Lakukan 5 Hal ini agar Terhindar dari Wabah Corona Ketika Terpaksa Keluar Rumah

Lakukan 5 Hal ini agar Terhindar dari Wabah Corona Ketika Terpaksa Keluar Rumah

Covid-19 sudah menjadi pandemi global yang penyebarannya sangat cepat, Hampir seluruh negara di Dunia terpapar oleh virus corona ini, tidak terkecuali Indonesia. Setiap hari pasien yang terinfeksi korona dan positif semakin bertambah dengan persentase yang sembuh sangat sedikit. Untuk memutus mata rantai penyebaran wabah ini pemerintah menghimbau untuk tinggal dirumah saja bagi yang bekerja, dianjurkan untuk bekerja dari rumah. Akan tetapi, tentunya ada banyak orang yang pekerjaannya tidak bisa dilakukan dirumah. Dengan kata lain mereka harus tetap keluar rumah untuk bekerja. Selain dari orang yang harus bekerja diluar rumah, pastinya untuk memenuhi kebutuhan pokok kita harus keluar rumah. Oleh karena itu, agar terhindar dari covid-19, ada 5 hal yang harus kita lakukan ketika kita keluar rumah. 

1. Jaga jarak aman

Kita sekarang mengenal jaga jarak ini denga social distancing atau physical distancing. Ini adalah hal yang paling utama anda perhatikan jika memag harus keluar dari rumah. Terutama pada ruang-ruang publik, tempat umum atau pun di swalayan ketika anda belanja kebutuhan pokok. Karena Jarak yang kurang dari satu meter dapat memperbesar peluang virus corona menular dengan mudahnya. Anda harus memastikan jarak anda antara satu atau satu setengah meter dengan orang-orang yang anda temui. Selain menjaga jarak, anda juga jangan melakukan kontak dengan orang lain, seperti berjabat tangan.  Anda juga harus menghindari kerumunan, dan tempat-tempat keramaian, karena resiko tertular virus corona di kerumunan sangat tinggi, 

2. Hindari mengunakan transportasi Umum

Hindari mengunakan transportasi umum, jika anda mempunyai kendaraan pribadi itu adalah hal yang paling baik. Tapi jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi, anda harus membawa hand sanitizer yang berbasis alkohol dan hindari untuk menyentuh benda-benda yang ada didalam moda angkutan umum. dan tetap menjaga jarak dengan penumpang lainnya. 

3. Hindari uang Tunai

Uang kertas juga dapat sebagai media penulatan virus corona, kita tidak tahu ketika kita belanja uang kembalian yang diberikan oleh penjual terkontaminasi atau tidak. Usahakan belanja dengan cara non tunai karena kita tidak kontak langsung dengan uang. Akan tetapi jika anda tidak dapat menghindari untuk tidak menyentuh uang kertas, mungkin saja penjual masih konvensional tidak menerima belanja non tunai. Maka anda akan memerlukan hand sanitizer sebagai pelindungan awal. 

4. Jangan menyentuh wajah

Jika anda diluar rumah dan berada di tempat umum, usahakan jangan menyentuh wajah anda, karena anda tidak tahu anda telah menyentuh benda-benda apa saja ketika diluar rumah. Mungkin saja salah satu diantaranya telah terkontaminasi dengan virus corona. Seperti yang kita ketahui virus tersebut dapat masuk kedalam tubuh kita melalui mata, hidung dan mulut. Maka dari itu penting bagi anda yang dedang berada di tempat umum untuk tidak menyentuh wajah anda. 

5. Selalu mencuci tangan

Mencucuci tangan adalah hal yang sangat penting untuk terhindar dari virus corona ini. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir adalah cara yang ampuh untuk membunuh virus corona. Cuci lah tangan paling kurang selama 20 detik, secara menyeluruh ke seluruh telapak tangan. Jika anda di tempat umum, usahakan mencari wastafel atau tempat cuci tangan.  Sekarang ini, sudah banyak swadaya dari masyarakat untuk membuat tempat cuci tangan di tempat-tempat umum. Di kantor-kantor pemerintah maupun swasta juga sudah banyak di buat tempat-tempat cuci tangan, biasanya anda akan diarahkan oleh petugas keamanan atau satpam untuk mencuci tangan dahulu sebelum memasuki kantor atau tempat umum. 

Bagi anda yang tidak ada keperluan mendesak untuk keluar rumah dan anda yang bisa bekerja dari rumah sebaiknya ada tidak usah untuk keluar rumah, apalagi untuk menghadiri pesta, nongkrong di kedai kopi atau hal-hal yang melibatkan orang banyak didalamnya. Tetap tinggal dirumah dengan harapan mata rantai penyebaran virus corona ini bisa putus dan tidak ada lagi. 



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Seseorang yang ingin jadi penulis, masih belajar dan terus belajar

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma