Peluang Emas, Solusi Konten Anak yang Tidak Bisa Monetasi di YouTube

Peluang Emas, Solusi Konten Anak yang Tidak Bisa Monetasi di YouTube

Booommm... Kena Lagi,  update dari youtube yang menggemparkan kalangan VLogger khususnya kreator konten anak yang tentunya sangat merasakan dampak terhadap aturan baru ini. 

Sebenarnya Google juga terpaksa melakukan ini dikarenakan adanya aturan yang melarang keras bagi penyedia konten untuk menyimpan data privasi anak-anak. 

Data Privasi yang dimaksud ini sebenarnya data umum yang berlaku di internet, seperti jenis gadget,  sistem operasi, alamat IP dan lokasi pengaksesan. 

Mungkin bagi pemerintah Amrik itu sangatlah hal yang krusial karena data-data tersebut bisa disalahgunakan, mengingat banyaknya terjadi tindak kejahatan pada Anak akibat bocornya data tersebut. 

Tapi apa hendak dikata, nasi telah menjadi bubur. Semuanya sudah terjadi dan biarlah itu terjadi, karena apa boleh buat, maunya mereka begitu, kita rakyat kecil ini hanya bisa pasrah saja. 

Jadi bagaimana solusi yang tepat bagi konten yang tidak lagi mendapat tempat bagi iklan yang menggiurkan ini? 

Ini murni dari hasil pemikiran saya pribadi sebagai penulis, Anda mungkin memiliki ide yang lebih mantap dan boleh dong idenya dishare ke kolom komentar :) 

1. Endorse

Saya pikir untuk mendapatkan Endorse masih bisa lah ya, apalagi produk Anak itu banyak sekali jenisnya. Tetaplah berkarya bagi yang sudah memiliki audiens yang ramai, justru ini menjadi peluang dan kesempatan emas. 

Disisi lain orang lain mengalami down dan kehilangan kreatifitas,  justru konten anak Kita harus semakin kuat sehingga akan semakin meningkatkan popularitas. Dengan demikian untuk mendapatkan Endorse produk akan lebih besar peluangnya.

2. Jual Produk Sendiri

Selama ini mungkin Anda menghasilkan uang dari program periklanan,  tapi sekarang semuanya sirna,  tidak akan ada lagi iklan yang muncul pada konten khusus  "Made for Kids". 

Nah bila Anda memiliki penonton setia anak di bawah usia 13 tahun,  Anda masih dapat menjual produk untuk Anak seusia itu, namun tetap harus memperhatikan tata cara berjualan melalui vidio, dan saya pikir Anda lebih paham soal marketing for child ini. 

Anak dibawah usia 13 tahun akan mendapatkan isi aplikasi yang berbeda dengan orang dewasa, dan mereka harus tetap didampingi oleh orang tua mereka.

Dengan demikian Anda bisa menawarkan produk yang sesuai dengan perkembangan Anak dan dapat memberikan deskripsi produk secara lengkap, sehingga ada kesempatan bagi orang tua untuk mengambil keputusan untuk membeli atau tidak produk yang sedang Anda tawarkan. 

3. Bisnis Afiliasi

Tanpa Program Periklanan dari Google Adsense memang berat untuk diterima  dan membuat jiwa-jiwa missqueen Kita semakin berontak,  namun bukannya visitor = money? 

Apapun isi konten yang dipublikasikan, jika pengunjungnya membludak,  tetap juga akan jadi duit, Anda bisa memberikan link tautan pada deskripsi vidio atau dalam vidio itu sendiri ke halaman website yang memiliki program afiliasi atau Refferal. 

Dari sini juga Kita bisa mendapatkan penghasilan,  jangan pernah terpaku pada satu program saja,  masih banyak website khusus jualan produk anak-anak yang menawarkan program afiliasi.

Mungkin pendapatan adsense Anda berkurang, namun apabila Anda konsisten membangun konten anak dengan subscriber jutaan, tentunya hal itu tidak membuat khawatir karena masih ada sumber lain untuk menjaga pundi-pundi bagi cerobong asap di dapur Anda. 

Baiklah sekian dulu dari saya,  semoga bermanfaat, bila ada yang kurang mohon ditambahkan di kolom komentar. Banyak yang membutuhkan bantuan Anda untuk mendapatkan ide-ide yang cemerlang ketimbang harus manyun karena peraturan-peraturan. 

Ini adalah peluang dan kesempatan yang sangat dahsyat bila kita mampu memanfaatkannya. 

Boleh atau tidaknya ketiga hal yang disebutkan di atas itu juga tidak disebutkan dalam update kebijakan baru youtube, mereka hanya berfokus pada data privasi anak yang diserukan oleh badan perlindungan anak di negara mereka. 

Tetaplah terus berkarya dan jangan lupa untuk Subscribe channel mimin ya hehe... 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

The Administrator!

Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin