Mengikuti Undang-Undang Hak Cipta untuk Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar

Mengikuti Undang-Undang Hak Cipta untuk Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar

Menulis artikel merupakan salah satu cara untuk menyebarkan informasi. Informasi yang tertuang dalam suatu artikelpun tidak terbatas pada suatu masalah. Artikel dapat memuat informasi yang ada di level regional sampai pada informasi yang berada di level internasional. Serunya, artikel yang ditulis dapat juga disisipin dengan opini pribadi penulis mengenai suatu fakta, bahkan dapat juga ditulis artikel yang keseluruhan isinya berupa opini. Balakangan artikel bisa diisi dengan karya sastra berupa puisi atau cerita pendek.

Serunya artikel tidak cukup sampai pada tahap penulisan. Artikel harus sampai dipublikasikan sehingga dapat diakses banyak orang. Publikas artikel bisa dijadikan sebagai tempat untuk menambah uang jajan. Ada beberapa tempat baik online maupun offline yang menawarkan bayaran atas suatu artikel. Artikel terlebih dahulu harus menarik penerbit sebelum akhirnya dipublikasin. Keseruan artikel pada tahap ini berarti menarik untuk dibaca.

Artikel yang menarik biasanya artikel yang memuat informasi berkaitan dengan topik yang baru-baru ini sedang diperbincangkan banyak orang. Selain itu, fakta-fakta yang di luar kebiasaan juga banyak diminati. Kegiatan biasapun seperti belanja atau makanan bisa dijadikan bahan untuk menulis artikel yang menarik dengan penulisan dari sudut pandang yang berbeda.

Artikel ini akan memberikan beberapa tips menulis artikel yang menarik dan dibayar dengan melihat peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang hak cipta. Hasil dari menulis berupa artikel merupakan suatu ciptaan yang dilindungi oleh hukum. Hukum yang dimaksud di sini adalah Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta beserta dengan peraturan pelaksananya.

Tuliskan Satu Nama pada Setiap Artikel yang Dibuat

Ketika membuat suatu artikel ada baiknya penulis artikel mencantumkan nama aslinya dengan ejaan yang sama. Tidak menambahkan satu kata atau menyingkat kata dari nama penulis artikel sehingga pencantuman nama penulis artikel di suatu artikel berbeda dengan yang ada pada artikel lainnya. Pakailah nama yang konsisten sebagai nama penulis artikel. Kalau dirasa ada kepentingan tertentu untuk tidak menggunakan nama asli, nama samara pun bisa digunakan yang penting adalah konsisten dalam menggunakan nama. Fungsi konsisten di sini untuk membuat nama besar sehingga orang kenal dengan penulis. Perkenalan nama penulis penting dalam dunia tulis menulis untuk membuat pembaca kembali lagi membaca artikel yang lain atau mengingat nama penulis untuk dibagikan kepada pembaca lainnya.

Terbitkan Artikel baik di Media Online maupun Media Offline

Artikel merupakan suatu karya tulis yang dilindungi oleh hukum ketika ada publikasi. Pentinga bagi penulis artikel untuk menerbitkan artikelnya sebagai bukti pemilik ciptaan. Penerbitan artikel yang diikuti dengan pembaca yang banyak akan mengundang sejumlah bayaran yang bisa dihitung dari bayaran per satu artikel ataupun bayaran dengan menghitung banyaknya pembaca.

Buat Artikel Menjadi Buku

Penulis artikel dapat mengembangkan artikel menjadi beberapa bagian sehingga menjadi sebuah buku. Penulis artikel juga bisa mengumpulkan sekian artikelnya dengan tema yang sama untuk dijadikan kumpulan artikel dalam bentuk buku. Buku ini dikatakan sebagai bagian dari penggandaan suatu ciptaan yang awalnya merupakan sebuah artikel.

Pengadaptasian dan Penerjemahan Suatu Artikel

Artikel bisa berisi suatu cerita yang isinya dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan. Perubahan artikel ini mendatangkan hak kepada penulis artikel atas suatu bayaran. Perubahan juga diikuti menerjemahkan artikel ke dalam bahasa lain.

Berikan Hak Ekonomi kepada Orang Lain

Pemegang hak cipta atas tulisan suatu artikel bisa saja bukan penulis artikel tersebut. Penulis dapat memberikan hak ekonomi suatu artikel kepada orang lain yang nantinya dikatakan sebagai pemegang hak cipta. Penulis dapat meminta sejumlah pembayaran atas artikel yang telah dibuatnya itu dengan perjanjanjian tertulis.

Sumber Bacaan:

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 1, 2020, 10:51 PM - Darmoko Yuti Witanto
Jan 26, 2020, 3:11 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin