Pengalaman Menyedihkan di Dunia AdSense

Pengalaman Menyedihkan di Dunia AdSense

Hari ini saya ingin berbagi informasi tentang pengalaman sedih saya mencari dollar di Internet. Tapi sebelum ke cerita utamanya, saya mau cerita sedikit tentang diri saya. Saya berasal dari kampung. Tapi gak kampung banget kok. Rumah saya di pinggir jalan. Jalannya adalah jalan provinsi yang pasti dilewati jika mau ke kota besar. Saya mulai mengenal internet itu sewaktu masih SMP kelas 3. Dulu, internet masih pakai GPRS. Mungkin yang hidup di zaman ini merasakan betapa asyiknya internetan itu. Hp saya dulu Samsung C100. Masih midi poliponik. Gak kayak sekarang, kualitas HD semua. Internet juga sudah 5G.

Ya, pokoknya senang sekali bisa internetan. Bisa cari-cari gambar kartun anime. Nah, gak lama berlalu saya masuk kelas 1 SMA. Tahun ini sudah agak lumayan lah internet. Karena disini ada yang Namanya warnet. Saya gak sekolah di kampung, saya merantau ke kota. Walaupun gak jauh banget sih. Cuma 27 km dengan perjalanan waktu tempuh 30 sampai 45 menit. Nah, saya disana diajarkan kakak saya yang meraup dollar dari internet lewat membuat website.

Waktu itu saya dikasih video pembelajaran, kalau tidak salah mentornya bernama Ahira. Tahun itu kalau tidak salah adalah tahun 2008. Internet di warnet sangat ramai. Gak kayak sekarang, sepi. Rame main di hp sendiri. Yah, karena belum punya laptop, saya bukanya di internet. Nah, ke warnet aja perlu biaya. 1 jam 3000an. Sedih, padahal mau belajar cari uang dari internet, malah ngeluarkan uang. Eheheh. Tapi gak apa apa. Kakak saya bekerja keras juga. Dia tentu gak gratis dapatkan mentoring itu. Jelaslah berbayar. Harganya kalau gak salah hampir 1 jutaan. Karena hal itu pula, saya semangat mendengarkan penjelasan dalam video mentoring tersebut. Karena, disana dijelaskan bahwa Ahira sendiri tidak bisa apa apa. Email saja tidak tahu. Saya waktu itu udah ada pengetahuan sedikit tentang email. Dan ditambah dia jelaskan siapa saja bisa mendapatkan 100 dollar per hari. Jelas saya bersemangat. Bahkan pernah saya malam malam gak belajar, ke warnet, buka video lagi, untuk melanjutkan pembelajaran tersebut. Kalau di hitung hitung, waktu ke warnet saya bertambah, dan habisnya juga bertambah. Mungkin saya bisa mencapai 50 ribu dalam waktu 1 minggu hanya untuk ke internet.

Sampai tibalah waktunya saya riset online. Yah, saya cari data dulu apa sih yang lagi ramai. Waktu itu saya belum paham, kenapa disuruh begini, kenapa disuruh begitu. Yang jelas, saya Cuma bisa ikuti tahap per tahap apa yang dilakukan. Sampai akhirnya saya menemukan 200 kata kunci yang nantinya tiap kata kunci dibuat artikel. Jadi paling sedikit adalah 200 artikel yang akan kita buat. Dan harusnya, punya web sendiri dengan domain yang TLD.

Masih kuat dengan perjuangan saya, saya minta tolong sama kakak saya untuk beli domain. Akhirnya saya waktu itu beli domain gratisan dulu. Ngikuti penjelasan di website. Kan katanya gak perlu modal. Saya cobalah. Dan berhasil. Web pertama saya dengan segala templete sederhananya. Hasil buat sendiri dari belajar sendiri. Siapa yang tidak senang? Waktu itu gembira sekali sudah punya website sendiri dan punya domain sendiri, walaupun gratisan hehe.

Langkah kedua, hasil riset kata kunci saya, saya buatkan artikel. Capekkkkkk….. Mana harus Bahasa inggris lagi. Soalnya kalo Indonesia, lambat diterimanya. Ini belum daftar adsense ya. Umur blog saya selama saya membuat artikel masih 2 mingguan. Tapi saya coba daftar ke adsense. Njirr… belum ada 1 hari langsung ada balasan email. Isinya di tolak heheheheh……………..

Saya belum putus asa. Saya lanjut hingga 1 bulan. Artikel ada 27 buah. Pake Bahasa inggris semua. Ngetik sendiri cuy…. Senang kagak? Tapi pas di artikan ke Indonesia berantakan banget wakakakak….. Tapi gak apa apa, yang penting kata kuncinya.

Saya ikuti daftarkan web kesini kesitu biar ramai. Daftarkan ke analitik juga biar bisa mantau. Padahal dulu gak ngerti apa-apa soal analitik. Daftar, Cuma daftar doank. Namun, itu semua tidak sia-sia. Ke warnet siang panas mana ribut lagi anak-anak. Ditambah bau rokok. Saya gak tahan. Mau menyerah tapi sayang. Saya sudah buang uang banyak untuk ke warnet. Saya tetap lanjut.

Saya coba daftar lagi di 1 bulan lebih dikit. Dan… jrenggggg….. Web saya diterima. Senangnya dalam hati,,,,, hasil jerih payah sendiri. Padahal kata Ahira sendiri daftar adsense ini rumit sekali. JArang diterima. Dan saya seperti terkena batu emas dari langit. Yah, keajaiban mendatangi saya. Seharusnya web saya baru boleh diterima itu paling tidak 3 bulan. Lhah, saya belum ada 2 bulan sudah diterima.

Saya makin rajin buat artikel. Makin sering liat views di websitenya. Katanya, kalau web kita banyak yang kunjungin dan ada yang klik iklan kita, maka kita dapat uang. Lantas bagaimana kalau klik iklan sendiri? Nah inilah yang jadi problema saya. Saya penasaran, apa benar klik iklan dapat uang? Atau malah di blokir? Ini ketakutan saya. Takut di blokir. Wakakakakak….

Tapi saya nakal. Saya coba klik 1 kali. Dan matikan browser. Saya tunggu beberapa menit, dan saya buka adsense. Yah, benar. Jumlah viewsnya nambah dan ada 1 klik iklan dan ada data macam macam lagi. Saya gak tau. Dan senang, akhirnya 0 dollar pecah. Walaupun curang, ya… ada senang sedikit. Soalnya dari kemarin kemarin masih 0 aja.

HIngga akhirnya saya main twitter. Karena saya Taunya twitter ini banyak bule nya. Jadi saya minta orang luar klik iklan saya. Jreng, 1 jam kemudian, lumayan dapat hampir 1 dollar. Wkwkwkwkw… Sangat curang bukan? Yah, Namanya bocah SMA. Sampe bolos sekolah demi adsense. Tapi Cuma 1 kali lhooo…..

Nah hari demi hari, artikel saya makin banyak. Saya share share juga ke situs luar negri. Dan makin banyak viewsnya… Saya senang, Cuma lambat naik dollarnya. Saya gak sabaran. Karena sekarang sudah lumayan banyak yang kunjungi web saya, saya iseng iseng aja lagi klik iklan sendiri. Kampret memang wkwkwk….

Saya lumayan bisa agak renggang nulis artikel. Dan saya temukan cara untuk banyak dapat views lagi. Yaitu lewat RSS. Karena mungkin ada bug disana. Maksudnya ada celah untuk dapat dollar banyak. Yah, saya sekali lihat rss saya, lalu saya cek view di adsense, langsung hampir 1000. Waw…. Kalo 1 kali klik, gak ketahuan sih. WAkakakakakak….. nakal lagi. Disini yang sering, hingga saya hampir dapat mencapai 20 an dollar. Saya makin nakal. Saya ingin cepat sampai 100 dollar dan bisa ditarik ke rekening. Saya coba cari web saya di internet. Ada! Tapi ada yang aneh. Saya melihat komentar jelek tentang saya dan web saya. Saya lupa di website mana itu. Saya marah! Saya langsung balas komentarnya dia dan jelek jelekkan dia. Sampai puas hati saya.

Namun, tidak lama kemudian, malamnya saya buka lagi website saya. Dan adsense saya. Di kolomnya ada yang aneh. Jumlah view sedikit tapi ada klik iklan hingga 100. Tapi gak berubah dollarnya. Wah jangan jangan saya diserang ini. Saya bingung. Gugup harus gimana. Saya offkan aja adsensenya. Takut nya malah di blokir. 2 jaman saya offkan, baru timbulkan lagi. Eh masih aja. Malah sampai 1000 klik kurang dari 1 jam. Kampretos memang……

Gak lama, dapat surat PHK dari google. Wakakakaka….. Sedih sih. Sudah buang buang waktu, uang, dapat dollar, gara-gara baca komen orang dan saya marah, langsung kena deh saya. Saya jengkel, tapi saya juga sedih karena saya juga. Saya bingung harus gimana. Saya vakum sekitar 1 bulan. Dan mencoba peruntungan lagi dengan cara yang sama. AKun yang sama. Web yang sama. Ternyata, saya diterima dengan mudah. Hehehhee… Senang. Web saya memang lumayan ramai waktu itu. Jadi waktu keterima, langsung hari itu juga masuk 8 dollar. Senangnyaaaa…. Malamnya dapat sampe 10 dollar. Asyiknya men…. Tapi besoknya saya langsung di PHK lagi. Waakkakaka.. Gak tau kenapa. Saya cari alasannya. MAcam-macam. Saya harus ganti email lah, ganti web lah, ganti nama penerima lah, alamat penerima lah, macam-macam. Saya cobain satu satu. Tetap gak keterima lagi. Kemudian saya istirahat lagi. Selama seminggu.

Saya gak menyerah. Saya coba aja ulang semua dari awal lagi. Semua baru pokoknya. Yah, keberuntungan mendatangi saya. Gak nyampe 1 bulan di terima. Saya sabar pokoknya. Tapi kali ini kayak lebih mudah aja gitu. Yah,,, ada 2 bulanan saya berhasil meraup 40 dollar. Lagi lagi keisengan saya timbul. Ya kayak biasa. Nyuruh orang luar klik wkwkwkw…. Tapi pake RSS. JAdi view yang di dapat banyak. Persentase curang makin kecil. Heheheh…. Tapi semua sia-sia. Esokan harinya, saya diberhentikan total dari adsense. Ekwkwkwkwk. Kayak hari sebelumnya. Semua yang saya lakukan akhirnya sia-sia. Tidak ada penghasilan apapun. Musnah sudah impian saya mendapat uang 100 dollar dari adsense. Saya gak mau lagi lanjutin. Buang buang uang dan waktu. Mending saya belajar untuk sekolah kata saya dalam hati. Asli jengkel.

Selama vacuum, saya mencari permainan. Yah, waktu itu lagi ramai main ninja saga. Saya bermain hingga larut dan kecanduan. Tapi itu semua saya lakukan demi terlampiaskan kekesalan saya selama nyari uang di adsense.

Saya mencoba mencari hal lain. Saya ditawari kakak saya ini itu. Buat ini itu. Cuma minat saya saat itu benar benar hilang. Kecewa banget. Tapi sebenarnya masih ada sedikit harapan dari semua yang tersisa. Web saya. Masih ada. Kata kakak saya coba yang lain selain adsense. Waktu itu zamannya juga infolinks. Ktanya lumayan sih. Saya coba, sama aja. Lama sekali hasilnya. Jarang ada yang klik iklannya. Saya akhirnya ganti lagi. Bidvertiser. Sama juga Malahan tambah parah. Walaupun pembayaran minimal 10 dollar, tapi lama banget dapatnya. Kecil banget tiap kliknya. Gak kayak adsense.

Hmmmmm,,,,, saya ganti lagi chitika, sama juga. Lambat. Mirip sih sama adsense. Tapi saya belum pernah ada liat orang dengan pembayara dari chitika ini. Akhirnya sampai saat itu saya putuskan berhenti total dari dunia nyari uang lewat blog.

 

Sekian cerita saya.

 

Vionelix – Inderferium Liviergoz Derisyacto Lasvaha



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Konsultan Penyembuhan Ajaib

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Mar 18, 2020, 9:15 PM - Singgih Tri Widodo
Recent Articles
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma
Aug 5, 2020, 12:31 AM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 12:28 AM - Adre Zaif Rachman