Mengkonsumsi Cokelat Berlebihan Di Hari Valentine dan Bahaya Yang Mengancam

Mengkonsumsi Cokelat Berlebihan Di Hari Valentine dan Bahaya Yang Mengancam

Bagi anda yang tidak termasuk jomblo akut, pastinya moment di hari valentine sangat di dinantikan seperti juga dengan pasangan-pasangan yang lain.

Biasanya, hari valentine biasanya kita akan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan kita untuk menciptakan momen berharga.

Anda tidak menginginkan di hari valentine nih ada hubungan yang buruk terhadap hubungan anda dengan pasangan.

Bagi anda yang jomblo, bagaimana biar tidak galau di hari valentine. Ikuti tips berikut

1. Anggap saja hari valentine itu tidak berbeda dengan hari yang biasa jadi anda bisa berkumpul dengan teman-teman anda yang tidak bisa merayakan dengan pasangannya, anda bisa keluar makan-makan ataupun kumpul di tempat tongkrongan.

2. Kalau anda tidak mau keluar anda bisa beraktivitas di dalam rumah banyak kok malah yang kreatif yang bisa dilakukan seperti aktivitas sehari-hari   menonton televisi, mendengar musik. dsb

3. Kirim ucapan selamat kepada yang anda sayangi, anda bisa membuat hadiah coklat ataupun surat kepada yang anda sayangi, baik itu sahabat, orang tua ataupun saudara yang jauh dari rumah.

4. Berdoa, selalu berfikir baik dan berdoa biar yang baik akan mendatangkan manfaat banyak, di harapkan di tahun-tahun depan kita akan dapatkan jodoh yang baik.

Itu sebagian dari tips kalau anda sedang galau, takut tidak punya pasangan,tapi kalau anda mempunyai pacar, dengan harapan hubungan dengan pacar kekasih anda akan langgeng. oleh karena itu cobalah gunakan resep berikut di bawah ini.

1. Membicarakan harapan anda dengan memulai obrolan apa yang anda inginkan dengan pasangan. "Orang-orang memiliki pendapat dan harapan yang sangat berbeda pada Hari Valentine," kata penasihat dan pakar kencan, Jonathan Bennett. Hal ini seperti yang dilansir dari Bustle.

2. Jangan membuat pikiran negatif apalagi hal buruk ketika anda sedang merayakan hari valentine ''Hari Valentine bisa membuat stres bagi pasangan-pasangan baru karena mereka berharap menciptakan kesan baik dan khawatir akan mengecewakan pasangan mereka,'' kata Bennette.

3. Jangan dibiasakan anda memberi hadiah yang mahal kepada pasangan mungkin sewaktu-waktu kita anggap hal itu wajar tetapi kalau berlebihan akan  berat juga nantinya. Dengan Memberikan Hadiah Hari Valentine menjadi momen yang erat dengan pemberian hadiah, seperti cokelat, bunga, kartu, perhiasan, dan sebagainya. "Jika berada pada hubungan yang baru, berhati-hatilah dalam hal pemberian hadiah," kata terapis perkawinan dan keluarga, Becca Hirsch, MA, LMFT

Menurutnya  bahwa jika Anda baru sebulan menjalin hubungan, Anda tak perlu memberikan sesuatu yang terlalu mahal, cukup  sederhana saja.

Umumnya dalam sebuah hubungan kita akan memberikan sebuah surprise, dan Ada begitu banyak cara untuk mengejutkan satu sama lain, seperti bunga, kartu yang penuh perhatian, hingga pengalaman menyenangkan yang dapat Anda ciptakan bersama.

4. Lakukan dengan membuat sebuah perayaan yang walaupun sederhana tetapi cukup mengena, melakukan Perayaan yang Dapat Diulangi Setiap Tahunnya. Jika Anda benar-benar menjalin hubungan yang baru, lakukanlah dengan membuat tradisi sendiri. untuk Hari Valentine.

"Pada Hari Valentine pertama, Anda dapat mempertimbangkan untuk menciptakan sesuatu yang spesial sehingga Anda dan pasangan ingin mengulanginya setiap tahun: kata psikoterapis, Christine Scott-Hodson, MA, MFT, ATR.

5. Kesalahan seseorang dalam sebuah hubungan adalah  selalu membandingkan keadaan status hubungan kita dengan orang lain. hubungan kita yang seharusnya kita tidak perlu lah kita bandingkan dengan orang lain. Yang mungkin dianggap ideal di mata kita. Jangan Membandingkan Hari Anda dengan Orang Lain. Ketika lebih banyak pasangan yang telah merayakan Hari Valentine terlebih dahulu, cobalah selalu melakukan demikian.

"Ini akan membantu Anda tetap fokus pada perasaan dan hubungan Anda sendiri," kata psikoterapis, Kara Lissy, LCSW.

Setelah kita menulis tentang hubungan spesial dengan pasangan atau relationship. ada baiknya kita juga memperhatikan hal-hal lain,  terutama yang berhubungan dengan hari valentine itu. hari valentine itu identik dengan coklat, kita merasa nyaman ada damai senang ketika mengkonsumsi cokelat.

Tetapi mengkonsumsi cokelat terlalu banyak, juga akan berdampak buruk bagi kesehatan.

lni Akan Terjadi Saat Anda Mengonsumsi Banyak Cokelat ...

Mungkin ada benarnya juga valentine tubuh berhubungan erat dengan coklat karena menurut pandangan umum, Valentine erat kaitannya dengan cokelat sebagai salah satu simbol kasih sayang.

Banyak berbagai teksture, aneka ragam macam bentuk dan ukuran cokelat. Anda bisa membeli untuk dikasihkan kepada pasangan anda sebagai bentuk perhatian Anda . Memang bukan sesuatu yang salah memberikan coklat kepada kekasih atau pasangan hidup anda.

Tetapi ada juga hal yang esok buruk bisa jika Mengonsumsi coklat secara berlebihan, justru dapat membahayakan kesehatan Anda.

Apa sih efek buruk dari mengkonsumsi cokelat yang berlebihan, Berikut ini adalah penjelasannya,  efek samping yang dapat Anda rasakan setelah mengonsumsi terlalu banyak cokelat.

1. Akan menambah berat badan

Menurut beberapa penelitian, yang menunjukkan  bahwa " mengonsumsi cokelat berkaitan dengan indeks massa tubuh (BMI). Siapa pun yang mencoba menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan, harus membatasi konsumsi cokelat". Hal tersebut seperti yang dilansir dad Medical News Today.

2. Efek yang lain adalah ancaman Kesehatan Tulang Terdapat beberapa bukti bahwa cokelat dapat menyebabkan struktur tulang dan osteoporosis yang buruk.

Hal ini juga diperkuat Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition yang menemukan bahwa "Seseorang yang mengonsumsi cokelat setiap hari memiliki kepadatan dan kekuatan tulang lebih rendah daripada orang lain yang tidak mengonsumsi cokelat".

3. Gangguan Kesehatan Tubuh seperti Pendarahan dan Memar

Ini alasan mengapa anda jangan mengkonsumsi cokelat terlalu berlebihan, karena Cokelat dapat memperlambat pembekuan darah. Apalagi jika mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak, dapat meningkatkan risiko pendarahan dan memar pada Anda.

Seperti yang di lansiran dari WebMD.

4. Masalah Gastrointestinal

Walaupun rasa coklat itu mendamaikan tetapi efek dari Gastrointestinal buruk sangat buruk anda akan mendapatkan pendarahan yang terjadi di saluran cerna mana pun.

Dengan mengonsumsi terlalu banyak cokelat dapat menyebabkan adanya masalah pencernaan, karena sifat kafein itu adalah asam.

Sedangkan yang kita tahu , Makanan yang mengandung asam dapat menimbulkan masalah asam lambung, berkeringat, dan muntah. Oleh sebab itu makanya, terlalu banyak kafein juga dapat memperburuk masalah pencernaan Anda. Dikutip dari Nature Word.

5. Menyebabkan Insomnia

Kalau mengkonsumsi cokelat berlebihan bisa saja anda terserang insomnia , insomnia biasanya menyerang kepada orang yang sulit tidur karena kandungan kafein yang tinggi, coklat juga seperti kita meminum kopi yang akan menimbulkan gejala sulit tidur.

Selain masalah insomnia ternyata efek lain nya seperti Sakit Kepala, Gemetar, karena kandungan Kafein dan teofilin yang berlebihan, kedua unsur senyawa itu adalah termasuk di dalam coklat.

Satu senyawa khusus dalam cokelat dapat membuat Anda lebih waspada dan terjaga. Sepanjang  terus. Oleh karena itu, mengonsumsi cokelat berlebihan dapat menyebabkan insomnia dan agitasi.

Teofilin dalam cokelat juga menstimulasi sistem saraf pusat dan kardiovaskular sehingg dapat menyebabkan efek samping, seperti mudah marah, sakit kepala, mual, dan insomnia.

6. Menyebabkan Jantung Berdebar Mengonsumsi cokelat terlalu banyak dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Beberapa orang juga mengeluhkan bahwa mereka mengalami keringat yang sangat banyak, sakit kepala ringan, gemetar, dan merasa lemah.

Isi kandungan senyawa dalam coklat

Baik kopi teh ataupun coklat adalah konsumsi minuman yang sangat digemari masyarakat indonesia. tahukah anda, bahwa Di dalam kandungan kopi, teh dan coklat ada banyak terdapat senyawa kimia  yaitu xantin . Derivat xantin terdiri dari kafein, teofilin dan teobromin .

Kandungan Di dalam kopi disebut kafein , sedangkan, teh mengandung kafein dan teofilin, dan coklat mengandung kafein dan teobromin............13478

Di dalam tubuh kita dari derivan xantin dapat menyebabkan perangsang terhadap susunan saat saraf, sistem pernafasan pembuluh darah dan jantung itulah yang bekerja.

Maka sewajarnya kita hanya,  minum minuman yang mengandung derivat xantin dalam yang seimbang, efek dari tubuh akan merasa  lebih segar dan energik.

Kafein dan teobromin berkaitan erat dengan aktivitas seksual, Oleh karena itu coklat biasanya identik dengan valentine day Seseorang jadi tampak romantis dan menggairahkan.

Maka coklat dan kopi selalu berhubungan dengan moment untuk kepentingan bisnis dalam iklan.

Padang coklat kopi bisa menyebabakan efek perangsangan pada sistem tubuh,  Tetapi, walaupun demikian kekuatan efek senyawa kimia tersebut berbeda pada tiap orang.

Hal ini karena, variasi individual pada reseptor sistem-sistem tubuh yang bisa disebabkan berbagai faktor, seperti luas permukaan tubuh, usia, penyakit, kualitas kerja organ-organ tubuh, dsb.

Peningkatan Kadar kafein di dalam tiap satu gram daun teh adalah sekitar tiga kali lebih tinggi kadarnya dibandingkan dengan kadar kafein di dalam 1 gram biji kopi.

Makanya kalau kita , meminum Teh Pekat, maka Efeknya akan lebih terasa dibandingkan dengan minum kopi yang pekat. Mungkin ada reaksi kimiawi tersebut di atas ya.

Begitupun juga dengan Reaksi tubuh Terhadap susunan saraf pusat, senyawa kafein akan menyebabkan perangsangan yang kuat, teobromi sebabnya yang menyebabkan perangsangan yang ringan, sam juga, teofilin selain kuat karena pengaruh efeknya lebih dalam dan dalam membahayakan kesehatan tubuh  bila dikonsumsi berlebihan.

Kalau anda ,Minum kafein sebanyak 1-3 cangkir kopi, maka efeknya akan merasa tidak mengantuk, tidak merasa lelah, dan daya pikirnya lebih cepat dan jernih itu sebabnya banyak orang merekomendasikan meminum kopi ketika di sana aktivitas yang sibuk.

Namun, efek yang lain berlebihan meminum kopi adalah produktivitas akan berkurang dalam menghadapi pekerjaan  yang memerlukan kerapian, ketepatan berhitung dan waktu Yang tepat.

Mungkin ada baiknya bila anda sedang begadang dan sedang belajar  dengan materi pelajaran berupa hafalan (ilmu sosial), akan lebih terbantu jika setengah jam sebelumnya meminum kopi, teh atau coklat.

Tetapi ,  bila anda sedang mempelajari hitungan, menggambar atau melukis justru minuman tersebut akan mengurangi kemampuan kerja. Perlu juga dibuktikan tapi ada juga para pelukis, seniman biasanya pasti di sela-sela aktivitasnya ada kopi yang menemani.

Efeknya terjadi jika, Meminum Kafein  berlebihan lebih dari 250 mg sekaligus maka akan timbul keracunan seperti merasa gelisah, jantung berdebar, gugup, insomnia, tangan bergetar, mual, bahkan bisa muntah dan kejang-kejang.

Xantin berpengaruh juga pada sistem pernafasan, xantin dapat merangsang pusat pernafasan di batang otak.

Dan eEfeknya baru dapat terlihat pada orang yang mengalami keadaan kelainan tertentu. Seperti pada kasus pada orang yang terserang gangguan nafas akibat penyalah gunaan obat golongan narkoba.

Orang yang menderita penyakit pernapasan atau bayi prematur akan mengalami pernapasan aku anter koreksi pernapasan nabila diberikan obat yang mengandung xantin.

Pada pembuluh darah dan jantung senyawa xantin khususnya atau teofilin ini akan menyebabkan rangsangan jantung dan bisa mengurangi tahanan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah ke berbagai organ tubuh.

Pada rangsangan pada jantung akan adanya naikkan frekuensi di denyut jantung juga meningkatkan kekuatan kontraksi obat jantung menurunkan juga darah yang akan masuk ke jantung dan makan melebarkan pembuluh darah jantung sehingga meninggikan kerja jantung.

Tapi kalau kadar dipergunakan lebih tinggi pada individu tertentu yang sensitif dapat menyebabkan banyak jantung juga tidak akan teratur

Kafein dan teofilin ini juga terutama kafein secara tidak langsung akan merangsang sistem simatoadrenal. Yang bisa  menyebabkan dan dapat menaikkan tekanan darah baik sistolik  ketika darah dipompa keluar dari jantung maupun diastolik tekanan darah masuk ke jantung.

Makanya bagi anda kalau mempunyai penyakit hipertensi harus hati-hati dalam mengkonsumsi obat yang mengandung xantin , meminum teh, kopi, coklat, ataupun soft drink tertentu ( cola) serta minuman. suplemen yang mengandung senyawa xantin.

Karena sistem tubuh Dengan adanya peningkatan aliran darah ke ginjal, maka akibatnya adalah bertambahnya produksi urin , dan menyebabkan seseorang meminum senyawa xantin akan menyebabkan kandung kencing cepat penuh. Dan penderita harus bolak-balik ke kamar mandi.

Pada otot yang polos efek enter penting adalah menyebabkan relaksasi otot polos . Oleh karena itu, teofilin dapat meningkatkan kapasitas vital paru-paru dalam satu kali bernafas. Pada otot rangka, xantin akan menyebabkan dan memperkuat fungsi pengencangan otot dan menambah kemampuan kerja otot.
----------
Coklat itu identik dengan Valentine, Tahukah Anda sisa coklat di hari valentine sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh ?

Menurut beberapa Sumber yang terpercaya,  salah satu produk makanan yang sangat Icoklat batangan maupun berbagai bentuk  lainnya.

Pernahkah anda berpikir bahwa banyak mengandung gula

Kandungan dalam coklat  yang kita konsumsi ke dalam tubuh. menurut ahli gizi Dr Tan menyebut "coklat kemasan yang dijual di pasaran hari ini yang disebut sebagai coklat hiburan tidak bebas dari kandungan gula dengan berbagai macam sebutnya".

Meurut ahli gizi tersebut isinya bisa di baca pada daftar komposisi semudah itu dibilang no sugar bacalah dengan teliti istilah-istilah gula tersembunyi di jelas

kandungan gula dalam setiap produk coklat berbeda-beda namun berapapun jumlah gula yang masuk dalam tubuh harus disesuaikan dengan keadaan tubuh kita.

Berdasarkan tolak ukur WHO sebaiknya orang dewasa maupun anak-anak yang mengkonsumsi gula di bawah 10% dari total asupan energi setiap hari.

kunci Sehatnya semakin sedikit gula yang dikonsumsi dibawah 5% total konsumsi energi sekitar 25 gram atau 5 sendok teh per hari.

Bagaimana mengkonsumsi gula yang berlebihan? mengkonsumsi gula yang berlebihan bagi penderita penderita diabetes bisa berdampak langsung tapi mungkin pada orang normal hal itu tidak begitu terasa dalam waktu dekat.

Selama anda bukan penderita diabetes tidak ada gejala spesifik tidak ada masalah.

Kalau makan minum tidak diikuti pusing muntah dan diare yang aman karena ditakuti cuma gejala akut nya saja padahal menurut dokter Tan jika hal itu dibiarkan terus menerus dalam jangka panjang bisa terakumulasi dalam hal dan akan menimbulkan gangguan kesehatan juga di kemudian hari.

Penyakit yang timbul itu adalah mulai dari resiko diabetes sindrom, metabolik dan semua komplikasi di dalamnya.

Lebih lanjut menurut dokter Tan Ada baiknya hadiah yang diberikan di hari kasih bisa bukan berbentuk  barang-barang yang tidak terlihat seperti komitmen kejujuran kesetiaan dan tanpa pamrih.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma