Pakaian Melebihi Kapasitas, Mesin Cuci Bisa Rusak

Pakaian Melebihi Kapasitas, Mesin Cuci Bisa Rusak

Mesin cuci merupakan salah satu perlengkapan rumah tangga yang dapat membantu pekerjaan rumah. Namun, patut diwaspadai, jika dalam menggunakannya berlebihan seperti melebihi kapasitas dalam mencuci pakaian, maka dipastikan mesin cuci yang Anda miliki akan menjadi rusak.

Adalah Bapak Syakban warga Lrg Sukses Kayu agung, yang baru-baru ini bercerita tentang pengalaman mesin cuci yang rusak. Alhasil, setelah dipanggil tukang service atau teknisi mesin cuci, ternyata kerusakan mesin cuci terjadi lantaran banyaknya muatan pakaian dalam mencuci.

Leman, salah seorang teknisi mesin cuci asal Kayuagung Asli, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), menjelaskan jika muatan mesin cuci berlebihan maka akan terjadi rembesan air yang mengakibatkan percikan air. Nah, percikan air ini, kata dia, akan menyebar disekitar mesin sehingga terkena dinamo mesin cuci. “Jika dinamo mesin cuci ini terkena air, maka lama kelamaan akan menjadi rusak. Dan siapa pun memegangnya akan kena setrum dibagian pengering baju mesin cuci. Sebab rembasan air juga mengalami konsleting listrik,” ujarnya sambil memperbaiki mesin cuci yang rusak.

Kemudian, selain melebih kapasitas pakaian, kurangnya air dalam mencuci pakaian juga menyebabkan mesin cuci menjadi rusak. Oleh sebab itu, kita harus perlu mengingatkan pembantu rumah tangga ataupun anggota keluarga kita yang mencuci pakaian, untuk memperhatikan keseimbangan antara air dan pakaian yang dimasukan ke dalam mesin cuci. Sebab jika kurang air maka Gear Box, mesin menjadi tersendat dan tidak dapat berputar. “Kita harus selalu terus mengingatkan pembantu rumah tangga, atau siapa pun yang sedang mencuci pakaian. Jika kapasitas muatan 10 Kg maka harus dibawah itu. Minimal 8-9 Kg berat pakaian. Apalagi usia mesin cuci sudah lama maka biasanya selang pembuangan pun akan menjadi rusak,” jelas Leman.

Kerusakan lain, juga akan merambah jika selang pembuangan air dinaikan ditempatnya, sebab air akan mengalir ke tempat dinamo. Dampak kerusakan rembesan air juga akan menyebabkan karet pembuangan air menjadi rusak sehingga terpaksa harus diganti seperangkat bersama dinamo dan Gear Box yang berfungsi untuk memutarkan mesin cuci. “Terlalu lama dalam pemakaian artinya sangat lama bekerja mesin cuci, ini juga penyebab kedua dinamo mesin cuci menjadi rusak. Sebab terlalu lama digunakan mesin akan menjadi panas. Semoga pengalaman ini tidak terulang bagi Anda. Sehingga peralatan rumah tangga kita dapat lama digunakan, semoga,” tukasnya.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma