Lowongan Pekerjaan sebagai Penulis Lepas serta Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar

Lowongan Pekerjaan sebagai Penulis Lepas serta Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar

Situs Blogging dari RackTickle menggebrak dunia online Indonesia dengan meluncurkan website bertipe portal berita online anyarnya ke kancah dunia online pada November 2019. Masih sangat baru jika dibandingkan dengan website bertipe portal berita online lainnya yang nota bene trafiknya sudah mencapai jutaan perbulannya. Bisa dibayangkan..jutaan perbulan bahkan puluhan juta dari trafik dalam negeri untuk tipe portal berita online..Mantaap !!

Sejak artikel ini ditulis, Rackticle masih belum sebesar itu trafiknya karena ya ..iyalah, namanya juga baru launching. Tapi jangan sepele ya, Rackticle ini mempunyai prospek yang sangat bagus untuk bersama-sama berkibar bersama portal berita online lainnya.

Alasannya sederhana saja, navigasi websitenya menarik atau bisa dikatakan di atas standar, mudah di telusuri dari satu bagian berita ke bagian berita lainnya, serta syarat terpenting lainnya adalah akses loading yang cepat ketika mengakses setiap halamannya. Dan kita harapkan bersama agar admin rackticle dapat mempertahankan kondisi terbaiknya seperti sekarang karena persaingan portal berita online cukup ramai dan super ketat.

Nah..udah deh dengan pengantar seluk beluk portal rackticlenya, sekarang kita lanjut ke urusan cara mengisi dompet dari rackticle. Sebagai portal berita online, tentu saja website harus selalu diisi dengan artikel-artikel menarik nan segar setiap harinya. Nah, disinilah rackticle memberikan kesempatan kepada warganet untuk berkontribusi sebagai penulis artikel dan tentu saja dibayar, dong..! Ya benar, sederhana saja, anda menulis artikel dan anda dibayar. Dengan kata lain, anda dapat bekerja sebagai penulis lepas tanpa ikatan waktu dan tempat alias anda menjadi boss bagi diri anda sendiri. Tapi tentu saja, artikel yang ditulis harus sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku agar dapat disetujui oleh reviewernya. Bagaimana aturan-aturan tersebut dan juga bagaimana caranya menulis artikel yang baik di  rackticle? Semuanya dikupas tuntas di artikel ini. Pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai dan jangan lupa membagikannya kepada sesama kolega anda ya..

1. Peraturan di RackTicle

Seperti layaknya di perusahaan atau instansi manapun, maka karyawan yang bekerja harus mematuhi aturan yang berlaku di perusahaan tersebut. Demikian juga halnya di blog rackticle. Jika anda ingin artikel yang anda buat dengan susah payah disetujui oleh reviewer dan tidak dibanned setelah dipublish, maka ikutilah aturan yang telah ditentukan..

Peraturan-peraturan yang paling penting berikut disadur dari Term Of Use Rackticle :

Yang paling penting adalah harus terdaftar sebagai anggota, klik tombol register di sudut kanan atas. Kemudian setting profile anda, tambahkan logo profil, username dan biography anda sehingga pembaca akan merasa lebih dekat dengan anda.

- Setelah terdaftar maka anda sudah dapat mengirimkan artikel, klik “add article” pada menu sebelah kiri.

- Satu account hanya untuk satu orang dan harus menggunakan nama asli karena ketika withdrawal nama account bank harus sama dengan nama account anggota.

- Boleh menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan artikel yang dibuat harus bisa dibaca oleh manusia, jadi jika artikel dibuat dengan bot atau translator, maka sudah pasti tidak akan diterima karena setiap artikel akan di periksa terlebih dahulu oleh reviewer secara manual.

- Minimum 300 – 500 kata namun yang terbaik adalah lebih dari 500 kata dan minimal 1000 kata untuk mendapatkan Happy New Year Bonus 2020.

- Ingat, artikel harus original alias no plagiarism. Anda dapat memeriksa hasil akhir artikel yang telah anda tulis dengan menggunakan plagiarism checker berbayar atau gratis yang banyak tersedia online. Anda dapat mencarinya via google.

- Untuk urusan gambar yang dilampirkan juga harus original. Ukuran standar 740 x 444 px dengan ukuran maksimal 2 Mb. Dan tidak boleh mencantumkan link di dalam gambarnya.

- Isi artikel tidak boleh yang pernah dipublikasikan di media lain dan tidak boleh berisikan explicit content.

- Isi artikel tidak boleh berisikan promosi penjualan produk tertentu.

- Tidak diperbolehkan mencantumkan kontak pribadi seperti email, nomor telepon, website, dll.

- Tidak diperkenankan menggunakan Paid Traffic.

- Dan yang paling penting selanjutnya isi artikel tidak boleh yang berbau SARA, Adult dan Judi. Serta tidak boleh Spam ya…

Untuk peraturan lebih lanjut secara detailnya seperti additional content terms, content inactivation, traffic terms, dan yang lainnya dapat dilihat di member area, tersedia link ke rules dari blog rackticle. 

2. Tips Menulis Artikel Menarik dan Dibayar

Setelah memahami dengan seksama segala aturan penulisan artikel di blog rackticle ini, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya menjadi seorang penulis yang artikelnya dapat selalu di approve oleh reviewer.

Tapi jangan khawatir, jika artikel anda kena pending, maka akan ada pemberitahuan permasalahannya di email. Jadi, setelah nanti mengirimkan artikel, periksa selalu email untuk mengetahui jika ada “sesuatu” dengan artikel anda. Penulisan artikel bisa langsung di member area, klik menu di sebelah kiri “add article”  atau menggunakan blank document pada MS Word dan nanti dipindahkan ke member area. Terserah anda, yang mana lebih nyaman dalam mengerjakannya.

Untuk tips menulis ini hanya diperuntukkan untuk penulis pemula saja yang notabene masih awam dengan seluk beluk menulis artikel. Bukankah segala sesuatu itu selalu ada awalnya, bukan? Jadi penulis pemula dulu, nah nanti baru jadi penulis lanjutan.

Artikel yang ditulis secara profesional adalah artikel yang ditulis murni dari pemikiran, pengamatan dan penelitian penulis itu sendiri, nah..itulah tipe artikel yang terbaik. Karena menurut rackticle management, otak anda itu kaya akan kata-kata alias samudera kata-kata, sehingga dengan demikian secara tidak langsung anda adalah Pabrik Kata. Itu katanya rackticle management lho !

Dan untuk penulis tingkat lanjut tidak perlu lagi membaca step by step penulisan artikel ini, dapat langsung ke bagian bukti pembayaran di bagian bawah artikel ini. Dengan melihat bukti pembayaran tersebut, maka anda dapat yakin bahwasanya blog rackticle membayar membernya tepat waktu, hanya  kurang dari 1X24 jam. Dan rupiah sudah mengalir ke dompet anda. Mantaaap..!

2.1 Menentukan topik

Untuk menjadi seorang penulis, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah merumuskan gagasan/ide dari artikel kita. Dengan kata lain, kita harus menentukan terlebih dahulu topik yang akan kita tulis sekaligus menentukan kategori dari artikel tersebut karena di rackticle diminta untuk memilih kategori artikel ketika kita akan mengirimkan artikel ke reviewer.

Ada banyak kategori yang tersedia, pada navigasi bar di homepage tercantum berbagai kategori yang tersedia di rackticle.

Jika ingin cepat dalam menentukan topik, dapat menggunakan Google Search Trend yang tersedia di menu sebelah kiri di member area.

2.2 Mempersiapkan data pendukung

Selanjutnya kumpulkan data pelengkap atau referensi artikel yang menunjang artikel yang akan ditulis. Termasuk dengan kelengkapan gambar dan video jika memang ada yang ingin dimasukkan.

Masukkan data pendukung seperti image dan video tersebut ke dalam suatu folder baru. Nanti setelah artikel siap untuk dipublish, maka gambar dan videonya baru dimasukkan.

2.3 Menentukan Korelasi

Dari topik yang telah ditentukan, selanjutnya disesuaikan dengan referensi artikel yang telah kita kumpulkan. Baca semua referensi dengan cermat dan tentukan korelasinya dengan topik artikel utama. Biasanya gagasan akan muncul dengan cemerlang, jika sudah banyak membaca artikel lain yang berhubungan.

Untuk paragraf yang penting dan berkorelasi agar ditandai dan dipisahkan ke template untuk membuat artikel utama. Selanjutnya gunakan gaya bahasa anda sendiri dalam mengungkapkan ide anda ke dalam penulisan artikel yang lebih detail.

2.4 Menentukan Plot Artikel

Setelah semua bahan ada di kepala kita, maka tentukan plot artikel yang akan ditulis. Artinya dari referensi yang telah kita baca, maka kita menentukan apa yang harus ditulis terlebih dahulu alias bagian pembukanya, dan apa yang harus ditulis di bagian tengah artikel yang menjelaskan bagian pembukanya. Di bagian tengah artikel biasanya menggunakan kata-kata yang terinspirasi dari idealisme sang penulis itu sendiri.

Jika anda seorang yang humoris, maka cerita artikel anda akan terasa segar dan hangat,  dan jika anda seorang idealis, maka artikel anda biasanya akan kaku dan terkesan mendalam. Itu semua tergantung dari gaya penulisan anda. Yang penting jangan bertentangan dengan aturan dari rackticle. Dan untuk saat ini, artikel yang ada di web blog rackticle merupakan gabungan dari kedua jenis penulisan tersebut. Ada yang santai menggelitik dan ada juga yang mendalam. Oh yaa, satu lagi..ada juga tipenya yang datar-datar saja..seperti jalan tol.

Dan untuk bagian akhir artikel, biasanya dituliskan kesimpulan dari artikel yang telah dikupas habis di bagian tengah artikel. Dan gunakan kata-kata yang singkat dan padat agar artikelnya jangan terkesan bertele-tele alias kata-katanya dibolak-balik sani sini padahal maksudnya sama saja. Pembaca tidak akan mau membuang waktunya hanya untuk membaca artikel yang bertele-tele.

2.5 Pemeriksaan Akhir

 Jika artikel sudah siap, maka tahap akhir adalah memasukkan data gambar dan video jika memang ada yang ingin dimasukkan. Kemudian membaca kembali satu persatu kata yang telah ditulis untuk mengetahui kesalahan ejaan atau salah ketik. Memang sepele tapi itu akan menunjukkan apakah anda seorang penulis profesional atau hanya seorang penulis copy paste saja.

2.6 Promosi Artikel

Jika artikel anda sudah aktif berarti artikel anda sudah dimonetasi, dan anda siap untuk mempublikasikan URL artikel tersebut. Promosi artikel bisa dilakukan oleh anda sendiri atau dipublikasikan oleh pihak rackticle di websitenya dengan sistem yang telah otomatis.

Jika anda ingin melakukan promosi sendiri agar view artikel anda bertambah, maka anda dapat mempublikasikannya misalnya di berbagai media sosial.

3. Menulis Dibayar

Nah, ini bagian yang serunya. Menulis artikel di rackticle itu dibayar lho..Saat ini, untuk artikel yang berhasil dipublish akan mendapatkan bonus Happy New Year 2020 dengan rincian yang bisa dilihat di member area. 

Anda dapat memeriksanya di menu “withdraw”. Jika artikel anda di approve dan dalam status “active” maka available balance di menu withdraw akan bertambah.

Pembayaran komisi akan ditransfer ke akun bank lokal anda, jadi jangan lupa tambahkan account bank anda di menu “setting”. Pastikan nama anda yang terdaftar di rackticle sama dengan nama akun bank anda.

Bukan hanya itu, penulis yang artikelnya aktif akan mendapatkan monetisasi tambahan berupa paid view per 1000 view. Untuk saat ini rackticle memberikan rate 1 USD untuk trafik dalam negeri.

Jadi sebagai contoh:

“jika anda memiliki 100 artikel aktif dengan rata-rata 100 view saja perhari perartikelnya maka dalam sebulan, dengan anda duduk manis saja akan mendapatkan komisi pasif sebesar 30 hari X 100 artikel X 100 view = 300 USD.”

Bagaimana lumayan bukan? Bagaimana jika jumlah artikelnya lebih dari 100 artikel? Bagaimana jika jumlah viewnya lebih dari 100 view per artikel? Waaauuw..Siap-siap saja menerima aliran komisi yang deras mengalir dari rackticle ke dompet anda..Bagaimana ..Siap?

4. Pengalaman Pribadi

Sebagai penulis, saya juga baru bergabung di rackticle. Artikelnya juga belum mencapai 100 artikel..masih panjang ya jalan menuju Roma. Sampai sekarang masih asyik-asyik saja dalam urusan tulis menulis ini.

Satu hal yang menarik adalah admin rackticle memberikan perhatian yang sangat besar terhadap kontribusi penulisnya. Dengan kata lain, artikel anda diapprove dalam hitungan menit meskipun anda mengrimkannya tengah malam sekalipun. Bahkan ada peringatan di emailnya seperti tips dan notice jika ada yang perlu ditambahkan di artikelnya. Mungkin adminnya ada shift jaganya ya, nggak ngerti juga sih..tapi ya itu super cepat. Dan ini sesuatu yang patut diacungkan jempol untuk saat ini dan semoga juga untuk selamanya ya..

Mengapa hal ini penting? Karena berdasarkan pengalaman saya di portal berita online lainnya, itu artikel yang dikirim bisa pending review sampai berhari-hari bahkan ada penulis yang menceritakan pengalamannya bahwasanya artikelnya sudah setahun masih juga pending..gawat nggak tuh.

Hal ini akan sangat menjatuhkan semangat para penulis, atau dengan kata lain berputus asa. Karena karya tulis yang sudah di tulis dengan penuh cucuran keringat bersimbah peluh dibiarkan terlantar saja, alias status pending review. Sedih..oh sedih..

Ya..Semoga saja hal tersebut tidak terjadi di rackticle ke depannya. Urusan lain yang pantas untuk di acungkan jempol adalah urusan pembayaran komisinya. Dari pengalaman pribadi saya, tombol withdraw itu, saya klik pagi hari, dan siang harinya rupiah sudah mengalir dengan sukses ke dompet saya. Berarti dalam hitungan jam, proses pembayaran komisi bagi member sudah dieksekusi oleh admin rackticle, tidak perlu berlama-lama di bagian pending withdrawnnya. Mantaap..!

Dan kabar baik berikutnya adalah minimal pembayaran hanya 1 USD, bagi para member yang penasaran apakah benar di bayar atau tidak, maka tidak perlu tunggu lama ya..begitu balance sudah 1 USD langsung aja klik tombol withdraw..Buktikan...Oke!

5. Bukti Pembayaran

Bagi member yang ingin mendapatkan pembayaran, dapat mengklik menu “withdraw” dan selanjutnya akan muncul tampilan menu Available Balance, Pending Withdrawn dan Total Withdrawn, serta histori transaksi withdraw yang telah dilakukan. Klik “withdraw” jika ingin melakukan withdraw minimal 1 USD.

Berikut ini adalah bukti pembayaran dari rackticle yang ditransfer ke bank lokal ( update terakhir : 1 Januari 2020 ):

5.1. Bukti Pembayaran ke-1

Transfer dari rackticle sebesar Rp. 49.030,-  ke Bank BNI tertanggal 1 Januari 2020

 

Semoga informasi yang ada diartikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian yang mungkin membutuhkan sedikit uang tambahan untuk mengisi dompetnya, lumayan lho.

Jangan lupa, di share artikel ini ya, agar teman-teman lainnya juga dapat bergabung dan ikut serta merasakan rezeki dari  blog rackticle ini. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments
Akhmad Fauzi - Jan 24, 2020, 7:43 PM - Add Reply

Mantap, semuga Rackticle.com semakin maju!

You must be logged in to post a comment.
Risa Fitriana - Mar 23, 2020, 12:20 PM - Add Reply

Mau nanya kak klo belum buat akun withdralnya apa artikel yg kita kirim gak bakalan di publish alias pending?

You must be logged in to post a comment.
D.M Andora - Mar 27, 2020, 12:41 PM - Add Reply

mantap.. saya baru gabung nih...

You must be logged in to post a comment.

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Berbagi artikel kepada orang lain, itu menyenangkan...jika artikel itu dibaca orang lain, itu membahagiakan....

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 12:42 AM - Dzabillah Widza Rahmania
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma