diajarkan ibu untuk membiasakan diri sebelum belajar, yaitu bangun di sepertiga malam untuk shalat tahajud. Karena disini otak masih fresh banget. Selain itu aku mulai menyempatkan diri jugs untuk shalat dhuha saat jam istirahat. Eh ini bagi yang muslim ya? Bagi yang non muslim kalian bisa mengamalkan amalan harian sesuai kepercayaan masing-masing. Hal tersebut membuat aku lebih mudah menangkap pelajaran di kelas. Padahal aku tipikal orang yang tidak gampang paham dengan penjelasan guru.

7. SEDEKAH

Sebenernya ini tips dari bapak kost ku, tapi memang sangat manjur. Aku sampe bosen dengerjn bapak kost yang ngasih ceramah isinya itu-itu aaja. Tapi ini berefek, hidup ku jadi lebih tenang. Ada caranya juga hehe. Kita harus sedekah setiap hari, ada gak ada aku menghukumi ini wajib buat aku. Sedekahnya pagi hari sebelum uang kita dipakai buat jajan. Buat awal-awal biar terbiasa, mulailah Rp.1000, kalau kita mulai ngerasa gak berat coba naikin jadi Rp.2000, mau kita ada duit atau gak ada duit hidup kita jadi lebih bahagia. Persoalan tentang SBMPTN jadi lebih mudah.

8. CARI INFORMASI

Kita harus rajin cari informasi di internet gais. Hal tersebut akan membuka wawasan kita. Cari informasi apa aja seputar SBMPTN dan PTN yang kalian inginkan. Aku dulu selalu kekeh buat masuk ITB, cuman karena gegabah dan ga pake strategi, SN ku gagal. Mungkin, memang belum rezekiku.

9. SADAR DIRI

Kalau kita mau PTN yang bagus usaha kita juga harus bagus. Ini bukan bermaksud membanding-bandingkan. Banyak yang gak sadar, maunya masuk UI, ITB, UGM tapi gamau belajar. Ya gabisa. Allah gak akan ngerubah nasib seseorang kalo orang itu gak mau ngerubah dirinya sendiri. Jadi kita harus sadar diri atas kemampuan kita, kita harus mulai belajar menyadari kapasitas diri kita. Hal ini bisa bikin peluang lolos SBMPTN makin gede.

10. FOKUS

Kalau kita udah punya tujuan yang jelas. Udah punya pilihan PTN yang pas buat di daftarin di SBMPTN, kita harus fokus sama pilihan kita. Maksimalin usahanya, latian soal dari yang kita bisa dulu. Aku dulu belajar sepengennya. Kalo lagi pengen, lumayan lah banyak yang dikerjain. Kalo lagi gak ya gak. Cuman karena aku orangnya lebih cepet paham ketika temen yang ngejelasin. Aku mulai cari circle buat belajar. Disitu kadang aku cuman ngeliatin mereka berdebat dalam ngerjain soal, terutama soal TPA. Kalau aku lebih paham gitu hehe.

11. IKUT TEST SBMPTN

Hehe gak mungkin dong mau lolos SBMPTN tapi gak ikut test. Ini agak panjang, karena aku bakal jelasin situasi dan kondisi saat hari-H test SBMPTN-ku.

Persiapkan diri sebaik mungkin. Tidur yang cukup dan jangan belajar atau review soal H-1. Ini kacau. Saranku mending main, buat keadaan diri sebaik mungkin. Bisa juga cek ruangan biar waktu hari-H gak bingung dan bikin kita telat gara-gara nyari ruangan. Inget yaa? Kita harus dateng sebelum waktu yang ditentukan. Misal waktu test jam 08.00 sebisa mungkin jam 07.30 udah stay di tempat. Disini kita jadi lebih siap, kita bisa nyari temen dan kenalan sama orang baru. Oh ya, jangan lupa sarapan hehehe perbanyak minum air putih. kalau kedapetan test pagi hari usahakan kondisi badan dalam keadaan wudhu, perbanyak istighfar. Minta sama Yang Maha Memampukan agar dimampukan dalam mengerjakan soal. Kebetulan waktu tahunku gak ada peraturan -1 buat jawaban yang salah. Jadi, dari awal aku memastikan semua soal wajib terjawab. Berdoa sebelum mengerjakan, ikhlaskan. Kita harus yakin sama Allah, Allah pasti bakal kasih yang terbaik. Perkara diterima atau gak itu bukan urusan kita, itu udah jadi urusan Allah, tugas kita adalah mengerjakan soal dengan sebaik-baiknya. Karena ini bagian dari usaha hehe. Caranya gimana? Pertama aku ngerjain TPA dulu, disini karena aku ngerasa lebih menguasai TPA dibanding TKD. Aku kerjain satu persatu dengan tenang. Aku gapeduli Kan kiriku udah mulai balik ke soal selanjutnya. Aku FOKUS sama kerjaanku. Ketika TPA udah, Aku mulai ke soal TKD, pas liat soal TKD aku langsung istighfar, cari yang kira" bisa hehe. Setelah Bel bunyi, tanda waktu Tinggal 15 menit. Aku langsung FOKUS nglengkapin semua jawaban. Gapeduli Salah bener. Jawabannya ga ngacak, pake sistem Blok. Aku itung dulu berapa jumlah A, B, C, D, Dan, E yang sudah terjawab. Baru ku kalkulasiin biar semua jawaban seimbang.

Selesai mengerjakan keluar dengan tertib, berhenti bahas soal yang sudah dikerjakan. Yakin saja kita pasti bisa, Allah pasti ngasih yang terbaik. Sampai hari-H pengumuman jangan pernah lewatkan satu Hari pun untuk berdoa buat diberikan hasil yang terbaik.

12. YAKIN

Ini sih jurus paling ampuh. Allah tuh berdasarkan prasangka hambanya gais. Jadi kalo kalian yakin bisa lolos SBMPTN ya udah yakin aja.

Selamat mencoba! Kalau aku bisa kalian jauh lebih bisa. Karena kita sama-sama diciptakan Allah dengan kelebihan dan kekurangan kita masing-masing. Sharing is caring. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Recent Articles