Peluang Dapatkan Uang di Internet dengan Cara Menulis Artikel Menarik dan Dibayar

Peluang Dapatkan Uang di Internet dengan Cara Menulis Artikel Menarik dan Dibayar

Kemajuan teknologi terkhusus teknologi informasi dan telekomunikasi benar-benar sudah merubah banyak wajah dunia kini. Banyak membuka peluang baru untuk kita mengembangkan kemampuan terbaik. Meskipun disatu sisi membuat banyak orang mesti keluar dari zona nyaman.

Dampak kemajuan teknologi bisa bikin sebagian orang kaya mendadak, sebaliknya juga ada yang harus lebih kesar bertahan menghadapi gerusan jaman.

Tapi yang terpenting ialah kejelihan membaca peluang dan merancang solusi. Fokus saja pada peluang. Karena di internet, kesuksesan tidak lagi soal modal besar dan koneksi orang lain. Tapi kreatifitas. Ide yang brilian untuk ditanyakan. 

Sebab apa? Karena cari duit kini bisa dari cara yang dianggap orang banyak mungkin gak bisa. Mindset orang-orang saat ini mungkin mengira cari duit di internet kalau gak jadi vlogger, ya jadi hacker. Bobol atm orang. Oh tidak!

Saat ini semakin banyak orang akses internet dari perangkat  gawainya masing-masing. Tapi tingkat literasi khususnya di Indonesia masih rendah. Nah, kenapa gak kita coba berkontribusi pada sektor ini. Memperkaya konten artikel yang menarik dan bermanfaat.

Gak usah berpikir kejauhan. Dengan rutin menulis artikel menarik dan bermanfaat, setidaknya kamu sudah menolong dirimu sendiri untuk ya minimal gak jelek-jelek kali wawasannya.

Karena dengan rutin menulis. Nulis apa saja sih, berupa ide dan gagasan yang kita pikirkan dan dirasa perlu ditulis. Otak jadi terpacu untuk terus berpikir dan membuat tulisan yang lebih baik lagi. Juga jadi rajin membaca. Karena umumnya, orang yang suka menulis juga suka membaca juga.

Manfaatnya gak untuk siapa-siapa kok. Pertama untuk diri kita sendiri. Jadi luas wawasan dan informasi. Disamping dapat menghasilkan uang dan bermanfaat untuk orang lain. Maka itu bonus dan jadi budi baik kita. Nikmati saja!

Oke peluang untuk menghasilkan uang dari internet sudah ada, jadi gak usah berlama-lama lagi. Langsung aja segera cari tahu cara menulis artikel menarik dan dibayar.

Menulis di internet merupakan salah satu cara untuk dapatkan uang. Jalannya untuk menulis juga banyak. Jadi tinggal pilih saja.

  • Menulis blog
  • Menulis kolom di media online
  • Menulis buku. Juga bisa secara online
  • Menulis cerpen
  • Menulis puisi
  • Menjadi penulis lepas
  • MENULIS DI WEBSITE LAIN

Nah, cara terakhir yang akan kita gunakan dan bahas dalam artikel ini. Yakni menulis di website lain (selain blog pribadi) seperti RackTicle. Meskipun cara-cara lain bisa juga digunakan dan sama-sama bisa menghasilkan uang. Asal kitanya serius.

Seperti disebut diawal bahwa kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi dan telekomunikasi telah membuka peluang baru bagi lebih banyak orang.

Kumpulkan niat lurus dan tekad luas

Sebenarnya agak terasa klise bila bicara soal niat. Karena disetiap tips melakukan sesuatu pasti pertama niatnya dulu.

Tapi benar loh, niat itu gak kelas dianggap remeh. Termasuk niat untuk menulis artikel menarik dan dibayar. Meski tujuannya untuk mendapatkan uang. Tapi alangkah baiknya jangan jadikan uang sebagai obsesi.

Bukannya munafik. Tapi bila niat awalnya dipenuhi uang, uang dan uang. Biasanya sih hasilnya kurang baik.

Misalnya nih, saat hendak menulis artikel dengan obsesi hanya untuk uang. Kecenderungan untuk melakukan segala cara. Entah itu asal copy-paste, tulisan tidak natural dan kata-katanya terkesan dipaksakan agar memenuhi batas jumlah karakter.

Semoga kita semua gak termasuk golongan seperti itu. Boleh aja uang menjadi motivasi. Tapi jangan menjadi satu-satunya obsesi.

Lebih banyak membaca daripada menulis

Poin yang satu ini juga sudah sering dibahas bila bicara soal cara menulis artikel yang menarik dan dibayar. Karena membaca diperlukan untuk meluaskan wawasan si penulis.

Ini demi sebuah hasil karya tulis yang berbobot. Istilahnya seperti "tong kosong nyaring bunyinya". Agar tulisan kita tidak menjadi tong kosong atau omong kosong. Maka sebelum berbicara atau menulis, hendaknya lebih dulu banyak-banyak mendengar dan membaca.

Jangan malu-malu, bebaskan aja ekspresimu

Selama apa yang kita lakukan baik dan untuk kebaikan. Mengapa harus malu? Ekspresikan diri kamu sebaik mungkin dan gimana maunya dirimu. Do it yourself !

Ini sebenarnya yang bikin sebagian orang yang ingin berkarya menjadi susah berkembang. Berada di wilayah yang tidak mendukung memang cukup berpengaruh dalam menyalurkan kreativitas.

Terlebih di Indonesia yang mana istilah "apa kata orang" sangat diutamakan sekaligus sangat menggangu.

Kegiatan menulis artikel bagi mayoritas orang Indonesia masih kurang umum. Dianggap buang-buang waktu, sok pintar dan gak ada duitnya. Pasti kamu pernah mengalaminya? Apalagi ketika kamu tinggal di desa dengan menulis online atau kerja online lainnya. Pasti akan dianggap orang pemalas karena kerjanya dirumah saja.

Kenyataan yang miris tapi sekaligus menjadi "tembok" yang perlu dirobohkan. Banyak sekali peluang yang dapat kita manfaatkan untuk menghasilkan uang. Tapi karena terlalu cari aman dan mementingkan apa kata orang. Membuat orang hanya berkutat pada rutinitas yang monoton.

Padahal banyak cara untuk membuat hidup lebih berkembang. Termasuk menulis. Sejak kecil kita sudah diajarkan menulis dan membaca. Ekspresikan saja dirimu sebebas yang kamu mau. Bila itu baik dan demi kebaikan. Bodo amat apa kata orang lain.

Buat tulisan yang mudah dimengerti

Membuat tulisan yang menarik dan bermanfaat tentunya tidak bisa asal cepat jadi. Tapi kita bisa apa bila para pembaca hanya membacanya sekilas saja. Umumnya dibaca 30-40% dari keseluruhan artikel itu udah untung.

Gak apa-apa. Mungkin pembaca hanya butuh sebagian informasi di dalam artikel. Itu hak mereka yang baca. Oleh karenanya gimananya kita yang menulis artikel yang sudah menarik dan mudah dipahami.

Posisikan saja seolah dirimu sebagai pembaca

Ketika kita membaca suatu artikel atau buku. Pasti harapan kita ingin mendapat informasi yang menarik, mudah dipahami dan gak bikin bosen. Jangan salahkan pembaca karenanya.

Justru keinginan pembaca yang macam-macam ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk menulis artikel menarik dan layak dibayar.

Buat tulisan yang terbagi dari beberapa poin atau subjudul. Seperti Listicle. Jangan lupa dikasih bold. Agar pembaca lebih mudah dan cepat mencari informasi yang hanya dicari saja. Jumlah kalimat per paragraf juga tidak perlu banyak-banyak. Cukup 3-4 saja. Agar gak pegel mata saat membaca.

Sudah jadi rahasia umum bila orang yang membaca artikel di internet biasanya ingin cepat-cepat saja. Ya ikuti saja.

Semisal ketika kita ingin cari informasi tentang melupakan mantan. Tetapi di artikel yang kita baca juga dijelaskan mantan yang baik dan buruk, alasan kenapa jangan balikan sama mantan dan ditampilkan juga kisah-kisah unik terkait mantan. Artikel seperti itu memang menarik dan bagus karena lengkap. Namun kita inginnya hanya cari informasi yang dibutuhkan saja. Maka kita sebagai pembaca akan terbantu bila artikel terbagi-bagi atas sejumlah subjudul dan dibuat huruf tebal.

Menulislah seoriginal mungkin dan jujur apa adanya

Satu artikel di satu website tidak menutup kemungkinan memiliki kemiripan topik dengan website sebelah. Maka dari itu perlunya menjaga ciri khas dalam setiap tulisan.

Posisikan seperti netizen kebanyakan yang memiliki sikap kritis apapun topiknya. Gak perlu terlalu text book. Sampaikan saja tulisan apa adanya yang kamu pikirkan. Tapi ingat tetap ikuti aturan.

Apalagi sekarang ini era milennial. Dimana para milennial ini cukup kritis dalan berpikir. Lebih suka mencari informasi dari berbagai sumber. Terlebih informasi yang berasal dari individu.

Ya kalau kita menulis hanya copy paste saja. Pembaca akan kabur, lebih baik baca di media mainstream aja. Sebagai penulis blog, kita akan selalu kalah bila tulisan kita mirip dengan media mainstream.

Terus berlatih dan konsisten

Gak ada hasil yang maksimal tanpa latihan yang baik dan rutin. Seperti berbicara, karena setiap hari kita berbicara maka kita lebih gampang menyampaikan isi pikiran kita pada orang lain.

Kira-kira begitulah persamaannya. Umumnya orang-orang dengan gampang menyampaikan sesuatu yang ingin diutarakan lewat berbicara langsung. Namun gak banyak orang yang dengan gampangnya menyampaikan pikirannya lewat kata-kata yang ditulis. Karena apa?

Tepat sekali! Jawabnya karena menulis tidak dilakukan setiap hari. Sementara berbicara dilakukan setiap hari. Artinya setiap orang bisa saja melakukan sesuatu dengan mahir asal dia mau berlatih.

Menulis sebuah artikel pun demikian. Sekali dua kali menulis artikel mungkin hasilnya kurang. Tapi nikmati saja prosesnya.

Maka itu jangan dikira sebuah karya tulis yang bagus itu idenya hanya berasal dari "ilham" yang datang sewaktu buang hajat. Namun sebuah proses panjang.  Kecuali memang berasal dari kisah nyata yang bersifat lebih spontan, jujur dan apa adanya.

"Bila kamu belum bisa menulis artikel yang bagus, maka tulislah dulu artikel yang banyak"

Semoga tips dan cara menulis artikel menarik dan hingga layak dibayar dapat membantu kamu semua. Gak ada keberhasilan yang instan. Semua butuh proses.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

LUV LUV LUV

Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager