Mula-mula Semangat, Tiba-tiba Suram

Mula-mula Semangat, Tiba-tiba Suram

Oleh. Syaiful Hidayat

Awalnya saat mendaftar sebagai akun website ini. Semangat sekali menulis. Ingin saja aktif untuk menulis di setiap hari. Lama-kelamaan mulailah tambah semangat menurun alias tidak ada lagi semangat menulis. Tapi, berpikir kembali lama menulis itu. Ternyata kepikiran apabila tidak menulis lagi. Mengapa demikian?

Ya, kepikiran tidak menulis dikarenakan awalnya aktif menulis setiap hari. Ternyata, tiba-tiba semangat menulis tambah hilang. Entah kenapa itu? Apa memang kurang motivasi atau tidak ada yang memberikan motivasi kepada aku.

Kita satu hari makan sebanyak empat kali. Tiba-tiba keesokannya berkurang menjadi dua kali dalam satu hari. Ibaratkan seperti itu. Seperti halnya dengan menulis. Kita dalam satu hari menulis terus. Lah, kemudian hari langsung down atau tidak menulis. Rasanya berbeda sekali? Apa yang dirasakan saat tidak menulis. 

Pertama, gelisah. Gelisah itu sesuatu yang tidak tentram atau khawatir. Nah, saat tidak menulis rasanya gelisah di otak kita ini. Entah kenapa? karena menulis itu bagian dari hidup kita atau tanpa menulis rasanya akan selalu gelisah disaat apapun. 

Kedua, Galau. Galau itu kacau tidak keruan (pikiran). Jadi, selain gelisah atau khawatir juga mengakibatkan kita galau. Kok bisa? Ya bisa apabila kita sudah cinta dengan menulis. Dan, juga diberi target dalam satu hari harus menulis. Selepas itu, tidak sesuai yang direcanakan maka muncullah dengan kegalauhan.  Cukup dengan dua hal itu saja. Sebenarnya masih banyak yang harus diungkapkan ini. Terus, bagaimana cara mengobati agar kegalauhan dan gelisah itu menghilang?. 

Ada beberapa yang kita harus sadari, untuk menghilangkan rasa kegalauhan maupun gelisah ataupun khawatir. 

1. Evaluasi diri. 

Evaluasi diri merupakan suatu cara mengetahui dengan tepat skill dan kondisi tantangan yang harus dihadapi. Sehingga, target dan sasaran dapat diraih dengan sukses. Selain itu juga menemukan momentum yang tepat untuk memacu diri.

Selain itu juga, evaluasi diri akan membantu kita ini untuk memperbaiki sebelumnya. Agar, kedepannya tidak akan mengulang kesalahan sebelumnya. Dan juga pentiing bagi kita semuanya untuk melakukan evaluasi diri.

Namun, evaluasi diri itu memang menguji kembali kita semua yang telah dilakukan, sekaligus membuat antisipasi dan  sikap mawas diri terhadap hal yang mungkin terjadi. Kemudian, sikap evaluasi diri berarti menyadari kita semua bahwa mungkin kita tidak mampu mengontrol situasi di sekitar. Sebenarnya kita bisa memberdayakan diri sendiri seoptimal mungkin. 

2. Mencari Motivasi.

Motivasi ini salah satu memberikan kita untuk bangkit kembali. Apabila, kita jatuh dengan itu kita butuh namanya motivasi. Kenapa demikian? Motivasi itu adalah sangat penting bagi kita diri sendiri agar bisa berkembang dengan pesat. 

Jadi, evaluasi diri dan motivasi itu sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Tanpa evaluasi diri dan motivasi kita tidak akan berkembang alias tetap saja dengan keadaan. Semoga kita selalu memperbaiki diri  bisa membanggakan terutama kedua orang tua. Semoga kita sukses selalu. Semangat terus tanpa mengenal lelah apapun.

Surabaya, 14 Februari 2020



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Perkenalkan nama saya Syaiful Hidayat berasal dari Sumenep-Madura. Saya saat ini menyukai menulis, travelling, dan membaca buku

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin