Kuliah Singkat tentang SELF HEALING

Kuliah Singkat tentang SELF HEALING

Rahayu,

Kalau kemarin saya menuliskan tentang corona mulai dari cara penularan hingga cara mencegahnya, dan juga kajian spiritual cari datangnya corona. Nah, hari ini saya akan menuliskan sedikit tentang self healing. Ap aitu Self Healing? Kalau kita bahas ke Bahasa Indonesia, Self Healing berarti penyembuhan sendiri. Maksudnya adalah penyembuhan yang dilakukan oleh diri sendiri.

Nah tapi masih ada kaitannya dengan corona sedikit. Saat ini yang menjadi “PENJAGA” terdepan untuk Pandemic Corona itu sebenarnya bukan pemerintah, juga bukan tenaga medis. Melainkan diri kita sendiri, dengan cara? SELF HEALING. Kenapa demikian? Ada kata kata yang bagus : “Andalah yang paling mengenal diri anda sendiri, termasuk masalah yang ada di dalamnya,. Dan menyeleseikannya adalah tanggung jawab anda, bukan tanggung jawab orang lain.”

Nah, tubuh kita , diri kita, adalah tanggung jawab kita. Jika kita bisa bertanggung jawab dengan tubuh kita sendiri maka akan berefek di dalam kehidupan. Kok bisa? Ya bisa saja. Misal dalam hubungan antara setiap manusia, dengan manusia lainnya, dan juga hubungan dengan Tuhan. Kenapa? Kalau anda bisa menjaga tanggung jawab anda menjaga tubuh anda, berarti anda juga sudah menjaga orang lain. Karena misal anda sakit, karena anda tidak menjaga tubuh anda, anda juga tidak bisa self healing, maka orang lain bisa tertular karena anda. Di tambah ktia harus tanggung jawab kepada Tuhan, karena kita telah menularkan sakit kita ke orang lain. Mau? Pasti engga kan? Oleh karena itu, kita memang harus tau dan mempelajari ap aitu SELF HEALING dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan kita. Ya kita belajar SELF HEALING.

Oke sebelum kita lanjut  bagaimana cara kita melakukan SELF HEALING atau Penyembuhan oleh diri sendiri, kita harus tahu kenapa orang perlu tahu metode self healing ini?

Umumnya orang akan pergi ke pakar penyembuh saat mengalami keluhan sakit. Namun, sebenarnya manusia memiliki kemampuan menyembuhkan dirinya sendiri. Inilah keyakinan yang diterapkan dalam Teknik penyembuhan holistic dengan Self Healing.

Metode Self Healing bersifat universal, tidak mengacu pada agama apapun, praktis, dan dipelajari secara masuk akal. Filosofisnya adalah bertumpu pada manusia sebagai unit yang lengkap antara badan, batin, dan energi.

Sebenarnya dengan berlatih, kita bisa merawat kesehatan lahir dan batin kita secara mandiri! Nah itulah yang perlu kita pahami.

Menurut Jeffrey Eka Rachman, seorang pakar self healing, dia menyebutkan bahwa : “Seseorang akan sehat secara holistic jika ada keselarasan dan keseimbangan antara badan, pikiran, dan bathin.”. Dari pernyataan beliau diatas, jika kita bisa menyelaraskan ke 3 komponen tersebut, maka tubuh kita akan tetap fit dan kita akan menjadi sehat.

Nah, kita juga perlu tahu bahwa 90% penyakit berasal dari pikiran. Mungkin anda yang sering belajar pemberdayaan diri ini adalah hal yang tidak asing lagi di telinga anda. Karena saya yakin betul anda semua sudah paham kalau yang beginian hehehehe…… Dan 10% dari pola makan (kata pakar). Dan juga termasuk menurunnya imun tubuh itu adalah juga disebabkan karena pikiran anda.

Oleh karena itu, kita harus hati hati dengan pikiran kita. Apalagi kita tidak tau SELF HEALING. Maka kendalikan lah pikiran anda, kendalikan, dan kendalikan…. Itu kuncinya. Jadi, anda jangan sampai dikendalikan oleh pikiran. Ingat, anda adalah RAJA, bukan pikiran anda yang raja. ANDA….

Salah Satu penyebab imun tubuh anda turun adalah kecemasan dan ketakutan. Apalagi saat ini kita sedang di landa pandemic corona. Tidak hanya di negara kita saja, tapi diseluruh negri. Nah, apalagi saat ini berita simpang siiur. DIsadari atau tidak, pasti ada kecemasan dan ketakutan dalam diri kita, walaupun itu hanya sedikit.

Anda mungkin saat ini lebih sering melihat berita, timeline FB, atau TV, iklan berita, youtube, dan lainnya yang mengerikan tentang corona. Apalagi kita yang belum paham soal SELF HEALING. Belum lagi, hoax yang bertebaran lewat pesan broadcast di WA. DI grup grup WA, dan berbagai media yang memuat berita tentang CORONA. Entah itu memang hoax ataupun benar. Namun… terlepas dari semua itu adalah hoax atau nyata, tentu itu akan menambah daftar ketakutan kita kan?

Anda tidak Cuma memikirkan diri anda, tapi juga keluarga, orang yang anda sayangi, dan juga pasti memikirkan keberlangsungan hidup anda, beban bayaran, cicilan, dan kewajiban lainnya yang harus diseleseikan. Ditambah kita stress karena takut dan cemas akibat kita melihat berita itu. Kalau paham SELF HEALING kita tentu tidak akan stress.

Kecemasan dan ketakutan anda tentu menyebabkan stress. Biasanya kalau orang stress, akan terganggu beberapa organ dalamnya. Misal, lambung, hati, tenggorokan, sembelit, tekanan darah, dan proses pencernaan. BAhkan ada beberapa bagian tubuh yang juga bisa sakit. Karena? Ya kita tidak dapat mengelola stress ini. Kabar baiknya adalah, kalau kita paham SELF HEALING, maka kita bisa meminimalisir terjadinya stress dalam diri kita.

Nah, ada 3 hormon yang akan diproduksi tubuh saat kita mengalami stress. Ada hormone adrenalin, norepinephrine, sama kortisol. Ketiga hormone ini jika diproduksi secara normal oleh tubuh maka ini akan sangat baik untuk tubuh. Tetapi, jika di produksi berlebihan oleh tubuh, maka akan merusak organ dan sistem kerja organ tubuh. Kenapa bisa produksi berlebih? Ya karena kita mudah sekali untuk stress. Akibatnya, imun tubuh akan turun. Sehingga kita dengan mudahnya terpapar oleh penyebab penyakit luar. Seperti bakteri, dan virus. Terutama hormone kortisol, jika berlebihan maka akan menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun. Anda bisa cek, sendiri di sumber manapun. Masih gak mau belajar SELF HEALING?

Oke kita lanjut… APa aja yang menyebabkan daya tahan tubuh kita menurun? Kita sudah bahas 2 diatas. Yaitu kecemasan dan ketakutan. 2 ini penyebab stress. Nah ada yang lain yaitu pola makan tidak sehat dan kurang olah raga.

Stress adalah factor utama, penyebab daya tahan tubuh seseorang menjadi turun. KEnapa? Karena stress dan panik berlebihan dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda. Stress membuat otak meningkatkan produksi hormone kortisol, yang merusak fungsi sel T untuk melawan infeksi. Jadi, sangat penting untuk mengelola stress dengan melakukan kegiatan menyenangkan atau bisa dibarengi dengan olahraga.

Nah, kita juga perlu tahu, apa saja tandanya kalau kita mengalami penurunan daya tahan tubuh? Berikut  ini ada 7 tanda :

  • 1.       Mengantuk secara berlebihan
  • 2.       Sulit konsentrasi
  • 3.       Merasa tidak enak badan
  • 4.       Stress
  • 5.       Berat badan naik atau turun secara drastic
  • 6.       Mengalami penyakit tertentu
  • 7.       MAsalah dalam pencernaan.

Bila anda merasa mempunyai tanda diatas, maka sudah saatnya anda tau bahwa anda sedang terganggu sistem imun tubuhnya.

Agar imun tubuh kita tetap terjaga, dengan baik, maka caranya adalah dengan menghindarkan stress. Dan cara yang paling mudah, aman tanpa obat, yaitu dengan cara self healing. Nah perlu anda ketahui bahwa banyak sekali metode self healing yang bertebaran di dunia maya. Dan tinggal kita terapkan saja. Disini saya akan share metode yang sangat mudah dan sederhana terkait SELF HEALING. Anda bisa lakukan sendiri di rumah paling tidak 2x dalam sehari dan masing -masing waktu adalah 10 hingga 15 menit.

Adapun aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan self healing :

  • 1.       Nafas
  • 2.       GErak
  • 3.       Sentuhan
  • 4.       Keheningan
  • 5.       Minum air putih sebelum melakukan self healing

Oke disini saya akan tulis 2 macam metode self healing yang paling mudah dan paling sederhana.

1.       Metode Pola Nafas 7711

Saat anda merasa tidak nyaman, atau cemas, atau takut bahkan stress. Anda bisa lakukan ini :

a.       Minum air putih 1 gelas

b.       Duduk dengan nyaman

c.       Cari tempat yang hening (bagi pemula)

d.       Pejamkan mata

Lakukan pernafasan dengan nafas perut. Perhatikan saat anda menarik nafas, jika dadanya masih naik turun, maka anda berarti belum menggunakan nafas perut, anda masih menggunakan nafas dada. Jika dalam bernafas, perut anda sudah menggembung dan mengempis, berarti anda sudah menggunakan nafas perut.

e.       Tarik nafas Panjang dan dalam melalui hidung selama 7 hitungan.

f.        Tahan nafas di perut selama 7 hitungan.

g.       Dan keluarkan nafas melalui mulut perlahan lahan dengan 11 hitungan

h.       Ulangi langkah e – f  berulang kali minimal 7 kali.

Maka anda akan menjadi rilex. Anda juga bisa sambil mendengarkan music relaksasi, dan akan semakin nyaman.

2.       Metode Teknik Tapping

Teknik tapping ini adalah sebuah Teknik dengan menyentuh titik titik tertentu yang diyakini sebagai energi meridian tubuh. JIka kita mengetuk -ngetuk titik tersebut dengan ketukan tertentu, maka akan merealise atau menetralisir hal hal negative yang kita alami. Teknik ini kadang juga disebut Teknik keajaiban ketukan 2 jari atau emotional freedom technique.(EFT)

 

Bagaimana caranya melakukan EFT?

 

a.       Minum segelas air putih (sebagai katalisator mengantar energi)

b.       Duduk yang nyaman di tempat yang hening

c.       Ingat dan putar film / ingatan anda tentang ketakutan, kecemasan, atau pikiran yang membuat anda stress.

d.       Berikan skala antara 1 hingga 10. 10 adalah kondisi tubuh paling maksimal. Sedangkan 1 tidak ada rasa. Misal kondisi yang saya rasakan ada di skala 9 bisa dikatakan release jika skalanya turun menjadi skala 2.

e.       Pejamkan mata.

f.        Ketuk di titik titik yang harus di ketuk setiap putaran minimal 9x. Tapi sesuai kesadaran aja. Ulangi hingga 10 kali putaran sambil anda ingat terus memutar ingatan anda tentang ketakutan, kecemasan, dan stress.

g.       Setelah selesei 10 putaran, buka mata anda dan ukur kembali skala anda setelah melakukan tapping ada di skala berapa.

Nah saran saya, jika anda tipe auditoria tau senang bicara, maka anda bisa sambil tapping dan ucapkan masalah yang sedang anda alami.

Dan anda wajib melakukan ini sendiri ya, bukan dibantu orang lain yang mengetukkan. Kalau pun orang lain, dia hanya menginstruksikan saja.

Nah diatas belum saya tuliskan titik-titik yang saya sebutkan. Disini akan saya tuliskan urut.

1.       Di tengah tengah kepala

2.       Bagian dalam alis

3.       Bagian ujung luar mata

4.       Bawah mata

5.       Bawah hidung

6.       Dagu

7.       Collarbone (tulang dekat dada dan leher)

8.       Dibawah ketiak sejajar dengan putting

9.       Disebelah luar telapak tangan, disamping. Untuk karate

10.   Di ibu jari

11.   Di telunjuk jari

12.   Di Jari tengah

13.   Di Jari kelingking.

Nah itu dia ke 14 titik yang di ketuk. Jikalau teman teman belum merasa jelas, bisa cek cari gambarnya di google. EFT. Oke?

Nha ini dia pembahasan tentang self healing kali ini. Jika bermanfaat, silahkan di share. Terimakasih.

 

Salam SESAT (Satu kESATuan)

Vionelix – Inderferium Liviergoz Derisyacto Lasvaha



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

Related Articles
About Author

Konsultan Penyembuhan Ajaib

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Feb 7, 2020, 1:22 AM - Singgih Tri Widodo
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma