Refleksi Tahun Baru

Refleksi Tahun Baru

PENGHUJUNG akhir tahun tinggal menghitung detik, tiba-tiba saja kita berada di ujung tahun padahal sepertinya baru kemarin kita merayakan pesta pergantian tahun. Tidak terasa tahun 2019 beberapa jam lagi akan berakhir, hanya dalam beberapa kali putaran jarum jam saja, kita akan segera menyambut pergantian tahun menuju 2020 banyak diantara masyarakat yang memanfaatkan libur akhir tahun untuk sekedar pulang ke kampung halaman dan merayakan tahun baru bersama keluarga.

Tentu saja selama 2019, kita sudah melakukan banyak hal, untuk diri sendiri, untuk keluarga, untuk negara dan yang paling tinggi untuk agama yang kita anut sesuai posisi dan tanggungjawab kita masing-masing. Banyak cerita-cerita yang menarik, namun tak sedikit kisah-kisah sedih yang sudah kita alami di tahun sebelumnya. Semua itu adalah pelajaran yang berarti yang belum tentu akan kita alami kembali di tahun 2020. Namun kita harus berharap, cerita sukses di tahun 2019 itu bisa dijadikan momentum yang tak terlupakan dan harus bisa untuk dipertahankan di tahun 2020.

Dalam beberapa jam tersisa, sebaiknya kita mengevaluasi beberapa kekurangan yang bisa menjadi kendala kita dalam menggapai impian di tahun sebelumnya. Melakukan hal yang bernuansa kekeluargaan dan persaudaraan akan lebih berarti di moment pergantian tahun, walau hanya sekadar berkumpul bersama keluarga dan teman, bukan sibuk merencanakan keluar rumah merayakan pergantian tahun dengan segala hingar bingarnya juga pesta kembang api.

Hampir disetiap kota besar bahkan beberapa kota kecil menyambut tahun baru dengan menggelar berbagai pesta seperti konser musik yang diakhiri dengan kembang api. Dan banyak pula yang menggelar berbagai kumpulan di luar kota hanya untuk melihat gegap gempita tahun baru.

Namun sebenarnya perayaan tahun baru yang dilaksanakan secara beramai–ramai ternyata sudah terlalu mainstream dan sudah biasa di lakukan, sehingga tidak ada salahnya jika kamu tetap berada di dalam rumah menikmati kesunyian di malam pergantian tahun baru 2020.

Sebenarnya apa sih yang istimewa dari perayaan tahun baru? Bukannya sama saja, toh apa ada bedanya tahun depan dengan tahun ini atau tahun yang telah lalu?

Memang benar tahun baru pada dasarnya hanyalah proses alamiah biasa, dimana bumi berevolusi satu kali mengelilingi matahari, tidak ada yang istimewa. Namun pesta perayaan tahun baru bukan hanya sekedar momentum untuk merayakan perputaran bumi, tetapi memiliki aspek psikologis dan filosofis dibalik perayaan tersebut.

Penyambutan pergantian tahun baru sebenarnya hanyalah sebuah seremonial yang terlalu dibesar – besarkan. Nyatanya pergantian tahun 2020 hanyalah sebuah momentum yang biasa terjadi seperti bergantinya detik, menit, jam, hari dan seterusnya seperti pergantian biasa saja.

Ramainya acara di tahun baru tentu saja juga meningkatkan intensitas kemacetan diberbagai titik, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa keramaian ini juga berpotensi akan kejadian kriminal yang sangat mungkin terjadi seperti pencopetan serta kecelakaan di jalan raya.

Kemacetan saat perayaan tahun baru juga sangat membuang banyak waktu dan tenaga yang sebenarnya sangatlah sia–sia. Sehingga tidak ada salahnya untuk menyambut tahun baru di rumah bersama dengan keluarga ataupun orang terdekat.

Jika perayaan tahun baru identik dengan keramaian, kenapa tidak mencoba merayakan tahun baru dengan konsep kesunyian, dimana masing–masing merefleksi diri tanpa hingar bingar alunan distorsi musik maupun ledakan kembang api.

Kesunyian di rumah juga bagus untuk mendekatkan hubungan antar anggota keluarga, tak ada salahnya untuk bermain bersama keluarga atau dengan menikmati makanan kesukaan secara bersama–sama, hal tersebut tentu bisa menjadi sarana untuk saling merenungi pencapaian selama setahun terakhir.

Meski di rumah kamu masih bisa merayakan tahun baru dengan special bersama dengan keluarga, jika halaman rumahmu cukup luas maka manfaatkan untuk merayakan pergantian malam tahun baru dengan mendirikan kemah, buatlah api unggun jika mungkin dan nikmati suasana malam tahun baru secara lebih akrab dengan keluarga.

Bagi kamu yang tidak ingin sunyi selama dirumah, kamu bisa adakan potlucky party dirumahmu, ajaklah mereka untuk membawa camilan dari rumah dan nikmatilah kebersamaan dengan orang terdekat. Hal ini tentu lebih mengasyikkan daripada terjebak di tengah kemacetan.

Merayakan tahun baru dirumah tentu bisa dirayakan dengan bereksperimen dengan masakan baru, berkreasilah dengan berbagai bahan yang ada di rumah, manfaatkan fasilitas internet untuk mencari resep masakan, selain hemat hal ini tentu bermanfaat bagi kedekatan antar anggota keluarga.

Dengan merayakan acara tahun baru dirumah saja artinya, kamu juga telah membantu mengurangi keramaian dan kemacetan di beberapa titik ruas jalan utama. Aktifitas pergantian malam tahun baru di rumah juga tentu akan bisa menjadi sesuatu yang antimainstream dan patut untuk di coba karena tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga, selain itu perayaan tahun baru di rumah merupakan upaya agar tidak melakukan kegiatan berhura–hura atau berfoya–foya.

Sewalah playstation dan bermainlah dengan keluarga ataupun teman terdekat, buatlah tournamen kecil–kecilan dengan hadiah sederhana. Hal ini membuktikan bahwa perayaan tahun baru yang sederhana juga bisa terasa meriahnya dan pastinya berkesan.

Bagi lelaki kegiatan main game merupakan hal yang wajib bagi kebanyakan. Dengan meluasnya kalangan yang hobby bermain game, kegiatan ini dirasa  cocok untuk digelar sembari menanti detik–detik perayaan tahun baru.

Rumah merupakan tempat ternyaman dan teraman ketika malam tahun baru, tak ada salahnya untuk melakukan marathon nonton film jika kamu merupakan penyuka film. Siapkan beberapa cemilan atau makanan ringan atau minuman segar untuk menemani marathon nonton film selama serangkaian malam tahun baru.

Pilihlah film yang memiliki nilai pendidikan ataupun nasionalisme, jika kamu mengajak keluarga untuk ikut nonton film, maka pastikan film tersesbut merupakan film yang cocok di tonton untuk segala umur.

Menikmati tahun baru pada dasarnya tidak perlu memerlukan gegap gempita yang luar bias. Ternyata karaokean di rumah juga bisa mengakomodir anggota keluarga yang memiliki bakat dalam dunia tarik suara. Selain itu kamu juga bisa bernyanyi dengan diiringi gitar akustik, namun pastikan kegiatan karaoke tersebut tidak mengganggu tetangga sebelah.

Tak ada salahnya jika mamu berdiskusi dengan teman–teman untuk berdiskusi dan merencanakan perayaan tahun baru di rumah, tentu dengan budget minimal namun tidak mengurangi kesan selama acara berlangsung.

Begitu banyak hal yang bisa dilakukan untuk merayakan tahun baru tanpa  harus berdesak–desakkan dalam keramaian. Apabila kamu telah terbiasa dengan lingkungan ramai, maka nikmatilah pergantian malam tahun baru dengan lingkungan yang sunyi seperti di  rumah bersama teman–teman.

Merayakan tahun baru tidak berarti harus terjebak pada keramaian ataupun kerumunan banyak orang. Sejatinya malam tahun baru bisa dijadikan sebagai ajang refleksi ataupun berbagi harapan akan masa depan diri dan keluarga.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Feb 19, 2020, 10:00 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma