Pengetahuan Dasar Tentang Metabolisme Tubuh dan Kalori

Pengetahuan Dasar Tentang Metabolisme Tubuh dan Kalori

Pasti sudah sering mendengar tentang kalori. Berapa banyak kalori yang ada di sebuah pisang goreng, berapa banyak kalori semangkuk bakso, atau makanan lain, dan berapa banyak juga kalori yang dibakar saat kita push up 50 kali atau lari maraton 42 KM. Butuh berapa banyak kalori saat menyapu bahkan tidur, tapi sebenarnya apa kalori itu dan sebagainya kita membutuhkannya.

Kalori adalah suatu yang membuat tubuh kita tetap bekerja sebagaimana mestinya. Besar kalori yang digunakan bagi tubuh bekerja akan sama dengan besar kalori yang dibutuhkan tubuh. Ingat hukum kekekalan energi kan jika kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak dari yang dikeluarkan maka kalori akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak dan berat badan kita akan bertambah, sebaliknya kalau kita membakar kalori lebih banyak dari yang masuk ke tubuh berat badan akan turun. Jadi penting banget buat kita untuk mengukur seberapa banyak kalori yang dibutuhkan untuk itulah akhirnya diciptakan satuan kalori. 1 kalori didefinisikan sebagai energi yang dibutuhkan untuk meningkatkan suhu sebanyak 1 derajat Celcius pada 1 kg air di dalam makanan. Kalori ditentukan oleh seberapa banyak kandungan karbohidrat lemak, protein, dalam makanan tersebut. Setiap 1 gram karbohidrat dalam makanan setara dengan 4 kilo kalori ,1 gram protein setara dengan 4 kilo kalori juga, kalau lemak lebih besar tiap 1 gram lemak mengandung 9 kilo kalori.

Makanan apapun yang kita makan memiliki kandungan kalori yang berbeda-beda tergantung dari kandungan karbohidrat, protein,  lemak di dalamnya. Pisang goreng mengandung 150 kilo kalori, semangkuk bakso mengandung 600 kilo kalori, sedangkan air putih tidak mengandung kalori, tetapi kalori dalam makanan tidak dapat dimanfaatkan kalau tidak melewati proses pencernaan oleh sistem pencernaan kita

Dari semua kalori makanan yang masuk ke dalam tubuh sebanyak 10% digunakan untuk mencerna makanan dan sebanyak 20% untuk aktivitas fisik dan yang paling besar digunakan untuk fungsi dasar dari semua bagian tubuh misalnya jantung yang berdetak memompa darah paru-paru yang kembang kempis menukar oksigen dan karbondioksida. Ketiganya dikenal sebagai Basal Metabolic Rate atau Energi Metabolik Basal atau kalori yang dibutuhkan setidaknya oleh seseorang untuk hidup. MBE ini ditambah dengan energi saat kamu berjalan dari rumah ke tempat sekolah atau kerja ditambah energi saat kamu mengerjakan tugas pekerjaan dengan komputer atau saat kamu nonoton TV Inilah yang disebut dengan kecukupan energi bagi seorang selama sehari. Masing masing aktivitas memerlukan jumlah kalori yang berbeda-beda misalnya berlari dengan kecepatan santai selama 30 menit akan membakar 350 kilo kalori, memasak selama 30 menit dapat membakar 100 kilo kalori, bahkan tidur selama 30 menit juga membakar kalori. Untuk kebutuhan energi dalam sehari orang dewasa yakni 2000 kilo kalori untuk perempuan dan 2200 kilo kalori untuk laki-laki, namun ini bisa berubah tergantung dari usia jenis kelamin, berat badan, aktivitas fisik dan ada tidaknya gangguan penyakit. Kebutuhan kalori bisa berbeda-beda untuk atlet, ibu hamil dan menyusui. Kamu bisa cek kebutuhan kalori kamu dengan masuk pada angka kebutuhan gizi yaitu AKG 2013. Untuk mengetahui jumlah kalori yang kamu makan, jika bahan makanan kemasan kamu bisa lihat pada label gizi yang tertera di kemasan kalau kamu masak sendiri di rumah kamu bisa cek jumlah kalori makanan kamu dengan menggunakan daftar komposisi bahan makanan atau memakai aplikasi di marketplace.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

OR

About Author
Popular This Week
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Donovan
Feb 17, 2020, 12:19 AM - Nabila Afira quraina
Feb 17, 2020, 9:08 PM - Bram Asta
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 16, 2020, 12:00 AM - Winda Jubaidah