Peluang Persib di Asia Challenge Cup 2020

Peluang Persib di Asia Challenge Cup 2020

Ikut sertanya Persib dalam ajang Asia Challenge Cup 2020 adalah suatu berkah. Klub dari Bandung dan kebanggaan masyarakat Jawa Barat ini mewakili Indonesia dalam perhelatan yang hanya diikuti oleh 4 klub ini. Tentu saja keempat klub dari Asia Tenggara ini adalah pilihan alias berjaya di negerinya masing-masing.

Asia Challenge Cup 2020 ini akan berlangsung 18 dan 19 Januari 2020. Tempatnya di Malaysia. Empat klub yang akan berlaga, selain Persib Bandung, adalah Selangor FA (Malaysia), Hanoi FC (Vietnam), dan Bangkok United (Thailand). Kita tahu, ketiga negara itu, setidaknya dalam sepuluh tahun ini, merajai sepak bola di Asia Tenggara. Tentu saja artinya ini TIDAK ADA LAWAN ENTENG bagi Persib.

Melihat jadwal yang termasuk padat, juga ini seperti “uji nyali”, eh “uji laga”, bagi Persib. Selain teknik, taktik, juga stamina yang harus prima. Coba kita lihat dulu jadwal laga yang akan dilalui Persib.

 

Sabtu, 18 Januari 2020

19.20 WIB, Selangor vs Persib

23.30 WIB, Hanoi FC vs Bangkok United

Minggu, 19 Januari 2020

15.50 WIB, Persib vs Hanoi FC

23.30 WIB, Selangor vs Bangkok United

 

Oh iya, pemberitahuan dulu, pertandingan antara Persib dengan Selangor FA dan Persib dengan Hanoi FC, akan disiarkan langsung oleh TV One. Jadi, selamat menunggu deh.

Hari pertama yang juga pertandingan pertama tentu saja akan menjadi “modal mental” bagi pertandingan selanjutnya. Sayangnya, pertandingan pertama itu Persib akan berhadapan dengan Selangor FA. Kenapa, paling beratkah Selangor FA?

Bisa dibilang seperti itu. Selangor adalah klub yang tidak hanya disegani di Malaysia, tapi juga di luar negaranya. Nanti sepertinya harus dibahas khusus. Tapi yang jelas, semua klub yang  bermain di hadapan publiknya sendiri, di kandangnya sendiri, selalu punya “mental tambahan” untuk memenangkan pertandingan.

Di Stadiun Shah Alam yang merupakan markas Selangor FA, tentu saja klub yang pernah didukung Bambang Pamungkas ini akan menampilkan seluruh kabisanya. Ini tantangan pertama Persib di Asia Challenge Cup 2020. Menghadapi Selangor FA adalah pertandingan yang harus “ngetrukeun” (menampilkan) seluruh kehebatan Persib. Tidak hanya teknik, taktik, stamina, juga do’a dan dukun sepertinya perlu. Hah, dukun? Kamu tidak setuju? Ya, sudah jangan pakai dukun. Ngapain juga sepak bola bawa-bawa dukun. Menang atau kalah dalam sepak bola itu biasa. Yang harus selalu dipertahankan adalah fairplay, bermain yang elegan dan ksatria.

Setelah menghadapi Selangor FA, apa lanjutnya santai?

Tentu saja tidak. Tadi sudah dibilang, Hanoi FC dan Bangkok United juga adalah klub raksasa di negaranya masing-masing. Belum lagi, pada tanggal 19 Januari besok itu, Persib harus menghadapi keduanya dalam satu hari. Ini berat! Tapi seperti Dilan, Persib akan sanggup menghadapinya. Doakan ya.

Selangor FA

Klub ini berdiri 22 Februari tahun 1936. Coba hitung, sudah berapa tahun? Betul, hampir 84 tahun. Kalau usia manusia tentu saja sudah renta. Malah banyak yang sudah “game over”. Tapi bagi klub sepak bola, usia mendekati satu abad adalah pengalaman yang sudah mumpuni. Apakah itu termasuk yang mempengaruhi prestasi?

Ya, iya atuh. Berarti sudah makan “asam garam” juga “pedas pahit” persepakbolaan. Makanya Selangor FA sudah berderet dengan berbagai hadiah dan penghargaan. Setidaknya sudah 51 piala dikumpulkan klub yang bergelar The Red Giants ini. Penghargaan terbanyak, yaitu 32 kali dari Piala Malaysia. Dan prestasi gemilangnya ketika menjadi runner up pada Liga Champions Asia tahun 1967. Artinya, saat itu Selangor FA bisa bersaing ketat dengan klub dari Jepang, Malaysia, Arab Saudi, yang selama ini menjadi kekuatan raksasa dalam persepakbolaan Asia.

Dalam memilih pemain juga bisa dilihat bahwa Selangor FA tidak pernah sembarangan. Bintang-bintang yang pernah bersinar dalam persepakbolaan Indonesia, juga sempat memperkuat Selangor FA. Bambang Pamungkas yang mereka sebut sebagai Legenda, Elie Aiboy, juga ke sininya ada Andik Vermansyah, Evan Dimas dan Ilham Udin.

Tapi Persib sendiri tentu saja bukan lawan yang enteng bagi Selangor FA. Sama seperti klub Malaysia itu, Persib pun sudah punya sejarah panjang dalam kancah persepakbolaan. Ajang Asia Challange Cup 2020 ini Persib tentu saja akan menjadi “uji laga” yang sangat berarti sebelum menghadapi liga di dalam negeri.

Berikut adalah 18 pemain yang dibawa oleh pelatih Robert Rene Albert:

Penjaga gawang:

1. Dhika Bayangkara

2. Aqil Savik

Pemain belakang:

3. Indra Mustafa

4. Fabiano Beltrame

5. Zalnando

6. Henhen Herdiana

7. Mario Jardel

8. Puja Abdillah

Gelandang:

9. Abdul Aziz

10. Erwin Ramdani

11. Dedi Kusnandar

12. Kim Jeffrey Kurniawan

13. Gian Zola

14. Frets Butuan

15 Ghozali Siregar

Penyerang:

16. Beni Oktovianto

17. Wander Luiz

18. Joel Vinicius



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin