Metode Paling Efektif dalam Menikmati Hari-hari ketika Sakit

Metode Paling Efektif dalam Menikmati Hari-hari ketika Sakit

Ketika kita sedang sakit maka hal itu bisa menjadi waktu yang sulit dan sangat tidak menyenangkan bagi setiap orang. Anda mungkin tidak ingin melakukan banyak hal pada hari-hari Anda terbaring sakit tetapi ada beberapa kegiatan yang dapat membantu Anda memanfaatkannya sebaik mungkin. Hari yang sakit bisa menjadi kesempatan bagus untuk bersantai dan fokus pada kesehatan Anda. Luangkan hari untuk diri sendiri dan fokus pada hal-hal yang Anda nikmati saat Anda sedang sehat.

1. Menikmati Hari Sakit Anda

1.1 Merenung. 

Meditasi telah terbukti secara klinis dapat mengurangi stres dan kecemasan, yang pada gilirannya dapat mengarah pada peningkatan fungsi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda merasa cukup sehat, cobalah melakukan sesi meditasi yang baik dan nikmati manfaat yang bisa didapat. 

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk memulai melakukan meditasi: 

  • Ambil napas dalam-dalam dan tetap fokus pada tarikan napas itu. Jika pikiran Anda mengembara, kembalilah fokus pada pernapasan Anda.
  • Periksa tubuh Anda dan rasakan setiap bagian tubuh anda tersebut. Jika Anda menemukan area yang tidak nyaman atau tegang, Anda dapat membayangkannya sampai mulai terasa lebih rileks.
  • Baca atau dengarkan beberapa bagian penting dari puisi atau lirik lagu. Luangkan waktu sejenak untuk merenungkan makna yang dimilikinya bagi diri Anda.

2.2 Tertawa. 

Jangan heran dulu ya..meskipun Anda mungkin merasa tidak enak badan, “tertawa” dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan mungkin membuat Anda merasa lebih baik. Tertawa telah terbukti mengurangi tingkat stres dan meningkatkan sel-sel pembunuh alami tubuh Anda yang mampu melawan sel-sel penyakit yang menyerang. 

Apa saja yang dapat Anda lakukan agar bisa “tertawa” untuk sehat ini?

  • Tonton film lucu atau acara televisi favorit Anda.
  • Dengarkan acara komedi atau podcast komedi favorit Anda.
  • Baca buku yang selalu membuat Anda tertawa.

Tapi satu hal yang perlu diingat selalu jangan pernah “tertawa sendiri” didepan orang banyak ya..itu bisa repot urusannya !

1.3 Bicara dengan teman atau orang yang dicintai. 

Gunakan sebagian waktu luang Anda untuk menelepon seseorang yang Anda anggap sebagai teman curhat yang ideal. Bercakap-cakap dengan teman atau anggota keluarga telah terbukti meningkatkan kadar oksitosin, yang dapat membantu dalam proses penyembuhan dan menjadikan tubuh cepat kembali sehat. 

Lakukan sesuatu yang Anda sukai. Luangkan waktu untuk diri sendiri selama hari-hari Anda terbaring sakit dan lakukan aktivitas ringan yang Anda sukai. Ini dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dari sakit dan dapat memperbaiki suasana hati Anda. 

Cobalah beberapa contoh berikut untuk menjadikan hari sakit Anda menjadi hari-hari yang indah:

  • Mendengarkan musik.
  • Mainkan board game atau video.
  • Lakukan kerajinan atau seni favorit Anda jika sudah merasa cukup sehat.
  • Rencanakan liburan di masa depan.

1.5 Lakukan latihan ringan. 

Jika Anda hanya masuk angin atau flu, Anda mungkin ingin mencoba berolahraga selama hari–hari sakit Anda. Dengarkan apa yang dikatakan tubuh Anda jika Anda berolahraga. Jangan berlebihan dan berhentilah jika Anda merasa kondisi tubuh tidak memungkinkan untuk melanjutkan orahraga tersebut.

Orahraga ringan juga dapat dilakukan bila Anda hanya mengalami gejala penyakit seperti pilek, hidung tersumbat, atau bersin.

Jangan berolahraga jika Anda memiliki gejala di dada, seperti batuk, mengi, demam, atau nyeri otot. Hentikan segera jika Anda mulai merasakan kondisi tubuh lebih buruk.

2. Meningkatkan Kondisi Anda

2.1. Istirahatlah.

Jika seseorang jatuh sakit maka besar kemungkinannya, Anda akan merasa lelah. Tingkat energi bisa turun ketika Anda merasa tidak enak badan dan Anda mungkin merasa seperti dalam kondisi selalu tertidur di hari-hari sakit Anda. Ini adalah respon imun alami dan tidur adalah persyaratan agar menjadi lebih sehat. Gunakan hari sakit Anda sebagai kesempatan untuk mengejar ketinggalan tidur di hari-hari sehat Anda dan mulailah secara perlahan merasakan perubahan dalam tubuh Anda ke kondisi yang lebih baik. 

Ambil tidur siang sebanyak yang Anda butuhkan di siang hari. Dan satu hal yang menjadi pantangan utama, jangan coba untuk begadang. Tidurlah lebih awal dan berusalah untuk tidur dengan nyenyak.

2.2. Nikmatilah mandi.

Tergantung pada gejala sakit Anda, mandi atau berendam dalam bak mandi dapat membantu Anda merasa lebih baik. Baik mandi air panas dan dingin akan memiliki efek yang berbeda dan juga harus digunakan dalam kasus yang berbeda juga. Coba pahami beberapa hal berikut untuk mengetahui kapan Anda harus menggunakan air panas atau dingin:

  • Air panas dapat membantu memberikan kondisi rileks dan meringankan nyeri otot atau persendian. Ini juga dapat membantu proses de-congestion.
  • Mandi dengan air dingin atau hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan dapat menurunkan demam tinggi.
  • Mandi yang sangat dingin benar-benar dapat meningkatkan suhu Anda karena tubuh anda dipastikan akan menggigil.
  • Jangan pernah mandi air panas jika Anda demam karena ini dapat meningkatkan suhu Anda ke tingkat yang lebih berbahaya.

2.3 Pastikan untuk memakan sesuatu.

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki nafsu makan yang besar pada saat sakit, Anda masih perlu makan dan mempertahankan energi dalam tubuh Anda. Makan dapat membantu Anda pulih dari penyakit dan bahkan dapat mengurangi stres. Jadikan diri Anda merasa nyaman terlebih dahulu, sehingga nantinya tubuh anda dapat merasakan kondisi yang lebih sehat.

Karbohidrat penting ketika Anda sakit dan Anda akan membutuhkan sekitar 150 gram per hari selama Anda terbaring sakit. Setengah cangkir jus apel mengandung  hingga 15 gram karbohidrat. Dan setengah cangkir es krim akan memberi Anda sekitar 30 gram karbohidrat.

Cobalah untuk makan sekitar enam kali makan kecil per hari ketika sakit, bukan tiga besar seperti biasanya.

Jangan makan apa pun yang terlalu berat, berminyak, atau pedas jika Anda mual atau muntah.

2.4.  Tetap Terhidrasi.

Beberapa gejala dapat menyebabkan Anda mengalami dehidrasi selama hari sakit Anda. Demam, diare, muntah, atau sering buang air kecil adalah penyebab dehidrasi. Pastikan Anda minum banyak cairan pada hari sakit dan tetap terhidrasi. 

Minumlah banyak air di siang hari. Hindari jus buah atau kopi karena ini dapat memperburuk diare.

2.5. Dapatkanlah Sinar Matahari Menerpa Anda.

Paparan sinar matahari alami dan langsung telah terbukti meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan membuka gorden dan membiarkan sinar matahari masuk, Anda dapat mulai mendapatkan manfaat kesehatan yang  dihasilkan oleh sinar ultraviolet. 

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi vitamin D dalam tubuh. Vitamin D penting untuk banyak fungsi tubuh. Berjemur dapat membantu mengatur siklus tidur / bangun dan membuat Anda mendapatkan hasil maksimal dari istirahat Anda.

Paparan singkat dan berulang dari sinar matahari akan memberikan hasil yang terbaik, namun harus diingat bahwasanya jika indeks UV di atas 3 maka kulit Anda membutuhkan cream pelindung sinar matahari.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Feb 26, 2020, 9:13 PM - Maman suherman
Feb 23, 2020, 7:27 PM - Maman suherman
Jan 7, 2020, 2:10 PM - Bayu Rinaldhi
Dec 3, 2019, 4:24 PM - Agus Kurniawan
Feb 21, 2020, 11:54 PM - RackTicle Manager