Mengetahui Cara Kerja dan Jenis Wireless USB

Mengetahui Cara Kerja dan Jenis Wireless USB

Cara Kerja dan Jenis Wireless USB

Wireless USB biasanya digunakan pada mouse, keyboard komputer namun perangkat ini akan selalu memerlukan baterai. Bagi pecinta teknologi sekarang semakin tidak asing dengan istilah "Wireless USB". Wireless USB adalah teknologi yang memanfaatkan port USB komputer untuk sebuah jaringan nirkabel.

Jika Anda sekarang adalah pengguna  Wireless USB ini adalah sebuah pemakaian yang paling praktis karena tidak memerlukan kabel panjang agar perangkat dapat terus digunakan.

Wireless USB merupakan jenis komunikasi nirkabel yang memiliki jangkauan bandwith rendah hingga tinggi. Biasanya digunakan pada mouse atau keyboard di komputer, yang mana penggunaannya hanya memerlukan baterai.

USB nirkabel melalui Ultra Wide Band (UWB) Wireless USB bersertifikat adalah sebuah standar industri untuk kemampuan jaringan nirkabel berdasarkan teknologi UWB.

Perangkat komputer yang telah diaktifkan dengan USB nirkabel bersertifikat akan menghubungkan dan secara terus-menerus akan berkomunikasi secara nirkabel dengan port USB standar komputer. Wireless USB ini berbeda dengan bluetooth, karena keduanya memiliki sebuah jaringan protokol yang berbeda.

Kalau kita cermati cara kerja untuk sebuah Wireless USB sama dengan USB standar, namun ini tidak menggunakan kabel tembaga yang digunakan sebagai konektor. Sinyal dan informasi biasanya dialirkan ke seluruh jaringan tembaga serta adaptor Wireless USB, yang biasanya terdapat pada mouse, keyboard ataupun handphone. Yang mengubah sinyal menjadi pancaran gelombang radio.

USB yang terdapat pada sebuah keyboard ini biasanya dialirkan melalui pancaran gelombang radio ke penerima. Lalu perangkat ini akan mengganti sinyal dari siaran radio menjadi sebuah informasi yang akan digunakan pada komputer. Informasi yang ada biasanya akan dikirimkan ke drive perangkat lalu secara otomatis bekerja dan diterjemahkan dan diteruskan ke sistem operasi. 

Perangkat USB wireless terdiri dari empat jenis 

  1. Wireless Mouse.
  2. Wireless Keyboard.
  3. Wireless Headphone.
  4. Wireless Hub USB.

Fungsi dari Headphone juga akan berbeda dengan mouse atau keyboard karena jenis data yang berbeda yang selalu ditransmisikan. Mouse dan Keyboard menyiarkan apa yang pada dasarnya adalah data biner. 

Sementara Wireless Hub USB juga akan memungkinkan perangkat USB dibagikan ke seluruh jaringan yang ada. Yang mana cara kerjanya adalah dengan menerjemahkan sinyal dari perangkat USB yang terhubung ke sinyal yang dapat dibaca oleh perangkat lain. 

Sedangkan menggunakan Wireless Hub USB adalah bahwa setiap perangkat yang terhubung ke hub harus terhubung langsung dengan kabel USB. Namun aspek Wireless HUB hanya dapat mengacu untuk terus terhubung melalui koneksi jaringan WiFi. Keempat jenis perangkat Wireless USB tersebut merupakan perangkat USB yang paling umum diketahui oleh masyarakat awam.

Dengan adanya Wireless USB bukannya tidak menimbulkan masalah, masalah yang paling banyak kita temui adalah koneksi dan kecepatan, yang mana USB 2.0 merupakan perangkat lama yang cenderung tidak cepat dibanding dengan USB 3.0 yang telah memenuhi standar baru dan sering digunakan pada perangkat nirkabel saat ini.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma