Rencanakan Tindakan, Jika Kamu Punya Tujuan!

Rencanakan Tindakan, Jika Kamu Punya Tujuan!

Salam para pembaca rackticle!

Kali ini saya menyajikan informasi untuk teman pembaca semua tentang bagaimana membuat rencana tindakan untuk mencapai tujuan. 

Tidak dapat disangkal lagi jika memang sebuah tujuan itu sangat diperlukan. Bagaimanapun juga, tujuan itu memberi makna dan semangat hidup. Tetapi tujuan tidak hanya mencapai diri sendiri - anda memerlukan rencana tindakan untuk dapat membantu anda dalam mencapai tujuan anda.

Dengan rencana tindakan, anda akan memiliki gagasan yang jelas tentang bagaimana cara mencapai tujuan yang anda inginkan, apa yang diperlukan untuk sampai kesana, dan bagaimana anda akan menemukan motivasi untuk dpaat terus maju. Tanpa rencana untuk berpegang teguh, terlalu rentan menggoyahkan tujuan anda. Itulah mengapa banyak orang gagal untuk menjaga tujuannya. Tanpa rencana untuk melakukan tindakan, segalanya akan sulit untuk berhasil.

Tentukan tujuanmu kenapa

Eksperimen instan ini dapat anda coba sekarang dengan; merenungkan tuhuan yang telah anda tetapkan sebelumnya. Sekarang, pikirkan tujuan yang anda capai dan yang tidak anda capai. Tujuan yang berhasil anda capai memiliki rencana tujuan, dan yang gagal anda capai tidak tercapai karena tanpa rencana tindakan. Dengan kata lain, mengapa anda memiliki tujuan apabila tidak menjadikan anda termotivasi untuk mewujudkannya.

"Coba pahamilah kata "mengapa anda", kata ini akan dapat mengartikan dengan jelas apa yang membuat anda dapat memahami apa yang mendorong perilaku anda ketika sedang berada dalam kondisi yang baik. Ketika anda dapat melakukan itu, anda akan memiliki referensi untuk semua yang anda lakukan ke depannya".

Sebelum anda mulai membuat rencana aksi, pikirkan mengapa anda menetapkan tujuan itu. Melakukan hal itu akan membimbibg anda untuk maju dalam perjalanan ini dan memberi anda jalan terang untuk menunjukkan ketika segala sesuatu menjadi sulit.

Tuliskan tujuan anda

Setelah anda memiliki tujuan, maka kini saatnya untuk mengeluarkannya dari kepala dan catatlah di selembar kertas tujuan tersebut. Meskipun anda juga dapat melakukan hal ini di handphone anda melalui aplikasi, namun penelitian telah menemukan bahwa peluang anda 42 persen lebih mungkin untuk mencapai tujuan tersebut jika anda menuliskannya. Ini berlaku bagi pemilik bisnis, jika mereka tidak menjadwalkan waktu mereka, itu sebagai catatan untuk pengingat mereka. 

Alasan ini merupakan cara kerja otak. Saat anda menuliskan tujuan secara fisik, anda dapat juga mengakses sisi kiri otak anda, yang merupakan sisi logis dan literal. Berfungsi sebagai komunikasi ke otak anda bahwa ini adalah sesuatu yang ingin anda lakukan dengan serius. Itu bahkan akan mendorong anda juga untuk membuka pikiran bawah sadar anda sehingga dapat mengembangkan ide-ide untuk membuat tujuan yang menciptakan hasil.

Pencapaian tujuan dengan cara pintar

Tujuan pintar yaitu dengan memanfaatkan sistem populer dalam manajemen bisnis. Itu karena memastikan tujuan yang anda tetapkan realistis dan dapat dicapai. Dapat digunakan sebagai referensi untuk memandu anda melalui rencana tindakan anda. Menetapkan tujuan pintar, anda dapat mulai melakukan langkah brainstorming, tugas, dan alat yang anda perlukan untuk membuat tindakan yang efektif.

~ Khusus ; anda perlu memiliki ide  spesifik tentang apa yang ingin anda capai. Untuk memulainya jawablah pertanyaan " W ": who, what, where, when, dan why.

~ Terukur ; untuk memastikan anda memenuhi tujuan, buat metrik nyata untuk mengukur kemajuan anda. Identifikasi bagaimana anda akan mengumpulkan data.

~ Dapat diraih ; pikirkan tentang at atau keyerampilan yang di butuhkan untuk mencapai tujuan anda tersebut. Jika anda tidak memilikinya, cari tahu bahaimana anda bisa mendapatkannya.

~ Relevan ; memgapa tujuan itu penting bagi anda? Apakah itu akan sejalan dengan tujuan lain? Jenis-jenis pertanyaan ini dapat membantu anda menentukan tujuan sebenarnya dan apakah layak untuk dicapai.

~ Batas waktu ; baik target harian, mingguan, atau bulanan, tenggat waktu dapat memotivasi kita untuk mengambil tindakan lebih cepat daripada nanti.

Ambil satu langkah sekaligus

Apakah anda pernah melakukan perjalanan? Anda kemungkinan besar harus menggunakan peta - lalu apakah peta tersebut kertas jadul atau aplikasi di ponsel anda? Gagasan ini dapat diterapkan pada rencana aksi anda.

Seperti peta, rencana tindakan anda harus menyertakan petunjuk langkah demi langkah tentang cara anda mencapai tujuan. Dengan kata lain adalah tujuan yang lebih kecil yang membantu mencapai tujuan anda.

Tugas berdasarkan prioritas

Dengan langkah-langkah tindakan anda yang dipecahkan, anda selanjutnya meninjau daftar dan menempatkan tugas anda dalam urutan yang paling masuk akal. Dengan cara ini anda dapat memulai sesuatu dengan langkah paling penting untuk membuat hasil yang besar.

Misalnya, jika anda memiliki pekerjaan yang tidak aktif dan ingin menurunkan berat badan,langkah pertama harus menjadi sesikit lebih aktif. Maka itu, anda dapat menambahkan lebih banyak waktu untuk bergerak. Langkah selanjutnya bisa mengubah pola makan anda, seperti makan salad dan menghindari makan berlebihan atau mengganti minuman soda dengan air mineral.

Jadwalkan tugas anda

Menetapkan batas waktu untuk tujuan anda merupakan suatu keharusan; itu mencegah anda menunda-nunda memulainya rencaba tindakan anda. Kuncinya, bagaimanapun adalah realistis. 

Terlebih lagi, anda juga harus menetapkan tanggal mulai dan berakhir untuk setiap langkah tindakan yang anda buat, serta garis waktu kapan anda akan menyelesaikan tugas tertentu. Menambahkannya ke jadwal untuk anda dapat memastikan bahwa anda tetap fokus pada tugas-tugas ini dan tidak membiarkan hal lain mengganggu. Misalnya saja, jika anda menjadwalkan waktu olahraga, anda tidak akan merencanakan apa pun selama jangka waktu tersebut.

Tetaplah dalam kebiasaan jalur yang sehat

Tanpa kebiasaan yang sehat, akan lebih sulit untuk mencapai tujuan anda. Anda bisa pergi ke tempat gym lima hari seminggu, tetapi jika anda memilih makan siang dengan burger setiap hari, hal itu justru membuat kerja keras anda sia-sia dalam menurunkan berat badan. 

Buatlah daftar catatan

Anda mungkin berpikir anda telah menghabiskan banyak waktu membuat daftar catatan. Tetapi dengan membuat catatan tidak hanya dapat membantu mewujudkan tujuan anda, juga membuat tindakan anda menjadi terorganisir dan memberi anda kesempatan untuk melihat kemajuan anda. Karena daftar tersebut menyediakan struktur, menghrangi kecemasan, serta anda tahu apa yang harus di lakukan dan kapan tidak perlu untuk dilakukan.

Membuat daftar catatan mempunyai efek yang spesial bagi diri anda, karena saat anda mencoret tugas yang telah diselesaikan oleh anda, otak anda akan melepaskan dopamin. Hal ini yang akan membuat anda merasa lebih baik, dan anda ingin mengulangi tindakan ini.

Meninjau dan setel ulang

Mencapai tujuan pribadi adalah sebuah proses. Meskipun akan lebih bagus jika anda bisa mencapai tujuan dalam waktu semalam saja, dan tentu saja membutuhkan waktu. Sepanjang jalan, anda mungkin mengalami kegagalan. Membuat sangat frustasi dan keputus asaan, jika saat itu terjadi maka tinjau dan setel ulang tujuan itu, kemudian jadwalkan ulasan yang sering - harian, mingguan, atau bulanan untuk melihat perkembangan anda.

Jika anda tidak berada di tempat yang anda harapkan, anda mungkin perlu mengubah rencana tindakan anda. Menyetel ulang kembali sehingga anda dapat mencapai tujuan anda.

Kesimpulan

Apa pun yang ingin anda capai dalam hidup - apakah itu dalam menurunkan berat badan, mempelajari keterampilan baru, atau menghasilkan lebih banyak uang - anda perlu untuk membuat rencana tindakan. Ini akan memandu anda dalam menetapkan langkah-langkah realistis dan waktu untuk mencapai tujuan anda tersebut. Terima hasil dari tujuan anda, karena semua hasil tidak ada yang mulus sempurna.

Sekian ulasan dari saya, jangan lupa share yah! Karena makin tahu makin banyak ilmu.

Sumber:

- calendar

- psychology today

- photo by pixabay



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin