Plus Minus Antara Ngeblog di Blog Pribadi dan Web Orang Lain

Plus Minus Antara Ngeblog di Blog Pribadi dan Web Orang Lain

Semakin banyaknya jumlah pengguna internet, juga berbanding lurus dengan permintaan konten-konten menarik dan bermanfaat di internet. Tentunya juga akan semakin banyak orang atau netizen yang berlomba-lomba untuk mengahadirkan karya terbaiknya. Ya iya dong, secara media dan ruang untuk berkarya dibuka seluasnya dijaman sekarang. Masa iya kita cuma ingin jadi penonton tanpa menghasilkan apapun.

Begitu juga jadi blogger atau menulis artikel. Semakin besarnya minat menghasilkan karya berupa tulisan hingga sampai pada satu titik, yakni lebih dari sekedar ngeblog. 

Ngeblog kini gak sekedar menulis di laman atau blog pribadi. Namun juga bisa menjadi penulis tamu di blog atau website milik orang lain.

Tujuannya beragam mengapa orang mau menulis atau mengirim tulisannya untuk blog orang lain. Dari yang untuk tujuan tambah pengalaman, mencari tantangan, hingga menghasilkan uang.

Ini soal pilihan sih sebenarnya. Menulis di blog pribadi maupun blog orang lain sama-sama baiknya. Tergantung minat dan tujuan dari masing-masing orangnya. Juga tidak bisa membandingkan keduanya sebagai tujuan mencari yang lebih baik. Sekali lagi, ini sekedar pilihan.

Di artikel ini hanya sekedar memberi gambaran plus minus atau untung rugi menulis di blog pribadi atau di blog oran lain (penulis tamu). Kita mesti pahami, diluar sana mungkin termasuk kamu masih banyak yang bingung menentukan pilihan. Maka itu jadi baik dengan menyebarkan sekalipun hanya pendapat. Agar dapat membantu orang lain untuk menentukan pilihannya.

Lantas seperti apa untung ruginya menjadi penulis lepas di blog orang lain. Mana lebih baik ngeblog di blog pribadi atau blog orang lain? Berikut perbandingan keduanya

Blog pribadi harus membangun blog atau web dari nol. Sementara kalau di blog orang lain bisa langsung nulis

Blogger itu seperti "single fighter" yang harus mengurusi segala keperluan dari aktivitas blogging. Mulai dari membuat, sewa hosting, beli domain, isi artikel, SEO, desain template, promosi, hingga cari pengiklan sendiri.

Namun bedanya bila kita memilih menjadi penulis tamu di blog orang lain. Urusan teknis membangun blog tidak lagi membebani. Karena urusan tersebut sudah jadi urusan pemilik blog. Kita sih tinggal masuk dan happy blogging!

Di blog pribadi bisa bebas posting apa aja, sementara di blog orang lain terikat aturan

Namanya juga blog pribadi, bebas dong mau posting apa saja. Mau curcol, hingga postingan copas juga bebas. Resiko ditanggung pribadi. Secara juga blog pribadi.

Sementara kalau kita menjadi penulis blog milik orang lain. Mesti mengikuti aturan yang ditentukan empunya blog. Gak bisa semaunya kita.

Namun tujuan adanya aturan tersebut sebenarnya bagus. Agar artikel yang dihasilkan hanya artikel yang bagus. 

Gak perlu pusing desain blog sendiri kalau ngeblog di blog orang lain

Tujuan orang atau blogger yang mempercayai hasil karyanya untuk diterbitkan di blog orang lain yaitu kemudahan dalam menerbitkan artikel.

Gak perlu repot mikir desain blog agar ciamik dulu. Bisa langsung nulis. Secara didalam dunia blogging, artikel (konten) dan tampilan blog merupakan dua sisi mata uang. Sebuah satu kesatuan yang sama pentingnya.

Jadi bila kita menjadi penulis tamu di blog orang lain. Tugas kita jadi lebih ringan.

Bebas pasang iklan kalau di blog pribadi

Enaknya ngeblog di blog pribadi yaitu kita punya kendali penuh luar dalam atas blog. Termasuk bebas mau pasang iklan. Dan penghasilan dari Iklan tersebut 100% dimiliki oleh diri sendiri sebagai pemilik blog.

Sementara kalau diblog orang lain. Penulis tamu gak punya kendali menentukan pemasangan iklan. Akan tetapi hasil dari periklanan tetap dibagi kok kepada penulis tamu.

Masa sewa hosting dan domain sudah habis, tapi duit belum ada. Kalau ngeblog di blog orang lain hal demikian gak perlu dipusingkan.

Mungkin hal ini bisa diakali dengan ngeblog di platform blogging gratis. Tapi bila kita mengutamakan segi profesionalisme. Maka sewa hosting dan beli domain merupakan keharusan.

Namun bila kita gak mau dipusingkan urusan yang sangat teknis tersebut. Maka platform menulis online yang membayar layak menjadi solusi kegundahanmu.

Promosi bareng-bareng atau sendirian setengah mati

Menjadi penulis tamu di blog orang lain, misalnya seperti di Rackticle. Promosi atau menyebarkan link blog bisa dilakukan bareng-bareng bersama penulis tamu blog lainnya. Namanya juga semacam blog komunitas. Mainnya keroyokan.

Beda dengan kalau kita membesarkan blog pribadi. Dari melakukan update blog sendiri sampai promosinya juga sendiri. Belum lagi kalau follower di akun media sosial masih sedikit. Duh pasti rasanya setengah mati.

Jelek-jelek miliki sendiri, daripada bagus milik orang lain

Bagus atau jeleknya blog milik kita, status tetaplah milik sendiri. Penghasilan yang dihasilkan dari blog adalah milik pribadi. Terserah juga kalau mau dijual.

Ngeblog di blog lain tentunya lebih menggiurkan ketika kita kirim tulisan dan dibayar. Tapi tetap, kita tidak bisa memiliki blog tersebut seutuhnya.

Tapi ingat! Banyak sedikitnya penghasilan dari menulis, tidak tergantung dari blog pribadi atau blog lain

Menulis di blog lain atau platform menulis online yang membayar kedengarnya sangat menarik. Karena kita dibayar dari hasil penerbitan artikel.

Tapi tidak lantas hal demikian menjadikan penghasilan menulis di website lain lebih tinggi dibanding sekedar menulis di blog pribadi. Baik blog pribadi ataupun blog orang lain, keduanya tidak menentukan besarnya penghasilanmu.

Maksudnya bukan soal tempatnya. Tapi semua tergantung usahamu. Seberapa rajin kamu menulis artikel. Dimanapun kamu ngeblog, asal kamu rajin menulis maka hasil yang didapat semakin baik.

Memang kalau kita ngeblog di website atau blog lain kita dipermudah dengan hanya fokus saja pada menulis artikel. Tapi bila tulisan kita sedikit maka hasilnya juga sedikit.

Demikian seperti itulah kira-kira gambaran plus dan minus antara ngeblog di blog pribadi dan blog orang lain yang membayar. Mungkin topik demikian kalau dibahas bisa lebih panjang lagi. Karena ini sifatnya relatif. Tergantung kitanya yang menjalani gimana. 

Jika dirangkum perbedaan diantara ngeblog di blog pribadi maupun blog milik orang lain yaitu pengalaman. Sebuah pengalaman berharga ketika karya kita dimuat ke banyak media dan dihargai. Luar biasa!



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

LUV LUV LUV

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma