Ramainya Aplikasi ZOOM di Tengah Pandemic Corona!

Ramainya Aplikasi ZOOM di Tengah Pandemic Corona!

Rahayu….

Hari ini saya mau menuliskan sedikit tentang sebuah aplikasi bernama ZOOM. Sebelum saya membahas tentang aplilkasi ZOOM ini, saya mau bercerita sedikit kenapa saya memilik kata kunci Aplikasi ZOOM ini. Istri saya kebetulan ada meeting dengan beberapa kelompoknya, namun karena pandemi Corona ini, akhirnya mereka gak jadi meeting, dan digantikan dengan meeting online. Mereka meeting online menggunakan aplikasi ZOOM. Saya bertanya tanya, kenapa harus ZOOM sih?

Kemudian, saya juga coba ini aplikasi ZOOM. Cuma entah kenapa saya gak melanjutkan lagi. Saya lanjut lagi kegiatan sehari hari saya, yaitu nyecroll timeline fb hehehehe….. Tapi, saya lihat ada orang di fb juga pakai ZOOM sebagai aplikasi untuk meeting online. Hmmm,,,, saya penasaran apa sih yang membuat orang orang pakai aplikasi zoom ini?

Kemudian, adik ipar saya juga batal meeting karena wabah corona ini, dan mereka dianjurkan meeting menggunakan aplikasi zoom juga. Saya gak begitu mengerti tentang aplikasi ini, tapi waktu itu saya mencoba aplikasi zoom ini.

Saya penasaran. Karena saya cek di google trend juga muncul kata kunci ZOOM, yang dimaksud adalah aplikasi ZOOM.

Nah, saya juga download. Awalnya saya bingung bagaimana memakainya. Ada tulisan join dan new meeting. Kalau kita artikan adalah, yang satu itu untuk kita join atau gabung dengan meeting orang. Nah yang satunya lagi, new meeting, itu artinya meeting baru. Berarti kita memulai meeting baru dan hostnya adalah diri kita. Saya Cuma paham sampai situ waktu itu. Tapi, karena penasaran, saya terus mencoba aplikasi ini.

Pas buka aplikasi ini, selain ada schedule dan share screen. Pada bagian schedule itu berisi jadwal meeting kita. Di dalamnya ada tanggal, dari jam berapa sampai jam berapa, zona waktu, dan pengulangan. Pengulangan artinya meetingnya diulang lagi ngga pada waktu yang sama? Nah disana ada juga Personal Meeting ID. Ini kode awalnya saya bingung mau buat apa dengan kode ini. Saya gak paham sih. Di bagian schedule ini ada juga meeting password, dan password. Host video untuk video kita, partisipan video untuk video yang partisipan kita, audio untuk suara mereka, dan kalender. Pada bagian meeting password ini, setelah saya pelajari, ini adalah password kalau kita mau ikut meetingnya orang lain. Join meeting nya orang lain. Nah kan perlu password.

Awalnya saya mikir, kenapa gak pake WA aja sih yang gampang, tinggal telpon saja. Muncul juga videonya. Sekalinya, setelah istri saya pakai meeting dia bilang, lancar gak putus putus. Aplikasi ZOOM ini memang bagus katanya. Ini saya nggak ngiklan lho ya. Cuma cerita soal aplikasi ZOOM.

Nah, saya juga baru sadar kalau aplikasi ini yang pakai password itu supaya gak ada orang lain masuk ke meeting kita. Kalau telpon kan masih bisa , nanti terganggu meetingnya. Jadi, ZOOM ini memang baik untuk meeting kelompok. Apalagi kalau materi pembicaraannya rahasia.

Disana juga ada icon share screen, tapi saya belum paham maksudnya apa, karena saya tidak pernah memakai icon ini. Disitu kalau kita klik, maka akan muncul dan suruh ketik meeting ID.

DI icon bagian bawah ada icon meet n chat, ada meeting, ada contact, ada juga setting. Di bagian meet n chat ini yang kita bahas diatas. Nah bagian meeting ini berisi personal Meeting ID dari ZOOM. Nah dengan PMI (personal meeting ID) ini, kita bisa sebar undangan meeting kita kepada orang lain dengan klik send invitation. Bisa juga kita langsung mulai meeting dengan klik start dan kita sebagai hostnya. Ada juga tombol edit untuk merubah kode PMI nya.

Nah itu tadi bagian meeting. Ada lagi bagian contact. Ini jelas ya sebagai kontak. Disana dibagi 4. Starred, phone contact, external contact, dan tombol invite people to zoom. Starred ada bagian kontak yang kita tandai atau sering kita telpon. Phone contact adalah kontak yang tersimpan di dalam hp kita. Dan external contact adalah saya kurang tau juga soalnya kosong. Dan kita bisa mengajak teman kita untuk memakai aplikasi zoom ini dengan cara klik invite.

Bagian terakhir dari icon di bawah aplikasi adalah setting. Nah setting ini sama halnya dengan pengaturan di dalamnya. Ada email, password, about, dan lain lain yang mungkin anda ingin pengaturan lain di dalamnya.

Oke, itu tadi kita jalan-jalan ke dalam aplikasinya. Isinya sederhana. Dan menjadi trending di google karena mungkin salah satunya adalah pandemic corona ini. Kalau menurut saya pribadi setelah melihat lihat aplikasi ini, untuk keamanan sepertinya ini lebih terjaga. Kenapa? Karena di dalam sini kalau mau meeting harus pake password. Kalau mau join meeting. Kalau kita jadi hostnya terserah aja. Apakah mau di beri password atau tidak. Kalau tidak berarti orang lain bisa masuk meeting kita hanya dengan memberi kode meeting nya.

Untuk suara juga lumayan bagus dan jernih, jadi enak untuk mendengar pembicaraan dari sana. Karena kadang, ada beberapa aplikasi selain ZOOM ini, yang kalau dibawa video call malah suaranya ilang, atau lambat atau malah kayak robot. Heheheh.

Nah selanjutnya soal video, setelah saya coba, memang dibanding aplikasi lain, ZOOM ini lumayan oke untuk videonya. Tapi gak tau ya kalau masalah jaringan. Karena kadang saya pakai WA untuk video call juga nggak bagus padahal jaringan oke. Dengan hp yang sama untuk video call via ZOOM, masih jernih dan bagus. Jaringan juga sama. Sama sama pakai wifi. Mungkin ini kelebihan dari ZOOM ini.

Nah itu tadi kelebihannya. Ada juga kekurangannya. Kalau pertama kali pakai mungkin anda, sebagai pemakai, apalagi Cuma download, pasti bingung ini aplikasi bagaimana cara pakainya. Kok kontaknya ngga ada. Kok ada kode aneh segala. Kok ngga muncul videonya, kok ngga ada suaranya, dan masih banyak lain halnya. Semua itu memang ada pengaturannya secara terpisah. Tapi bisa keliatan di bawah. Videonya on atau off. Suaranya juga mau on atau off. Mute atau engga. Dan lain sebagainya. Dan yang paling sulit itu kadang mau video call pake ZOOM tapi gak tau siapa yang punya ZOOM, dan harus pake PMI tadi. PMI itu Personal Meeting ID. Kan repot kalau orang harus masukkan kode, masukkan password. Kalau anak muda mungkin okelah, kalau orang tua? Mungkin repot amat ngajarin beginian. Heheheheh…..

Tapi menurut saya, mungkin ini memang sudah ditakdirkan eh… diciptakan untuk mereka yang punya kepentingan kantoran. Misal meeting. Dan kalau untuk keluarga mungkin gak perlu pake ginian, pakai WA saja bisa itu sudah syukur sekali. Karena memang lebih gampang dan tidak pakai kode dan password segala.

Okelah, sekian dulu artikel dari saya tentang aplikasi ZOOM. Terimakasih

Salam SESAT (Satu kESATuan)

Inderferium Liviergoz Derisyacto Lasvaha

--Vionelix



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Konsultan Penyembuhan Ajaib

Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz