Perkembangan Terkini Virus Corona di Indonesia, 4 WNI Dinyatakan Positif

Perkembangan Terkini Virus Corona di Indonesia, 4 WNI Dinyatakan Positif

Setelah diumumkan oleh Presiden Jokowi bahwa dua orang warga negara Indonesia positif terkena virus tersebut pada hari Sabtu (2/3/2020) lalu, pada hari Jumat (6/3/2020) diumumkan bahwa ada dua orang lagi yang positif virus Corona di Indonesia, menurut pengumuman dari Kementerian kesehatan (Kemenkes). Sehingga jumlah WNI yang dinyatakan positif menjadi empat orang. Saat ini keempat korban virus ini sudah diisolasi.

Kementerian terus melakukan penelusuran pada 25 orang yangg turut menghadiri  acara yang dihadiri oleh salah satu pasien terjangkit SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19. Juru bicara Indonesia untuk Covid-19 yaitu, Achmad Yurianto menyatakan perkembangan terus diakukan dalam pemeriksaan 25 orang tersebut.

Dilakukan pemeriksaan terhadap mereka karena walaupun bukan kontak dekat namun menghadiri event yang sama. Menurut Achmad Yurianto, empat orang diduga diduga positif menurut observasi. Namun, hasil yang lebih jelasnya harus menunggu dari laboratorium terlebih dulu, yang menurutnya akan keluar sore ini.Saat ini korban posifif Covid-19 masih batuk dan pilek dengan suhu tubuh di atas 37 derajat celcius atau 37,6 derajat celcius. 

Menurut data terbaru pada jumat (6/3/2020) pagi, terdapat 98.424 kasus positif terinfeksi virus corona dengan angka kematian sebanyak 3.386. Untuk sementara itu, dari sekitar 55.637 pasien virus tersebut 50 persennya telah dinyatakan sembuh. Virus tersebut telah dikonfirmasi positif menyerang 90 negara termasuk indonesia.

Pada hari kamis (5/3/2020), menurut laporan Aljazeera jumlah angka kematian di Italia mencapai 148 orang. Virus tersebut telah menyebar di 22 wilayah di Italia. Berasaran data dari Jhons Hopkins CSSE, italia memiliki total 3.858 kasus. Dan 414 dinyatakan sembuh.

Pada hari yang sama, seperti yang dilaporkan Aljazeera, seorang lansia dengan kondisi kesehatan yang lemah dikabarkan meninggal disebabkan covid-19 di Inggris. Sejauh ini Covid-19 di sana ada sebanyak 115 kasus. 8 diantaranya dinyatakan sembuh. Selain itu, Afrika Selatan, Bosnia, Harzegovina, dan Slovenia telah melaporkan kasur pertama dari negara mereka.

Virus Corona atau juga dikenal dengan 2019 Novel Coronavirus merupakan virus yangg menyerang sistem pernapasan. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini disebut Covid-19, yang dapat mengakibatkan gangguan sistem pernasapasan, pneumonia akut hingga kematian. Virus yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular pada manusia, dan bisa menyerang siapa saja. Entah orang tua atau bayi, bahkan pada ibu hamil sekalipun. Tidak memperdulikan kedudukan atau status korban.

Penyakit ini pertamakali muncul di kota Wuhan, Cina. Pada akhir bulan Desember 2019 silam. Menular dengan cepat dan menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke banyak negara lain. Dalam kasus ini, virus Corona dapat menyebabkan infeksi pernapasan seperti flu. Namun bisa juga menyebabkan infeksi berat seperti pneumonia, MERS, dan SARS. Tanda-tanda umum virus Corona, yaitu: Panas tinggi, letih, batuk kering, dan sesak napas dalam beberapa kasus, tubuh terasa sakit dan ngilu. Hidung tersumbat, tenggorokan sakit, tidak enak badan, serta diare. Pada sebagian besar kasus, virus Corona hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan sampai sedang.

Ciri-ciri awal virus Corona bisa ditangani sehingga pasien tidak perlu mengalami infeksi pernapasan. Pasien dengan gejala awal bisa sembuh dan sehat. Namun dalam beberapa kasus, infeksi virus Corona bisa menyebabkan kematian, biasa terjadi pada orang yang memiliki usia tua. Memiliki sistem sistem daya tahan tubuh yang lemah. Tenakan darah tinggi, penyakit jantung, masalah paru-paru. Atau punya penyakit khusus lainnya.

Sebelumnya, ada dugaan bahwa virus tersebut ditularkan oleh hewan ke manusia. Namun setelah itu diketahui virus ini ternyata juga menular dari manusia ke manusia. Seseorang kemungkinan bisa tertular Covid-19 dengan beberapa cara, di antaranya:

  • Tanpa sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk. Karena percikan ludah atau bersin bukan sesuatu yang mudah dilihat oleh mata. Karena saat kering, percikan tidak lagi terlihat.
  • Memegang mulut atau hidung tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita virus Corona.
  • Bersentuhan dengan penderita, seperti berjabat tangan atau lainnya. Karena tidak ada yang tahu tubuh kita terkena virus ini atau justru pada orang yang kita sentuhkah yang mengalami hal itu.

Kemudian berikut ini cara mengobati virus Corona serta pencegahannya.

  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri, tapi ada pengecualian untuk aspirin, karena obat tersebut tidak dianjurkan kepada anak-anak.
  • Sebaiknya penderita virus Corona menggunakan air hangat untuk mandi, serta menggunakan pelembab udara untuk meringankan batuk atau sakit tenggorokan.
  • Beristirahat dengan cukup. Usahakan tidak keluar rumah demi mencegah penyebaran virus atau tersebarnya virus. Kecuali untuk berobat.
  • Perbanyak minum air putih. Serta mengkonsumsi suplemen atau ramuan herba yang bisa peningkat daya tahan tubuh.
  • Untuk sementara tinggallah terpisah dari orang lain terlebih dulu apabila positif terkena virus. Sebaiknya gunakan ruangan-ruangan terpisah dengan orang lain atau ruangan yang tidak digunakan oleh orang lain. karena kemungkinan kita bisa menyebarkan virus tersebut kepada mereka.
  • Tidak mengunjungi seseorang atau membuat janji bertemu apabila sedang terinfeksi.
  • Tidak menggunakan barang-barang yang juga dipakai orang lain, seperti baju, peralatan makan, sikat gigi, dan barang lainnya.
  • Menggunakan masker dan sarung tangan jika terpaksa keluar rumah atau sedang bersama seseorang.

Untuk mencegah virus corona sampai saat ini belum ada vaksin untuk virus ini. cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan tidak bepergian ke Cina atau ke negara lainnya yang positif telah diserang. Selain itu ada hal lain seperti:

  • Gunakan masker saat beraktivitas diluar ruangan, di tempat yang terdapat banyak orang atau tempat umum.
  • Sering-sering atau dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air atau cairan pembersih tangan yang mengandung akohol.
  • Hindari kontak dengan hewan. Cuci tangan sampai bersih setelah menyentuh hewan.
  • Jangan menyentuh mata, hidung, dan mulut saat mencuci tangan.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit, serta bersihkanlah benda-benda di sekitar yang sering disentuh.

Menurut para peneliti di School of life sciences universitas Peking dan Institute Pasteur of Shanghai, virus sudah berevolusi menjadi dua jenis yang disebut tipe S yang akibatnya lebih ringan atau tak terlalu menular, sedangkan tipe L merupakan tipe baru yang muncul setelahnya. menyebar dengan cepat dan dan telah menyebabkan 70 persen dari kasus.

Berdasarkan kutipan telegraph, sesuai analasis genetik, seorang pria di Amerika Serikat di tes positif menunjukkan terinfeksi kedua tipe jenis virus ini di waktu 21 Januri 2020 yang lalu. Penemuan ini muncul setelah beberapa hari setelah para ahli kesehatan memperingatkan bajwa virus corona dapat menyerang inggris dalam gelombang ganda dan membuat semua orang khawatir bahwa vaksin tersebut tidak dapat digunakan karena tidak efektif pada jenis virus yang bermutasi.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Apr 23, 2020, 3:26 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma