Mendapatkan Penghasilan dari Internet? Mungkinkah?..Pemahaman Konsep Dasar Pemasaran Internet bagi Pemula

Mendapatkan Penghasilan dari Internet? Mungkinkah?..Pemahaman Konsep Dasar Pemasaran Internet bagi Pemula

Mendapatkan penghasilan secara online?..Pasti banyak yang setuju akan hal tersebut ..Banyak tutorial telah ditulis tentang bagaimana cara untuk dapat menghasilkan uang secara online. Ada berbagai tutorial  tentang mencapai kesuksesan di eBay, menghasilkan uang dengan blog, membangun lensa Squidoo, melakukan pemasaran artikel, mendapatkan keuntungan dari pemasaran afiliasi, membangun situs web niche..dan itu belum semua disebutkan tentang bagaimana cara menghasilkan uang secara online..masih banyak lagi cara untuk dapat menghasilkan pendapatan dari dunia maya. 

Namun, terlepas dari semua cara yang ada, sebagian besar dari semua pemasar baru gagal menghasilkan uang secara online ...

Mereka tidak hanya gagal menghasilkan uang, namun juga sering berakhir dengan kehilangan banyak uang ketika sedang berusaha untuk mencoba menghasilkan uang secara online!..dan yang lebih penting lagi adalah begitu banyak waktu berharga yang terbuang.

Hal ini disebabkan oleh tidak adanya dasar yang cukup kuat untuk membangun bisnis online. Mereka tidak memiliki wawasan dan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk sukses dalam membangun bisnis online. Jika diibaratkan, para pemula dalam bisnis online ini mencoba berlari sebelum bisa berjalan, atau mulai berjalan tanpa tahu ke mana mereka akan pergi.

Adalah sangat mungkin untuk menjadi pemasar internet yang sukses dalam waktu singkat, tetapi hanya jika Anda memulai dengan pemahaman yang jelas tentang konsep dasar pemasaran internet, dengan kata lain Anda perlu mempelajari dasar-dasarnya terlebih dahulu sebelum dapat memulai bisnis online.

Memperoleh Profit Luar Biasa..Mungkinkah?

Banyak orang menganggap pemasaran internet sebagai salah satu cara terbaik untuk meraih keuntungan fantastis seperti halnya mendulang emas yang bisa memberikan profit yang luar biasa.  Apakah hal itu benar adanya?..mungkin saja.

Di mana lagi Anda dapat mendirikan bisnis dalam beberapa jam tanpa biaya dan mulai menghasilkan uang 24 jam sehari dengan pelanggan dari seluruh dunia...menakjubkan bukan?

Para pemasar internet pemula harus belajar dari sejarah

Kesuksesan bisnis online bukan diraih hanya dalam sekejap mata, butuh perjuangan dan dedikasi ke arah kesuksesan itu. Sebagai pembelajaran bagi para internet marketer pemula, ada baiknya kita kembali kepada sejarah. 

Jika kita bicara mengenai keuntungan luar biasa layaknya mendulang emas, maka kita lihat ke belakang sejenak kasus demam emas besar-besaran pada tahun 1848 yang terkenal dengan California Gold Rush yang dimulai ketika seorang “James Marshall” melihat sesuatu yang berkilauan di sungai. 

Ternyata itu adalah emas..ya benar, emas.. dan, meski James Marshall berusaha merahasiakannya serapat mungkin, walhasil bocor juga dan akibatnya memicu demam emas besar-besaran. Seantero Amerika menjadi heboh.

Yang ada dipikiran para pendulang emas pada saat itu hanya satu “kaya dengan cepat”. Emas diibaratkan dengan ayam nugget yang tergeletak di tanah, tinggal diambil dan selanjutnya..kaya deehh.. 

Ibaratnya seperti mimpi yang menjadi kenyataan bagi sebagian besar pendulang emas. Namun, kenyataannya sedikit berbeda ...

Analisanya sederhana saja...

- Bepergian ke California tidak mudah pada masa itu. Pada dasarnya ada tiga pilihan, yaitu dengan kapal melalui Amerika Selatan (enam bulan dilaut dengan berbagai penderitaan lahir batin), dengan kapal melalui Panama (jika tidak terlalu khawatir dengan wabah malaria dan Kolera yang sedang merajalela pada saat itu) atau perjalanan melalui jalur darat (dengan jarak tempuh perjalanan mencapai 2000 mil). 

- Begitu tiba di sana, kondisi kerja sangat buruk. 

- Kurangnya pasokan makanan bagi para pendulang emas, yang berarti harga bahan makanan pokok melonjak. Dampaknya sangat mudah diduga,...banyak penambang mati kelaparan dan miskin ...

Nah, sejarah sudah menunjukkan kepada kita..dan sekarang, apa kaitannya demam emas 1848 dengan pemasaran internet? 

Sederhana saja, seperti halnya dalam kasus demam emas, banyak pemasar baru berpikir bahwa pemasaran internet berarti uang mudah alias dompet tebal tanpa usaha yang sulit. Mirip dengan kasus demam emas, yang terjadi adalah sebagian besar pemasar internet baru sebenarnya tidak menghasilkan uang dan parahnya lagi,..kehabisan uang !

Apa hikmah yang bisa kita dapatkan? 

Semakin siap Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan emas ( profit) dalam pemasaran internet. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang pemasaran internet, semakin kecil kemungkinan Anda akan melakukan kesalahan bodoh dan jatuh dalam skema "cepat kaya".

Pemasar baru biasanya tidak memiliki ide sedikit pun dari mana harus memulai, dan banyak dari mereka tidak mau atau mampu menginvestasikan modal awal dalam bisnis online mereka. Namun, hampir tidak mungkin untuk memulai bisnis internet tanpa mengeluarkan uang untuk infrastruktur dasar seperti hosting web, nama domain, dan sebagainya. Dan kabar buruknya, banyak pemasar internet baru berkeberatan dengan hal tersebut..Inginnya serba gratis...capeek deehh..

Pengetahuan adalah sumber kesuksesan dalam bisnis online

Pada dasarnya,  sebagian besar pemasar internet pemula akan melakukan banyak hal berbeda jika mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka hadapi.

Memiliki ide hebat atau memperhatikan peluang yang ada adalah satu hal yang bagus. Mengubah ide atau peluang menjadi bisnis yang menguntungkan adalah suatu cerita yang berbeda.

Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah mencatat satu persatu apa saja keterampilan yang Anda miliki. Silahkan Anda mencatatnya pada notepad atau cukup didalam pikiran Anda saja.

Keahlian apa yang Anda miliki? mungkin keahlian ini Anda dapatkan melalui kehidupan sehari-hari (misalnya bahasa), melalui pekerjaan Anda (pengetahuan langsung tentang niche tertentu) atau dari hobi Anda (misalnya memancing). Sangat direkomendasikan untuk mencatat keahlian atau pengetahuan yang Anda miliki dan mungkin saja diminati di tempat lain. 

Misalnya, Anda suka memancing dan Anda melakukannya setiap hari setelah bekerja. Anda dapat membangun bisnis internet Anda berdasarkan ini, menulis panduan pengajaran tentang memancing, mengajar orang bagaimana melakukannya, dan kabar terbaiknya adalah  Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperoleh pengetahuan ini, karena Anda sudah memilikinya.. bagaimana..menarik bukan?

Jadi, opsi pertama, jika Anda tidak memiliki uang atau sangat sedikit modal untuk memulai bisnis online, maka cara terbaik adalah mendapatkan modal menggunakan keahlian atau pengetahuan yang sudah ada. Anda dapat memberikan pelatihan kepada para siswa tentang mata pelajaran dominan Anda di perguruan tinggi, Anda dapat mengajarkan hal-hal tentang hobi Anda kepada orang-orang yang tertarik, Anda juga dapat menulis panduan tentang pengetahuan atau keahlian yang Anda dapatkan melalui pengalaman dan tidak dapat ditemukan dalam buku-buku teori. 

Bagaimana menurut Anda? Bukankah sangat mungkin untuk melakukan hal-hal itu,  bukan? dan profit yang didapatkan dapat membantu mendanai start up bisnis online Anda.

Membangun Pondasi Bisnis yang Kuat

Kesalahan yang sering dibuat para pemasar internet pemula

Sebelum Anda dapat berharap untuk membangun bisnis online yang sukses, Anda harus terlebih dahulu membangun dasar bisnis yang kuat. Ini seperti kata pepatah,membangun rumah di atas pondasi yang kokoh dan bukan di atas pasir.

Mengapa pemasar internet pemula sering kena tipu?

Jawaban singkat? Kurangnya pemahaman. Pemasar baru seringkali tidak mengerti apa yang mereka hadapi. Sangat mudah tertipu dan hal ini akan selalu membuat Anda menjadi sasaran empuk bagi para penipu di dunia maya dan satu hal yang sangat bisa dipastikan... di internet sangat banyak berkeliaran para penipu.

Bayangkan jika Anda pergi berlibur ke Jepang. Anda tidak tahu atau sama sekali tidak mengerti mengerti budaya dan bahasa di Jepang. Anda tidak tahu berapa banyak harga untuk membayar barang dan jasa. Anda tiba di bandara dan naik taksi ke hotel. Sopir taksi memungut biaya $ 100. Apakah ini harga yang wajar? Apakah Anda seharusnya membayar ongkos tersebut kepada sopir taksi? Dan bagaimana Anda bisa tahu jika $100 adalah harga yang wajar?

Permasalahannya adalah Anda tidak memiliki titik referensi ... Anda tidak dapat membandingkan biaya taksi di Jepang dengan biaya memanggil taksi di Manila, London, Yokohama atau kota lain di mana pun. Setiap kota adalah unik. Kecuali jika Anda tinggal di kota itu dan "tahu" tarif taksinya.  Dan bagaimana jika  sopir taksi mungkin telah mengambil rute yang panjang atau mungkin telah berputar-putar selama setengah jam!

Tanpa referensi, sangat sulit untuk mengetahui apa yang harus dipercaya. Banyak pemasar baru tertarik pada pemasaran internet di situs- situs yang mencolok, spanduk dan iklan yang menjanjikan mereka "uang mudah" ...Iklan seperti "Dapatkan $ 100.000 per bulan". Para pemasar pemula tidak memiliki referensi untuk mengetahui apa yang harus dipercaya. Bagaimana dengan $ 1000 hari? Oke, tidak ada masalah...tetapi tidak pada hari pertama Anda...Ingat , hal itu butuh waktu dan perjuangan..

Pepatah lama berkata “Jika sesuatu tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, maka itu biasanya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan” ..pepatah tersebut berlaku di bisnis online. Apakah mungkin menghasilkan $ 100, $ 500 atau bahkan $ 1000 dalam satu hari? Ya, tetapi tidak pada hari pertama Anda dan sangat tidak mungkin Anda akan berhasil setiap hari...Ingat itu baik-baik!!

Butuh waktu untuk membangun bisnis. Internet adalah alat pemasaran yang hebat tetapi tidak ada resep ajaib untuk mendapatkan kekayaan dalam sekejap mata. Tidak ada skema menjadi cepat kaya mendadak. Dibutuhkan pemikiran yang jelas dan perencanaan yang matang untuk berhasil di bisnis online. Bahkan, hal tersebut berlaku sama seperti di bisnis lain.

Ada banyak orang yang mampu menghasilkan $ 1000 dalam satu hari. Namun,apa yang sering tidak disebutkan adalah bahwasanya mereka sebenarnya membutuhkan waktu beberapa minggu, bahkan beberapa bulan, atau bahkan sampai bertahun-tahun tergantung dari sejak kapan waktu Anda mulai  mempelajari semua hal yang berkaitan dengan bisnis online  sampai ke titik di mana Anda dapat mulai mendapatkan penghasilan online yang layak.

Coba saja dipikirkan secara logis ! Anggap Anda ingin menghasilkan uang dengan menjual e-book online. Kemungkinannya adalah jika Anda membeli hak jual kembali ke e-book yang ada, ada ratusan orang lain yang bersaing dengan Anda.

Banyak pesaing Anda adalah pemasar internet yang berpengalaman. Banyak pesaing Anda akan menjual e-book hanya dengan $ 0,99 meskipun harga yang disarankan mungkin $ 47.

Bagaimana Anda bersaing? Bagaimana Anda akan mendapatkan penjualan Anda ke level bahkan hanya $ 100 sehari? Alternatifnya adalah menulis e-book sendiri tentang topik yang sangat Anda sukai. Meski begitu, Anda perlu juga melakukan penelitian apakah ada permintaan untuk buku semacam itu.

Apa yang dipersiapkan orang untuk membayar informasi? Butuh waktu cukup lama untuk menulis e-book dan pada saat mempromosikannya mungkin menjadi sesuatu hal yang lebih sulit daripada yang Anda pikirkan.

Intinya: Anda bisa mendapat penghasilan online yang bagus tetapi akan membutuhkan waktu untuk menuju kearah itu. Sering terjadi bahwasanya sebagian besar pemasar baru menyerah terlalu dini karena mereka memiliki harapan yang tidak realistis sejak awal. 

Tidak semua proyek yang Anda lakukan akan berhasil. Akan ada banyak rintangan yang menghadang. Namun, jika Anda benar-benar berkomitmen maka sangat bisa dipastikan Anda akan berhasil.

Pemasaran Internet itu cakupannya sangat luas ...

Salah satu poin paling penting yang harus dipahami oleh pemasar baru adalah bahwasanya pemasaran internet adalah suatu bidang yang memiliki cakupan yang sangat luas!

Coba bayangkan pemasaran internet sebagai universitas. Di dalam universitas ini ada banyak fakultas atau departemen yang berbeda. Beberapa fakultas  berurusan dengan periklanan, sedangkan yang lainnya dengan desain situs web, copy writing, riset pasar, dll. 

Seorang siswa tidak hanya memutuskan bahwasanya ia ingin menjadi seorang webmaster yang handal dan kemudian menghadiri kelas secara acak yang dirasa cocok baginya. Tidak demikian ! 

Ia akan menjalani pendidikan secara umum yang terstruktur dengan baik dan ia harus menyelesaikannya sebelum memutuskan bidang apa yang akan menjadi spesialisasinya.

Di sinilah begitu banyak pemasar internet baru salah ... Mereka mencoba untuk pergi ke segala arah pada saat yang sama. Mereka membaca sedikit di sini, bereksperimen sedikit di sana, dan meskipun mereka mengumpulkan sedikit demi sedikit informasi, pada hakikatnya mereka tidak membangun fondasi yang kuat.

Tidak cukup mengerti tentang suatu topik terkadang lebih berbahaya daripada tidak tahu sama sekali! Ini juga berlaku untuk bidang pemasaran Internet. Tidak siap untuk apa yang akan Anda lakukan dapat menghabiskan banyak waktu dan uang.

Pemasaran Internet dapat menjadi bisnis penuh waktu yang menguntungkan, tetapi Anda harus mendekatinya dari perspektif yang benar. Bagaimana, Anda sudah merasa siap mencobanya ?

Menciptakan Produk yang Menjual

Banyak pemasar menciptakan atau mengakuisisi produk yang mereka perkirakan akan laku keras. Dan kemudian dengan sangat antusias mengatur segalanya mulai dari surat penjualan, desain situs web hingga berbagai promosi untuk mendapatkan traffik.

Namun, banyak pemasar ini melupakan satu-satunya faktor terpenting yang akan mempengaruhi penjualan produk mereka, yaitu "daya jual" dari produk tersebut. 

Ketika Anda mulai membuat produk atau hak beli untuk menjual produk tertentu, faktor terpenting yang harus Anda perhitungkan adalah permintaan pasar terhadap produk tersebut. 

Apakah pasar menginginkan produk Anda? Sungguh bodoh membuang waktu satu bulan untuk menyiapkan suatu produk, membuat situs web dan merancang teknik penjualan yang diperlukan hanya untuk mendapatkan kenyataan diakhirnya bahwasanya market tidak tertarik dengan produk Anda.

Tidak ada Resep “Ajaib” Khusus untuk Sukses

Ada banyak resep sukses yang berbeda! Sama halnya, berapa banyak resep untuk ayam panggang yang enak dan renyah? Tentunya bukan hanya satu! Hal yang sama juga berlaku pada pemasaran internet!

Tidak ada Teknik Terjitu untuk Menghasilkan Uang

Salah satu perangkap terbesar bagi pemasar baru yang dapat menjatuhkan mereka kepada kegagalan adalah sangat tertarik terhadap promosi produk yang dilakukan secara berlebihan alias promosi lebay. Banyak pemasar internet sukses menulis surat penjualan yang sedemikian baik dan kedengarannya sangat waaahh..sehingga pemasar baru dapat dengan mudah berpikir bahwa dia HARUS membeli produk tersebut jika ingin sukses.

Perhatikanlah beberapa contoh ini:

- Apakah Anda tipe orang yang serius untk mendapatkan penghasilan, segera dapatkan penawaran terbatas ini.. 

- Tunggu apalagi, segera lakukan pemesanan saat ini juga,  sebelum kompetitor Anda juga mempraktekkan cara ini untuk menjatuhkan Anda.

- Kamu tidak bisa melewatkan kesempatan terbatas ini ..

Ingat yaa..jangan pernah salah paham..beberapa produk dengan metode promosi lebay ini sebenarnya memang bagus. 

Masalahnya adalah bahwa banyak pemasar baru berpikir mereka tidak punya pilihan lagi selain membeli produk tersebut jika mereka ingin segera dapat menghasilkan uang secara online. 

Ingat baik-baik, rekan-rekan pemasar internet baru...Anda itu selalu punya pilihan untuk sukses !!!!



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
May 1, 2020, 10:51 PM - Darmoko Yuti Witanto
Jan 26, 2020, 3:11 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin