Lakukan 7 Cara ini Hilangkan Pikiran Negatif!

Lakukan 7 Cara ini Hilangkan Pikiran Negatif!

Salam para pembaca rackticle!

Teman-teman semua pasti pernah berpikiran negatif tentang suatu hal ke orang lain. Begitupun saya juga, hehe!

Tahukah anda berpikiran negatif merupakan masalah yang jauh lebih umum ya teman, daripada yang mungkin lebih dari apa yang teman pikirkan. Banyak dari kita mengalaminya setiap hari bahkan, itulah mengapa penting untuk memahami apa, dari mana mereka berasal, dan bagaimana teman bisa mengatasinya.

Pikiran negatif yaitu pikiran yang kita miliki yang mana pada dasarnya menyebabkan kita mengadopsi (klaim) sudut pandang pesimistis. Berpikir negatif menuntun kita untuk fokus pada aspek terburuk atau kemungkinan hasil dari situasi tertentu daripada positif. Pemikiran negatif ini dapat menyebabkan kita mengalami banyak stress, serta kekhawatiran, dan kesedihan selama kita terus memiliki pola pikir negatif.

Berikut adalah beberapa contoh beberapa pola pikir negatif umum;

"saya tidak akan berusaha apa-apa untuk mengejar impian saya, karena saya tahu hanya sedikit orang yang berhasil. Saya tidak akan menjadi salah satu dari orang-orang itu, jadi untuk apa saya repot-repot mencoba"

"saya ingin mengambil peran baru di tempat kerja, tetapi apakah saya akan mampu dan dapat mengatasinya? Jika saya mencoba dan lalu gagal, orang lain hanya akan melihat saya dengan sebuah kegagalan. Hal ini justru membuat hidup saya di tempat kerja menjadi lebih sulit dan kurang memuaskan"

"saya berharap bisa memberikan presentasi seperti orang itu. Tapi saya tidak pandai berbicara di depan umum dan itu membuat saya kurang percaya diri serta takut". 

Jika teman dapat mengaitkan dengan salah satu dari pemikiran itu, maka artikel ini yang mungkin teman cari.

Apa penyebab berpikiran negatif?

Berpikir negatif terutama merupakan hasil dari rasa takut. 

Tidak ada yang suka merasa takut dan sangat sedikit dari kita menikmati untum menghadapi ketakutan diri kita. Tetapi rasa takut adalah sumber dari pemikiran-pemikiran negatif kita. Rasa ketakutan itu yang melumpuhkan kita dan mencegah kita mengejar hal-hal yang benar-benar kita inginkan dalam kehidupan kita dan ketika kita menghindari hasil negatif.

Bagi banyak orang, yang besar adalah rasa ketakutan akan hal yang tidak diketahui. Saat kita tidak tahu, atau kita tidak memprediksi hasil dari suatu situasi, kita memilih untuk bermain aman. Hal ini sering mendorong kita untuk memiliki dan menganut sudut  pandang pesimistis.

Dalam jangka panjang, ini sering mengarahkan pada ketidakpuasan yang lebih besar dan lebih banyak penyesalan daripada memiliki sudut pandang yang lebih optimis dan mengambil resiko dalam mengejar pemikiran yang lebih positif.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk mrnyadari apa yang membuat kita takut dan mencegah hal itu berdampal negatif pada pikiran kita dengan cara ini.

Jadi, adakah pemikiran negatif umum yang dimiliki orang?

Ini adalah konsep yang sulit karena diri kita masing-masing adalah unik. Ini berarti satu situasi yang dapat menyebabkan seseorang terlibat dalam pemikiran negatif , sebenarnya dapat memicu orang yang berbeda untuk mengadopsi pendekatan pemikiran positif.

Sebagai contoh, pertimbangkan kalau kita memiliki dua orang. Satu telah menghabiskan seluruh waktunya untuk pelatihan menjadi seorang atlet dan tidak pernah belajar dalam setiap harinya, sementara individu lainnya telah menghabiskan waktunya untuk bekajar maka orang tersebut tidak pernah berolahraga.

Jika kita ingin kedua orang ini bertanding dalam pertandingan atletik, menurut anda siapa yang akan lebih cenderung memiliki pikiran positif?  Demikian juga, jika kita ingin kedua orang ini bersaing dalam acara trivia, siapa yang kemudian lebih mungkin memiliki pola pikir yang positif?

Poinnya adalah bahwa apa yang menyebabkan berpikir negatif pada siapapun adalah subyektif. Ini akan bervariasi. Ada beberapa ketakutan yang menimbulkan pikiran negatif yang paling umum terjadi;

"saya merasa tidak bisa dalam mewujudkan tujuan itu, bahkan saya pikir tidak ada guna untuk mencobanya. Selain itu, jika saya mencoba kemudian gagal maka orang akan selalu mengingat kegagalan itu"

"Saya tidak mampu melakukan  hal itu dan tentu mereka juga sangat berbakat. Bahkan jika saya bekerja keras saya tidak akan mendapatkannya dengan baik. Sayangnya, saya tidak memiliki kemampuan apa yang diperlukan"

"Saya harap saya memiliki wajah tampan seperti bintang model di film itu. Lalu orang-orang akan menyukai saya dan saya akan menjadi populer"

Cara menghentikan berpikiran negatif

Menemukan cara untuk menghentikan berpikiran negatif tidaklah mudah dan tidak sesederhana itu untuk dilakukan. Dibutuhkan kesabaran dan juga upaya yang baik serta benar-benar agar dapat mengendalikan pikiran negaif itu sendiri. Jadi kita perlu bersabar ya teman agar dapat menghadirkan dan mempertahankan pola pikir yang positif. 

Langkah pertama untuk mengatasi pemikiran negatif adalah memahami pikiran anda, hal apa yang memicu pemikiran negatif anda - apakah itu orang, tempat, atau pengalaman tertentu? Perhatikan. Informasi ini akan menungkinkan kita mengenali pola pikir negatif dalam hidup kita.

Langkah selanjutnya yaitu mulailah membuat rencana yang akan membantu anda untuk melawan pemikiran negatif anda di dalam situasi ini. Setelah anda membuat rencana yang menurut anda akan berhasil untuk anda, saatnya untuk mencoba.

Kemudian, jadikan sebuah proses berkelanjutan untuk mengubah rencana ini saat anda bergerak maju untuk mencari tahu strategi mana yang paling membantu anda dapat mengatasi pemikiran anda yang negatif.

Inilah 7 cara ampuh yang harus anda coba;

1. Jangan selalu menghalangi pikiran negatif anda secara keseluruhan

Saya yakin anda pernah mendengar pepatah bahwa apa yang anda fokuskan menjadi kenyataan yang terjadi. Ini merupakan poin berikutnya. 

Jika anda menghabiskan sebagian besar waktu anda untuk memikirkan bagaimana cara menghentikan pemikiran negatif anda sepanjang waktu, menurut saya justru anda akan menjadi lebih fokus ke hal-hal tersebut. Tentu saja pikiran anda akan selalu berada di pikiran negatif anda, ini hanya akan meningkatkan kecemasan anda dan membat anda merasa lebih buruk.

Semakin anda fokus pada pemikiran negatif tersebut, semakin besar kemungkinan akan berpengaruh pada diri anda dan kehidupan sehari-hari anda. Namun, anda tidak harus menghilangkan pikiran negatif sepenuhnya, cukup anda mengenali serta dapat mengendalikan ketika pemikiran itu muncul.

2. Pahami gaya berpikir anda

Jika anda dapat memahami pikiran diri sendiri, sebisa mungkin untuk mulai mengendalikan apa yang anda pikirkan.

Luangkan waktu sejenak untuk menilai bagaimana anda berpikir sekarang. Apakah cenderung ke optimis atau cenderung mengadopsi sudut pandang yang lebih ke negatif? 

Langkah selanjutnya adalah mulailah untuk membuat rencana mengatasi masalah tersebut!

3. Tantang pikiran negatif anda

Setelah anda mengidentifikasi pikiran negatif anda secara umum, cobalah untuk menemukan cara yang dapat anda mulai untuk menantangnya.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah pikiran yang anda miliki tersebut itu realistis. Apakah itu gambaran situasi yang sebenarnya, atau apakah ketakutan anda yang menyebabkan pikiran negatif anda yang dilebih-lebihkan.

Misalnya, jika teman terdekat anda mengatakan bahwa dia tidak akan cukup baik untuk mendapatkan promosi jabatan, apakah anda akan mendukung pemikiran tersebut? Atau mungkinkah anda mengambil langkah menyemangati dan mengingatkan dia betapa hebatnya dia?

Mulailah gunakan cara ini untuk pemikiran anda sendiri juga, jangan biarkan pikiran negatif anda lewat begitu saja.

4. Hindari menghakimi diri sendiri

Yaitu kenyataan yang menjadikan manusia membuat asumsi-asumsi, dan juga membuat penilaian terhadap orang lain berdasarkan pengalaman dirinya. Itu merupakan salah satu dasar dari suatu fenomena seperti stereotip dan diskriminasi. Namun, membandingkan diri kita dengan orang lain juga bisa berfungsi sebagai sebuah metode yang  kita gunakan untuk menjatuhkan diri sendiri.

Ketika kita menetapkan tujuan untuk diri sendiri, kita akan cenderung melihat orang-orang yang telah mencapainya lebih dulu. Kita melihat dan berpikir tentang seberapa jauh mereka lebih baik daripada kita. Mengapa mereka bisa mencapai tuhuan itu dan mengapa kita tidak akan pernah bisa. Itulah pikiran negatif ini yang akan masuk dan menyeret kita ke bawah. 

Jadi teman cobalah untuk melepaskan apapun penilaian anda dimana anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Anda akan merasa terbebas ketika anda akhirnya dapat mencapainya.

Cara terbaik yang saya lakukan biasanya mulai merefleksikan pemikiran diri sendiri secara lebih sadar. Mengenali bagaimana pemikiran yang negatif tersebut timbul dan berasal, asumsi apa yang di izinkan sehingga menghasilkan pemikiran negatif dalam hidup anda. Kemudian temukan caranya untuk mengubah garis dari pemikiran tersebut.

5. Cara mengatasi kritikan

Meskipun sama sekali tidak ada yang salah dengan membela diri dalam situasi tertentu, kita semua dapat bekerja menjadi penerima kritik yang lebih baik, terutama ketika ini melayani tuhuan yang konstruktif.

Banyak pemikiran negatif dapat saja terjadi ketika seseorang mengkritik diri kita. Kita kemudian fokus hanya pada hal-hal negatif yang mereka katakan. Ini merupakan sesuatu yang dapat dengan mudah dihindari dengan mempelajari cara mengatasi kritik.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan melihat kritik itu sebagai peluang daripada kekurangan. Contoh, jika seseorang mengatakan tulisan saya kurang emosional, itu bukan berarti saya adalah seorang penulis yang buruk kan? Hal itu hanya berarti saya harus fokus pada aspek tulisan saya untuk mengembangkannya lagi. Kritik ini telah memberikan saya kesempatan untuk menjadi penulis yang lebih baik.

6. Fokus pada keyakinan anda

Sebagai manusia, kita cenderung berfokus pada hal negatif dan mengabaikan hal-hal yang positif dalam hidup kita. Kita lebih memikirkan kesalahan dan juga kekurangan kita sehingga menyingkirkan keberhasilan dan sifat positif kita.

Jadi cobalah untuk mengalihkan fokus anda, ini bisa membantu anda mengatasi pemikiran negatif anda. Semakin anda mengubah fokus mentalitas anda ke hal-hal positif dalam hidup, semakin mudah bagi anda untuk berpikir dan bertindak secara positif.

7. Cari bantuan profesional saat dibutuhkan

Jika pemikiran negatif anda pada suatu saat menjadi kecenderungan atau malah mengganggu kegiatan sehari-hari anda, sadarilah bahwa anda mungkin perlu bantuan untuk dapat melakukannya. Jangan ragu atau malu untuk meminta bantuan serta dukungan jika anda merasa membutuhkannya. Ada banyak yang bersedia dan ingin membantu anda. Hal ini akan mendukung kehidupan yang dapat merubah ke lebih baik.

Memahami akar dari pemikiran negatif adalah suatu langkah pertama untuk mengatasinya. Jadi manfaatkan cara yang disebutkan diatas dan cegahlah pikiran-pikiran negatif tersebut timbul dan jangan biarkan pikiran itu menghalangi anda untuk bergerak maju.

Apabila teman-teman menyukai artikel ini jangan lupa share yah! Agar makin tahu makin banyak ilmu.

Sumber :

mark lynch, lifehack

Photo by pixabay



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Popular This Week
Recent Articles
Apr 6, 2020, 1:37 AM - Deni Riyandi
Apr 5, 2020, 1:02 PM - Andria Ranti
Apr 5, 2020, 10:15 AM - Singgih Tri Widodo
Mar 30, 2020, 2:11 PM - Shinta Kusuma
Mar 30, 2020, 2:01 PM - Indraz