Ketahui Kekuatan Batin Bawah Sadar Manusia dan Bersinarlah!

Ketahui Kekuatan Batin Bawah Sadar Manusia dan Bersinarlah!

Salam para pembaca RackTicle!

Kali ini kita membahas tentang bagaimana mengetahui kekuatan dalam diri anda. Kekuatan batin di definisikan sebagai sifat yang stabil, sumber kesejahteraan yang abadi, suatu tindakan yang bijak dan efektif serta berkontribusi kepada orang lain. Dengan kata lain, kekuatan batin anda adalah kemampuan anda untuk melakukan hal yang benar dengan cara yang benar pula tanpa memikirkan apa yang di pikirkan orang lain.

Dalam artikel ini, kita akan melihat bagaimana menemukan kekuatan batin anda sehingga anda dapat tetap kuat bahkan ketika anda menghadapi kesulitan.

Bagaimana menangani kehidupan yang menghimpit

Pikirkan satu orang ( lebih dari satu ) di tempat kerja yang mengganggu semua orang karena mereka yang terlihat rendahnya kecerdasan secara emosional. Mereka selalu berbicara tentang topik kontroversial atau bahkan membuat stereotip orang dengan cara buruk.

Anda mungkin memiliki dua pikiran yang mengalir di pikiran anda. Pertama adalah memberi tahu mereka mengapa tidak ada yang menyukai mereka dan mengapa anda di tinggal seorang diri  yang lain akan menjadi pendekatan yang lebih berkelas kasih agar dapat memahami mereka dan melihat apakah anda dapat mengatasi akar permasalannya.

Pikirkan tentang kapan terakhir kali seseorang mendahului anda di jalan pulang saat anda mengemudi. Anda mungkin menemukan diri anda berurusan dengan dua pilihan yang mungkin anda tidak yakin apakah, anda akan bereaksi secara agresif dan juga terdorong untuk berpacu di sekitarnya, mendahului dan lalu memberhentikan mobil anda di depan mereka. Atau anda mengambil pendekatan yang lebih bijaksana dan membiarkannya. 

Ada tingkat kepuasan, pertimbangan, ketenangan, dan kesabaranyang ditemukan dalam diri seseorang yang menggunakan kekuatan batin. Sama seperti kata "kekuatan" secara tradisional menyiratkan pada tingkat keteguhan yang diperlukan untuk menggunakan menekankan seperti itu di sepanjang hidup anda.

Hal ini penting untuk di pahami karena kekuatan batin anda sangat penting bagi anda untuk menjalani kehidupan impian anda  kekuatan batin anda membantu anda menghadapi rintangan yang akan ditujukan ke kehidupan anda. Ketika anda memikirkan kata-kata seperti keteguhan dan ketekunan, kedua hal itu terkait dengan kekuatan dan tujuan batin yang mendalam.

Anda akan menemukan diri anda berurusan dengan situasi di mana anda berdiri melawan arus. Dimana kebijaksanaan konvensional yang akan mendorong anda ke arah yang tidak membuat anda bersemangat.

Kekuatan atau ketabahan anda bisa berupa welas asih ke seseorang yang mungkin tidak  disukai semua orang. Namun, itu juga bisa hadir dalam bentuk tindakan yang kuat dalam menghadapi ketidak perdulian.

Cara mengambil kekuatan batin anda

Jika anda seperti saya, anda memiliki banyak pikiran yang menimbulkan banyak suara di dalam kepala anda sendiri setiap saat. Suara-suara ini dapat mewakili berbagai reaksi, pikiran, dan emosi yang dapat anda manfaatkan. Misalnya, bagaimana perasaan anda jika harus menyajikan informasi untuk persentasi untuk kerjaan anda? Beberapa orang akan merasa gugup dan gelisah, sementara yanv lain akan merasa percaya diri dan juga bersemangat.

Sekarang, perhatikanlah kata-kata yang dapat di sampaikan di setiap emosi yang tergambar dari anda..

  • sementara seseorang yang gugup dapat khawatir tentang pertanyaan yang akan ditujukan padanya, karena tidak tahu bagaimana menjawab.
  • jika anda merasa percaya diri, anda akan mengatakan kepada diri sendiri bahwa hal ini adalah kesempatan anda untuk mendapatkan prestasi.
  • seseorang yang bersemangat mungkin akan memvisualisasikan diri mereka  dengan menerima tepuk tangan di akhir dari persentasinya.

Meskipun ada banyak suara di dalam kepala anda yang memberi reaksi di setiap situasi, hal itu menjadi dua jenis yaitu antara kekuatan batin anda atau kritik dari batin anda. Jika anda ingin meningkatkan kemampuan anda mendengarkan kekuatan batin anda, anda perlu berusaha untuk tetap merespon saat ini. Mindfulness adalah cara yang bagus untuk membiarkan diri anda merespon.

Waspadai apa yang terjadi di dalam diri 

Yang terbaik adalah menenangkan pikiran sebagai praktik menciptakan ruang untuk pikiran anda. 

Ketika anda mengambil waktu sejenak dan merenungkan bagaimana anda ingin merespon ke suatu situasi, anda dapat memanfaatkan kekuatan batin anda. Selain itu, dengan berlatih meditasi perhatian secara teratur, anda dapat meningkatkan kemampuan anda untuk mendengar kekuatan batin anda.

Berita baiknya adalah anda tidak perlu sesuatu yang istimewa untuk dapat berlatih mediasi Mindfulness. Faktanya  yang anda perlu lakukan adalah mengikuti enam langkah sederhana di bawah ini;

1. Duduk Bersila

Temukan tempat duduk atau bersila dengan suasana yang tenang dan sunyi. 

2. Tetapkan Batasan waktunya

Bisa singkat hanya beberapa menit atau selama beberapa jam. Di rekomendasikan 5 hingga 10 menit saja. 

3. Perhatikan Juga Tubuh Anda

 Pilih posisi tubuh yang membuat anda nyaman. 

4. Rasakan Nafas Anda

Ikuti setiap nafas anda, saat menghirup oksigen dan memasuki tubuh dan kemudian meghembuskannya.

5. Perhatikan Saat Pikiran Anda Berkelana

Anda tidak dapat mencegah pikiran anda agar tidak berkeliaran kemana-mana. Setiap kali hal itu terjadi, kembali lagi fokuskan kepada nafas anda.

6. Biarkan Pikiran  Anda  Berkelana

Jangan khawatir  tentang di mana pikiran anda akan berkelana. Biarkan diri anda mampu untuk mengalami momen dan begitu momen itu berlalu, kembalikan pikiran itu ke masa sekarang.

Ketika anda tetap fokus dengan saat ini, anda mungkin telah menonaktifkan bagian penting dari pikiran anda. Di masa sekarang, tidak ada yang perlu dikhawatirkan (seperti masa depan) dan tidak ada yang perlu di salahkan (seperti masa lalu). Saat ini, yang menjadi satu-satunya hal yang ada di pikiran anda adalah "apa keputusan terbaik yang dapat anda buat". Misalnya saja, jika anda kehilangan pekerjaan, satu-satunya yang harus dipikirkan adalah, "lalu sekarang apa"?  Jika anda mengkhawatirkan tentang masa depan, maka anda berpikir, "bagaimana saya bisa membayar tagihan nanti"? Lalu jika anda mengkhawatirkan masa lalu, anda akan beemrkata "saya telah mengacaukan dan tidak akan pernah bisa memperbaiki keadaan itu".

Tingkatkan kekuatan batin anda untuk mengatasi kesulitan

Setelah anda melatih diri sendiri tentang cara bagaimana mendengarkan kekuatan batin anda, anda harus mendengarkan apa yang harus dikatakan oleh kekuatan batin anda.

Menemukan diri anda dalam situasi di mana suara kritis anda memperingatkan tentang beban yang mengikuti kekuatan batin anda. 

Ketika anda mengabaikan suara dari batin anda dan tidak menggunakan kekuatan batin anda dalam menghadapi sesuatu, akan timbul sebuah rasa penyesalan pada akhirnya.  Karena hal itu mungkin saja dapat menyebabkan anda telah mengatakan sesuatu yang tidak dapat anda tarik kembali. Atau sebentuk rasa kekhawatiran dari diri anda tentang bagaimana orang lain akan merespon terhadap perasaan anda yang mungkin telah menyelamatkan hubungan yang lebih baik tanpa diri anda.

Pikirkan untuk yang terakhir, mengikuti suara batin anda dan menjadi diri sendiri adalah kunci untuk menemukan serta membangun kekuatan dari batin anda sendiri. Jalan tidak selalu akan menjadi mudah, tetapi akan selalu jadi hal yang membuat anda merasa puas. Temukan kekuatan batin anda dan beranikan diri anda untuk membuat semakin maju dan bersinar.

Jangan lupa share yah! Karena makin tahu makin banyak ilmu.



It's Fun and Free to Support the Writers, Give Them a Cup of Coffee by Sharing Their Hard Work to Your Social Media. Let us Grow Together and Make more and more Creativities in Our Hands:


Comments

You must be Logged in to Post a Comment. OR Register Here for Only Less than 1 Minute!

About Author

Anak seorang petani karet di daerah sumatera Selatan, yang berzodiak Aquarius. Selain suka menulis juga suka traveling dan memasak.

Popular This Week
Mar 6, 2020, 8:09 AM - Shinta Kusuma
Nov 4, 2019, 3:28 PM - RackTicle Manager
Jan 20, 2020, 2:24 PM - RackTicle Manager
Dec 18, 2019, 9:22 PM - Rianda Prayoga
Feb 8, 2020, 1:00 AM - Singgih Tri Widodo
Apr 15, 2020, 10:23 PM - Shinta Kusuma
Jan 8, 2020, 10:43 AM - Deni Riyandi
Recent Articles
Jun 9, 2020, 2:32 PM - Novi Kurnia
Jun 2, 2020, 3:25 PM - Deni Riyandi
Jun 2, 2020, 1:37 AM - Singgih Tri Widodo
May 23, 2020, 2:28 AM - Adre Zaif Rachman
May 23, 2020, 2:23 AM - Edin S. Djatikusuma
May 21, 2020, 1:47 AM - Rahmat Gunawan
May 21, 2020, 1:33 AM - Stephanus Putra Nurdin