Mau Punya Bisnis Secara Mandiri? 14 Bisnis Online Tanpa Modal Ini Layak Kamu Coba!

Mau Punya Bisnis Secara Mandiri? 14 Bisnis Online Tanpa Modal Ini Layak Kamu Coba!

Di tahun 2020 ini, bekerja dari rumah sendiri telah menjadi sebuah gaya hidup dari cara bekerja banyak orang. Benar, sebagian orang lebih suka untuk bekerja dari rumah sendiri dibandingkan dengan harus bekerja di sebuah perusahaan atau pabrik. Sangat beragam faktor penyebabnya, mulai dari jam kerja yang terikat, sedikitnya waktu bersama keluarga tercinta, hingga tidak mau terjebak lalu lintas macet yang selalu hampir terjadi saat dalam perjalanan. 

Ada banyak pekerjaan yang bisa dijalankan dari rumah rumah. Sebagian besar orang memutuskan untuk memilih bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah sebagai trik untuk menambah penghasilan. Sebab dengan bisnis online, Kamu tidak butuh untuk menyewa tempat untuk memulai berbisnis, modal yang dibutuhkan juga relatif berukuran kecil dan cenderung ringan. 

Salah satu hal yang membuat banyak orang enggan untuk mulai berbisnis adalah karena tingginya modal yang mereka butuhkan. Beruntungnya, tersedianya koneksi internet di era digital seperti saat ini bisa menjadikan Kamu bisa memulai bisnis online tanpa modal! Sebenarnya, tidak sepenuhnya tanpa modal, tentunya kamu juga memerlukan komputer atau smartphone dan kuota internet, tidak hanya itu, hal lain yang kamu butuhkan adalah kegigihan dalam berusaha dan kreativitas.

Kamu tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun dan berniat berbisnis dengan menggunakan dunia digital? Pasti bisa! Nah, bisnis online seperti apa sih, yang tidak memerlukan modal? Berikut terlampir 14 jenis bisnis online tanpa modal yang bisa Kamu coba! Lumayan, hanya dengan koneksi internet dan laptop atau ponsel, Kamu sudah bisa menghasilkan uang. 

1. Menjadi Youtuber

Salah satu bisnis online tanpa modal yang saat ini paling umum untuk dilakukan adalah melalui video kreatif. Tentunya Kamu kerap menonton video di beberapa website videoo seperti website Youtube, kan? Nah, dengan menjadi seorang pembuat video di youtube atau youtuber, kamu dapat memperoleh penghasilan yang cukup lumayan! Yang Kamu butuhkan dan perlu untuk kamu miliki hanyalah minimal smartphone dan koneksi internet yang handal.

Pertama-tama, tentunya kamu mesti memiliki akun pribadi di website video yang Kamu minati. Dalam kasus ini, website youtube, kamu dapat membuat akun disini secara gratis 100%, alias tanpa biaya. Setelah itu, gunakan kreativitas Kamu untuk menjadikan video yang Kamu buat menjadi vdideo yang memikat hati. Kamu dapat membuatn video dengan webcam yang terdapat pada laptop yang Kamu miliki, atau bahkan hanya dengan kamera smartphone kamu.

Jika Kamu ingin mendapatkan kualitas video yang lebih baik lagi, kamu harus rela untuk mengeluarkan uang untuk membeli kamera berkualitas tinggi, namun, untuk membuat video secara online, tentunya hal itu tidak bersifat wajib. Setelah video direkam, kamu dapat menyunting video yang Kamu buat tersebut dengan beberapa software tanpa biaya, misalnya dengan menggunaka tool seperti windows movie maker, shotcut, lightworks dan avidemux.

Setelah video selesai dibuat, kamu tinggal mengunggahnya dan mendaftarkan akun youtube kamu untuk dimonetisasi agar bisa segera menghasilkan uang. Pastikan kamu membuat video-video yang keratif dan berkualitas, sebab jika website Youtube menganggap video yang Kamu buat tidak cocok, video kamu tidak akan dapat dimonetisasi. 

Apa sih maksud monetisasi? Yang dimaksud dengan monetisasi ialah disertakannya iklan dalam video kamu, sehingga saat orang yang menonton video yang kamu buat dan mengklik atau menonton iklan yang ditayangkan, kamu akan mendapatkan uang dari hal ini. Semakin banyak pengunjung situs Youtube yang menonton video yang Kamu buat dan mengklik atau menonton iklan pada video tersebut, semakin tinggi dan besar potensi penghasilan yang dapat kamu hasilkan.

2. Usaha Dropship

Apakah kamu pernah mendengar istilah tentang dropshipping atau dropshipper? Ini adalah sebuah tipe usaha di mana kamu mempromosikan barang jualan atas nama kamu, namun barangnya dikirimkan oleh pihak lain, misalnya oleh supplier atau distributor. Misalnya, kamu memberi kabar pada sahabat kamu bahwa kamu memiliki barang jualan berupa jaket hoodie keren. Saat sahabat Kamu berminat untuk membeli jaket yang kamu jual tersebut, ia akan membayar atau mentransfer sejumlah uang kepada kamu. Kemudian, Kamu membeli jaket tersebut secara online dari pihak supplier atau distributor dan merekaa akan segera mengirimkan jaketnya ke alamat sahabat kamu. Tentunya, harga yang Kamu tentukan untuk produk tersebutlebih tinggi ketimbang dengan harga aslinya supaya Kamu memperoleh profit.

Dengan semakin banyaknya perusahaan e-commerce yang bertebaran di dunia maya seperti shopback di Indonesia pada saat ini, kamu dapat dengan gampang mengajak salah satu atau bahkan beberapa perusahaan untuk berafiliasi dan bekerjasama denganmu. Yang memikat hati dari usaha dropshipping ini ialah, kamu tidak butuh menyetok barang untuk dapat memulai usaha secara mandiri. Sehingga, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk membeli barang-barang untuk dipajang ataupun pengeluaran sewa tempat untuk menyimpan barang-barang tersebut. Dengan potensi besarnya profit yang bisa Kamu dapatkan, tidak akan membuat terlalu heran jika usaha dropshipping adalah salah satu cara bisnis online tanpa modal yang paling diminati saat ini.

3. Menulis blog atau Membuat Website Secara Mandiri

Suka menulis artikel? Kamu memiliki blog yang berisi berita dan informasi yang bermanfaat? Kamu bisa mempertimbangkan untuk memajang iklan dalam blog atau website kamu. Untuk membuat blog atau website secara gratis atau tanpa biaya, kamu dapat mencobanya dengan menggunakan layanan blogger, wordpress weebly, wix dan beberapa layanan pembuat website lainnya. Setelah Kamu memiliki website secara mandiri, kamu dapat memajang iklan dengan mendaftarkan blog Kamu di layanan Google Adsense. Dengan ini, kamu dapat mengubah kegemaran menulis Kamu dan menjadikannya bisnis online tanpa modal yang sangat berpotensi!

Google Adsense merupakan layanan google yang terkenal terkait untuk menampilkan iklan. Dengan mendaftarkan blog atau website kamu dalam Google Adsense, maka iklan-iklan akan muncul secara otomatis dalam blog maupun website kamu. Tentunya, kamu dapat menentukan iklan seperti apa yang sesuai untuk ditampilkan, sehingga kamu dapat memutuskan iklan mana yang paling cocok dengan blog serta website kamu. Kamu akan mendapatkan komisi, saat para pengunjung meng-klik iklan tersebut. 

Namun serupa halnya dengan iklan yang tayang di video youtube Kamu, pastikan website atau blog kamu juga memiliki konten yang memikat hati banyak orang dan hingga banyak dikunjungi dan menjadi terkenal, sebab Google Adsense memiliki proses seleksi yang lumayan berat dan ketat. Untuk meningkatkan peluang untuk diterima, alangkah baiknya jika Kamu menggunakan top level domain dengan akhiran “.com”, kendati itu berarti kamu mesti membayar biaya sewa domain setiap tahunnya. Jika akun google adsense kamu ditolak oleh pihak Google, kamu dapat mencoba untuk mendaftarkannya lagi setelah meningkatkan kualitas blog dan website kamu.

4. Menjual Informasi

Tidak hanya barang-barang fisik yang bisa dijual, informasi yang memberikan solusi pun juga bisa Kamu jual! Melalui blog atau website, kamu dapat menjual Informasi. Informasi berupa apa? Salah satu contohnya ialah dengan mempromosikan dan menjual buku elektronik (e-book) yang kamu tulis tentang suatu topik tertentu.

Dalam kasus ini, setelah kamu selesai menulis, Kamu dapat mengubah hasil artikel kamu menjadi format pdf atau format lainnya supaya gampang diakses dan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak lain. Kemudian, kamu hanya butuh untuk memajangnya di dalam website kamu dan mempromosikannya. Jika ada yang tertarik, kamu tinggal mengirimkan file ebook tersebut melalui e-mail kepada mereka yang berminat pada ebookmu. Tidak hanya artikel, kamu juga dapat menjual dan memmpromosikan video kursus dan pembelajaran yang telah kamu buat!

5. Menjadi Seorang Pekerja Lepas (Freelance)

Mempromosikan jasa juga dapat menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang cukup menguntungkan. Ini semua tergantung dari skill  dan kemampuan Kamu, Kamu bisa mempromosikan jasa kamu untuk mendapatkan sejumlah bayaran. Suka menulis? kamu bisa menjadi seorang penulis lepas. Suka melakukan coding? Programmer lepas bisa menjadi alternatif pilihan. Apapun Skill dan kemampuan yang kamu banggakan, Kamu dapat mengubahnya menjadi sumber penghasilan yang potensial.

Untuk meningkatkan besarnya peluang agar orang-orang menggunakan jasa kamu, kamu dapat menggunakan website khusus pencari para pekerja lepas seperti freelancer dan sribulancer. Selain itu, kamu juga dapat bergabung dalam grup-grup dan komunitas pekerja lepas di banyak sekali media sosial yang ada. Jika kamu termasuk orang yang baru memulai, alangkah baiknya bila Kamu terlebih dahulu memulai dengan pekerjaan-pekerjaan simpel dengan bayaran yang tidak terlalu tinggi. Setelah pengalaman kamu semakin banyak, orang-orang akan semakin percaya pada skill dan kemampuan Kamu, dan Kamu dapat mulai mencoba untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lebih sukar dengan bayaran yang tentunya lebih tinggi!

Bisnis-bisnis online tanpa modal di atas dapat dilaksanakan hanya bermodalkan komputer dan kuota internet. namun, jika Kamu bersedia mengalokasikan sedikit budget anda untuk fasilitas pendukung seperti kamera digital yang lebih baik atau top level domain untuk website Kamu, kamu dapat meningkatkan kemungkinan antigagal bisnis kamu secara signifikan.

6. Menjual Jasa Konsultasi

Merasa mahir didalam sebuah bidang? ini waktunya kamu untuk mempromosikan apa keahlianmu, tidak butuh malu sebab metode ini bisa berpotensi meningkatkan pundi-pundi rekeningmu. Contohnya kamu sangat pakar dan paham tentang Optimasi Mesin Pencari (SEO), kepakaranmu ini bisa dihargai dengan harga yang mahal. Kamu bisa mempromosikan jasa konsultasi online-mu ini melalui banyak sekali channel didunia maya lho, contohnya forum.

7. Survei Berbayar

Cara gampang lain menemukan uang melalui bisnis online adalah dengan melakukan survei berbayar alias kamu akan dibayar setelah mengisi survei. Hal ini tidak membutuhkan modal, Kamu hanya butuh untuk mencari banyak sekali website survei berbayar yang tersebar di internet. Tapi hati-hati terhadap penipuan ya!

8. Penerjemah Bahasa

Bisnis yang satu ini juga bisa Kamu lakukan tanpa modal, kamu hanya butuh keahlianmu dalam bidang bahasa saja. Saat ini ini banyak perusahaan yang memerlukan jasa penerjemah, baik dari bahasa asing ke bahasa indonesia ataupun sebaliknya. Jikalau kamu lulusan sastra, keahlianmu dalam berbahasa asing bisa kamu gunakan untuk mendapatkan penghasilan. Tidak butuh ribet soal jam kerja sebab Kamu bisa mengatur jam kerjamu secara berdikari. Merasa kurang yakin dengan kemampuanmu? Coba tawarkan dulu kemampuanmu ini ke kerabat terakrab dan terdekat, kumpulkan portofolio, baru setelah yakin, Kamu bisa tawarkan jasa yang Kamu miliki ini ke perusahaan yang memerlukan.

9. Jasa Desain

Punya hobi menggambar dan mendesain? Hobi dan kegemaranmu ini bisa berbuah sangat manis, hanya dengan menggambar atau mendesain kamu bisa mengumpulkan uang tambahan, dan bahkan lebih. Saat ini ini banyak yang memerlukan jasa desain lho... Mulai dari mendesain logo perusahaan hingga desain iklan. Jikalau kamu memiliki kemampuanan besar di bidang yang satu ini, sudah dapat dipastikan bahwa kamu bisa menemukan cara untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus mengeluarkan modal.

10. Fotografi

Sama dan serupa dengan desain, fotografi juga salah satu keahlianan yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang di era digital seperti saat ini. Seperti yang sudah kamu ketahui, hampir setiap momen dan acara besar bisa diabadikan dengan sebuah karya foto. Makanya tidak akan pernah salah jika kamu mulai memikirkan hal yang satu ini sebagai cara untuk mendapatkan gaji tambahan. Walaupun tidak 100% tanpa modal, keahlianmu dalam bidang fotografi ini bisa sangat menguntungkan lho, beneran.

11. Admin Sosial Media

Apakah Anda pernah terpikirkan untuk menjadi admin sosmed? Jikalau kamu suka bermain dengan media sosial tidak ada salahnya bila Kamu memberanikan diri untuk mencoba menjadi admin sosial media. Pekerjaan yang satu ini memang terbilang gres, tapi sangat dibutuhkan lho... Apalagi saat ini telah mulai menjamur akun-akun media sosial media untuk berjualan. Kamu hanya butuh mengasah keahlianmu untuk membuat postingan dan konten menarik banyak orang untuk membacanya.

12. Agen Properti

Punya keahlian dan mahir di bidang marketing? Yuk coba jadi agen properti, bisnis yang satu ini juga bisa dibilang tidak memerlukan modal dan resikonya pun sedikit. Saat ini Kamu juga bisa mencoba bisnis yang satu secara digital atau online. Banyak website yang mempromosikan jasa agen properti yang bisa secara pribadi untuk Kamu coba.

Apapun opsimu, memaang dibutuhkan ketabahan yang tinggi dalam menjalani segala tipe bisnis. Oleh sebab itu, Janganlah mudah menyerah! jangan takut juga untuk mencoba bisnis online tanpa modal ini yaaa...

13. Affliliate Marketing

Asal anda telah memiliki traffic pengunjung yang potensial dari internet, entah itu dari media sosial, blog ataupun youtube, semuanya bisa Anda jadikan sumber penghasilan mulai dari jutaan hingga ratusan juta hanya dengan memasang dan mempromosikan link affiliate. Sampai detik ini, produk digital masih banyak peminatnya. Anda bisa menemukan dan bekerjasama dengan para vendor produk-produk digital dimarketplace seperti Ratakan atau Clickbank.

Affiliate sendiri, secara mandiri dalam dunia offline sering disebut sebagai makelar barang, tugasnya hanya memberi informasi tentang produk yang dipromosikan melalui link affiliate, jika terjadi penjualan maka Kamu akan mendapatkan komisi. Pada bisnis online tanpa modal ini, affliasi adalah salah satu peluang besar yang sangat menjanjikan untuk Kamu coba.

14. Trading Forex Dengan Menggunakan Bonus Tanpa Deposit

Yang terakhir, Kamu bisa menjadikan trading forex sebagai bisnis online rumah tanpa modal. Trading forex ialah aktivitas jual beli dengan menggunakan mata uang negara asing. Misalnya, Kamu membeli mata uang euro di harga tertentu dan setelah beberapa waktu, anda bisa menjual mata uang euro tersebut setelah ada kenaikan nilai. Nah, dalam aktivitas jual beli inilah ada keuntungan atau profit yang bisa Kamu dapatkan. Profit yang didapat dari bisnis seperti ini juga berpotensi sangat berlimpah. Bagi anda yang pemula, bisa melakukan trading forex dengan menggunakan bonus tanpa deposit. Ini artinya, Kamu memulai jual beli mata uang asing tanpa modal sedikit pun. Triknya adalah dengan menggunakan bonus tanpa deposit yang disediakan oleh broker-broker tertentu. 

Saatnya Untuk Membuat Pilihan

Nah, kira-kira bisnis online tanpa modal mana yang akan kamu pilih?Apapun yang akan Kamu kerjakan, hanya satu kuncinya:Jangan mudah menyerah disaat gagal dan belum mendapatkan banyak klien.Saat Anda mulai berbisnis, apalagi tanpa modal, maka prosesnya tak bisa instan.Perlu kerja keras dan kerja cerdas dan keuletan agar Profit yang didapat bisa mencapai puluhan kali lipat.Jangan hanya dibaca, yuk, kita langsung mulai buka bisnis!Jika tidak dimulai dari sekarang, lalu kapan lagi?



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Content Writer, Copywriter, Internet & Affiliate Marketer di CaraBisnisOnline.Net

Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz