Lempok Durian Sukadana

Lempok Durian Sukadana

Lempok Durian... hmmm... siapa yang belum pernah mendengar kata tersebut? Mungkin ada yang mengira makanan ini adalah sejenis dodol. Yaa... di lihat dari cara pembuatan nya Lempok Durian memang termasuk dalam varian dodol durian. Lempok durian merupakan salah satu makanan khas Kalimantan Barat. 

Lempok Durian yang terkenal adalah Lempok Durian dari Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara. Lempok nya terkenal mempunyai cita rasa unik dengan komposisi 100% menggunakan daging buah durian Sukadana yang terkenal manis dan tidak ada campuran tepung sehingga rasa manis durian nya terasa unik dan bikin ketagihan.

Pengolahannya sendiri masih dilakukan secara manual yakni dimasak melalui tungku besar yang mana di harus selalu di aduk dengan api yang tidak terlalu besar.

Saking terkenalnya lempok durian sukadana ini bahkan setiap tamu pemerintah, wisatawan lokal dan manca negara selalu membawa lempok durian ini sebagai buah tangan atau oleh oleh setiap kali kembali dari kunjungannya ke negeri bertuah tersebut.

Bagi anda yang mungkin belum mengenal Sukadana atau bahkan pingin berkunjung ke sukadana, jangan khawatir karna saya akan menjelaskan sedikit informasi tentang Kabupaten Pemekaran dari Ketapang ini.

Sukadana adalah pusat pemerintahan dari Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat yang secara resmi berdiri pada tanggal 26 Juni 2017 yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Ketapang.

Untuk mencapai Kecamatan Sukadana ini bisa di tempuh melalui 3 jalur perjalanan darat, sungai dan udara. Untuk jalur udara bisa melewati bandara rahadi usman ketapang di lanjutkan dengan perjalanan darat sekitar kurang lebih 1,5 jam. Kalo ingin melewati rute perjalanan darat anda harus menyiapkan fisik yang prima karena perjalanan panjang akan di tempuh kurang lebih 10 jam melewati rute trans kalimantan. Sedangkan bagi anda yang suka bepergian melewati sungai anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam menyusuri sungai.

Sukadana juga terkenal akan keramahan penduduk dan keindahan panorama nya, di sana terdapat Pantai Pulau Datok yang mempunyai hamparan pasir yang indah serta bukit paoh yang menjadi salah satu destinasi wisata terkenal karena susunan batu nya.

Selain itu Sukadana juga terkenal akan Landmark Masjid Oesman Al-Khair nya yang merupakan masjid terbesar di kabupaten kayong utara.

Anak cicak didalam tempurung, entah berkaki entahkan tidak.

Kalo sudah tetijak ke tanah kayong, entah kembali entahkan tidak.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author
Popular This Week
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin