Rawat Kaki Anda: Cara Ampuh untuk Menjaga Kaki Sehat dan Tidak Bau!

Rawat Kaki Anda: Cara Ampuh untuk Menjaga Kaki Sehat dan Tidak Bau!

Hai sahabat pembaca rackticle! Artikel kali ini membahas tentang perawatan kaki dan sumber informasi ini berdasarkan dari laman flo health, dimana merawat kaki sering terabaikan oleh para pembaca nih. Merupakan hal sepele namun penting juga untuk memperhatikan kebersihan dan kesehatan dari kaki. Bagaimana jadinya jika anda masuk ke dalam ruangan lalu mendapati kaki yang bau ketika melepaskan sepatu, terlebih lagi terdapat orang banyak. Hal itu akan membuat kurang percaya diri dan bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Tahukah anda bahwa rata-rata orang akan berjalan setara dengan empat kali keliling dunia dalam hidup mereka?Jaraknya cukup jauh! Untungnya, mudah untuk menjaga kesehatan kaki dan ketika anda merawat kaki anda dengan baik, mereka akan dengan senang hati membawa anda berkeliling selama bertahun-tahun yang akan datang.

Mengapa menjaga kaki tetap sehat adalah hal yang penting

Kaki jauh lebih dari hal-hal yang anda jalani. Mereka Dalah fondasi tempat banyak bagian tubuh anda beristirahat. Banyak orang mengurangi sakit kaki dengan mengubah gaya berjalan mereka, yang memengaruhi lutut, pinggul, tulang belakang, atau kebih buruk, kombinasi semuanya. Setiap bagian tubuh yang sakit akan kompensasi dengan cara yang berbeda, yang menyebabkan seluruh masalah muskuloskeletal yang sulit diatasi.

Rasa sakit dan sakit ini dapat membuat kita kecil hati atau bahkan mengganggu kita untuk dapat beraktivitas yang kita butuhkan. Mobilitas yang terbatas memiliki sejumlah besar dampak fisiologis-kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi, resiko penyakit jantung dan diabetes yang lebih tinggi, sirkulasi darah yang buruk, nyeri sendi, dan banyak lagi.

Selain dari masalah kesehatan fisiologis yang disebabkan oleh mobilitas yang terbatas, itu dapat memiliki dampak psikologis yang besar juga. Orang-orang yang secara fisik terbatas mungkin berjuang dengan kemandirian, kehilangan kepercayaan, dan kesulitan dengan tugas-tugas biasa seperti mengasuh anak atau pekerjaan.

Pencegahan adalah metode terbaik dan paling efektif untuk menjaga kaki anda sehat dan bugar. Mari cari tahu beberapa cara terbaik untuk merawat kaki anda.

Merawat kaki: tips kebersihan

Salah satu hal yang paling anda kendalikan dalam hal kesehatan kaki adalah kebersihan. Kaki berkeringat, dan di dalam sepatu banyak menciptakan peluang untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. 

Berikut adalah cara terbaik untuk kesehatan kali yang sehat.

1. Cuci dan keringkan kaki anda setiap hari

Gosok kaki anda dengan sabun setiap kali anda mandi atau mandi. Jika anda memiliki kulit mati atau mengelupas, gosok dengan batu apung. Setelah mandi, keringkan dengan handuk, pastikan untuk mengerinkan di antara jari-jari kaki anda. Kelembabab yang berlebihan mendorong pertumbuhan jamur, jadi sangat penting untuk menjaganya tetap kering agar jamur tidak berkembang.

2. Potong kuku anda dengan lurus 

Menggunakan gunting kuku bersih, potong kuku kaki anda dalam garis lurus. Hindari memotong sudut, karena dapat menyebabkan kuku jari tumbuh ke dalam kulit, menyebabkan rasa sakit, kemerahan, Pembengkakan dan terkadang myebabkan infeksi.

3. Sepatu alternatif (cadangan)

Kaki bisa banyak berkeringat setiap hari, terutama jika anda aktif. Sepatu menyerap keringat dan sepatu membutuhkan waktu untuk mengering di sela-sela pemakaian untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

4. Pakailah sepatu apabila di tempat umum

Hindari bertelanjang kaki di tempat umum, seperti ruang ganti, ruang olahraga, dan kolam renang umum. Area ini merupakan tempat berkembang biaknya jamur yang dapat menyebabkan infeksi pada kaki dan kuku kaki anda, jadi pastikan untuk mengenakan sepatu air atau sandal jepit.

5. Bersihkan dari keringat

Kaki anda memiliki sekitar 250.000 kelenjar keringat. Kaus kaki katun menyerap keringat, mencegahnya menguap ke udara. Ketika kaus kaki tetap basah sepanjang hari, pertumbuhan bakteri dimulai, dani menyebabkan bau kaki. Alih-alih kaus kaki katun, pilih serat yang direkayasa untuk menghilangkan kelembapan.

6. Hindari berbagi alas kaki

Tentu, berbagi itu peduli - tetapi tidak dalam soal alas kaki. Yang terbaik adalah mengenakan kaus kaki dan sepatu anda sendiri untuk menghindari bakteri dan jamur yang mungkin ada pada orang lain.

Merawat kaki: tips alas kaki

Mengenakan sepatu yanhmg tepat adalah faktor besar dalam hal kesehatan kaki. Sepatu yang salah dapat menyebabkan sejumlah masalah yang bisa anda hindari dengan mudah. Untuk merawat kaki anda dengan baik, ikuti tips alas kaki yang sehat.

1. Kenakan sepatu yang pas 

Sepatu yang terlalu ketat tidak nyaman dan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Jika jari kaki anda mencapai ujung sepatu anda, ini dapat menyebabkan kuku jari tumbuh ke dalam. Jika sepatu anda terlalu kencang, sepatu itu bisa memotong sirkulasi ke kaki anda. Masalah yang di sebabkan oleh sepatu yang terlalu ketay bisa bersifat hangka panjang, jadi pilihlah sepatu yang memiliki banyak ruang unyuk jari kaki dan tumit lebar serta stabil.

2. Kenakan alas  kaki yang dapat udara masuk 

Saat berbelanja sepatu, ingatlah bahwa anda menginginkan kain yang bisa bernafas yang akan membuat kaki anda tetap kering sepanjang hari. Sepatu yang terbuat dari kulit dan jala adalah dua pilihan yang bagus untuk menjaga kaki anda tetap kering.

Perhatikan kaki anda: pemeriksaan diri

Bagaimana anda membutuhkan waktu beberapa menit sekali seminggu untuk melakukan pemeriksaan diri yang menyeluruh tentang kaki anda. Saat anda mengeringkan kaki anda setelah mandi, melihat ke antara jari kaki anda dan di setiap toenail. Pengelupasan dan perubahan warna kulit atau kuku, gejala ini dapat menunjukkan jamur kuku.

Jika anda memiliki banyak pemotongan dan retakan di kulit, ini mungkin merupakan tanda bahwa anda memiliki kaki kering, dalam hal ini anda harus menerapkan pelembab setiap hari. Orang dengan diabetes haris memeriksa kaki mereka setiap hari karena mereka memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan luka kaki dan infeksi.

Rawat kaki anda: tips lain untuk kaki yang indah

Kaki cenderung di lupakan ketika melakukan perawatan diri dan mengambil langkah-lanfkah pencegahan kesehatan, tetapi mereka sana pentingnya dengan bagian tubuh lainnya.

Saat anda menggunakan tabir surya, lepaskan sandal anda dan letakkan di atas kaki anda. Setelah di serap oleh kulit kaki, kenakan sandal kembali.

Ketika anda  pergi ke dokter kulit untuk pemeriksaan tubuh tahunan anda, pastikan bahwa kaki anda di periksa juga - atas, bawah, dan di antara jari-jari kaki.

Setiap malam setelah anda melepas sepatu, luangkan beberapa menit untuk meregangkan kaki, pastikan untuk melakukan fleksi dan ekstensi.

Kesimpulannya adalah pentingnya untuk melakukan perawatan diri dan merawat kaki anda dengan baik dirumah, tetapi sama bermanfaatnya mengetahui kapan harus pergi ke dokter. Jika anda merasakan sakit, kemerahan, bengkak, atau perubahan warna di kaki anda yang cukup lama, segeralah periksa ke dokter ahlinya. Lebih baik mengobati sedini mungkin agar dapat mencegahnya dari masalah yang besar.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Recent Articles
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz
Mar 30, 2020, 12:29 PM - novi kurniasih
Mar 30, 2020, 12:27 PM - novi kurniasih
Mar 26, 2020, 10:13 AM - Indraz
Mar 26, 2020, 9:54 AM - Risa Fitriana
Mar 26, 2020, 9:42 AM - Moh Khozah