Bagaimana Menulis Puisi agar Lolos Publikasi dan Dibayar

Bagaimana Menulis Puisi agar Lolos Publikasi dan Dibayar

Hal pertama yang harus menjadi perhatian para pujangga adalah, mengenai ketentuan dan syarat yang berlaku di website RackTicle. Saat ini yang dibutuhkan hanya 300 kata saja, dan rata-rata puisi yang masuk hanya sekitar 100-150 kata, sehingga tidak bisa lolos publikasi.  Untuk itu ada tips khusus bagi para pujangga yang sedang bahagia ataupun masih galau, tidak perlu memperpanjang tulisan puisi aseli, sebab esensi puisinya akan hilang jika dipaksakan, betul?

Nah, untuk mengatasi hal ini silahkan simak tips berikut:

1. Tambahkan Deskripsi. 

Buat deskripsi singkat mengenai puisi yang ditulis, isinya tentang apa dan bagaimana kaitannya dengan judul puisi yang diambil. Tujuannya hanya untuk memberikan keterangan tentang puisi Anda. Cukup buat 1 atau 2 paragraf agar tidak terlalu monoton.

2. Tambahkan Behind the Scene (Proses Belakang Layar). 

Ceritakan bagaimana kisah Anda dalam melakukan penulisan Puisi, ceritakan sedikit agar ada sedikit gambaran mengenai apa yang sedang Anda imajinasikan ke pemirsa Anda. 

Meskipun hanya potongan dari sebagian di balik layar saja, justru ini yang akan membuat pembaca semakin penasaran dengan apa yang sedang Anda pikirkan dan apa yang sebenarnya ingin disampaikan. 

3. Ajak Pemirsa untuk Berdialog. 

Tambahkan kalimat yang mengundang pertanyaan,  seruan atau apapun yang bisa menambah jumlah paragraf Anda sehingga tepat menjadi 300-500 kata.

Pastikan Anda mengikuti beberapa grup pecinta Puisi,  dan ketahui apa yang dicari oleh para anggota. Tuangkan dalam secercah kata-kata yang mampu menggugah mereka untuk mengklik tautan yang dibagikan di grup tersebut, ajak mereka untuk bergabung agar terjadi interaksi antara Anda dan pengagum seni kata-kata lainnya di dalam grup tersebut.

Khusus tulisan berbentuk Puisi ini, market atau pasarnya memang sangat terbatas, hanya orang-orang tertentu saja yang menyukai puisi dan mau membaca puisi orang lain, sebab biasanya para Pujangga hanya memperhatikan kalimatnya sendiri yang dianggapnya lebih baik dari pada penulisan orang lain.

Jadi, Anda juga harus mau membaca Puisi orang lain, berikan komentar dan respon dengan baik pula, agar terjadi imbal balik, sehingga puisi Anda pun mendapatkan pengunjung bahkan bisa jadi mereka malah berlangganan. 

Demikian tips sederhana agar Puisi Anda mudah lolos di RackTicle. Namun perlu diingat, semua karangan Anda harus tetap pada panduan, tidak mengambil hasil karya orang lain,  dan tidak mempublikasikannya di platform lain baik media online, media sosial maupun media cetak. 

Dengan menambahkan ketiga poin di atas, Anda sudah memiliki tambahan sekitar 100-200 kata sehingga bila digabung dengan isi dari puisi aseli Anda maka akan cukup menenuhi persyaratan.

Syarat dan ketentuan ini didasarkan pada pengelolaan kualitas blog Kita agar tetap padat dan berisi, sehingga siapapun yang berkunjung diharapkan betah dan selalu mengikuti tulisan-tulisan Anda kedepannya. 

Hal ini menjadi acuan kita untuk mempertahankan kualitas konten yang merupakan kumpulan dari penulis-penulis terbaik yang memiliki hasil pemikiran, karya dan imajinasi sendiri sehingga bagi yang baru mulai juga dapat tumbuh menjadi penulis yang semakin hari semakin profesional dengan kualitas yang tanpa batas. 

Selamat Berkarya!



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
sipamirudin - Jan 21, 2020, 9:08 AM - Add Reply

trmksh admin infonya
puisi saya banyak ter tulis di twiter dan fb
apakah boleh di tulis di rackticle
terimakasih jawabannya
dari sipamirudin

You must be logged in to post a comment.
RackTicle Manager - Jan 21, 2020, 12:12 PM - Add Reply

Ya, ditunggu Puisinya. Ikuti tips diatas atau jika ada ide lain silahkan, agar tetap dalam panduan dan ketentuan blog kita ya.

Dan juga untuk setiap tulisan mengacu pada terms, jadi untuk yang sudah pernah atau akan dipublikasi di media lain tidak diperkenankan. Posting Puisi-puisi yang baru, fresh from the oven :)

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
Apr 26, 2020, 11:45 PM - Stephanus Putra Nurdin
Feb 16, 2020, 7:53 PM - Akhmad Fauzi
Feb 4, 2020, 1:16 PM - Runengsih
Feb 1, 2020, 12:54 AM - Arnoldus Suluh Dwi Candra
Jan 30, 2020, 12:51 PM - Prisma Vista Sari
Jan 30, 2020, 9:39 AM - Arnoldus Suluh Dwi Candra
Jan 26, 2020, 9:25 PM - Akhmad Fauzi
Jan 26, 2020, 7:25 PM - Runengsih
Jan 24, 2020, 3:20 PM - Akhmad Fauzi
About Author

The Administrator!

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 20, 2020, 1:47 PM - Aisah Agil Wahyunita
Recent Articles