Pacaran Itu Dosa, Sebelum Pernikahan

Pacaran Itu Dosa, Sebelum Pernikahan

Oleh. Syaiful Hidayat 

Apakah ada pacaran syar’i?. Tidak ada dalam islam istilah tentang “Pacaran Syar’i”. Pacaran tetap pacaran. Pacaran itu adalah mendekati zina. Pacaran itu mendekatkan kita  berdosa kepada Allah swt. Zina adalah persetubuhan antara laki-laki dengan perempuan yang tidak terikat pernikahan atau perkawinan. Secara umum, zina ini bukan hanya disaat manusia telah melakukan hubungan seksual, tetapi segala aktivitas-aktivitas seksual yang dapat merusak kehormatan manusia termasuk dikategorikan zina, seperti pacaran.

Bahkan, zina itu terbagi beberapa. Diantaranya, zina mata, zina hati, zina hawa nafsu, zina saling berpandangan atau lawan jenis, dan zina telponan dengan bukan mahram.

Sebenarnya, mendapatkan pasangan itu bukan dengan cara berpacaran. Tetapi, melalui ta’aruf (mengenal satu sama lain) antara laki-laki dengan perempuan. Bagaimana cara berta’aruf? Ya, kita bisa melakukan pengenalan dengan didampingi masing-masing dengan mahramnya. Misalnya, laki-laki bisa didampingi dengan teman laki-laki, ustadz, orang tua , dan lain-lain. Sebaliknya, perempuan juga didampingi sama teman perempuan, orang tua dan lain-lain.

Hal itulah, kita jauhkan dengan namanya “Pacaran”, karena pacaran itu bukan mendapatkan pasangan. Buat apa pacaran? Pacaran itu tidak ada manfaat, justru mendatangkan syaitan senang apabila manusia melakukan berzina maupun maksiat kepada allah swt.  

Cukuplah kita dengan cara yang baik. Seperti apa dengan cara baik? Lakukanlah dengan meminta doa kepada allah ditengah-tengah malam seperti sholat malam. Karena, jodoh, takdir, dan rezeki itu sudah diatur oleh allah swt. Saya tidak berpikir, mengapa banyak manusia yang melakukan dengan cara sampai mendekati zina kepada allah swt, sebutlah pacaran?

Padahal, Alam semesta ini sudah diatur oleh Allah swt termasuk jodoh, rezeki, dan takdir. Ingat, pacaran itu mendekati zina. Bahkan, banyak kita tidak disadari bahwa syaitan maupun iblis itu senang dan bahagia dengan melihat makhluk-mahkluk Allah swt yang melakukan berdosa termasuk zina maupun maksiat.

Selain itu, zina sudah diterangkan dalam Surah An-Nur (24:2) dengan berbunyi “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina maka deralah tiap-tiap seorang dari kedua seratus kali dera dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama allah, jika kamu beriman kepada allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman”.

Ada lagi, surah Al-Isra (17:32) berbunyi “Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zian itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk”. Maksudnya dari artinya itu adalah salah satu pacaran yang selama tidak ada ikatan perkawinan maupun pernikahan itu adalah mendekati zina yang tidak sukai oleh allah swt.

Tinggal mana kita ambil dengan cara apa? Cara yang baik atau tidak baik. Sedangkan cara baik disukai oleh Allah azza wa jalla. Bisa melalui dengan cara ta'aruf (pengenalan) antara pihak laki-laki dengan perempuan. Apabila dengan ada kecocokan baru lah dilanjutkan dengan acar nadzor tapi ditemani mahramnya baik laki-laki maupun perempuan. Kemudian,  setelah nadzor  dilanjutkan dengan menuju Akad. 

Lalu, dengan cara tidak baik atau tidak sukai oleh Allah subhanallah ta'ala bagaimana?. Seperti Pacaran. Pacaran yang dimana sekarang dilakukan oleh anak-anak muda. So, tunggu lagi sebelum terlambat marilah kita musahabah diri  seberapa dosa kita yang sering melakukan bermaksiat maupun berzina kepada allah swt. Dengan apa yang harus lakukan bertaubat dan menyesali diri, untuk tidak mengulangi kesalahan dalam diri kita ini. Tidak perlu khawatir masalah jodoh. Sebelum kita lahir didunia jodoh sudah ditentukan oleh Allah azza wa jalla. 

Surabaya, 14 Februari 2020



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Perkenalkan nama saya Syaiful Hidayat berasal dari Sumenep-Madura. Saya saat ini menyukai menulis, travelling, dan membaca buku

Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Recent Articles