Kiat Menulis untuk Seorang Penulis Blog

Kiat Menulis untuk Seorang Penulis Blog

Menulis adalah sebagai profesi yang unik. Semua ide yang lahir di dalam otak kita bisa di terapkan ke dalam bentuk tulisan. Namun hal itu bukan hanya sembarangan bahkan terlihat abal-abal. Ada kiat yang perlu kita ketahui sampai menjadikan kita seorang penulis profesional.

Banyak ide tentunya itu menjadi sebuah poin plus untuk tulisan yang anda publikasikan. Apa lagi itu menyangkut reputasi blog yang sedang anda kelola. Lakukanlah sebuah gebrakan sehingga pengunjung menyukai dan berlangganan tetap atas tulisan anda. Masukan tentang permasalahan yang paling banyak di cari oleh pengguna internet. Jadikan blog anda sebagi solusi permasalahan pelanggan tetap anda.

Kiat sukses banyak yang perlu kita baca, Juga banyak perlu kita ciptakan. Sebuah referensi akan mendorong nilai blog anda. Mendulang ilmu dan menerapkannya pada tulisan yang anda buat. Langkah konkritnya adalah berupa tulisan yang berkualitas tinggi.

Tata cara yang menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas adalah berupa banyak pengetahuan. Menulis tanpa ada pengetahuan yang mendasar itu hal yang mustahil. Bagaimana cara pembendaharaan kata pada tulisan tersebut. Pastinya anda akan kesulitan, hal yang sama persis yang dilakukan investigasi portal berita. Mereka menulis dengan berdasarkan sumber, dari sana mereka melakukan metode wawancara dan observasi. Untuk mendapatkan bukti secara harfiah. Ketika dia mengaplikasikan dalam bentuk tulisan, salah satu yang menjadi ciri khas tulisan itu adalah berupa bentuk kualitas yang diberitakan dan keaslian tulisan yang dibuat.

Bagi penulis blog, bisa juga menempuh cara ini. Sembari mengelola blog anda, ciptakan juga konten-konten yang bermanfaat serta memiliki kualitas pada poin tulisan blog tersebut. Banyak yang bisa kita temui. Jika anda penulis blog traveler, yang perlu dilakukan adalah mengunjungi destinasti wisata yang ada di daerah anda. Juga bisa mengunjungi tempat wisata yang ada di seluruh wilayah negara anda. Dengan melihat dan melakukan observasi anda akan tahu apa yang perlu dituliskan. 

Tulisan yang dibuat harus diusahakan sinkron dengan tema yang diangkat. Banyak para penulis terjebak dengan hal ini. Awal tulisan yang di tulis tampak tidak terjadi permasalahan. Namun setelah sekian panjang tulisan itu dibuat. Yang ada pada tulisan itu malah melenceng dari tulisan yang dibuat itu.

Sebagai penulis blog anda juga berkomitmen untuk membuat tulisan setidaknya 3 atau 5 artikel. Supaya komiten itu membuat pengunjung blog anda bisa menikmati tulisan anda setiap hari. Mereka akan mengunjungi dan mencari apa yang mereka butuhkan.

Sebagi contohnya seperti penulis blog traveler tadi. Setidaknya ada tulisan yang membahas tempat-tempat yang memiliki kemudahan akses, icon daerah, serta apa saja yang baru atas perkembangan pariwisata pada daerah tersebut. Jelaskan ke dalam tulisan anda. Berikan kenikmatan bagi para pembaca anda. 

Untuk membangun sebuah blog perlu usaha yang mendalam. Sehingga anda terbiasa dengan kepenulisan. Untuk menjalankannya setiap hari jangan lupa untuk menambah referensi atau sumber. Para penulis profesional banyak merekomendasikan bidang kepenulisan pada suatu bidang saja. Kalau cara itu yang ditempuh, memang untuk komitmen blog sangat dibutuhkan. Tetapi alangkah baiknya desain blog anda di bentuk dengan cara pola majalah online. Dengan itu anda akan bebas untuk menambahkan tulisan apa yang akan di publikasikan.

Melakukan diskusi dan mencari fenomena baru akan menambah tulisan anda pada bentuk yang lebih bervariatif. Bayangkan saja jika anda mampu menciptakan kanal pada blog anda sebanyak 5 kanal. Dan kanal itu terdiri dari berbagai macam isi tulisan yang banyak di cari oleh pembaca.

Kanal-kanal itu berupa berita terhangat, traveler, gosip, bisnis, dan gaya hidup. Paling polpuler di pencarian browser adalah 5 kanal itu. Para pembaca sangat pintar untuk mencari referensi bahan bacaan yang dapat menambah wawasannya. Sedangkan untuk menjaga pengunjung anda agar tetap berlangganan adalah dengan cara menjaga jumlah artikel yang anda terbitkan.

Selain konten, untuk membangun blog juga menggunakan teknologi. Artinya adalah, ada sebuah teknologi yang bisa digunakan untuk penelusuran. Menggunakan google search console. Mesin pencari google akan mengindeks serta merekomendasikan blog anda pada mesin pencari yang di sediakan oleh google. Dengan itu orang akan mudah menemukan blog anda. Untuk membuat google search console, pertama anda harus memiliki akun google. Akun google yang resmi miliki anda bukan akun yang partneran dengan mitra anda. Gunanya akun tersebut harus anda yang mengelola langsung.

Untuk mendaftar ke google search console anda harus memenuhi syarat dan ketentuan google. Kita bisa melihat pada suport layanan google. Disana di jelaskan bagaimana cara akses dan mengindeks blog kita pada mesin pencarian google. 

Jika semua itu berhasil bayangkan saja blog anda akan menjadi sebuah blog yang besar. Dengan rata-rata pengunjung yang selalu setia menjaga hubungan dengan blog anda. Pengunjung dapat menikmati tulisan yang telah anda sajikan. 

Banyak situs blog yang banyak anda gunakan untuk menulis sebuah blog profesional. Dari yang gratis sampai ada yang paket berbayar. Membuat domain dan di sediakan juga hosting web. Pembelian domain dan hosting tergantung dari budget yang anda miliki. Pada saat ini kita tidak perlu khawatir. Banyak perusahaan pemrograman yang menyediakan domain serta hosting yang gratis maupun yang berbayar. Mulai dengan harga yang bisa dijangkau sampai dengan harga yang luar biasa mahal. 

Sekedar saran, untuk menggunakan domain dan hosting berbayar. Silahkan mencoba layanan beli domain dan hosting yang memiliki akses cepat. Hal itu guna menjaga kualitas berselancar di situs anda. Pelanggan akan jenuh atas keleletan yang dimiliki oleh situs anda. Jika semua itu terjadi, bagaimana pembaca menikmati konten yang kita terbitkan pada situs/blog yang kita kelola. Bisa-bisa hanya sumpah serapah yang di dapat.

Selain cepat, domain dan hoting berbayar kemaanannya lebih terjamin. Tidak mungkinkan jika kita memiliki domain serta hosting gratis akan di manage dengan keamanan ekstra. Sementara biaya keamanan itu dibayar dengan mahal. Mana mungkin perusahaan domain dan hosting bisa menanggung kerugian. Tidak mungkin rasanya.

Bagi para pemula juga bisa menggunakan layanan gratis. Pada saat ini banyak situs dan web gratis tersedia di internet. Jika belum memiliki budget yang cukup, apa boleh buat coba aja dulu layanan gratis tersebut. Sembari membangun situs setelahnya kita bisa melakukan pembelian hosting yang telah tersedia.

Blog-blog yang telah berhasil meningkatkan kualitasnya akan mendapatkan apresiasi dari pembaca setia mereka. Dari mulai isi dan pesan yang di sampaikan. Mereka senantiasa memberikan nilai plus tersebut tanpa ada reward yang diminta. Alasannya adalah apa yang mereka cari terjawab oleh layanan yang kita berikan. Salah satu contoh situs rackticle, situs ini menyediakan berbagai jumlah kanal informasi publik yang bisa diakses langsung oleh pembaca. Kanal-kanalnya menyediakan informasi yang berkualitas serta bermanfaat untuk zaman sekarang. Sebut saja teknologi, travel, internet marketing, dll. Memberikan jawaban sesuai dengan kebutuhan semua kalangan netizen. 

Silahkan mencoba untuk berteknologi. Jika kita hanya sebagai pengamat, rugi rasanya kalau kita tidak mencoba atas pengamatan yang kita lakukan. Jika kita sebagi seorang yang memiliki keingintahuan alangkah banyaknya ilmu yang akan kita dapati pada saat ini. Karena gudang ilmu itu terletak pada rasa keingintahuan seseorang.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Wiraswasta

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
Dec 24, 2019, 10:26 AM - Eka Kusumaningrum
Recent Articles
Aug 15, 2020, 11:04 AM - Akhmad Fauzi
Aug 14, 2020, 12:49 PM - celina lovinri
Aug 11, 2020, 5:57 PM - Pone Kamaruddin
Aug 10, 2020, 7:34 AM - celina lovinri
Aug 8, 2020, 9:28 PM - Singgih Tri Widodo
Aug 5, 2020, 8:06 PM - Siti Mahmudah Solikatun Kasanah
Aug 5, 2020, 7:26 PM - Shinta Kusuma