Madu Kelulut, Dari Alam Untuk Kesehatan Manusia

Madu Kelulut, Dari Alam Untuk Kesehatan Manusia

Sumber kekayaan alam di Kabupaten Kayong Utara begitu melimpah, Tanah yang subur membuat petani-petani maupun pekebun semakin bersemangat dalam bercocok tanam, alam yang asri hutan-hutan masih terjaga, laut yang luas memberikan kesejahteraan bagi nelayan dalam mencari berbagai jenis ikan. 

Dengan kondisi hutan yang masih terjaga,  terdapat jenis hewan yang biasa disebut "KELULUT" atau disebut juga Kelanceng (Trigona sp), jenis hewan ini tidak menyengat dan memproduksi madu dalam sarangnya. Kelulut ini banyak dijumpai di pohon-pohon yang sudah lapuk seperti di pohon rambutan, pohon karet dan lain-lain. Banyak manfaat dari madu kelulut ini, seperti memulihkan kebugaran tubuh yang terasa letih, meningkatkan metabolisme tubuh serta menurut beberapa sumber madu kelulut ini dipercaya dapat mencegah timbulnya tumor ataupun kanker. disamping itu juga khasiat lainnya juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka akibat penyakit diabetes.

Rasa madu kelulut ini bervariasi, ada rasa manis, masam, rasa sepat serta pahit hal ini tergantung dari pohon atau bunga apa yang sering dihisap oleh kelulut tersebut. kandungan gas pada madu kelulut ini ternyata cukup tinggi sehingga tidak dapat disimpan pada kemasan botol dalam jangka waktu yang lama, kalaupun disimpan dalam wadah botol plastik, maka proses penyimpanan dalam botol hendaknya dalam jangka waktu 4 atau 5 hari tutup botol harus dibuka agar gas yang dihasilkan dari endapan madu kelukel ini tidak meledak/pecah.

Di Kota Sukadana sudah ada beberapa warga yang berhasil beternak madu kelulut, sebagian pemilik ternak madu kelulut dipasarkan melalui media online dan ada juga ditawarkan secara langsung kepada pembeli. kondisi alam yang cukup bagus di kabupaten kayong utara ini memberikan kemudahan dan kenyamanan para koloni kelulut untuk berkembang biak sehingga proses madunya terus berproduksi karena melimpahnya bahan makanan untuk kelulut sehingga hasil madu yang dicapai oleh peternak-peternak kelulut yang ada di lokasi Kabupaten Kayong Utara cukup membanggakan peternak, dan hasil-hasil madu yang diperjualkanpun cukup bagus kualitas dan rasanya



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma